fbpx

Isi Freon AC Mobil Harus Berapa Lama Sekali Sih?


Hai #SahabatRotary mau isi freon AC mobil? Berapa lama harus isi freon AC mobil sih?

Yakin AC mobil Anda bermasalah  karena freon yang bocor?
Freon AC mobil itu tidak akan habis loh …

Di dalam AC mobil terdapat beberapa komponen yang sangat penting. Salah satu komponen AC yang paling penting yaitu freon. Freon memiliki fungsi dan sangat mempengaruhi kinerja AC mobil. Jika freon habis maka kemungkinan besar akan terjadi masalah. Seperti kebocoran pada sistem AC sehingga AC pun tidak dingin.

Salah satu solusinya adalah dengan mengisi kembali freon. Tetapi apakah isi freon AC mobil adalah jalan keluarnya?

Jangan Buru-buru Isi Freon AC Mobil Kalau Tidak Dingin

Salah satu kenyamanan yang ditawarkan dalam mengendarai sebuah mobil adalah adanya sistem pendingin atau air conditioner (AC). AC mobil yang bekerja dengan baik tentu akan memberikan kesejukan dalam kabin. Hal ini tentu sangat berharga tatkala akan berpergian di siang hari yang panas.
Lain ceritanya bila sistem AC tidak bekerja dengan baik salah-salah penumpang atau pengemudinya tidak merasakan hembusan angin dingin melainkan mencium bau yang tidak sedap. Biasanya jika masalah seperti ini datang, orang-orang langsung menyarankan untuk mengganti freon.
Padahal menurut Hendra, pemilik Djamin AC, bengkel spesialis AC mobil yang terletak di wilayah Ciledug, Tangerang, AC mobil yang tidak dingin kemungkinan disebabkan beberapa faktor.
“Kalau AC enggak dingin biasanya kita cek dulu, belum tentu harus tambah freon, bisa sebenarnya tambah freon, cuma mesti diteliti lagi, filter kabinnya ada enggak, kalau enggak ada, itu debu cepat masuk dan larinya ke evaporator blower atau mungkin juga filter silika di kondensornya yang lebih kotor,” ujarnya.
Masih dijelaskan Hendra, mobil-mobil keluaran terbaru sekalipun tidak semuanya dilengkapi filter kabin, khususnya mobil yang dijual pada tipe paling standar. Sehingga untuk menyiasatinya, bisa ditambahkan filter kabin yang cocok dengan tempat yang disediakan pabrikan biasanya diletakkan di bagian belakang laci dashboard.
“Kotoran yang nempel di filter kabin atau blower itu banyak, bisa dari debu karpet, kotoran di sepatu atau enggak sandal. Solusinya bisa dibersihin atau diganti,” jelas Hendra.
Di bengkelnya, tarif penambahan atau penggantian filter kabin dibanderol sebesar Rp 100 ribu untuk mobil-mobil Low MPV atau city car yang umumnya memiliki bentuk yang serupa.
Lebih lanjut pada kasus yang lebih berat dan pemilik mobil mengeluhkan AC-nya tidak dingin sama sekali maka perlu servis ‘turun dashboard‘. Pemeriksaan total ini, termasuk penggantian filter silika pada kondensor, serta penambahan oli pada kompresor memakan waktu sekitar 2 jam dan memakan biaya Rp 400 ribu (belum termasuk tambah freon).
Tarif tambahan freon pada Djamic AC bengkel spesialis mobil
Sedangkan untuk tambah freon, Djamin AC mematok harga Rp 150 ribu untuk satu blower, dan Rp 250 ribu untuk mobil yang memiliki dua blower termasuk penambahan oli kompresor.
Hendra juga menyarankan agar pemilik mobil secara berkala mengecek kebersihan filter kabin agar hembusan angin selalu terjaga juga untuk menjaga kerja kompresor agar tidak berat.
“Buat perawatan, selain dibersihkan delapan bulan sekali, ganti filter kabin dengan yang baru, jadi enggak perlu ‘turun dashboard’, itu udah pasti aman, deh. Saya jamin umur pemakaiannya panjang. Kalau enggak perawatan, itu mobil rewel pasti dua atau tiga tahun lagi,” jelas Hendra sambil menunjukkan contoh kotak filter kabin.
Jadi ingat, AC mobil kamu yang kurang dingin, belum tentu solusinya dengan tambah freon selalu cek secara berkala kebersihan filter kabin mobil kamu ya. Buat kamu yang punya masalah seperti ini bisa langsung saja coba untuk mengkonsultasikan masalah ini ke Rotary Bintaro.

