Efek Negatif Pakai Parfum Mobil Pada Ventilasi AC yang Wajib Diketahui

#SahabatRotary,
Jika kita berbicara mengenai kendaraan atau mobil yang nyaman, maka tentunya pembicaraan kita tidak akan terlepas dari kabin nyaman, bersih, sejuk dan ditambah juga dengan aroma wangi. Dan jenis pewangi itu sendiri bisa kita sesuaikan dengan selera atau karakter kita karena sekarang ini jenis pewangi tersebut sudah dijual dengan berbagai variasi. Oleh karena itulah sobat, sekarang ini sudah sebagian besar mobil menggunakan pewangi tersebut dalam kabin mobil yang tujuannya adalah untuk mendapatkan kenyamanan dalam kabin mobil saat tengah berkendara. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasannya kenyamanan adalah hal yang sangat penting untuk kita perhatikan demi kelancaran aktivitas berkendara.
Berbicara mengenai pewangi mobil, ternyata selama ini ada begitu banyak kesalahan yang mungkin dilakukan terkait pewangi mobil. Sebut saja dari jenis pewangi yang kita gunakan, posisi pewangi dan juga hal yang lainnya. Agar anda tidak salah kaprah dalam menggunakan pewangi mobil, sebaiknya saat anda melakukan perawatan pada AC mobil, minta saran kepada montir Indonesia di bengkel resmi Rotary Bintaro yang pastinya sudah mempunyai banyak pengalaman dan pengetahuan. Kami sebagai penyedia jasa layanan berbasis otomotif sangat senang jika para konsumen seperti anda mau sharing dan bertukar pikiran dengan kami. Jadi kami juga bisa memahami apa sih sebenarnya permasalahan dan keluhan yang banyak dialami oleh pengguna mobil pada umumnya, tidak hanya berkaitan dengan hal spesifik seperti halnya AC mobil saja.
Kini anda tidak usah pusing lagi jika ingin melakukan konsultasi dengan bengkel resmi specialist AC mobil Rotary Bintaro, karena seiring dengan permintaan konsumen yang semakin tinggi, kami telah membuka beberapa cabang di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi dan Tangerang. Bagi anda yang berada di wilayah  Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, andapun bisa datang ke dokter AC mobil Rotary Bintaro terdekat ya. Pelayanan tidak kami batasi kok tenang saja, berbagai macam merk bisa kami atasi dengan sangat baik.
Sekarang kembali ke pokok permasalahan mengenai efek negatif pakai parfum mobil pada ventilasi AC mobil, apa sih sebenarnya dampak yang ditimbulkan? Yuk simak detailnya di bawah ini!
Efek Negatif Pakai Parfum Mobil Diventilasi AC
Tanpa kita sadari dan ketahui ternyata memasang pengharum atau parfum pada ventilasi mobil memiliki dampak negatif yang tentunya  dan baiknya lebih baik kita hindari. Adapun efek negatif yang dimaksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  • Berdampak Buruk Bagi Sistem Pendingin Udara
Sangat tidak disarankan untuk meletakkan atau menggunakan pewangi atau parfum pada bagian ventilasi AC mobil anda. Terlebih pada parfum yang memiliki aroma buah yang mengandung asam. Penggunaan yang anda lakukan secara terus menerus, akan membuat bahan kimia dari pewangi tersebut terserap ke dalam evaporator AC. Dan hal ini tentunya berdampak negatif bagi AC mobil. Alasannya ialah karena pada saat bahan kimia seperti parfum terserap oleh evaporator pendingin dalam ruangan kabin anda, maka dampaknya bisa menimbulkan kerak pada bagian pipa yang berfungsi langsung dalam menyalurkan udara dingin ke seluruh kabin. Dan pada saat terjadi penumpukan, maka kesejukan kabin dalam mobil anda tentunya akan berkurang, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kenyamanan kabin mobil anda tersebut.
