Fungsi AC Mobil

AC Mobil dibuat untuk mendinginkan dan menyejukkan udara di dalam kabin mobil untuk memberikan kenyamanan pada penumpangnya. Mereka memiliki fungsi yang luar biasa tidak hanya unggul untuk musim panas, tetapi juga untuk musim hujan agar tidak berkabut di kaca mobil bagian depan.
coba anda bayangkan apabila sedang mengendarai mobil ketika sedang hujan deras tanpa ac tentu akan merepotkan dan pastinya kepanasan di dalam mobil, karena tidak bisa membuka jendela karena air hujan pasti akan membasahi kabin mobil, belum lagi embun di kaca depan juga cukup merepotkan dan membahayakan pandangan si pengendara itu sendiri tentunya, konsentrasi pengendara akan terpecah karena harus membersihkan embun yang ada di kaca depan bagian dalam mobil.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Komponen-komponen AC Pada Mobil

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, keberadaan AC mobil pada kendaraan nampaknya memang sangat dibutuhkan. Sebagai penyejuk ruangan di kabin, Semakin sering menggunakan AC mobil dan semakin lama pemakaiannya akan menyebabkan kualitasnya menurun. Alhasil bila AC sudah tidak dingin, jelas akan mengganggu perjalanan kita

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

AC menyesuaikan suhu, kelembaban, aliran udara, dan kemurnian udara dalam ruang kabin penumpang sesuai dengan tujuan penggunaan dan mempertahankan keadaan tetap sejuk.

  1. Bagian AC Mobil

2.

B.1 Komponen AC pada ruang Kabin

Blower Unit (Ventilator)
Blower menghisap udara panas dari dalam kabin dan menghembuskan hawa dingin yang berasal dari evaporator ke dalam kabin mobil

Cabin Filter
Fungsi cabin filter untuk menyaring debu sebelum masuk ke evaporator, sehingga di dalam kabin terasa bersih dan nyaman.

Cooling Unit (Evaporator)
Evaporator bekerja dengan menyalurkan dingin ke kabin mobil setelah proses pengembunan pada expansi. Kemudian blower membantu menghembuskan dingin dari evaporator ke dalam ruang kabin sehingga ruangan di dalam kabin terasa dingin dan sejuk.

Heater Unit (Pemanas)
Biasanya untuk musim dingin / salju sangat memerlukan alat untuk menjadi penghangat ruangan, namun iklim tropis di indonesia seperti tidak butuh alat tsb.

 

Baca juga : Asal Muasal Pembuatan Air Conditioner – AC

 

B.2 Komponen AC pada ruang mesin  

3
Komponen AC yang terlihat dari ruang mesin sbb :
– Kompresor
– Kondensor
– Dryer Filter
– Expansi Valve
– Magnetic Clutch
– Pipa dan selang AC

 

 

 

C.3 Control Unit

4

 

Gambar yang terlihat pada gambar Control Unit :
– Tombol AC :  Saklar On/Off kompresor
– Saklar Sirkulasi Udara : untuk mengatur sirkulasi angin luar dan angin dalam
– Saklar pengatur keluarnya udara : untuk mengatur udara yang keluar ke kaki / muka / kaca depan
– Saklar Blower : untuk mengatur kecepatan angin
–  Thermostart : untuk mengatur suhu temperatur