#SahabatRotary,

Dashboard merupakan wajah utama dari interior mobil anda. Apa jadinya jika tampilan dashboard anda kusam dan penuh debu – debu membandel? Tentu akan sangat mengganggu pemandangan. Bersih tidaknya dashboard mobil juga sangat mempengaruhi image anda sebagai pemilik mobil. Penilaian miring jika anda jorok dan malas juga bisa saja langsung melekat di diri anda. Wah – wah, kacau juga jika sudah kejadian. Image buruk menjadi susah untuk dihilangkan. Untuk itu sebagai pemilik mobil, anda wajib menjaga kebersihan dashboard mobil demi kesehatan, kenyamanan dan keindahan. Banyak sekali bukan manfaatnya.

Namun jika kondisinya memang sudah sangat parah seperti baret dan penyok, anda bisa minta bantuan montir di bengkel terpercaya. Pasti anda akan mendapatkan solusi terbaik. Sedangkan untuk urusan AC mobil, anda tidak perlu pusing – pusing, karena montir Indonesia di bengkel resmi Rotary Bintaro sudah ada dimana – mana khususnya di daerah Jabodetabek dan sekitarnya. Cabang kami di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi dan Tangerang telah siap melayani anda. Sedangkan untuk wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, jangan khawatir, datang saja ke bengkel resmi terdekat.

1.Bersihkan dengan Menggunakan Kanebo Setengah Basah

Kanebo memang alat paling umum digunakan untuk membersihkan berbagai komponen mobil termasuk bagian dashboardnya. Namun disarankan kanebo yang digunakan adalah kanebo yang bahannya lembut. Jangan asal – asalan membeli kanebo yang ditawarkan di pinggir jalan dengan harga murah. Selain bahannya kurang baik, daya serap terhadap airnya pun tidak maksimal. Untuk perawatan sehari – hari dashboard mobil anda agar bebas dari debu, cukup dengan memanfaatkan kanebo setengah basah, maka debu – debu membandel bisa terangkat.

2. Bersihkan dengan Menggunakan Cairan Pembersih

Cairan pembersih juga cocok digunakan untuk noda – noda dan kerak membandel. Kebiasaan meletakkan makanan dan minuman di dashboard mobil adalah penyebab paling mungkin terjadi, sehingga noda – noda membandel dan kerak tampak jelas di permukaan dashboard. Caranya cukup mudah kok, anda hanya perlu menyemprotkan pada bagian yang banyak noda membandel secukupnya saja. Selanjutnya anda bisa memanfaatkan kanebo atau lap kering untuk membersihkannya.

3. Pasang Lapisan Pelindung Untuk Perlindungan Jangka Lama

Untuk memasang lapisan pelindung memang belum banyak pemilik mobil melakukannya. Tapi efektif juga kok digunakan untuk menjaga dashboard mobil anda tetap dalam kondisi baik dan baru terus. Dalam proses pemasangannya, memang perlu bantuan dari jasa pemasangan agar bisa menempel sempurna dan terlihat menarik. Namun jika anda bisa melakukan pemasangan secara mandiri, malah bisa lebih baik. Pasti anda akan lebih jeli dan teliti dalam proses pemasangannya.

4. Manfaatkan Keberadaan Vacum Cleaner

Jika anda mempunyai vacum cleaner di rumah, manfaatkan saja untuk membersihkan dashboard mobil. Tidak harus vacum cleaner khusus untuk mobil kok, vacum cleaner rumah juga bisa digunakan. Untuk mengatasi debu yang menumpuk, cara ini tepat untuk dilakukan. Untuk memaksimalkan kebersihan, anda bisa melakukan pengelapan. Perlu diingat bahwasannya saat menggunakan vacum cleaner juga tidak boleh sembarangan. Anda harus hati – hati agar tidak merusak bagian – bagian tertentu, karena vacum cleaner rumah kan biasanya lebih kencang kekuatannya.

5. Gunakan Bahan Alami Minyak Zaitun

Bahan alami seperti halnya minyak zaitun juga ampuh lo jika digunakan untuk membantu membersihkan dashboard mobil anda. Cukup tuangkan pada lap khusus secukupnya dan mulailah proses membersihkan. Dijamin dashboard anda menjadi lebih kinclong karena bahan minyak pada dasarnya menimbulkan kilap. Lakukan secara rutin poin ini minimal seminggu sekali agar kebersihan dashboard bisa lebih maksimal. Kemudian juga untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari yang mampu membuat dashboard menjadi cepat kusam.

