rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Anda Wajib Tahu! Inilah Fungsi Shockbreaker Mobil Yang Sangat Penting Untuk Keselamatan Berkendara!

Shockbreaker mobil adalah salah satu komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk meredam getaran dan goncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang tidak rata. Perannya ini membuat shockbreaker mobil memegang peran penting dalam memberikan kenyamanan dan kestabilan berkendara bagi pengemudi dan penumpang.

Lebih dari itu, shockbreaker mobil juga berperan dalam menjaga keselamatan berkendara, karena shockbreaker yang baik dapat meningkatkan traksi ban dengan jalan dan mengurangi kemungkinan terjadinya slip, oversteer, atau understeer. Mengingat fungsinya yang begitu penting, maka perawatannya di bengkel kaki kaki ataupun bengkel onderstel terdekat menjadi hal yang penting untuk Anda lakukan secara rutin.

Memangnya seperti apa sih detail dari fungsi shockbreaker mobil? Apa akibatnya bila fungsi shockbreaker mobil tidak maksimal? Lalu bagaimana upaya perawatan agar fungsi shockbreaker mobil tersebut dapat berjalan maksimal? Temukan jawabannya dalam artikel kali ini.

Pertanyaan Seputar Fungsi Shockbreaker Mobil

Shockbreaker bekerja dengan menyerap energi kinetik yang dihasilkan oleh pergerakan roda saat mobil melaju. Ini dilakukan melalui pergerakan piston dalam tabung yang berisi minyak khusus.
Shockbreaker sebaiknya diganti jika sudah mengalami kebocoran, keausan, atau kehilangan kemampuan meredam. Jika mobil terasa tidak nyaman atau mengalami gejala-gejala ketidakstabilan, perlu dilakukan pemeriksaan shockbreaker.
Jika shockbreaker rusak, dapat menyebabkan penurunan kenyamanan berkendara, peningkatan risiko kecelakaan, dan kerusakan pada komponen suspensi lainnya. Oleh karena itu, penting untuk segera mengganti shockbreaker yang rusak.
Pemilihan shockbreaker sebaiknya disesuaikan dengan jenis mobil, kondisi jalan yang sering dilalui, dan preferensi pengemudi. Konsultasikan dengan mekanik atau spesialis suspensi untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Fungsi Shockbreaker Mobil

Fungsi shockbreaker mobil

 

Hal pertama yang wajib untuk Anda pahami adalah bagaimana detail dari fungsi shockbreaker mobil. Dalam hal ini, shockbreaker mobil memegang beberapa fungsi penting, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meredam Getaran dan Goncangan

Fungsi shockbreaker mobil yang utama adalah untuk meredam getaran dan goncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang tidak rata, seperti lubang, polisi tidur, atau batu. Shockbreaker berisi cairan hidrolik atau gas yang dapat mengubah energi kinetik dari getaran dan goncangan menjadi energi panas yang kemudian disalurkan ke udara.

Dengan demikian, shockbreaker dapat mengurangi dampak yang dirasakan oleh pengemudi dan penumpang saat melewati jalan yang tidak rata.

2. Meningkatkan Kestabilan Berkendara

Fungsi shockbreaker mobil yang lain dan tak kalah penting adalah untuk meningkatkan kestabilan berkendara, baik dalam hal kenyamanan maupun keselamatan. Shockbreaker dapat membantu menjaga keseimbangan mobil saat berbelok, berakselerasi, atau mengerem.

Shockbreaker juga dapat membantu menjaga traksi ban dengan jalan, sehingga mobil tidak mudah tergelincir, oversteer, atau understeer. Shockbreaker yang baik dapat membuat mobil lebih responsif dan mudah dikendalikan.

3. Membantu Mengontrol Rem

Fungsi shockbreaker mobil yang terakhir adalah untuk membantu sistem pengereman memiliki kontrol dan stabilitas yang baik. Bagaimana bisa? Ini dilakukan shockbreaker dengan memberikan respon dan gerakan yang baik pada saat suspensi menghadapi pengereman, sehingga akhirnya akan membantu untuk memaksimalkan kontrol pengereman.

Baca Juga : Rekondisi Kaki Kaki Mobil dengan Teknologi Shaking Machine Hanya di Rotary Bintaro

Cara Menjaga Fungsi Shockbreaker Mobil dengan Baik

Fungsi shockbreaker mobil

 

 

Kini, kita telah pahami bersama fungsi shockbreaker mobil yang sangat penting dalam menjaga kenyamanan dan keamanan ketika berkendara. Maka dari itu, fungsi shockbreaker mobil yang sangat penting tersebut wajib Anda jaga agar selalu awet terjaga. Dalam hal ini, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar fungsi shockbreaker mobil Anda dapat terjaga dengan baik dalam waktu yang lama, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Melakukan Pengecekan Rutin

Cara pertama untuk menjaga fungsi shockbreaker mobil dengan baik adalah dengan melakukan pengecekan rutin, baik secara visual maupun dengan cara mencoba kinerja shockbreaker. Pengecekan visual dapat dilakukan dengan melihat apakah ada kebocoran cairan, keretakan, atau kerusakan pada shockbreaker.

