Kompresor AC Mobil Bocor? Ini Penyebabnya

Kompresor AC Mobil Bocor Ini Penyebabnya kevin-langlais

Share :

Hai #SahabatRotary

Salah satu masalah pada AC mobil yang dikeluhkan banyak pengendara adalah kompresor AC mobil bocor. Tentu hal ini terjadi bukan tanpa alasan tetapi ada penyebab yang membuat AC mobil bermasalah. Akibatnya, AC mobil menjadi tidak dingin dan membuat konsentrasi pengendara makin kacau karena cuaca yang panas tak ada pendingin di dalam mobil. Masalah AC mobil bisa Anda cegah dengan melakukan service di bengkel khusus AC mobil.

Mengingat peranannya yang penting, kompresor AC mobil juga harus diperhatikan karena bisa mempengaruhi bagaimana kinerja AC mobil. Masalah seputar AC mobil memang memiliki banyak penyebab dan faktor. Perlu diketahui dengan jelas apa saja yang menyebabkan kompresor AC bocor agar kita bisa mencegahnya dan tak membuat biaya perawatan menjadi membengkak. Akibatnya, AC mobil menjadi tidak dingin. Kompresor AC mobil juga harus diperhatikan.

kompresor ac mobil bocor

Baca juga: Flushing AC Mobil: Apa Manfaatnya?

Gejala Awal Kompresor AC Mobil Bermasalah

Jika Anda mulai merasa ada yang tidak beres pada AC mobil, misalnya hembusan yang panas ketika mobil sedang dalam kecepatan rendah, atau timbul suara-suara aneh, maka ini bisa bisa jadi adalah gejala awal masalah pada kompresor AC mobil.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri awal yang harus kita waspadai agar kompresor AC mobil kita bisa segera mendapatkan penanganan, sehingga tidak merembet ke masalah-masalah lain yang bisa membuat kita mengeluarkan biaya ekstra untuk harga kompresor yang tidak murah:

  • Terdengar suara agak kasar ketika tombol AC diubah ke posisi 1-2-3 yang mengindikasikan AC yang mulai bekerja. Kompresor yang bermasalah akan mengeluarkan suara seperti gesekan. Tetapi jika tombol di-set kembali ke ‘off’, suaranya akan hilang
  • Tekanan pada kompresor berkurang. Pada awalnya hembusan udara dari AC akan terasa kurang dingin ketika rpm mesin dalam keadaan rendah. Tetapi ketika mobil mulai jalan pada kecepatan tertentu, hembusan udara akan mulai terasa dingin
  • Ada kebocoran. Semakin besar kebocorannya, freon akan semakin cepat habis dan semakin cepat AC terasa tidak dingin. Rata-rata kebocoran pada kompresor AC mobil berlangsung sekitar 6 minggu hingga freon habis total. Kalau terjadi kebocoran freon baiknya langsung bawa ke bengkel, ya. Karena ada efek samping menghirup gas freon pada AC mobil yang bocor.
  • Masalah pada magnetic clutch atau kopling magnet. Kasus yang banyak terjadi adalah bila mobil sedang berada di jalan yang macet atau sedang berjalan merayap. Udara di dalam kabin yang tadinya dingin tiba-tiba tidak dingin sama sekali. Tetap setelah dimatikan beberapa saat dan dihidupkan kembali, AC bekerja lagi dengan normal. Biasanya ini setelah diiringi rpm mobil yang tinggi, di atas angka 1 atau 1000 rpm.

Penyebab Kompresor AC Mobil Bocor

Meskipun AC mobil sering diremehkan dalam perawatannya ternyata perawatan ini memang menjadi kunci utama dalam menjamin kinerja AC mobil. Mengingat AC memang sangat dibutuhkan untuk para pengendara mobil. Jadi, sudah selayaknya kalau AC dirawat agar lebih awet dan tahan lama serta kinerjanya juga menjadi lebih maksimal. Salah satu komponen yang bisa dikatakan jarang diketahui para pengendara adalah kompresor AC mobil.