AC mobil tidak dingin, tidak selalu disebabkan oleh freon AC mobil yang habis. Freon AC mobil itu bukan bahan bakar AC yang akan berkurang.
Jadi …

Ada 5 Sumber Masalah Penyebab AC Mobil Kurang Dingin
Berikut Sekaligus Cara Mengatasinya

Air conditioner (AC) atau pendingin udara menjadi fitur dalam kendaran yang tak pernah absen digunakan pengendara di sejumlah kota yang terkenal panas termasuk Jakarta. Apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau yang hampir setiap hari suhunya lebih dari 32 derajat Celcius.
Tapi, di saat Anda menyalakan AC dan ternyata hembusan anginnya kurang dingin atau hanya terasa angin saja, tentu hal tersebut membuat berkendara jadi tidak nyaman. Jika Anda mengalami hal-hal tersebut, berarti ada yang salah dengan kondisi AC mobil Anda yang harus Anda periksa, yang mana hal tersebut membuat AC mobil tidak bisa bekerja secara optimal saat difungsikan.
Kalau mendapati AC tidak dingin pada saat dinyalakan, jangan langsung salahkan cuaca di luar mobil. Karena kalau seperti itu ada hal-hal yang tidak beres di bagian AC-nya yang harus dibereskan.
Kendati demikian, pria yang akrab disapa Pak Haji itu menjabarkan lima hal paling umum dan mendasar yang seringkali menjadi pemicu AC mobil tidak dapat bekerja secara optimal. Beriku adalah beberapa penyebab AC mobil kurang dingin:

1. Freon AC Mobil Habis atau Kurang

Pada dasarnya salah satu penyebab mendasar yang paling sering menjadi pemicu AC tidak dingin adalah freon yang habis atau kurang. Pada dasarnya, kata Agus, freon tidak akan habis kalau tidak ada kebocoran pada sistemnya. Penyebab bocornya bisa beragam, bisa karena beberapa komponen karet yang getas karena sudah lama atau ada yang tidak beres pada valve kompresornya.
“Poin ini sepertinya yang paling sering terjadi atau sering ditemui di AC mobil. Jadi kalau kita ibaratkan, freon ini fungsinya sama dengan darah yang membuat manusia bisa hidup. Begitu juga dengan freon, kalau ada yang tidak beres di freonnya, walaupun AC-nya hidup dia tidak akan mengeluarkan udara yang dingin alias tidak dapat bekerja dengan baik,” jelas Agus.

2. Filter AC Mobil Tersumbat

Filter atau saringan AC memiliki fungsi untuk menyaring segala debu-debu dan kotoran yang ada di udara. Nah, tentunya kalau Anda malas untuk membersihkan bagian ini, debu atau kotoran-kotoran lain banyak yang menempel dan tertimbun di bagian filter yang membuatnya menjadi tersumbat. Kalau sudah tersumbat, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan bekerja secara optimal.
Walaupun kondisinya AC mobil tersebut hidup, tetapi kalau filternya kotor dan tersumbat, tidak akan ada udara yang keluar melalui blower, dan hal itu yang membuat AC mobil kamu seolah tidak berfungsi dan terasa dingin.

3. Motor Extra Fan pada AC Mobil Mati atau Lemah

Selain soal habisnya freon dan tersumbatnya filter AC, AC yang kurang dingin juga bisa diakibatkan masalah pada extra fan.
“Soal motor extra fan, masalah intinya ada dua. Antara mati atau tidak hidup sama sekali, atau masih berjalan tapi putarannya lemah yang membuat hembusan anginnya itu kecil,” papar Agus.
Kalau bagian motor extra fan pada AC mobil Anda sudah mulai lemah atau bahkan mati, tidak ada jalan lain yang bisa Anda lakukan selain menggantinya dengan motor extra fan yang baru.

