Kalau AC Mobil Kurang Dingin Spare Parts AC Mobil Ini Perlu Diperiksa

Ada komponen di dalam Ac mobil yang membutuhkan servis rutin
Hawa panas yang ada dalam mobil mengganggu kita untuk menyetir dalam kondisi fokus.

Hai #SahabatRotary

Kendala pada Ac mobil seringkali terjadi seperti Ac yang tidak dingin, Ac yang mengeluarkan bau tidak sedap hingga kondisi Ac mobil yang tidak mengeluarkan angin meski dalam posisi menyala. Beberapa permasalahan Ac mobil inilah yang membuat konsentrasi kita dalam berkendara seringkali terganggu. Hawa panas yang ada dalam mobil mengganggu kita untuk menyetir dalam kondisi fokus. Ada komponen di dalam Ac mobil yang membutuhkan servis rutin. Maka dari itu ketika Ac mobil ini menjadi kurang dingin maka spare part Ac mobil juga harus diperiksa. Apa saja?

Setiap kendala yang terjadi pada Ac mobil tentu memiliki penyebab yang berbeda-beda. Ac mobil yang tidak menyala dengan Ac mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap merupakan dua masalah yang berbeda. Maka dari itu, sebagai pengguna kita juga harus mengetahui apa saja kemungkinan yang menyebabkan permasalahan Ac tidak dingin.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memperbaiki Extra Fan AC Mobil Bermasalah?

Kerusakan Komponen Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin

1. Kompresi yang Lemah

Salah satu penyebab dari kurang dinginnya Ac mobil adalah kompresi yang lemah. Kompresor memanglah berpengaruh penting pada kondisi Ac yang dingin. Jika kompresi lemah maka Ac mobil tidak akan mengeluarkan hawa sejuk. Akibatnya kita tidak bisa merasakan hawa dingin pada Ac. Kompresor menjadi salah satu komponen atau spare part yang harus dicek saat kendala Ac yang tidak dingin terjadi.

2. Freon

Penyebab mendasar dari Ac yang tidak dingin adalah freon yang kosong. Bisa juga karena adanya tekanan freon yang overheat atau kepanasan. Tekanan freon menjadi berkurang serta freon yang kosong. Hal ini menjadi penyebab paling umum dari kendala Ac yang tidak dingin. Sementara freon sendiri tidak akan habis jika tidak terjadi kebocoran di dalamnya. Penyebab bocornya sendiri juga bisa beragam termasuk dari beberapa komponen karet yang getas dan tidak beres pada bagian valve kompresornya.

3. Ekspansi Rusak

Penyebab lain dari kondisi Ac mobil yang tidak dingin adalah rusaknya ekspansi atau terjadi pembekuan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengatasi Ac mobil yang bermasalah adalah bagaimana kondisi ekspansi Ac mobil kita. Ekspansi bisa mengalami pembekuan atau frozing yang akan menghambat adanya udara keluar dari Ac mobil. Alat ini berfungsi sebagai katup pengembunan atau sebagai pengatur masuknya gas freon yang sudah dicairkan dengan proses dari filter dryer.

Baca Juga : Gary Iskak :Bengkel AC Mobil Sudah Canggih – Pakai Flushing & Cooling Machine #ServiceACMobilEvalia

4. Motor Extra Fan Mati

Ac yang kurang dingin juga bisa disebabkan oleh motor extra fan yang mati. Jika bermasalah maka akan mempengaruhi bagaimana proses kondensasi di dalam Ac mobil. Kondensor tidak bisa berfungsi optimal dan menimbulkan tidak ada udara dingin yang masuk dalam kabin kita. Jika bagian motor extra fan pada Ac mobil kita mulai lemah maka tidak ada cara lain selain menggantinya dengan motor fan yang baru.

5. Evaporator Kotor

Tahukah anda bahwa musuh terbesar dari evaporator adalah debu. Sebab, debu merupakan hal utama yang bisa membuat evaporator Ac mobil menjadi kotor daan terhambat. Debu ini berasal dari kotoran yang tidak bisa tersari oleh filter bahkan saking banyanya debu ada yang di bagian filter membuat kinerjanya terganggu.

Inilah beberapa komponen yang perlu anda perhatikan kondisinya. Juga bagaimana spare part lain yang bisa mempengaruhi dingin tidaknya Ac mobil. Lakukan servis secara rutin. Kalau Ac mobil kurang dingin, anda bisa mengecek beberapa spare part yang telah disebutkan. Percayakan pada bengkel Ac mobil yang memberi pelayanan terbaik untuk Ac mobil anda.

Semoga Bermanfaat

Senang Berbagi

Tinggalkan komentar