rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Perlu Diketahui! Ini Cara Balance Ban Mobil Yang Umum Dilakukan!

Balance ban mobil adalah proses untuk menyeimbangkan berat ban dan velg secara merata, sehingga tidak ada getaran atau goyang saat mobil berjalan. Kabar baiknya, pada artikel kali ini kita memiliki cara balance ban mobil yang umum dilakukan. Jadi, pastikan untuk diperhatikan baik-baik, khsusus Anda yang baru memiliki mobil.

Balance ban mobil biasanya dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang dapat mengukur berat dan kecepatan putaran ban. Balance ban mobil adalah salah satu bagian dari perawatan rutin mobil yang penting untuk dilakukan di bengkel kaki kaki mobil terpercaya.

Lalu, mengapa balance ban mobil itu penting? Apa akibatnya bila tidak melakukan balance ban mobil? Lalu yang paling penting adalah bagaimana cara balance ban mobil? Semua itu akan terjawab dalam artikel kali ini. Simak sampai tuntas ya!

Pertanyaan Seputar Cara Balance Ban Mobil

Balance ban mobil penting untuk menghindari getaran berlebihan, merawat suspensi, meningkatkan kenyamanan berkendara, dan mengoptimalkan umur pakai ban.
Meskipun mungkin, akan tetapi balance ban memerlukan alat khusus dan keahlian tertentu. Disarankan untuk mengunjungi bengkel atau pusat layanan otomotif yang memiliki peralatan penyeimbangan ban yang tepat.
Gejala ban tidak seimbang meliputi getaran pada setir atau kursi, keausan tak merata pada permukaan ban, dan suara berdengung saat berkendara.
Disarankan untuk melakukan balance ban mobil setiap 10.000 km. Tapi ini bisa lebih cepat tergantung bagaimana kondisi ban mobil Anda.

Mengapa Balance Ban Mobil itu Penting?

cara balance ban mobil

 

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara balance ban mobil, hal pertama yang Anda perlu memahami hal mendasar tentang pentingnya melakukan balance ban mobil terlebih dahulu. Balance ban mobil itu penting untuk dilakukan karena akan membawa beberapa manfaat positif yang sangat menguntungkan Anda sebagai pemilik kendaraan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

Ban yang seimbang akan membuat mobil berjalan lebih halus dan stabil, tanpa ada getaran atau goyang yang mengganggu. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan berkendara, baik untuk pengemudi maupun penumpang. Selain itu, balance ban mobil juga dapat mengurangi kebisingan yang ditimbulkan oleh ban yang tidak seimbang.

2. Mencegah Kerusakan pada Komponen Mobil

Ban yang tidak seimbang akan menyebabkan tekanan yang tidak merata pada komponen mobil, seperti roda, as roda, suspensi, dan kemudi. Hal ini akan mempercepat proses aus dan kerusakan pada komponen tersebut, yang dapat menimbulkan biaya perbaikan yang mahal. Balance ban mobil dapat mencegah hal ini terjadi, dengan menjaga keseimbangan berat ban dan velg.

3. Menghemat Bahan Bakar

Ban yang seimbang akan mengurangi gesekan dan hambatan yang terjadi saat mobil berjalan. Hal ini akan membuat mobil lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar, sehingga dapat menghemat pengeluaran untuk bensin atau solar. Balance ban mobil juga dapat memperpanjang umur ban, dengan mengurangi keausan yang tidak merata pada permukaan ban.

Baca Juga : Fungsi Penting Spooring Balancing Wajib Diketahui Pemilik Mobil!

Akibat Balance Ban Mobil Tidak Dilakukan

cara balance ban mobil

Setelah memahami pentingnya balance ban mobil, maka hal berikutnya yang juga penting untuk Anda pahami adalah tentang akibat apa yang akan dialami bila Anda jarang melakukan balancing mobil tersebut? Ada beberapa akbat negatif yang akan Anda rasakan, diantaranya adalah :

1. Menurunkan Performa Mobil

Ban yang tidak seimbang akibat jarang dilakukan balancing mobil akan membuat mobil sulit untuk dikendalikan, karena akan ada getaran atau goyang yang mengganggu. Hal ini akan menurunkan performa mobil, baik dalam hal kecepatan, akselerasi, maupun pengereman. Ban yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan mobil menjadi tidak stabil saat berbelok atau melewati jalan yang tidak rata.

2. Membahayakan Keselamatan Berkendara

Berikutnya, dampak negatif kedua dari jarangnya dilakukan balancing mobil adalah akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, karena dapat membuat mobil kehilangan keseimbangan atau kontrol. Hal ini dapat berakibat fatal, baik bagi pengemudi, penumpang, maupun pengguna jalan lainnya. Balance ban mobil dapat membantu mencegah hal ini terjadi, dengan menjaga stabilitas dan kenyamanan mobil.

