Cedera yang Umum Terjadi yang Disebabkan oleh Airbag


Share :

#SahabatRotary,

Semua pemilik atau pengguna kendaraan roda empat, tentunya sudah mengerti akan funsgi dan peranan airbag dalam mobil anda ya. Airbag ini merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk menjaga keselamatan anda terutama pada saat terjadinya kecelakaan. Namun meski demikian, ada banyak orang yang justru mengabaikan fitur yang satu ini karena mereka beranggapan hanya dengan menggunakan seat belt saja sudah cukup. Padahal kenyataanya, airbag ini adalah salah satu piranti yang sangat penting untuk anda gunakan sebagai antisipasi sejak dini. Memang antisipasi sejak dini itu lebih baik daripada sudah sampai kejadian baru menyesalinya. Contohnya saja tidak melulu menyangkut airbag, seperti halnya AC mobil pun juga wajib dilakukan antisipasi sejak dini untuk melakukan perawatan agar peformanya bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama sehingga kenyamanan anda pada saat berkendara bisa terus dirasakan.

Untuk itu anda tidak boleh melalaikan yang namanya perawatan, baik itu pada airbag atau pun pada komponen lain seperti AC mobil. Sebagai penunjangnya, anda bisa memberikan kepercayaan lebih kepada tim kami jasa service AC mobil dari bengkel resmi Rotary Bintaro yang sekaligus bisa membantu anda menangani berbagai masalah terutama yang ada hubungannya dengan AC mobil. Bagi anda yang tidak paham apa sebenarnya airbag itu, kami juga bisa bantu untuk memberikan penjelasan lebih lanjut kepada anda semua.

Lantas bagaimana cara kerja airbag tersebut? Berikut ini kami akan mengulasnya untuk anda. Yuk, langsung saja kita simak ulasan di bawah ini!

Bagaimana Cara Kerja Airbag Tersebut Pada Mobil Anda?

Adapun sistem atau cara kerja dari airbag tersebut adalah ketika anda mengalami tabrakan keras yang terdeteksi, maka sensor mobil akan langsung mengirimkan sinyal supaya air bag dalam mobil anda mengembang. Selanjutnya airbag anda secara otomatis akan mengembang untuk melindungi daerah vital dari tubuh anda, seperti halnya kepala, leher dan juga dada. Tanpa adanya airbag ini sebagai bantalan, maka tubuh anda yang hanya ditahan oleh seat belt tersebut akan berpotensi menyebabkan cederan pada leher dan juga dada anda yang tergolong sangat vital tersebut.

Baca Juga :  5 Hal Ini Akan Membuatmu Gak Bakal Bosan Saat Macet Berjam-jam Di Jalan!

Pada umumnya, posisi airbag ini sendiri tergantung pada tipe mobilnya. Ada yang hanya terpasang pada bagian depan (untuk pengemudi dan samping pengemudi) dan ada juga yang terpasang sampai ke bagian penumpang di kabin belakang (front, side, dan juga pada curtain bag). Hal ini tentunya di design untuk mendukung kenyamanan anda dalam berkendara.

Karena pentingnya fungsi dan peranan dari airbag dalam mobil anda tersebut, maka anda sebagai pengendara wajib memperhatikan dan melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan bahwasanya airbag dalam mobil anda masih berfungi dengan baik. Sehingga pada saat terjadi kecelakaan, airbag dalam mobil anda bisa berfungsi untuk membantu menghilangkan potensi cedera pada anda. Semua orang pasti tidak ingin mengalami kecelakaan, tapi namanya di jalan siapa yang tahu.

Berbicara mengenai airbag, dibalik fungsinya yang berperan penting bagi anda, ternyata ada juga cedera yang umum terjadi yang disebabkan oleh airbag tersebut. Loh, kok bisa? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda. Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Cedera Yang Umum Terjadi Yang Disebabkan Oleh Airbag

Sejatinya airbag alias kantung udara adalah piranti atau fitur keselamatan bagi penumpang mobil baik pada bagian depan maupun pada bagian belakang. Sesuai dengan namanya, alat ini berbentuk seperti kantung udara yang mengembang saat terjadi benturan keras pada kendaraan anda. Namun di negara kita sendiri Indonesia tercinta ini belum ada ketentuan atau Undang Undang khusus yang mengharuskan produsen mobil harus menerapkan fitur ini pada setiap kendaraan yang mereka produksi.