4. Evaporator pada AC Mobil Kotor

Musuh terbesar dari evaporator adalah debu. Tentang hal ini, debu menjadi hal utama yang bisa membuat evaporator AC mobil Anda kotor lalu tersumbat yang membuat sirkulasi AC menjadi tidak lancar karena ada yang menghalangi.
Jadi debu atau kotoran yang ada di evaporator adalah debu-debu yang tidak bisa tersari oleh filter atau mungkin bahkan saking banyaknya debu atau kotoran yang ada di bagian filter.
“Kalau Evaporator sih simpel, kalau dia kotor ya pasti gara-gara kebanyakan debu atau kotoran yang hinggap disana. Kalau Evaporator kotor itu biasanya sirkulasi udara yang dihembuskan ke dalam kabin yang harusnya udara dingin menjadikan udaranya kurang dingin,” jelasnya.

5. Kondensor pada AC Mobil Kotor

Kondensor terletak di bagian depan dekat dengan radiator. Tanpa disadari, posisinya kerap kali mengundang segala kotoran yang mungkin bisa saja hinggap pada saat kita sedang berkendara.
Nah, ternyata hal tersebut akan berdampak pada sistem kerja AC yang bisa menjadi tidak dingin. Sebab, kondensor yang kotor akibat lumpur atau kotoran lainnya bisa membuat proses kondensasi menjadi tidak maksimal.
“Kondensor ini lebih seperti pengantar yang fungsinya membuang panas yang dihasilkan dari mesin AC. Kalau itu (kondesor) kotor pasti dia enggak akan maksimal membuang panas, yang dampaknya ke sistem kerja AC,” imbuhnya.

Solusi AC Mobil Bekerja Optimal

Apa solusinya kalau kelima hal ini mampir di sistem AC mobil Anda yang membuatnya tidak mampu bekerja secara optimal?
1. Langkah Pencegahan untuk AC Mobil
Service AC mobil secara rutin, jangan hanya mesin mobil saja yang dikasih perhatian.
Ada baiknya sebagai pemilik kendaraan, Anda selalu mengecek bagian AC secara rutin setiap 3-6 bulan sekali, atau mengikuti jadwal servis berkala mobil kamu. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan untuk menghindari rusaknya AC mobil Anda. 
“Kalau perawatannya rutin, harusnya masalah-masalah seperti ini tidak terjadi. Jangan sampai nunggu ada keluhan baru dibawa ke bengkel.
2. Langkah Perbaikan AC Mobil
Tidak ada jalan lain selain harus membawanya ke bengkel resmi untuk dibenahi. Lebih lanjut, karena bagian AC merupakan sektor yang seluruh komponennya berada di dalam, maka harus orang yang memang sudah ahli untuk menanganinya. Jangan sampai karena ditangani orang yang bukan ahlinya, membuat AC mobil kamu menjadi tambah rusak yang akan menjadi lebih sulit untuk memperbaikinya.

Pada saat mengisi freon, tentunya dibutuhkan langkah-langkah ataupun cara agar freon terisi kembali. Bagaimanakah cara mengisi freon AC mobil ? berikut ini adalah langkah-langkah atau cara mengisi freon mobil yang bisa Anda coba dan praktekkan. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

berapa lama harus isi freon ac mobil

Langkah-Langkah Mengisi Freon AC Mobil

1. Mengosongkan Isi Freon AC Mobil Terlebih Dahulu

Sebelum mengisi freon, langkah pertama yaitu kosongkan freon terlebih dahulu. Tutup katup manifold gauge kemudian hubungkan manifol gauge dengan selang merah dengan tekanan yang tinggi, selang biru dengan tekanan yang rendah dan selang hijau dengan menuju pompa yang vakum. Jika selang tersebut sudah terpasang dengan benar, bukalah satu katup pada manifold dan kemudian hidupkan pompa vakum tersebut.

2. Membuka Sisi Katub Manifold yang Satunya pada AC Mobil

Langkah yang kedua adalah membuka sisi katub manifold. Tujuannya supaya vacum bekerja secara efisien pada kedua sisinya. Setelahnya baca kembali angka vacum gauge lalu pastikan sistem yang ada tersebut sudah bebas dari uap. Kemudian biarkan vakum pompa udara tetap mengalir. Tunggu selama 30 menit dan tutup kedua katub sebelum mematikan pompa vacum. Tunggu selama 15 menit dan cermati angka yang ada pada meteran tersebut.