Pengecekan dengan cara mencoba kinerja shockbreaker dapat dilakukan dengan cara menekan-nakan bagian depan atau belakang mobil dan melihat seberapa cepat mobil kembali ke posisi semula. Jika mobil berayun lebih dari dua kali, maka shockbreaker kemungkinan sudah aus atau rusak.

2. Mengganti Shockbreaker yang Rusak

Cara kedua untuk menjaga fungsi shockbreaker mobil dengan baik adalah dengan mengganti shockbreaker yang rusak dengan yang baru. Shockbreaker yang rusak dapat menyebabkan kenyamanan dan kestabilan berkendara menurun, bahkan dapat membahayakan keselamatan.

Shockbreaker yang rusak dapat ditandai dengan adanya bunyi berisik, getaran berlebihan, atau mobil yang mudah tergoyang saat berbelok, berakselerasi, atau mengerem. Shockbreaker yang rusak sebaiknya diganti sesegera mungkin untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada komponen lain, seperti ban, velg, atau sistem rem.

3. Memilih Shockbreaker yang Sesuai

Cara ketiga untuk menjaga fungsi shockbreaker mobil dengan baik adalah dengan memilih shockbreaker yang sesuai dengan jenis, ukuran, dan kebutuhan mobil. Shockbreaker yang sesuai dapat memberikan kinerja yang optimal dan sesuai dengan karakteristik mobil.

Shockbreaker yang tidak sesuai dapat menyebabkan kinerja mobil menurun, bahkan dapat merusak komponen lain. Shockbreaker yang sesuai dapat dipilih berdasarkan merek, tipe, spesifikasi, atau rekomendasi dari produsen mobil atau bengkel terpercaya.

Baca Juga : Mengapa Service Shockbreaker itu Penting? Temukan Jawabannya Disini!

Akibat Bila Fungsi Shockbreaker Mobil Terganggu

Fungsi shockbreaker mobil

 

Pertanyaan berikutnya adalah akibat apa yang akan timbul bila fungsi shockbreaker mobil yang sangat penting itu terganggu? Ada beberapa akibat buruk yang akan Anda rasakan dari terganggunya fungsi penting dari shockbreaker mobil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menurunnya Kualitas Berkendara

Akibat pertama dari terganggunya fungsi penting shockbreaker  mobil adalah menurunnya kualitas berkendara, baik dalam hal kenyamanan maupun kestabilan. Shockbreaker yang tidak terawat dapat menyebabkan getaran dan goncangan yang dirasakan oleh pengemudi dan penumpang menjadi lebih keras dan tidak nyaman.

Shockbreaker yang tidak diperhatikan kondisinya juga dapat menyebabkan mobil menjadi kurang responsif dan mudah tergoyang saat berbelok, berakselerasi, atau mengerem. Hal ini dapat mengurangi konsentrasi dan kewaspadaan pengemudi, serta meningkatkan risiko kelelahan dan stres.

2. Meningkatnya Risiko Kecelakaan

Selain itu, bila fungsi penting shockbreaker Anda terganggu misalnya karena kebocoran ataupun kerusakan, maka hal ini akan meningkatkan risiko kecelakaan, baik bagi pengemudi, penumpang, maupun pengguna jalan lain. Shockbreaker yang kondisinya tidak pernah diperhatikan dapat menyebabkan traksi ban dengan jalan menurun, sehingga mobil lebih mudah tergelincir, oversteer, atau understeer.

Shockbreaker yang tidak terawat juga dapat menyebabkan sistem rem menjadi kurang efektif, sehingga jarak pengereman menjadi lebih panjang. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya tabrakan, terperosok, atau terguling.

3. Memboroskan Biaya Perawatan

Lebih dari itu, bila shockbreaker Anda jarang diperhatkan atau tidak pernah diganti, maka ini justru akan memboroskan biaya perawatan, baik untuk shockbreaker itu sendiri maupun untuk komponen lain yang terkait. Shockbreaker yang tidak terawat dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah dan lebih cepat, sehingga membutuhkan penggantian yang lebih sering dan lebih mahal.

