Di dalam AC mobil terdapat beberapa komponen yang sangat penting. Salah satu komponen AC yang paling penting yaitu freon. Freon memiliki fungsi dan sangat mempengaruhi kinerja AC mobil. Jika freon habisΒ  maka kemungkinan besar akan terjadi masalah seperti kebocoran pada sistem AC sehingga AC pun tidak dingin.

Salah satu solusinya adalah dengan mengisi kemballi freon. Pada saat mengisi freon, tentunya dibutuhkan langkah-langkah ataupun cara agar freon terisi kembali. Bagaimanakah cara mengisi freon AC mobil ? berikut ini adalah langkah-langkah atau cara mengisi freon mobil yang bisa kamu coba dan praktekkan. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Langkah-Langkah Mengisi Freon AC Mobil

  1. Mengosonkan Isi Freon Terlebih Dahulu

Sebelum mengisi freon, langkah pertama yaitu kosongkan freon terlebih dahulu. Tutup katup manifold gauge kemudian hubungkan manifol gauge dengan selang merah dengan tekanan yang tinggi, selang biru dengan tekanan yang rendah dan selang hijau dengan menuju pompa yang vakum. Jika selang tersebut sudah terpasang dengan benar, bukalah satu katup pada manifold dan kemudian hidupkan pompa vakum tersebut.

  1. Membuka Sisi Katub Manifold yang Satunya

Langkah yang kedua adalah membuka sisi katub manifold. Tujuannya supaya vacum bekerja secara efisien pada kedua sisinya. Setelahnya baca kembali angka vacum gauge lalu pastikan sistem yang ada tersebut sudah bebas dari uap. Kemudian biarkan vakum pompa udara tetap mengalir. Tunggu selama 30 menit dan tutup kedua katub sebelum mematikan pompa vacum. Tunggu selama 15 menit dan cermati angka yang ada pada meteran tersebut.

Itulah beberapa cara mengisi freon AC mobil. Namun, jika kamu tidak ingin ribet kamu bisa membawa ke bengkel AC mobil. Teknisi bengkel AC mobil inilah akan membantu kamu dalam mengisi freon dengan baik dan benar. Tidak hanya itu, jika terjadi kebocoran maka teknisi AC mobil akan segera membantu dan mengatasi dengan tepat.

Waktu yang Tepat Untuk Mengisi Freon AC Mobil

Isi freon AC mobil berapa bulan sekali sih? sebenarnya untuk mengisi freon AC mobil sendiri tidak bisa dipastikan. Jika dirasa freon sudah habis dan AC mobil tidak dapat bekerja, maka kamu bisa langsung segera mengisi freon AC mobil.Β  Saat mengisi freon AC mobil kamu membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Pembuangan freon 10 menit, membuang udara 10 menit, dan oli compresor 10 menit. Biaya yang dibutuhkan cukup tinggi yaitu sekitar 180 hingga 380. Biaya tersebut tergantung harga freon setiap tabungnya dan oli kompresor yang dibutuhkan untuk mengisi freon. Pada dasarnya freon tidak bisa habis jika tidak terjadi kebocoran, pastikan kebocorannya sudah diatasi terlebih dahulu sebelum mengisi freon.

Saran terakhir, walaupun saat freon habis namun AC mobil tidak terdapat gangguan dan masih bisa dijalankan, maka sebaiknya untuk tetap mengisi freon di bengkel AC mobil. Tujuannya adalah untuk menghindari berbagai madam kerusakan atau gangguan yang terjadi pada AC mobil.

Karena, jika freon habis namun AC mobil tetap bekerja, maka freon akan bekerja lebih keras daripada biasanya. Jika dipaksakan maka lama kelamaan freon pun akan aus dan mengalami kerusakan. Tentunya jika freon rusak, biaya perbaikannya pun akan membutuhkan biaya yang lebih besar lagi. Tentu semakin banyak pengeluaran bukan ?

Maka dari itu, mulai dari sekarang isi freon AC mobil kamu ketika sudah habis. Jangan menunggu AC mobil tidak berfungsi terlebih dahulu. Lakukan perawatan AC mobil secara berkala.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.