Ketika kompresor AC bocor maka tentu menjadi masalah yang serius. Padahal kompresor AC memiliki fungsi dan peranan yang bisa dikatakan menjadi faktor penting dalam siklus pendinginan kabin mobil tersebut. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila banyak dari pemilik mobil mengeluhkan masalah pada AC mereka tetapi tidak paham sama sekali tentang penyebabnya.

Selain tentang perawatan, pengetahuan tentang AC juga termasuk kompresor AC bocor harus diketahui. Hal ini untuk mencegah adanya penipuan yang menyebabkan kita mengeluarkan banyak uang. Masalah AC mobil memang membutuhkan biaya tersendiri untuk perawatannya. Misalnya saja kompresor AC mobil bermasalah maka diharuskan ganti kompresor oleh bengkel tersebut. Padahal kompresor AC kita bisa saja masih bisa diperbaiki.

Maka dari itu, Anda bisa merawat AC mobil dengan maksimal agar bisa berfungsi dengan baik. Penyebab kompresor AC bocor hanya bisa Anda ketahui ketika ada di bengkel khusus AC mobil dan diperbaiki. Sebab ketika kita berbicara mengenai kompresor AC mobil maka salah satu masalah yang sering ditemui adalah kebocoran. Oli kompresor yang bocor juga bisa membuat kompresor bekerja makin berat sehingga AC tidak bisa berfungsi dengan baik.

Lalu seberapa pentingkah oli kompresor AC ini?
Dengan sistem kerja kompresor yang cukup berat, pasti ada gesekan di bagian tertentu pada kompresor yang mana disinilah fungsi dari oli kompresor yaitu sebagai pelumas untuk mengurangi adanya gesekan tersebut. Jika tidak ada pelumas, maka bisa dibayangkan gesekan tersebut membuat AC mobil rusak. Kompresor bisa rusak dan secara otomatis akan menghentikan siklus pendinginan pada AC mobil. Akibatnya, masalah AC mobil ini tidak bisa berfungsi dengan baik dan benar-benar mati.

Kompresor AC bocor umumnya disebabkan karena adanya komponen seperti seal pada kompresor AC mobil rusak. Sehingga hal ini akan menyebabkan oli menjadi bocor dan tertinggal ketika siklus pendinginan terjadi. Maka dari itu, melakukan service secara rutin pada kompresor AC mobil berfungsi sebagai cara untuk mencegah AC mobil rusak dan service AC mobil juga tak terlalu berat.

Apabila Anda merasa terlalu lama untuk antri di bengkel, manfaatkan adanya layanan service AC mobil di Rotary Bintaro menggunakan home service. Anda tinggal menelepon dan menunggu mekanik datang. AC mobil bermasalah ataupun AC mobil rusak bisa diperbaiki dengan home service yang memudahkan Anda. Sangat efisien buat Anda yang punya jadwal padat dan mobilitas tinggi.

Penyebab Kompresor AC Mobil Bermasalah

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, saat terjadi kerusakan pada kompresor, seringnya hal itu disebabkan oleh masalah tersembunyi dan tidak begitu terlihat yang menyebabkan sistem mendapat terlalu banyak tekanan.

Apakah pilihannya harus jual kompresor AC mobil lalu menggantinya karena harga jual kompresor AC bekas lebih murah? Sebenarnya, tidak harus selalu demikian. Karenya, selain karena harga kompresor AC mobil yang tidak murah, penting bagi kita untuk mengetahuinya karena dua alasan berikut:

  • Dengan mendeteksi dan memperbaiki masalah yang tidak nampak tersebut, kita akan mencegah kegagalan pada kompresor AC
  • Jika kita hanya mengganti kompresor yang rusak tanpa memperbaiki masalah itu, kompresor yang baru kemungkinan akan mengalami kerusakan juga

Di bawah ini adalah masalah-masalah umum yang menyebabkan kerusakan pada kompresor AC:

1. Fan mati atau lemah

Ketika fan AC maupun fan radiator mati / lemah akan membuat tekanan freon pada jalur high press meningkat atau overheat, otomatis akan membuat kompresor menjadi panas berlebihan dan berpotensi membuat kompresor menjadi bermasalah seperti bunyi kasar ataupun bocor.

