Cara Membersihkan Blower AC Mobil Supaya AC Lebih Awet

Bagaimana Cara Mencegah Evaporator AC Mobil Bermasalah?

Share :

#SahabatRotary,

AC mobil dalam aktivitas sehari – hari memang mempunyai peranan penting demi menunjang kenyamanan saat berkendara. Namun apa jadinya jika komponen pendukung AC mobil tersebut dibiarkan kotor tanpa ada penanganan yang tepat? Wah jangan sampai komponen AC mobil anda dibiarkan kotor ya. Karena kotoran yang menumpuk pada setiap komponen AC mobil bisa mengganggu kinerjanya secara keseluruhan dan beresiko mendatangkan berbagai penyakit bagi pengendaranya. Udara kotor yang anda hirup sepanjang hari dalam jangka waktu panjang pasti akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Jika anda tidak ingin mengalaminya, mulailah untuk lebih perhatian pada komponen AC mobil anda. Meskipun anda sudah melakukan perawatan rutin, menjaga kebersihan secara mandiri pun tetap harus dilakukan.

Kesibukan yang membuat anda tidak sempat untuk melakukan pekerjaan tersebut, bisa percayakan saja kepada kami montir Indonesia profesional di bengkel resmi Rotary Bintaro. Dokter AC mobil Rotary Bintaro hadir di area Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi dan Tangerang. Bagi anda yang berada di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara anda bisa datang langsung ke bengkel resmi denso terdekat. Bengkel kami digawangi oleh montir Indonesia yang telah berpengalaman  dan sudah ahli dalam menangani berbagai macam merk mobil. Mulai dari mobil eropa, mobil Jepang, mobil Korea, mobil Amerika hingga mobil asal negeri bambu seperti wuling dan chery. Bahkan montir kami juga telah berpengalaman untuk menangani mobil asal negeri jiran, Proton.

Lantas bagaimana menangani blower AC mobil yang kotor secara mandiri? Kali ini kami akan membagikan informasi cara membersihkan blower AC mobil dengan menggunakan cairan yang bernama AC cleaner. Yuk simak langkah demi langkahnya :

1.Buka Bagian Kap Mesin Mobil Anda Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang bisa anda lakukan sebelum melakukan pembongkaran blower AC mobil adalah dengan membuka bagian kap mesin mobil terlebih dahulu. Namun perlu anda perhatikan, untuk membuka kap mesin mobil tidak bisa dilakukan secara sembarang atau asal – asalan. Pasalnya jika anda tidak paham betul namun tetap memaksakan diri untuk membukanya, bisa jadi kerusakan pada komponen – komponen lain menjadi tidak bisa dihindari.

2. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Guna menunjang proses pembersihan blower AC mobil, tentu dibutuhkan yang namanya peralatan sebagai penunjang. Yang perlu anda siapkan ialah wadah yang nantinya digunakan untuk menampung cairan.

3. Tempatkan Wadah Kecil Pada Bagian Selang Saluran Pembuangan

Wadah kecil yang sudah anda sediakan tadi, bisa anda letakkan pada bagian selang saluran pembuangan. Jika anda bingung untuk mencari keberadaannya, anda bisa perhatikan pada bagian kanan mesin. Detailnya anda bisa cari di depan bagian dari dashboard mobil anda tersebut.

4. Bukalah Bagian Laci yang Ada di Bagian Dashboard Mobil Anda

Seperti halnya filter AC mobil, blower AC mobil pun juga terletak pada bagian yang harus melepaskan laci pada dashboard terlebih dahulu. Untuk itu anda harus melepaskan lacinya terlebih dahulu secara perlahan. Jangan sampai malah laci anda menjadi korban karena perlakuan kasar yang bisa saja anda lakukan. Setelah lacinya terlepas, jangan lupa untuk dirapikan dan dibersihkan terlebih dahulu. Pilah – pilah barang mana yang tidak seharusnya disimpan di laci mobil, mana yang bobotnya layak dan mana yang bobotnya tidak layak karena terlalu berat. Karena hal tersbut jika anda biarkan berkelanjutan tidak hanya lacinya saja yang rusak, komponen AC mobil pun bisa ikut terkena imbasnya.

5. Pasang Selang Pada Ujung Semprotan AC Cleaner

Proses pemasangan selang yang terhubung ke blower AC mobil pada bagian ujung penyemprot AC cleaner bertujuan untuk menghubungkan antara keduanya agar nantinya bisa lebih memudahkan saat melakukan pembersihan. Di samping itu dengan menggunakan cara ini, AC cleaner akan tepat pada sasarannya dan tidak terbuang sia – sia. Bisa dikatakan bisa lebih efektif dan efisien.

