Hai #SahabatRotary,

Selain kelihaian dan insting serta konsentrasi penuh, hal yang anda butuhkan lainnya dalam berkendara adalah mengenai soft skill dalam berkendara tersebut. Karena selain paham akan praktek di lapangan, maka sebaiknya teori akan berkendara tersebut juga wajib anda ketahui dan pahami sebagai seorang pengemudi.

Karena pada kenyataanya, seringkali seseorang paham akan prakteknya namun tak mengerti akan teori menyetir atau mengemudi tersebut. Sebut saja pada saat anda berkendara dalam keadaan ramai lancar, maka ada harus mengetahui seberapa jauh jarak aman yang harus anda perhatikan untuk mengurangi resiko atau potensi bahaya yang akan terjadi.

Karena seperti yang anda ketahui bersama, menjaga jarak aman ini sangatlah penting untuk anda ketahui terlebih bagi anda pemilik mobil. Menjaga jarak aman tersebut harus anda perhatikan dengan benar terutama pada saat anda mengemudi di kondisi hujan yang deras yang mengakibatkan jalanan licin. Maka jarak aman tentunya akan berbeda dengan jarak aman saat berkendara di jalanan yang normal.

Untuk meningkatkan dan menjaga vitalitas dari berbagai komponen mobil, maka anda wajib melakukan perawatan rutin agar antisipasi dalam menjaga jarak aman bisa lebih maksimal.

Tanpa adanya kondisi komponen pendukung hal tersebut, maka untuk menjaga jarak aman pun bisa menjadi sulit. Misalnya kondisi kopling, gas, rem, power stering dan lain sebagainya.

Bengkel rekomendasi Rotary Bintaro kali ini akan membahas mengenai jarak aman berkendara untuk keselamatan anda. Jadi selain nyaman karena AC mobil yang dingin dan terawat, keselamatan juga terjaga.

Dengan melakukan perawatan rutin, antisipasi terhadap segala jenis kerusakan yang ada bisa ditangani tanpa harus merogoh kocek besar untuk melakukan perbaikan lebih lanjut. Agar lebih memudahkan dan memanjakan konsumen kami, maka kami bekerja keras untuk memujudkannnya dengan membuka banyak bengkel di banyak wilayah di Jakarta dan sekitarnya termasuk daerah Bekasi dan Tangerang. Jam terbang yang tinggi dalam berkecimpung di bidang Service AC mobil tentu akan sangat berpengaruh pada tingkat profesionalitas dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada.

Lantas, bagaiamana cara mengukur jarak aman dengan kendaraan mobil di depannya tersebut? Berikut ini kami akan menyajikan ulasan selengkapnya untuk anda. Yuk, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Cara Mengukur Jarak Aman Dengan Kendaraan Mobil di Depannya

Mengukur jarak aman dengan kendaraan mobil di depan anda tentunya adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar lebih efektif dan bisa terhindar dari kecelakaan akibat kelalaian dalam mengatur jarak aman. Dan berikut ini adalah ulasan selengkapnya untuk anda.

  • Tentukan Patokan Benda Statis yang Dilalui Kendaraan Anda

Hal yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan patokan benda stastis yang dilalui kendaraan anda dan juga berada di depan anda, dan mulailah menghitung tiga detik.

Ketika anda melintasi benda tersebut dan tepat pada detik ketiga, maka jarak anda dengan kendaraan yang ada di depan anda adalah aman.

Namun sebaliknya jika kurang dari tiga detik dan benda tersebut sudah anda lewati, itu artinya kecepatan anda terlalu tinggi dan segeralah anda kurangi untuk mendapatkan jarak yang aman dengan kendaraan yang ada di depan anda. Dan ini juga berlaku untuk hal yang sebaliknya.

  • Hitungan Travelling

Kalau hitungan jarak, pastinya cara sebelumnya tidak anda lakukan pada kondisi sedang berkendara, namun hitungan yang anda gunakan adalah hitungan travelling.

Maksudnya hitungan traveling ini adalah saat anda berkendara, maka kilometer per jam ( kpj) adalah hal yang menjadi patokan kita.

Sebagai contoh, pada saat anda bergerak dari angka 100 kpj, maka per menitnya bisa kita bagi 60 dan untuk satu menit berarti 1,667 meter per menit, dan silahkan anda bagikan lagi 60 untuk dapat satu detik itu kira kira 28 meter per detik.

Atau dengan kata lain, satu detik tersebut bisa mengantisipasi jarak sekitar 84 km. Hal inilah yang bisa kita gunakan sebagai salah satu cara saat mengukur jarak aman dengan kendaraan mobil di depan kita.

  • Menggunakan Insting

Hal yang lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengukur jarak aman dengan kendaraan mobil di depan kita adalah dengan menggunakan insting atau pengalaman.

Namun hal ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan atau pada orang yang belum paham betul mengenai cara yang satu ini.

Caranya adalah dengan mengetahui reaksi mekanis dan reaksi manusia dalam mengatur jarak aman tersebut. Reaksi manusia itu sendiri adalah saat kita ingin berhenti atau menghindar.

Mulainya dari mata melihat, otak memproses, sampai pada saat kita menginjak rem itu waktunya kurang lebih adalah satu detik, sangat cepat bukan. Sedangkan reaksi mekanis tersebut berjalan saat menginjak rem, buster akan bekerja untuk mendorong minyak rem sampai ke caliper dengan estimasi kurang lebih dari satu detik.

Cuma dari reaksi saja sudah memakan waktu satu setengah detik. Untuk itu anda bisa menghitung waktu yang anda butuhkan dan kenapa menjaga jarak aman tersebut sangat penting bagi anda.

Batas yang anda butuhkan adalah dengan menjumlahkan kedua waktu tersebut. Dan yang perlu anda ingat sobat, kecepatan atau insting seseorang tentunya tak sama atau berbeda satu dengan yang lainnya.

Oleh karena pentingnya menjaga jarak aman dalam berkendara tersebut, anda sebagai pengemudi wajib memperhatikan poin – poin di atas demi menjaga keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Selain itu anda juga perlu pahami, bahwasanya jarak aman pada saat musim hujan dan tidak tentunya berbeda. Misalnya pada saat cuaca normal, maka jarak aman anda adalah 2 hingga 3 detik jaraknya ke kendaraan yang ada di depan anda.

Namun pada saat musim hujan jaraknya menjadi 2 kali lipat yakni 4 hingga 6 detik. Hal ini dikarenakan pada saat  musim hujan jalanan pasti lebih  licin.

Agar anda mengingat kembali, kami tekankan agar bisa memaksimalkan fungsi dari komponen mobil anda termasuk pada saat mengaplikasikan jaga jara aman, maka dibutuhkan yang namanya komponen dalam kondisi baik. Tanpa adanya hal tersebut, maka resiko terburuk seperti halnya menyenggol mobil di depannya pun tidak bisa dihindari.

Yuk rawat mobil anda di Bengkel-bengkel rekomendasi atau bengkel resmi sebagai solusi terbaik untuk merawat mobil anda. Bagaimana, anda masih ingin melewatkan perawatan mobil anda sendiri? Tidak ada alasan untuk tidak melakukan perawatan rutin ya. Semua juga demi kebaikan dan keamanan anda saat berkendara.

Itulah beberapa cara mengukur jarak aman dengan kendaraan mobil di depannya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda para pengemudi mobil. Semakin banyak pengetahuan, maka akan semakin banyak pula pengalaman yang bisa anda dapatkan.

 

booking service