fbpx

Freon AC Mobil Habis, Kenapa dan Cara Mengatasinya

Freon AC Mobil

Hai #SahabatRotary

Ada 2 fakta penting yang #SahabatRotary perlu tahu soal AC mobil

1. Kebocoran Pada Karet Seal Menyebabkan Freon AC Mobil Habis

Berikut beberapa hal yang mungkin menyebabkan pendingin udara kabin atau AC mobil tidak berfungsi.

Biasanya kesalahan dilimpahkan kepada Freon jika sebuah kabin mobil mengalami kejadian AC tidak dingin. Disebutkan bahwa Freon habis atau tidak lagi berfungsi. Sebenarnya, freon AC mobil tidak mungkin habis dikutip dari laman Hyundai Indonesia.
Freon berfungsi sebagai cairan utama bagi sistem AC. Dalam suhu ruang zat ini berwujud gas, dan saat mengalami pendinginan melalui evaporator  akan berubah menjadi cairan. Daur hidup Freon AC mobil bervariasi tergantung pemakaian. Tidak ada waktu pasti berapa masa pakainya, karena semuanya bergantung kepada penggunaan. Biasanya freon AC mobil bisa bertahan hingga bertahun-tahun. 
Lantas bagaimana cara mengetahui saat Freon AC mobil sudah habis?
Mesti dicatat nih #SahabatRotary bahwa sejatinya Freon tidak bakal habis bila tidak terjadi kebocoran pada sistem AC mobil.  Bisa dibilang penyebab freon AC mobil habis karena terjadinya kebocoran pada sistem AC itu sendiri. Biasanya memang karena faktor usia. Sebab, dalam sistem AC terdapat beberapa komponen yang berkaitan satu sama lain. Di antaranya kompresorkondensor, receiver drier, dan evaporator.
Kejadian Freon habis biasanya disebabkan karena adanya kebocoran atau kerenggangan pada karet seal pada sambungan selang dan pipa sehingga gas Freon bocor. Bisa juga akibat munculnya lubang pada selang maupun pipa. Solusi yang dapat diakukan #SahabatRotary adalah dengan mencari penyebab kebocoran, menambalnya, lalu mengisi ulang Freon AC mobil tersebut.
Bisa juga melihat indikator saat menghidupkan AC mobil. Kompresor pada AC mobil akan berputar dan bergerak menandakan freon AC mobil tersebut dalam kondisi baik. Bila kompresor AC mobil tidak bergerak, kemungkinan freon AC mobil sudah habis. Terakhir disarankan, cara paling bijak agar AC mobil tetap dingin dan tidak perlu menambah freon adalah melakukan servis rutin AC mobil setiap satu tahun sekali. Tujuannya, selain menjaga menjaga pendingin udara tetap optimal sehari-hari, juga agar lebih cepat untuk mendeteksi apakah terjadi kebocoran atau tidak.2. Kerusakan Pada Sistem AC Mobil menyebabkan Freon AC Mobil Habis

Berkat adanya freon AC mobil yang terpasang mampu mengeluarkan hawa dingin. Seiring berjalannya waktu, freon AC mobil bisa habis dikarenakan kerusakan pada sistem AC mobil. Akibatnya, membuat mobil menjadi panas karena angin yang dikeluarkan dari AC pun tak lagi dingin.

Bayangkan #SahabatRotary harus berkendara di tengah hawa panas tanpa AC dengan hembusan dingin? Mana tahan! Maka dari itu, segera lakukan penggantian freon jika #SahabatRotary menemukan serta mengalami tanda-tanda di bawah ini. Apa saja tandanya? Ayo, ketahui dengan lengkap pada ulasan di bawah ini.

a. Udara Terasa Seperti Hembusan Kipas Angin

AC dan kipas angin sama-sama memiliki fungsi untuk menyejukan udara. Perbedaannya, hembusan udara yang dihasilkan memiliki tingkat kedinginan yang berbeda. Tentu, udara yang dikeluarkan oleh AC lebih dingin dan juga menyejukkan.