Fan AC atau radiator yang lemah atau bahkan mati akan menyebabkan tekanan pada freon berlebih atau istilahnya overheat. Overheat pada tekanan gas freon inilah yang bisa mengakibatkan kompresor menjadi panas, sehingga rentan mengalami kebocoran dan bunyi kasar/ngorok.

2.  Freon yang terlalu sedikit didalam sistem

Jika pada selang freon AC mobil terdapat lubang atau retakan, AC akan mengalami kebocoran freon. Dan setelah beberapa saat, level freon-nya jadi sangat rendah dan mengakibatkan kompresor harus bekerja lebih keras memompa freon yang cukup ke seluruh sistem untuk mendinginkan kabin. Ketegangan ini akhirnya akan menyebabkan kondisi kompresor memburuk.

Kompresor AC akan mengeluarkan lebih banyak tenaga untuk memompa gas freon ke seluruh sistem AC mobil. Lama-lama kondisi kompresor akan rusak karena dipaksa bekerja keras. Seab itulah, jumlah gas freon yang sedikit menjadi salah satu penyebab rusaknya kompresor.

Sama halnya jika jumlah freon terlalu banyak, juga bisa membuat kompresor AC aus.

3. Terlalu banyak freon yang diisi

Apabila AC mobil kita ditangani oleh teknisi yang kualifikasinya kurang memadai lalu teknisi tersebut menambahkan terlalu banyak freon, atau bahkan menggunakan tipe freon yang salah, hal tersebut dapat berefek mematikan pada kompresor.

4. Kebuntuan / mampet

pada dasarnya Sistem kerja AC mobil adalah sirkulasi freon secara terus-menerus didalam sistem, apabila aliran sirkulasi yang terhambat (buntu) membuat kompresor terus berkerja (memompa) akan tetapi aliran sirkulasi tidak normal dan mengakibatkan kompresor jebol.

Kebuntuan bisa terjadi pada sistem yang mengakibatkan aliran sirkulasi freon terhambat. Kasus seperti ini dapat membuat kompresor menjadi rusak karena terus menerus dipaksa untuk memompa freon yang sirkulasinya terhambat tadi.

5. Oli pelumas yang tidak cukup

Anggaplah oli pelumas AC ini sebagai darah di tubuh manusia. Jika oli ini tidak cukup, sistem tidak dapat bekerja dengan benar dan segala jenis masalah dapat timbul, termasuk masalah kerusakan kompresor AC. Saat sistem terawat secara rutin oleh teknisi AC yang profesional, teknisi tersebut akan mengecek level oli dan kondisi pompa oli untuk mencegah masalah yang satu ini.

Oli kompresor digunakan sebagai pelumas untuk melumasi bantalan-bantalan komponen AC yang saling bergesekan. Oli kompresor jika sampai habis bisa membuat performa komponen-komponen, khususnya kompresor menjadi terganggu. Ini akan membuat kompresor tidak bisa menghasilkan tekanan tinggi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil.

6. Usia pemakaian

Dengan mengikuti prosedur pemakaian dan perawatan yang rutin tentunya dapat memperpanjang usia komponen komponen spare part AC mobil anda khusus nya pada kompresor.

Ada baiknya untuk mengetahui batas usia pemakaian komponen atau spare part AC, seperti kondensor, evaporator, expansi valve, dryer, dan lain sebagainya. Sebab, jika sudah melewati batas usia pemakaian maksimum dan masih dibiarkan terpasang, dikhawatirkan akan membuat kinerja keseluruhan sistem AC tidak optimal.

