JANGAN ANGGAP SEPELE Komponen Kelistrikan AC Mobil Ini, Harus Mendapatkan Perawatan Rutin


Share :

Butuh perawatan rutin agar AC mobil anda bisa berfungsi dengan optimal
Salah satu komponen kelistrikan AC mobil adalah sensor tekanan freon

Hai #SahabatRotary

AC mobil saat ini memanglah penting keberadaannya dalam kendaraan kita. Bayangkan jika AC mobil tidak bisa berfungsi dengan baik. Khususnya didaerah kota besar seperti Jabodetabek. Maka kondisi panas, cuaca yang menyengat dan gerah di dalam mobil akan sangat mengganggu. Karena itu kita membutuhkan AC mobil yang dingin.

AC mobil yang dingin itu jika setiap komponennya terawat dengan baik.

Nah, AC mobil itu terdiri dari banyak komponen yang menyertainya. Terutama jika anda memahami bagaimana komponen dari AC mobil bekerja. Tentu tidak akan asing mendengar istilah evaporator dan kondensor. Itu adalah spare part AC mobil. Selain komponen itu AC mobil juga memiliki komponen kelistrikan yang tidak boleh disepelekan. Komponen kelistirikan ini juga butuh perawatan rutin sama seperti spare parts AC mobil itu. Demo AC mobil anda bisa berfungsi dengan optimal. Silahkan berdisukasi dengan teknisi di bengkel AC mobil terpercaya untuk perawatan rutin atau service AC mobil Anda.

Berikut merupakan komponen kelistrikan AC mobil yang harus mendapat perawatan rutin agar AC mobil bisa berfungsi maksimal.

Komponen Kelistrikan Ac Mobil yang Harus Mendapat Perawatan Rutin

1. Sensor Tekanan Freon

Salah satu komponen kelistrikan Ac mobil adalah sensor tekanan freon. Benda ini terhubung dengan kinerja kompresor. Yang mana jika kita gas mesin maka RPM sendiri juga bisa meningkat. Sebab, kompresor yang juga terhubung dengan pulley mesin juga nantinya ada peningkatan RPM mesin. Tidak hanya itu, bisa juga meningkatkan putaran pompa yang nanti bisa berimbas pada peningkatan tekanan freon yang ada. Sementara selang AC juga memiliki batas tekanan sehingga jika terus meningkat sampai melampaui batas maka tekanan yang ditahan oleh selang bisa jebol.

2. Sensor Temperature Blower

Blower temperatur sensor memiliki tugas sebagai feedback yang bisa mendeteksi adanya suhu udara yang dipompa dengan blower dalam kabin. Melalui sensor inilah module AC bisa mengetahui bahwa siklus AC tersebut bisa berlangsung normal seperti biasanya. Komponen kelistrikan AC mobil ini tetap membuat AC berfungsi maksimal dan membutuhkan perawatan.

Baca juga : Flushing dan Perawatan Rutin Bisa Hemat Harga Biaya Service AC Mobil

3. Ambient Air Temperature Sensor

Kali ini komponen kelistrikan AC mobil berikutnya adalah ambient air temperatur sensor. Fungsinya untuk mendeteksi adanya suhu udara kamar, atau suhu diluar mobil kita. Tugasnya terkait dengan akurasi pendinginan udara yang ada dalam kabin. Hal ini karena adanya perbedaan suhu luar yang mempengaruhi laju pendinginan udara dalam mobil kita.

4. Magnetic Clutch Compressor

Kopling yang satu ini bertugas untuk bisa menyambungkan dan juga memutuskan putaran yang berasal dari pulley ke poros kompresor AC mobil kita. Dinamakan sebagai kopling magnetik karena bekerja secara elektrik dan memanfaatkan adanya gaya tarik magnet. Sementara sebuah coil juga diletakkan di belakang pulley kompresor sehingga ketika ada arus listrik mengalir ke coil maka akan terjadi adanya induksi garis gaya magnet yang menarik komponen logam bagian terdekat.

5. Extra Fan

Komponen kelistrikan Ac mobil berikutnya adalah Extra Fan. Komponen ini berfungsi untuk bisa menghembuskan udara dari depan mobil dan masuk ke grill serta melewati sebuah komponen kondensor. Tujuannya agar temperature freon yang ada di dalam kondensor bisa menjadi lebih dingin. Hal ini karena fan juga tergabung dalam cooling fan sehingga ketika Ac dinyalakan maka radiator juga didinginkan meski suhu masih dingin.

Baca Juga : Isi Freon AC Mobil Dengan Gas Elpiji? Emang bisa??? #REACTION

Sebaiknya tidak menyepelekan adanya komponen kelistrikan Ac mobil ini. Pastikan untuk selalu merawatnya dan melakukan service rutin ya. Jika tidak bisa ke bengkel Anda bisa menggunakan layanan Home Service.

Kontak saja, dengan chat atau telp ke ​0817-870-034
Apa keluhan dan dimana alamat Anda dimana.

Layanan yang bisa membuat Anda lebih mudah dalam menjaga kesehatan AC mobil Anda. Dalam radius 10 km teknisi akan datang ke rumah anda dan mengecek kondisi Ac mobil yang anda miliki. Perhatikan selalu komponen AC mobil anda ya.

Oh iya, semakin berkembangnya teknologi. Ada alat canggih yang mempermudah untuk perawatan AC mobil Anda. Namanya Flushing Machine dan Cooling Machine. Dengan kedua alat ini service AC lebih mudah dan cepat. Service AC mobil tidak perlu lagi membongkar dashboard loh. Mau coba?

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

booking service

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?