Apa Fungsinya Kompresor AC Mobil?
Kalau Kompresor Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Hai #SahabatRotary

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang kini sudah banyak dimiliki karena memang bermanfaat untuk bisa mengangkut banyak orang. Dengan begini maka perjalanan bisa lebih efisien dan efektif. Selain itu, biaya untuk bepergian juga menjadi lebih murah dengan menggunakan mobil. Namun biasanya ada saja masalah yang timbul pada AC mobil, sehingga ada saja pertanyaan yang muncul, misalnya kalau kompresor bermasalah apa dampaknya pada AC mobil?

Mobil memiliki banyak sekali bagian penting yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Bagian-bagian tersebut misalnya mesin mobil, ban, bodi, AC mobil, dan masih banyak yang lainnya.

Karya davids kokainis

Apa itu Kompresor AC Mobil?

Sebelumnya sudah disebutkan jika mobil memiliki beberapa bagian penting dan salah satunya adalah AC mobil. Perlu diketahui jika AC mobil juga memiliki beberapa bagian atau komponen utama, seperti kompresor, kondensor, dryer filter, expansi valve, dan evaporator.

Dari banyak komponen penting tersebut, kompresor merupakan komponen utama AC yang cara kerjanya menghisap gas freon dari evaporator yang memiliki tekanan dan bertemperatur rendah. Setelah itu gas freon akan disalurkan menjadi bentuk cair yang bertekanan dan bertemperatur yang selanjutnya akan ke bagian komponen kondensor AC mobil.

Perlu diketahui jika kompresor memiliki 2 saluran yaitu saluran hisap atau suction dan saluran buang atau discharge. Saluran hisap dihubungkan dengan evaporator dan merupakan sisi yang tekanannya rendah. Berbeda dengan saluran buang yang dihubungkan dengan kondensor dan merupakan sisi yang tekanannya tinggi.

Baca juga : Manfaat Service AC Mobil Rutin

Apa Fungsinya Kompresor AC Mobil?

Bisa dikatakan jika fungsi kompressor AC mobil sangat berpengaruh pada fungsi AC mobil yang maksimal karena kompresor AC mobil memiliki fungsi mensirkulasi freon ke seluruh sistem AC dengan cara menaikkan tekanan freon.

Kinerja kompresor AC mobil yang maksimal tersebut didukung dengan adanya oli khusus yang memiliki fungsi sebagai pelumas. Oli tersebut membuat kinerja kompresor AC mobil menjadi lancar sehingga kompresor bisa berfungsi dengan baik.

Alat Pemompa Freon Pada Sistem AC Mobil

Sebagai pemompa freon pada sistem AC mobil, kompresor berputar menghisap freon pada sisi tekanan rendah dan akan memompa gas refrigerant menuju kondensor dalam kondisi yang memiliki tekanan tinggi dan berupa gas yang diubah menjadi cair oleh kondensor. Setelah melalui kompresor tersebut, freon akan melanjutkan proses sehingga nantinya akan menjadi udara sejuk yang keluar ke kabin dan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Kalau Kompresor Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Banyak sekali yang bisa menjadi penyebab AC mobil tidak berfungsi dengan baik, salah satunya adalah kompressor bermasalah. Jika kompressor bermasalah, salah satu dampaknya pada AC mobil adalah AC mobil menjadi kurang dingin. Jika kerusakan yang dialami oleh kompresor sudah parah maka AC mobil sama sekali tidak akan dingin.

Tak hanya itu saja, AC mobil yang kadang panas dan kadang dingin atau ada bunyi yang berisik ketika AC mobil menyala meskipun terasa tetap dinginΒ  juga bisa menjadi dampak yang bisa ditimbulkan oleh kompresor bermasalah.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Komponen-komponen Pada AC Mobil

Karya neonbrand

Rawat Kompresor AC Mobil dengan Service Rutin

Untuk menghindari berbagai macam dampak yang bisa mengganggu fungsi AC mobil, lebih baik rawat kompresor AC mobil dengan service secara rutin. Service rutin tidak hanya akan menjaga kompresor tetap baik, tapi juga untuk menjaga bagian-bagian AC mobil yang lainnya.

Itulah sedikit ulasan tentang kompresor bermasalah yang bisa berdampak pada AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

booking service