7. Terputusnya Sekring

Sekring berfungsi meneruskan atau mengalirkan arus listrik ke kompresor. Jika sekring putus, maka akan menyebabkan arus listrik yang mengalir ke kompresor terputus. Arus listrik yang terputus kemudian mengakibatkan semburan freon ke sistem AC terhenti. Pada akhirnya AC tidak menghasilkan udara yang dingin.

8. Komponen Seal Bocor

Seal merupakan pelapis yang berupa karet. Jika seal ini mengalami keretakan atau robek, maka akan timbul kebocoran. Efeknya, tekanan pada kompresor untuk menyebutkan gas freon menuju ke sistem AC menjadi lemah dan AC menjadi kurang dingin.

9. Pulley dan Pressure Plate Mengalami Kerusakan

Pulley dan pressure plate sangat mempengaruhi mekanisme kerja kompresor. Jika keduanya mengalami kerusakan atau aus, maka putaran mesin kompresor tidak akan maksimal. Selain itu, juga menghasilkan bunyi berisik karena mengalami gesekan saat AC mobil dalam posisi hidup.

Bagaimana Cara Mencegah Kompresor AC Mobil Bermasalah?

Ketika kompresor tidak dirawat maka kasus yang sering terjadi adalah kompresor macet yang disebabkan oleh kekurangan oli. Selain kekurangan oli, kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh kompresor yang sudah aus dan tanda yang bisa terlihat adalah adanya bunyi kasar.

1. Cegah Kompresor AC Mobil Bermasalah dengan Service Rutin

Jika melihat banyak sekali masalah yang bisa berdampak pada AC mobil, maka sebaiknya lakukan perawatan untuk mencegah hal-hal tersebut. Lakukan pencegahan agar kompresor tidak bermasalah dengan cara melakukan service rutin AC mobil. Ketika melakukan service secara rutin maka tak hanya kompresor, komponen penting lain pada AC mobil juga akan lebih terawat dan terjaga.

2. Pastikan Mengganti Spare Part AC Mobil Sebelum Rusak

Setelah tadi perlu ada perawatan supaya kompresor berumur panjang. Maka selanjutnya adalah mengganti sparePart AC mobil sebelum rusak.

Apa saja itu?

  •  Fan AC (fan radiator mati)
    Mencegah kurang stabilnya tekanan freon
  • Freon sedikit
    Mencegah kompresor bekerja lebih keras memompa freon agar AC dingin.
  • Freon terlalu banyak
    Mencegah matinya kompresor.
  • Oli pelumas sedikit
    Mencegah sistem AC mobil tidak dapat bekerja dengan benar.
  • Sekring Rusak
    Mencegah arus listrik yang mengalir ke kompresor terputus.
  • Seal Bocor
    Mencegah tekanan pada kompresor untuk menyebutkan gas freon menuju ke sistem AC menjadi lemah dan AC menjadi kurang dingin.
  • Pulley dan Pressure Plate Rusak
    Mencegah putaran mesin kompresor tidak akan maksimal dan mencegah bunyi berisik AC mobil nyala.

Usia pemakaian setiap bagian-bagian tadi perlu diperhatikan. Dengan mengikuti prosedur pemakaian dan perawatan yang rutin tentunya dapat memperpanjang usia komponen komponen spare part AC mobil Anda khususnya pada kompresor.

Ada baiknya untuk mengetahui batas usia pemakaian komponen atau spare part AC, seperti kondensor, evaporator, expansi valve, dryer, dan lain sebagainya. Sebab jika sudah melewati batas usia pemakaian maksimum dan masih dibiarkan terpasang, dikhawatirkan akan membuat kinerja keseluruhan sistem AC tidak optimal.

Temukan informasi seputar tips perawatan mobil di sini. Booking Service

 

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.

 

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?