Itulah beberapa cara mengisi freon AC mobil. Namun, jika Anda tidak ingin ribet Anda bisa membawa ke bengkel AC mobil. Teknisi bengkel AC mobil inilah yang akan membantu Anda dalam mengisi freon dengan baik dan benar. Tidak hanya itu, jika terjadi kebocoran maka teknisi AC mobil akan segera membantu dan mengatasi dengan tepat.

Waktu yang Tepat Untuk Mengisi Freon AC Mobil

Isi freon AC mobil berapa bulan sekali sih? sebenarnya untuk mengisi freon AC mobil sendiri tidak bisa dipastikan. Jika dirasa freon sudah habis dan AC mobil tidak dapat bekerja, maka Anda bisa langsung segera mengisi freon AC mobil.  Saat mengisi freon AC mobil Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Pembuangan freon 10 menit, membuang udara 10 menit, dan oli compresor 10 menit. Biaya yang dibutuhkan cukup tinggi yaitu sekitar 180 hingga 380 ribu. Biaya tersebut tergantung harga freon setiap tabungnya dan oli kompresor yang dibutuhkan untuk mengisi freon. Pada dasarnya freon tidak bisa habis jika tidak terjadi kebocoran, pastikan kebocorannya sudah diatasi terlebih dahulu sebelum mengisi freon.

Saran terakhir, walaupun saat freon habis namun AC mobil tidak terdapat gangguan dan masih bisa dijalankan, maka sebaiknya untuk tetap mengisi freon di bengkel AC mobil. Tujuannya adalah untuk menghindari berbagai macam kerusakan atau gangguan yang terjadi pada AC mobil.

Karena, jika freon habis namun AC mobil tetap bekerja, maka freon akan bekerja lebih keras daripada biasanya. Jika dipaksakan maka lama kelamaan freon pun akan aus dan mengalami kerusakan. Tentunya jika freon rusak, biaya perbaikannya pun akan membutuhkan biaya yang lebih besar lagi. Tentu semakin banyak pengeluaran bukan ?

Maka dari itu, mulai dari sekarang isi freon AC mobil Anda ketika sudah habis. Jangan menunggu AC mobil tidak berfungsi terlebih dahulu. Lakukan perawatan AC mobil secara berkala.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Biaya Isi Freon AC Mobil Nggak Mahal tapi Jangan Asal Mengisinya

by2,272 views
Biaya Isi Freon AC Mobil

Kapan sih waktu yang pas buat isi freon? Pertanyaan itu sering banget muncul di kalangan pengguna mobil apalagi yang masih pemula. Sebenarnya gampang saja memutuskan waktu buat mengisinya lagi karena kalau dirasa kurang dingin, artinya freon sudah mau habis. Biaya isi freon AC mobil termasuk murah tapi kamu juga harus jangan asal mengisinya.

AC mobil yang menjadi komponen paling penting buat kenyamanan pengguna mobil juga nggak bisa lepas dari masalah fungsinya. Masalah yang sangat umum terjadi pada AC yaitu kurang dingin atau nggak ada rasa dinginnya sama sekali saat AC dinyalakan. Penyebabnya sebenarnya ada banyak macam, tapi penyebab utamanya biasanya karena freonnya yang sudah habis.

Born Ford Tough berkerjasama dengan ADS AC Mobil, cukup tunjukkan surat kerjasama ini, untuk mendapatkan diskon 15%
Surat Kerjasama ADS

ADS AC Mobil
Jalan Haji Nawi Raya no. 2 RT.3/RW.1

Gandaria, Cilandak, Jakarta Selatan

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12420
Telepon: 0817-6688-773

Freon yang sudah habis biasanya nggak akan langsung diisi oleh pihak bengkel karena belum tentu habisnya freon terjadi secara alami. Bisa saja freon habis karena penyebab yang lainnya seperti ada kebocoran di dinding spare partnya. Pihak bengkel akan mengecek satu per satu bagian yang menyebabkan freon habis.