6. Hidupkan Mesin Mobil Beserta AC Mobilnya

Sebelum anda memulai untuk menyemprotkan cairan AC cleaner, anda wajib menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Mesin mobil dalam kondisi menyala ini, sebenarnya bertujuan hanya untuk menyalakan AC mobilnya saja. Karena untuk memulai menyemprotkan cairan AC cleaner, posisi AC mobil harus dalam keadaan menyala. Jika tidak, maka proses penyemprotan pun akan sia – sia. Banyak orang yang salah kaprah saat menggunakan AC cleaner mobil. Mungkin bisa akibat ketidakpahaman seseorang tersebut dalam mengaplikasikan AC cleaner.

7. Proses Penyemprotan AC Cleaner Sudah Bisa Dimulai

Saat AC mobil sudah mulai menyala, kami sarankan kepada anda untuk tidak langsung melakukan penyemprotan terlebih dahulu ya. Tunggu beberapa saat agar AC mobil melakukan pemanasan terlebih dahulu, seperti halnya mesin mobil yang membutuhkan pemanasan sebelum digunakan. Setelah beberapa saat berlalu, paling tidak tunggu 5 menit, anda sudah bisa melakukan penyemprotan cairan AC cleaner. Kami ingatkan kembali untuk meletakkan wadah kecil di bawah selang blower untuk menampun cairan pembuangan yang keluar. Semprotkan cairan AC cleaner secara perlahan tapi pasti sampai benar – benar habis ya. Anda juga bisa melapisi jok mobil anda dengan menggunakan kertas bekas atau pun koran.

Proses penyemprotan pada blower AC mobil tidak jarang mengeluarkan cairan melalui kisi – kisinya. Sehingga cipratan air yang keluar tidak bisa dihindari. Solusinya agar jok anda tidak basah adalah dengan melapisinya dengan kertas koran sesuai instruksikan yang kami berikan tadi.

8. Proses Evaluasi Seberapa Banyak Kotoran yang Muncul di Wadah

Proses evaluasi disini memang sangat penting untuk dilakukan. Tidak hanya fokus pada proses pembersihan menggunakan cairan AC cleaner saja ya, namun melakukan evaluasi terhadap seberapa parah kondisi kotoran yang dikeluarkan oleh blower AC mobil juga penting. Setelah cairan AC cleaner habis, biarkan AC mobil tetap menyala dalam kurun waktu 5 sampai 15 menit. Kemudian anda bisa perhatikan wadah yang sudah diletakkan pada bagian bawah selang pembuangan. Jika warna cairan yang keluar sampai berwarna hitam pekat, berarti blower AC anda memang sudah sangat parah kotornya. Bertumpuk – tumpuk debu bersarang di dalamnya dalam jangka waktu lama.

9. Perawatan Lebih Lanjut

Perawatan lebih lanjut sangat penting dilakukan untuk memaksimalkan kebugaran dari AC mobil anda. Terlebih lagi jika pada proses pembersihan blower AC mobil kondisi cairan yang keluar berwarna hitam pekat, penanganan lebih lanjut sangat dibutuhkan. Untuk masalah seperti ini Montir Indonesia dari bengkel resmi specialist AC mobil Rotary Bintaro, siap sedia membantu dalam membugarkan kembali AC mobil anda tersebut.

10. Rapikan Semua Pekerjaan Seperti Sediakala

Poin terakhir ini penting, setelah melakukan pekerjaan, jangan lupa untuk merapikannya seperti sediakala. Mulai dari pemasangan kembali, membersihkan bagian yang kotor karena dampak penyemprotan dan menyimpan peralatan yang digunakan.

Sebagai tambahan bagi anda, ada cara lain untuk melakukan pembersihan pada bagian blower AC mobil anda, yakni dengan melakukan pembongkaran pada blower AC mobil tersebut. Cara ini sebenarnya jauh lebih ampuh dan maksimal kebersihan, hanya saja diperlukan keahlian khusus agar tidak terjadi kerusakan. Penggunaan cairan AC cleaner sebenarnya sudah lumayan membersihkan, hanya saja kurang maksimal. Cara instan di atas tidak disarankan untuk dilakukan secara terus menerus, karena kebersihan bagian blower AC mobil bisa maksimal jika anda melakukan pembongkaran dan membersihkannya secara langsung.

Mungkin sampai disini dulu ya pembahasan kali ini mengenai cara membersihkan blower AC mobil. Kami berharap pembahasan kali ini bisa sedikit banyak membantu kesulitan yang sedang anda alami. Selain itu, bagi anda yang belum pahampun menjadi lebih paham dan percaya diri untuk membersihkan blower AC mobil secara mandiri.

booking service

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?