Tanda freon mobil yang semakin menipis salah satunya saat Anda mulai merasakan angin yang dikeluarkan AC tak lagi seperti biasanya. Hembusan angin pun lama-kelamaan akan terasa seperti kipas angin, dingin namun tidak mampu menyejukkan bagian dalam mobil, bila anda membiarkan freon AC mobil habis.

b. Kompresor AC Tak Berputar

Segera lakukan pengecekan kompresor AC, saat udara yang berhembus di dalam kabin mobil tak lagi sejuk. Apabila kompresor AC tak berputar alias mati, sudah pasti solusinya segera lakukan penggantian freon dengan yang baru!

c. Kipas AC Mobil Tak Bergerak

Tidak bergeraknya kipas AC juga dapat manjadi salah satu indikator yang menunjukan kondisi freon mobil habis. Amatilah apakah kipas di bagian dalamnya mengalami perputaran atau tidak saat Anda menyalakan tombol AC mobil. Bila kipasnya diam, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan ini bisa membuat Anda lebih yakin, apakah kipas tersebut tidak berputar karena freon habis atau terjadi kerusakan. Apabila hanya karena habisnya freon, #SahabatRotary cukup melakukan penggantian saja. Apabila terjadi kerusakan, ini yang gawat! Anda harus langsung melakukan perbaikan ke bengkel terdekat.

d. Ada Gelembung Udara pada Sight Glass AC Mobil

Saat akan memeriksa freon mobil, nyalakan mesin. #SahabatRotary akan menemukan gelembung udara berwarna merah muda pada sight glass, menandakan freon telah habis. Sesegera mungkin lakukan pengisian freon AC mobil Anda dengan yang baru.


Fungsi Freon pada Sistem AC Mobil

Mungkin sebagian dari #SahabatRotary bertanya-tanya, apakah hubungan freon dengan suhu dingin yang dikeluarkan AC mobil. Sebenarnya, setiap AC yang terdapat pada tiap mobil masa kini, dilengkapi dengan pressure switch. Pengaman yang terletak pada pipa high pressure atau di receiver drier ini bekerja berdasarkan tekanan yang diterimanya.

Freon sendiri memiliki fungsi sebagai pemberi tekanan pada sistem pressure switch. Itu mengapa ketika isinya habis, maka tekanan yang diterima menjadi lemah. Saat tekanan berkurang fungsi pressure switch pun tidak bekerja maksimal.

Akibat kurangnya tekanan saklar tidak dapat tersambung sehingga relay magnetic clucth tidak berfungsi. Hal ini kemudian mengakibatkan kompresor AC tidak berputar. Angin yang dihasilkan pun jadi tidak dingin dan menyejukkan.


Jenis Freon AC Mobil yang Berbeda Sama Freon AC Rumah dan Kulkas

#SahabatRotary udah tau belum nih ternyata freon AC ada banyak jenisnya?

Banyak orang mengira kalau AC sudah enggak dingin, bawa ke bengkel dan isi ulang freon. Sebagai agen pendingin udara AC mobil memerlukan Freon.

Freon AC mobil memiliki perbedaan dengan jenis AC rumah, AC mobil cuma 1 jenis freonnya yaitu R134a atau HFC134. Untuk jenis freon jenis R134a umumnya digunakan oleh mobil keluaran tahun 1994 sampai saat ini. Sedangkan, freon R12 masih banyak digunakan oleh mobil di bawah tahun 1994, dikarenakan zat hidrofluorocarbon (HFC) yang ada pada pada freon R12 mengakibatkan kerusakan lapisan ozon di bumi freon R12 ini sudah dihentikan produksinya.

#SahabatRotary bisa melihat jenis freon yang sesuai standar pabrikan mobil pada dinding ruang mesin, jangan sampe salah pake freon. Iyen Santoso, Pemilik Sejuk Abadi, Jl. Raya Ragunan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu berkata “Namun, di pasaran banyak yang jual bermacam-macam freon R134a dengan kandungan yang belum jelas atau murni,”. Mempunyai efek pendinginan yang bagus merupakan Keunggulan yang dimiliki oleh freon R134a yang 100 persen murni alias tanpa bahan campuran.

