Kalau Dryer Filter Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Apa Fungsinya Dryer Filter AC Mobil?
Apa itu Dryer Filter AC Mobil?

Hai #SahabatRotary

Salah satu fitur yang harus dimiliki oleh semua mobil adalah AC mobil yang bisa membuat suhu menjadi lebih sejuk ketika melakukan perjalanan. Dengan udara yang sejuk pada mobil maka penumpang bisa menikmati perjalanan tanpa ada rasa terganggu karena suhu yang panas dalam kabin.

Namun perlu diketahui jika sebenarnya AC mobil tidak hanya untuk penyejuk ruangan tapi juga memiliki fungsi yang lain, salah satunya adalah mengontrol temperatur. Selain itu, AC mobil juga bisa bertugas untuk mengontrol sirkulasi udara, kelembapan, dan bisa membersihkan udara.

Apa itu Dryer Filter AC Mobil?

AC memiliki banyak sekali komponen yang terbagi dalam beberapa kelompok, seperti komponen utama, komponen pendukung, dan komponen kelistrikan. Beberapa komponen utama yang dimiliki oleh AC mobil adalah kompressor, kondensor, dryer filter, expansi valve, dan evaporator.

Sedangkan komponen pendukung terdiri dari oli kompresor, magnetic clutch, fan belt, selenoid kompressor (kompressor tanpa magnetic clutch), seal o ring, pipa dan selang, serta filter cabin. Untuk komponen kelistrikan AC mobil terdiri dari cooling fan, idle up, resistor, thermostat, motor blower, relay, fuse, amplifier, dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga : Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Expansi Valve?

Komponen AC mobil memang sangat banyak jika disebutkan satu per satu. Semua komponen tersebut memiliki fungsinya masing-masing dan kali ini yang akan diulas adalah dryer filter yang merupakan salah satu komponen utama AC mobil. Dryer filter biasanya berbentuk tabung dan terpisah dari kondensor.

Karya tim mossholder

Apa Fungsinya Dryer Filter AC Mobil?

Perlu diketahui jika dryer filter berfungsi sebagai tempat penampung sementara freon yang sudah menjadi cair oleh kondensor yang juga menjadi penyaring dan pengering uap di dalam sistem AC mobil.

Alat Penyaring Freon yang Sudah Berubah Menjadi Cair

Dryer filter yang merupakan alat penyaring freon yang sudah menjadi cair ini memiliki beberapa komponen di dalamnya, seperti filter, desiccant, sight glass, dan fusible plug. Dryer filter terletak di antara kondensor dan expansi valve ini tergolong sebagai komponen vital yang dimiliki oleh AC mobil.

Kalau Dryer Filter Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Di atas sudah disebutkan jika AC mobil memiliki banyak sekali komponen. Hal itu menunjukkan jika AC mobil bisa memiliki resiko tinggi untuk mengalami kerusakan yang disebabkan oleh komponen-komponen tersebut. Dan salah satu masalah yang bisa memberikan dampak pada AC mobil adalah dryer filter bermasalah.

Baca juga : Kenali Gejala AC Mobil Rusak

Salah satu masalah yang bisa terjadi pada dryer filter adalah adanya penyumbatan yang bisa terjadi atau adanya masalah di sekitar area dryer filter. Kemungkinan yang terjadi adalah freon mengalir ke area dryer filter lebih banyak daripada oli sehingga supply freon menjadi berlebihan dan hal tersebut bisa menyebabkan pembekuan pada area expansi sehingga angin yang keluar menghasilkan reaksi seperti asap atau kabut. 

Selain itu, masalah dryer filter lain yang bisa berdampak pada AC mobil adalah filter dryer yang tersumbat. Filter dryer tersebut bisa saja tersumbat karena adanya kotoran. Masalah yang satu ini bisa berdampak pada AC mobil yang tidak dingin.

Karya neonbrand

Rawat Dryer Filter AC Mobil dengan Service Rutin

Melakukan perawatan yang baik merupakan salah satu cara yang harus dilakukan agar fungsi AC mobil bisa lebih maksimal. Selain itu, semua komponen juga akan lebih terawat dengan melakukan service rutin, begitu juga dengan dryer filter.

Itulah sedikit ulasan tentang dryer filter bermasalah apa dampaknya pada AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

booking service

Tinggalkan komentar