Kalau memang ada kebocoran di dinding komponennya, mekanik akan menyarankan kamu buat menggantinya yang baru. Tapi penyaranan itu perlu kamu lakukan kalau sudah parah rusaknya. Beda lagi kalau rusaknya masih bisa diakali. Mekanik akan melakukan penambalan pada bagian yang bocor kalau memang masih bisa ditambal.

Ada biaya berbeda lagi kalau kamu menambalnya. Biaya isi freon AC mobil tidak menjadi satu dengan biaya penambalan. Buat penambalannya nggak mahal-mahal kok, sekitar kurang lebih Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu saja, tapi masih tergantung tingkat kerusakannya ya.

Nah buat kamu yang mau isi freon, jangan asal langsung isi. Kamu harus tahu dulu kalau nggak semua jenis mobil punya tipe freon yang sama. Ada 2 tipe freon yang saat ini dipakai oleh produsen mobil yaitu R12 dan R134a. kedua freon itu punya fungsi masing-masing di mana freon R12 khusus buat jenis mobil yang sudah lama atau tua dan freon R134a hanya bisa dipakai buat mobil-mobil keluaran baru.

Kamu harus pastikan dulu jenis freon apa yang terpasang di mobil kamu. Pengisian yang nggak sesuai dengan jenis freonnya hanya akan menambah kerusakan pada sistem AC mobil kamu, apalagi kamu sudah mengeluarkan biaya isi freon AC mobil sehingga menjadi sia-sia saja pengeluarannya.

Sekedar informasi, beda tipe freon juga beda biaya pengisiannya, karena itu kamu harus memastikan tipe freon apa yang kamu pakai. Coba kamu tanyakan dulu atau langsung meminta mekanik bengkel memeriksa tipe freon kamu. Kalau sudah pasti tipe apa yang dipakai, mekanik bisa mengisi freonnya sesuai dengan jenis freon kamu.

Biaya isi freon AC mobil sebenarnya bervariasi nggak menentu. Ada yang memberikan harga pengisian Rp 100 ribu ada juga yang Rp 400 ribu. Tapi perbedaan biaya pengisian itu tergantung juga dari beberapa faktor tertentu. Mulai dari harga freonnya per tabung, merek AC, merek mobil kamu, sampai harga komponen tambahan lainnya yang bisa mempengaruhi biaya pengisian freonnya.

Tapi rata-rata orang akan menghabiskan kurang lebih Rp 300 ribu buat sekali pengisian. Nggak mahal kan? Kalau mahal mungkin ada biaya tambahan lainnya karena memang ada kerusakan lain pada mesin AC mobil kamu. Lama pengisian freon nggak memakan waktu lama, hanya sekitar 40 menit sudah termasuk cek kebocoran, tambal kebocoran kalau memang ada, vakum freon, serta isi ulangnya.

Pengisian ulang freon sebaiknya kamu lakukan kalau AC mobil mulai berasa nggak dingin dan penyebabnya memang karena kurang freon. Buat biaya isi freon AC mobil sendiri nggak termasuk mahal, bahkan yang paling murah dibanding spare part AC lainnya. Tapi harganya juga semakin mahal kalau ada kerusakan parah yang perlu diganti.

Ada juga yang nanya soal ini nih #SahabatRotary:

isi freon ac mobil terdekat, isi freon ac mobil berapa harganya, bengkel isi freon ac mobil terdekat, biaya isi freon ac mobil 2017, harga isi freon ac mobil jogja, isi freon ac mobil sidoarjo, harga isi freon ac mobil di bekasi, biaya isi freon ac mobil surabaya, harga isi freon ac mobil brio, berapa gram isi freon ac mobil, harga isi freon ac mobil semarang, cara isi freon ac mobil kijang super

Blog

ac mobilbengkel ac mobilbengkel isi freon ac mobil terdekatbengkel spesialis AC Mobilberapa gram isi freon ac mobilbiaya isi freon ac mobil 2020biaya isi freon ac mobil tangerangcara isi freon ac mobil kijang superfreon ac mobilharga isi freon ac mobil bekasiharga isi freon ac mobil brioharga isi freon ac mobil di bogorharga isi freon ac mobil jogjaisi freon ac mobil berapa harganyaisi freon ac mobil jakartaisi freon ac mobil terdekatperawatan AC mobil secara berkala

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?