Iyen juga berkata “Harga untuk 1 tabung freon murni atau R134a dikisaran Rp 1,9 juta, mahal karena kandungannya yang murni dan sangat bagus itu,”. Jadi ingat-ingat lagi ya #SahabatRotary AC mobil freonnya beda jenisnya dengan freon AC ruangan dan kulkas ya!


Ciri Freon AC Mobil Habis dan Solusi Mengatasinya

Baik AC rumah atau AC didalam mobil, freon adalah elemen penting pada sistem AC. Gas ini berperan sebagai sumber pendingin udara pada ventilasi AC. Sehingga kalau AC mobil tersebut tidak dingin, sudah jelas pasti freonnya habis.

Tapi, kebocoran gas freon ini sulit sekali terdeteksi. Karena freon merupakan gas yang mudah sekali menguap bahkan di temperature dingin. Tak butuh waktu lama bagi freon untuk menguap begitu ada lubang kecil pada selang AC.

Logikanya kita harus mengisi freon baru jika freon tersebut habis. Tapi freon dalam sekejap langsung habis jika kita langsung isi freon di bengkel AC. Karena bocor pada selang AC belum diperbaiki. Sehingga kita perlu memperbaiki kebocoran AC terlebih dahulu baru mengisi freon baru.

Hal lain yang membingungkan adalah freon tidak habis tetapi AC tidak dingin. Apa jadinya kalau AC tidak dingin, Sahabat mengira freonnya habis. Saat akan mengisi freon, ternyata freon didalam mobil masih penuh ?

Tentu sia-sia freon yang sudah kita beli. Oleh sebab itu, artikel ini akan menjelaskan tanda-tanda kalau freon AC mobil habis.

Ciri Freon AC Mobil Habis

1. AC hanya keluar angin dan tidak dingin

Saat #SahabatRotary menyalakan AC, harusnya dengan sekejap udara yang berhembus dari ventilasi udara memiliki suhu yang dingin (lebih dingin dari suhu kabin). Tapi kalau AC bermasalah, maka meskipun selektor suhu AC sudah diset di temperatur yang paling dingin, udara yang berhembus dari ventilsai AC tetap saja suhunya, alias tidak bertambah dingin.

Gejala ini menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan sistem AC mobil #SahabatRotary, bisa karena kompresor yang rusak, magnetic clutch yang rusak, kipas pendingin mati, atau karena freon habis.

Kalau freon habis, maka semuanya seolah berjalan normal. Saat AC dinyalakan, terdengar bunyi ketukan yang menandakan kompresor AC bekerja, RPM mesin juga naik serta kipas pendingin nyala. Tapi, hembusan angin tidak dingin ini artinya freon AC mobil habis.

2. AC On Namun Kompresor AC Tidak Berhenti Bekerja

Ada juga masalah sistem AC, dimana ketika saklar AC dinyalakan magnetic clutch terus saja terhubung. Saat saklar dinyalakan normalnya magnetic clutch akan terhubung. Ketika tekanan freon sudah maksimal maka magnetic clutch akan terbebas dalam interval waktu tertentu.

Mungkin #SahabatRotary sendiri sering menemui kondisi dimana suara ketukan dari ruang mesin sering muncul ketika AC dinyalakan.

Tapi kalau #SahabatRotary menemui kondisi dimana magnetic clutch dari awal AC ON terus saja tersambung, maka itu menjadi tanda bahwa freon AC habis.

Ini disebabkan oleh selang AC yang dipenuhi udara  saat freon habis karena kebocoran. Sifat udara, itu mudah dikompresi. Udara lebih mudah dikompresi Dibanding freon, sehingga saat kompresor bekerja, itu hanya akan memompa udara biasa.

Karena udara lebih mudah dikompresi, maka tekanan udara pada selang high pressure pun tidak bisa sampai maksimal. Jadi karena itu pressure switch belum bisa memutuskan magnetic clutch karena tekanannya belum sampai maksimal. Berbeda dengan freon yang lebih padat, diberi tekanan sedikit saja tekanannya langsung naik.