3. Membuat Ban Cepat Rusak

Kemudian, ban yang tidak seimbang akibat jarang melakukan balancing mobil juga akan mengalami keausan yang tidak merata, karena ada bagian yang mendapat tekanan lebih besar daripada bagian lainnya. Hal ini akan membuat ban cepat rusak, baik pada permukaan maupun pada struktur dalamnya. Ban yang rusak dapat mengurangi daya cengkeram dan daya tahan ban, yang dapat mempengaruhi performa dan keselamatan mobil.

4. Menurunkan Performa Mobil

Jarangnya balancing mobil juga akan membuat mobil sulit untuk dikendalikan, karena akan ada getaran atau goyang yang mengganggu. Hal ini akan menurunkan performa mobil, baik dalam hal kecepatan, akselerasi, maupun pengereman. Ban yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan mobil menjadi tidak stabil saat berbelok atau melewati jalan yang tidak rata.

5. Membahayakan Keselamatan Berkendara

Terakhir, ban yang tidak seimbang akibat jarangnya balancing mobil pada akhirnya akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, karena dapat membuat mobil kehilangan keseimbangan atau kontrol. Hal ini dapat berakibat fatal, baik bagi pengemudi, penumpang, maupun pengguna jalan lainnya. Balance ban mobil dapat membantu mencegah hal ini terjadi, dengan menjaga stabilitas dan kenyamanan mobil.

BANNER KAKI KAKI

Cara Balance Ban Mobil yang Umum Dilakukan

cara balance ban mobil

Setelah memahami pentingnya balance ban mobil serta dampak negatifnya bila tidak dilakukan, barulah kita masuk ke inti pembahasan dalam artikel ini, yakni cara balance ban mobil. Balance ban mobil dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, dengan menggunakan alat khusus yang disebut balance machine. Berikut adalah cara balance ban mobil yang umum dilakukan:

1. Melepas Ban dari Mobil

Cara balance ban mobil pertama adalah melepas ban dari mobil, dengan menggunakan kunci roda atau dongkrak. Ban yang akan dibalance harus dilepas dari velgnya, sehingga hanya tersisa ban dan velg saja. Ban dan velg yang sudah dilepas harus dibersihkan dari kotoran atau debu yang menempel.

2. Memasang Ban ke Balance Machine

Cara balance ban mobil kedua adalah memasang ban dan velg ke balance machine, dengan cara menempelkan lubang tengah velg ke poros balance machine. Ban dan velg harus dipasang dengan rapat dan sejajar, sehingga tidak ada celah atau miring. Balance machine akan mengukur berat dan kecepatan putaran ban dan velg, dan menampilkan hasilnya pada layar.

3. Menambahkan Timbal ke Ban

Cara balance ban mobil ketiga adalah menambahkan timbal ke ban, dengan cara menempelkan timbal yang sesuai dengan ukuran dan berat ban ke bagian dalam velg. Timbal berfungsi untuk menyeimbangkan berat ban dan velg, sehingga tidak ada getaran atau goyang saat mobil berjalan. Jumlah dan posisi timbal yang dibutuhkan dapat dilihat dari hasil pengukuran balance machine.

4. Memasang Ban ke Mobil

Cara balance ban mobil keempat adalah memasang ban dan velg kembali ke mobil, dengan cara menempelkan lubang tengah velg ke poros roda mobil. Ban dan velg harus dipasang dengan rapat dan sejajar, sehingga tidak ada celah atau miring. Ban dan velg yang sudah dipasang harus dikencangkan dengan menggunakan kunci roda atau dongkrak.

Dari pembahasan di atas, dapat kita ambil kesimpulan bersama bahwa balancing mobil adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan secara rutin, karena dapat memberikan banyak manfaat bagi mobil dan pengemudinya. Balance ban mobil dapat meningkatkan kenyamanan, mencegah kerusakan, menghemat bahan bakar, menurunkan risiko kecelakaan, dan memperpanjang umur ban.

Perlu dicatat pula, bahwa cara balance ban mobil harus dilakukan dengan langkah yang benar. Jangan sampai melakukan kesalahan dalam menjalankan cara balance ban mobil yang justru akan memperparah ban di mobil kesayangan Anda. Maka dari itu, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan balance ban mobil di bengkel kaki kaki mobil terpercaya.

Salah satu bengkel kaki kaki mobil terpercaya yang dapat Anda handalkan dalam melakukan balance ban mobil adalah Rotary Bintaro. Tidak hanya sekedar menyelesaikan balance ban mobil, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun yang dimilikinya, Rotary Bintaro juga menyediakan berbagai macam layanan service mobil yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, paket layanan yang tersedia, promo yang berjalan hingga informasi menarik lainnya! Anda juga dapat menghubungi customer service untuk bertanya lebih dalam sekaligus melakukan booking dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...