Hal yang sering terjadi dibalik fungsi dan peranan airbag ini, dikarenakan oleh kurangnya pemahaman akan fungsi dan peranan airbag bagi pengemudi justru akan berdampak membahayakan, padahal airbag ini sendiri diciptakan untuk menjaga dan mendukung keselamatan anda. Dan cedera umum yang terjadi adalah seperti pada saat terjadi benturan keras pada saat mobil melaju, maka sebuah sensor akan memicu percikan listrik yang akan segera membakar gas nitrogen di dalam wadah airbag. Gas terbakar inilah yang akan melahirkan ledakan, membuat airbag mengembang yang mengarah pada bagian muka dan juga dada.

Baca Juga :  Bengkelnya Belum Selesai Ruang Tunggunya Sudah Menunggu

Airbag yang mengembang tersebut akan meletup saat mengenai pengendara saat terjadi benturan tersebut. Dan jenis luka yang sering terjadi adalah luka pada kulit. Hal tersebut bisa terjadi karena gesekan antara kulit tubuh dengan permukaan airbag. Dan sentuhan tersebut akan sangat keras membuat gesekan pada kulit dengan temperatur panas sehingga menyebabkan kulit dari pengemudi atau penumpang akan seperti mengalami kebakaran. Dan ada pula luka yang lainnya seperti lengan pengemudi terkilir, yang diakibatkan oleh airbag yang mengembang dengan cepat melebihi takaran yang seharusnya. Dan bahkan dalam beberapa kasus pengemudi menderita patah tulang pada pergelangan tangan dan lengan. Untuk itulah penggunaan airbag dengan cara yang tepat harus anda pahami agar tak menimbulkan cedera yang umum terjadi yang disebabkan oleh airbag tersebut.

Dan sebagai tambahan informasi untuk anda semua, berikut ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan mengenai airbag tersebut, antara lain :

  • Pastikan pada saat airbag mulai mengembang, tidak akan menghalangi bagian vital dari pernapasan anda.
  • Pastikan gas nitrogen yang tedapat pada airbag tersebut jika dalam kondisi keluar tidak membahayakan anda sebagai pengemudi.
  • Pastikan posisi duduk anda dan posisi airbag tersebut sejajar, sehingga pada saat anda membutuhkannya, anda bisa segera menggapainya dengan mudah.
  • Pastikan airbag tersebut berfungsi dan terhubung langsung ke bagian seat belt dengan baik, karena dua hal ini adalah piranti yang saling berhubungan untuk mendukung keselamatan anda dalam berkendara.

Sebagai informasi tambahan dan pengingat untuk anda semua. Jangan bosan – bosan melakukan yang namanya perawatan rutin sebelum kondisi buruk terjadi pada mobil anda. Karena melakukan perawatan rutin tentu akan jauh lebih baik dibandingkan dengan yang namanya perbaikan. Saat anda mengalaminya, anda pasti harus mengeluarkan budget lebih yang bisa saja menguras kantong anda. Sebenarnya dengan melakukan perawatan rutin, bisa anda gunakan sebagai antisipasi, sehingga budget yang anda bisa di save untuk kebutuhan lain yang jauh lebih penting ketimbang harus digunakan untuk biaya perbaikan.

Baca Juga :  Ternyata Mobil Jadul Punya Cara Perawatan Khusus

Jangan lupa untuk datang bengkel specialist AC mobil Rotary Bintaro khususnya dalam rangka melakukan perawatan yakni service AC mobil. Karena perlu diketahui mobil yang memiliki fitur airbag seringkali membutuhkan keahlian khusus saat melakukan service AC mobil. Jangan sampai setelah service AC mobil airbag anda malah bermasalah. Dokter AC mobil Rotary Bintaro selalu siap melayani anda. Yuk, datang ke cabang kami di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi dan Tangerang. Untuk wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, hubungi service advisor kami untuk diarahkan ke cabang terdekat.

Sampai disini dulu ya, ulasan yang bisa kami share untuk anda pada pembahasan kali ini. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda yang memiliki airbag dalam mobilnya.

booking service

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?