  • Membuat Evaporator Rusak
Setelah anda mengetahui hal di atas, maka baiknya mulai dari sekarang berhentilah menggunakan parfum pada ventilasi AC mobil. Karena jika tetap anda biarkan begitu saja, maka bisa berpotensi merusak komponen evaporator mobil anda tersebut. Yang mana jika hal itu terjadi pada AC mobil anda, maka biaya yang harus anda keluarkan pun cukup besar untuk proses perbaikan atau penggantian evaporator yang rusak tersebut. Perlu anda ketahui, jika sudah rusak, maka akan sangat berpengaruh pada kenyamanan anda saat berkendara, karena AC mobil tentunya tidak akan bisa berfungsi lagi seperti semula. Sebagai montir Indonesia yang berpengalaman, kami cukup prihatin atas ketidakahuan yang banyak dilakukan oleh masyarakat pada poin ini.
  • Berbahaya Untuk Kesehatan Anda
Jika evaporator mobil anda terlalu banyak menyerap bahan kimia dari pewangi mobil, secara perlahan tapi pasti akan membuat evaporator tersebut menjadi lebih cepat kotor. Evaporator tersebut akan dengan mudah ditumbuhi oleh bakteri dan jamur. Dan pada saat anda menyalakan AC, secara langsung bakteri dan jamur yang sudah berkembang biak di evaporator, akan keluar dan menyebar ke seluruh bagian kabin mobil anda. Jika hal ini terus berlangsung, maka akan berbahaya bagi kesehatan anda. Karena anda sudah pasti akan menghirup udara yang penuh dengan jamur dan kotoran tersebut.
Nah, setelah mengetahui apa saja efek negatif pakai parfum mobil pada ventilasi AC tersebut, maka mulai dari sekarang berhenti menggunakan pewangi pada ventilasi AC.
Lantas pewangi seperti apa yang baik digunakan dalam mobil?
Solusi Agar Kabin Mobil Tetap Sejuk
Adapun hal yang harus anda lakukan agar udara dalam kabin mobil anda tetap sejuk dan wangi antara lain adalah sebagai berikut :
  • Gunakan Pewangi yang Digantung
Cara yang bisa anda lakukan agar mobil anda tetap wangi dan sejuk adalah dengan menggunakan jenis pewangi yang modelnya digantung di dekat kaca spion dalam mobil anda. Atau anda juga bisa menggunakan pewangi semprot seperti yang anda gunakan di rumah. Hal ini bertujuan agar parfum dalam mobil anda tetap bisa memberikan wangi dan nyaman dalam kabin. Namun juga tidak memberikan dampak atau efek negatif bagi anda dan juga evaporator AC mobil anda.
  • Rajinlah Membersihan AC Mobil
Hal yang lainnya yang juga penting untuk anda lakukan adalah dengan rajin membersihkan AC mobil anda tersebut. Hal ini tentunya bertujuan untuk membersihkan evaporator AC tersebut agar tidak terdapat jamur yang menumpuk dan tentu sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Karena AC mobil ini sangat sensitif terhadap berbagai kotoran atau debu yang ada pada kabin mobil anda, terlebih pada saat anda sering membuka kaca jendela mobil, sehingga udara dalam kabin terdapat banyak kotoran. Hal ini harus anda perahatikan bukan hanya menjaga agar kabin mobil anda tetap sejuk, namun juga agar udara dalam kabin mobil anda sehat.
Dengan menyimak sedikit ulasan yang bisa kami berikan di atas, diharapkan bisa membuka pikiran anda agar bisa merubah kebiasaan yang selama ini salah dan tidak diketahui menjadi lebih baik. Karena semua itu juga demi kenyamanan dan kesehatan anda serta keluarga tercinta.
Kami rasa ulasan mengenai efek negatif pakai parfum mobil pada ventilasi AC sudah lebih dari cukup agar bisa anda jadikan sebagai referensi dalam pembelajaran sehari – hari. Semoga ulasan ini bisa membawa dampak positif dan tentu saja bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa untuk datang ke bengkel resmi kami ya, banyak montir Indonesia berpengalaman dan profesional yang bisa membantu anda dalam menangani masalah AC mobil atau yang berkaitan dengan otomotif lainnya di Rotary Bintaro.
booking service

Tinggalkan komentar