Lalu, Shockbreaker yang kondisinya tidak pernah atau jarang diperhatikan juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain, seperti ban, velg, atau sistem rem, sehingga membutuhkan perbaikan atau penggantian yang lebih sering dan lebih mahal.

4. Menurunnya Nilai Jual Mobil

Selain itu, bila fungsi shockbreaker mobil Anda terganggu, maka hal ini akan membuat nila jualnya menjadi turun. Shockbreaker yang tidak berfungsi denga maksimal dapat menyebabkan penampilan dan performa mobil menjadi buruk, sehingga menurunkan daya tarik dan kredibilitas mobil di mata pembeli.

Shockbreaker yang fungsinya terganggu ini juga dapat menyebabkan biaya perbaikan atau penggantian yang tinggi, sehingga menambah beban bagi penjual. Hal ini dapat membuat mobil sulit untuk dijual dengan harga yang sesuai atau bahkan merugi karena terpaksa menjualnya dengan harga murah.

5. Meningkatnya Emisi Gas Buang

Terakhir, bila shockbreaker pada mobil Anda kehilangan atau terganggu fungsinya maka hal ini akan meningkatka emisi gas buang. Ini dikarenakan bila fungsi shockbreaker mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan secara otomatis membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi boros, karena membuat mobil harus mengeluarkan tenaga dan bahan bakar ekstra sebagai efek tidak adanya fungsi maksimal dari shockbreaker mobil. Pada akhirnya, emisi gas buang juga ikut meningkat.

Emisi gas buang yang tinggi dapat menyebabkan pencemaran udara, pemanasan global, dan perubahan iklim. Emisi gas buang yang tinggi juga dapat menyebabkan pelanggaran terhadap aturan dan standar lingkungan yang berlaku, sehingga menimbulkan sanksi atau denda bagi pemilik mobil.

Banner Website Shaking Machine 1

Service Shockbreaker Mobil Terbaik Hanya di Rotary Bintaro!

Fungsi shockbreaker mobil

 

Kini Anda telah memahami bagaimana fungsi shockbreaker mobil, bagaimana cara menjaganya serta apa akibatnya bila shockbreaker mobil kehilangan fungsinya. Dari penjelasan tersebut Anda tentu telah mendapat pemahaman atau setidaknya gambaran betapa pentingnya melakukan service shockbreaker mobil. Maka bengkel service shockbreaker mobil terdekat menjadi kunci pentingnya.

Pertanyaan terakhirnya adalah bengkel service shockbreaker mobil mana yang dapat diandalkan untuk melakukan service shockbreaker mobil tersebut? Satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Bintaro! Mengapa harus Rotary Bintaro?

Ini dikarenakan Rotary Bintaro merupakan bengkel dengan jam terbang yang sangat tinggi, dimana bengkel ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lho! Tingginya pengalaman yang dimilikinya tentu membuatnya telah dibekali dengan berbagai macam pengetahuan dan skill set yang mendalam untuk menangani masalah shockbreaker ataupun masalah shockbreaker mobil lainnya.

Tingginya jam terbang ini juga tentunya diimbangi dengan tingginya reputasi positif yang berhasil didapatkan oleh Rotary Bintaro. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya orang yang kini menjadi pelanggan setia sekaligus dengan senang hati memberikan ulasan ataupun komentar positif pada Rotary Bintaro. Mendapatkan reputasi tentu bukan perkara mudah karena dedikasi dan konsitensi haruslah dijaga selama bertahun-tahun, tetapi Rotary Bintaro telah berhasil mendapatkan sekaligus menjaganya selama lebih dari 20 tahun!

Lebih kerennya lagi, Rotary Bintaro kini menjadi bengkel mobil pertama di Indonesia yang menyediakan shaking machine kaki kaki mobil lho! Teknologi canggih ini sangat membantu analisa masalah seluruh komponen kaki kaki mobil termasuk shockbreaker dengan lebih cepat dan akurat.

Bagaimana bisa? Ini dikarenakan shaking machine kaki kaki mobil akan menggunakan guncangan hidrolik yang memberikan semacam simulasi guncangan pada seluruh komponen kaki kaki mobil. Dari simulasi tersebutlah nanti akan terlihat masalah apa yang terjadi pada bagian kaki kaki mobil tersebut.

Hal ini tentu membuat solusi yang diberikan menjadi jauh lebih terarah dan terukur. Anda dipastikan akan terhindar dari pergantian komponen yang tidak perlu akibat kesalahan dalam analisis masalahnya. Sebaliknya, Anda akan mendapatkan solusi yang terbaik dan terukur karena analisanya bukan hasil tebakan semata melainkan dilakukan oleh segala macam kecanggihan yang dimilikinya.

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...