6. Semprot Menggunakan Cairan Khusus Anti Paparan Matahari

Cairan khusus anti paparan matahari bisa anda gunakan untuk mengantisipasi dashboard mobil agar tidak cepat kusam. Cukup semprotkan secara menyeluruh dan tidak berlebihan. Selanjutnya anda bisa melakukan pengelepan agar cairannya bisa lebih menyeluruh. Selain itu dengan melakukan pengelapan, manfaatnya akan semakin maksimal.

7. Pasang Kaca Film dengan Kandungan UV Tinggi

Pemasangan kaca film dengan kandungan UV tinggi juga ikut andil dalam membantu melakukan perawatan pada dashboard mobil anda. Jadi anda bisa menggunakannya pada bagian kaca mobil yang sekiranya sinar matahari bisa kontak langsung dengan bagian dashboard tersebut. Bisa anda bayangkan, paparan sinar matahari yang berlangsung dalam jangka waktu yang panjang, pasti lambat laun akan membuat dashboard mobil anda menjadi kusam dan pudar warnanya. Belum lagi jika sampai retak dan pecah, pasti rasa nyaman saat berkendara pun menjadi berkurang melihat pemandangan tidak mengenakkan tersebut.

8. Manfaatkan Kain Lap dengan Bahan Utama Mikrofiber

Penggunaan lap mikrofiber yang pada dasarnya menggunakan bahan lembut, sangat ampuh digunakan dalam melakukan perawatan pada berbagai komponen kabin mobil termasuk bagian dashboard. Kain lap dengan bahan utama mikrofiber juga sangat baik digunakan untuk membersihkan permukaan dashboard yang lembab saat musim hujan tiba. Proses pengembunan saat musim hujan tiba kan tidak bisa dihindari, jalan satu – satunya adalah rajin melakukan pengelapan.

9. Gunakan Sikat Bulu yang Halus Untuk Membersihkan Sela – Selanya

Untuk memaksimalkan kebersihan pada dashboard mobil anda, penggunaan sikat berbulu lembut akan sangat membantu dalam membersihkan bagian sela – sela yang sulit untuk dijangkau kain lap atau semacamnya. Debu – debu yang bersarang di sela – sela dashboard jika tidak segera dibersihkan juga sangat mengganggu pemandangan. Terlebih lagi dashboard mobil yang mempunyai warna terang, pasti akan sangat terlihat. Solusinya memang hanya menggunakan sikat dengan bulu halus. Dengan begitu kebersihan dashboard mobil menjadi lebih maksimal.

Sebagai informasi tambahan, bengkel resmi Rotary Bintaro memiliki montir Indonesia yang handal dan terlatih jika saat service AC diharuskan membongkar dashboard mobil anda. Jangan salah pilih bengkel yang bisa menyebabkan dashboard malah menjadi cacat.

Banyaknya tips di atas akan menjadi percuma jika anda tidak mempraktekkannya langsung atau anda tidak telaten dalam melakukan perawatan pada bagian dashboard mobil anda. Kami hanya memberi saran, sudah banyak jalan dan cara yang bisa kami berikan kepada anda semua, sebaiknya dimanfaatkan dengan baik. Untuk membersihkan dashboard mobil tidak membutuhkan waktu lama kok. Anda bisa melakukannya di pagi hari sebelum berangkat kerja dengan meluangkan waktu beberapa menit saja. Udara yang sejuk dan pikiran yang masih fresh, pasti akan menambah semangat dalam melakukan perawatan mobil, khususnya bagian dashboardnya. Sudah cukup jelas bukan dengan ulasan yang kami berikan di atas. Sekarang saatnya anda mencoba secara mandiri pada mobil pribadi anda. Nanti anda bisa membedakannya sendiri, antara dashboard yang terawat dengan dashboard yang tidak terawat.

Semoga membawa manfaat ya. Jangan lupa untuk hubungi kami, bengkel resmi Rotary Bintaro jika ada masalah yang tidak bisa anda selesaikan. Konsultasi adalah langkah paling tepat yang bisa anda ambil untuk mendapatkan solusi terbaik dari kami. Kami akan sabar menunggu kedatangan anda di bengkel resmi Rotary Bintaro kami.

booking service