3. Tidak Ada Freon di Sight Glass

Kedua ciri diatas, bisa Sahabat rasakan didalam kabin mobil saat AC dinyalakan. Kalau Sahabat menemukan kondisi diatas, segera turun dan buka kap mesin untuk mengecek sirkulasi ACnya dan yang #SahabatRotary cek itu sight glass nya.

Sight glass sederhananya merupakan sebuah kaca bulat yang transparan, dan fungsi kaca ini adalah untuk melihat sirkulasi freon didalam sistem AC. Sight glass biasanya terdapat pada driyer atau filter freon.

Dalam kondisi mesin masih hidup dan AC dinyalakan, coba Sahabat tengok pada sight glass ini, akan ada cairan yang mengalir jika freon masih ada. Tapi tidak ada apa-apa yang mengalir dibalik sight glass jika freon habis.

Mengapa cairan, bukannya freon itu gas ?

Dalam wujud normalnya, freon memang berbentuk gas. Tapi kalau diberi tekanan, freon akan berubah menjadi cair. Ini seperti korek api gas, dimana didalam tanki bentuknya cair tapi kalau dikeluarkan akan menjadi gas.

4. Selang low pressure AC Tidak Berembun

Selanjutnya, masih pada ruang mesin. Kali ini Sahabat perhatikan selang-selang AC mobil Sahabat.

Ada dua buah selang dari kompresor, yakni

  • Selang high pressure yang berbentuk lebih kecil mengarah dari kompresor menuju kondensor.
  • Selang low pressure yang berbentuk lebih besar mengarah dari evaporator (didalam kabin) menuju kompresor.

Saat AC hidup dengan normal, maka akan terbentuk embun pada selang low pressure. Embun ini merupakan hasil dari perbedaan suhu antara suhu didalam selang low pressure yang dingin dengan suhu mesin yang panas.

Tapi kalau tidak terbentuk embun, atau kalau Sahabat raba tidak terasa dingin, berarti freon habis.

Lalu Apa Solusinya Kalau Freon Habis ?

Seperti yang dikatakan diatas, sebelum Sahabat mengisi freon Sahabat perlu mencari tahu penyebab mengapa freon AC mobil Sahabat habis. Untuk tahu dimana letak kebocoran freon secara pasti, ada beberapa cara yang bisa digunakan.

  1. Cara tradisional yang terbukti bisa mencari letak kebocoran freon adalah dengan menggunakan air sabun. Oleskan air sabun secara merata pada setiap saluran AC saat kondisi mesin nyala dan AC ON. Kalau ada kebocoran, pasti akan ada gelembung-gelembung.
  2. Cara kedua yakni dengan menggunakan leak detector, alat ini menggunakan cairan seperti tinta khusus yang dimasukan kedalam saluran AC. Lalu sorot saluran AC dengan senter ultrasonic, kemudian nyalakan AC selama beberapa menit. Cairan tinta yang dimasukan, akan menunjukan dimana lokasi kebocoran.
  3. Untuk cara terakhir, bisa Sahabat lakukan tanpa alat apapun. Caranya dengan memperhatikan setiap centi selang AC. Kalau ada rembesan, nah bisa jadi itu merupakan bekas kebocoran freon. Cara ini hanya bisa dilakukan kalau freon baru bocor, karena jika sudah kelamaan maka bekas rembesan itu akan mengering sehingga sulit dideteksi.

Mungkin itu saja artikel tentang cara mengetahui freon AC mobil bocor, semoga bisa menambah wawasan Sahabat ya.


Mengganti Freon Mobil

#SahabatRotary dapat mengganti freon yang habis langsung ke bengkel langganan. Namun begitu, bila Anda paham mengenai mekanisme mobil sendiri, tidak ada salahnya melakukan penggantian tersebut sendiri bukan?

Semoga penjelasan yang di atas, dapat membantu #SahabatRotary lebih mengenali kondisi AC mobilnya yah. Nah, saat membeli mobil bekas, mengecek kondisi AC adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Daripada tidak paham cara memeriksanya, serahkan saja pada ahlinya

Silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

freon ac mobilFreon AC Mobil Tidak Bakal HabisGelembung UdaraKipas AC Mobil Tidak BergerakKompresor AC Mobil Tidak BerputarSight Glass AC Mobil

Leave a Reply