fbpx

Kuntungan dan Risiko Mengambil Bisnis Jasa Menjanjikan di Bidang Otomotif

Bisnis MenjanjikanHai #SahabatRotary Tulisan ini khusus di buat untuk #SahabatRotary dalam bisnis menjanjikan

Apakah anda merasa bosan menjadi pegawai dan ingin merintis bisnis sendiri ? Tunggu apalagi, wujudkan niat tersebut. Peluang bisnis memang sangat besar bagi anda yang ingin merintis usaha yang maju dan berkembang tapi anda tahu apa saja peluang bisnis yang menjanjikan di kalangan otomotif. Bagi beberapa orang bisnis sangatlah sulit dan tidak tahu bisnis apa yang menjanjikan bagi kalangan pemula yang ingin terjun di dunia bisnis.

Setiap pembisnis ingin bertujuan untuk bisnisnya lancar dan berkembang tetapi bagaimana sih caranya mendapatkan atau memilih bisnis otomotif yang sangat menjanjikan ? Ada beberapa bisnis otomotif yang sangat menjanjikan bagi pembisnis pemula yang ingin terjun di dunia tersebut.

Keuntungan bisnis jasa otomotif yang menggiurkan karena

  1. Karena pangsa pasarnya sangat luas. Jumlah pemilik kendaraan bermotor roda 4 di Indonesia dari tahun ke tahun terus bertambah. Peningkatan ini bukan hanya terjadi di kota besar saja. Di daerah terpencilpun orang-orang berlomba memiliki mobil.
  2. Fungsi kendaraan bermotor sekarang bukan sekedar sebagai alat transportasi saja tapi sudah jadi bagian dari gaya hidup (lifestyle). Faktor gengsi menyebabkan orang membeli mobil terbaru untuk menunjukkan gengsi di mata masyarakat. Tak jarang orang kaya punya banyak mobil mahal hanya untuk pamer saja
  3. Tiap tahun pasti ada model mobil dan motor terbaru yang menarik minat untuk dibeli. Gengsi masyarakat sepertinya telah disebut di point ke 2 membuat orang panas hati untuk menukar kendaraan lama dengan kendaraan terbaru.
  4. Kemudahan untuk memiliki kendaraan bermotor. Banyak sekali jasa keuangan yang memberikan persyaratan dan DP kecil bagi yang ingin membeli mobil secara kredit. Dengan uang muka 5 juta saja bisa membawa pulang mobil baru membuat gengsi.

 

APA ITU BISNIS JASA ?

Proses atas serangkaian aktivitas intangible (tidak berwujud) yang biasanya (namun tidak harus selalu) terjadi pada interaksi antara pelanggan dan karyawan jasa dan atau sumber daya nyata atau barang jadi dan atau sistem penyediaan berupa jasa, yang disediakan sebagai solusi atas masalah bagi pelanggan”. Interaksi kepada penyedia jasa dan pelanggan sering terjadi dalam jasa, sekalipun pihak-pihak yang terlibat mungkin tidak menyadarinya. Selain itu, memungkinkan ada situasi  yang di mana pelanggan atau konsumen sebagai individu tidak berinteraksi langsung dengan perusahaan jasa.

 

Faktor utama tadi berdampak pada kebutuhan di bidang otomotif semakin naik. Dan seperti umumnya prinsip dasar ekonomi, dimana ada banyak permintaan maka di situ ada peluang penawaran.

 

Bisnis jasa atau business service merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan bagi beberapa orang yang menggeluti profesi tersebut, Bisnis jasa jenis kegiatan ekonomi berupa penjualan jasa, keahlian atau proses teknis yang dilakukan oleh badan usaha, seperti pengacara, kantor akuntan , biro administrasi, biro iklan, pusat komputer, mesin fotokopi, angkutan darat, kantor konsultan dll. Tetapi Banyak juga risiko yang dialami pembisnis termasuk pembisnis jasa di bidang otomotif

 

APA ITU RISIKO BISNIS JASA ?

Risiko telah dikenal dalam bisnis pada dasarnya ada beberapa. Namun, dapat disimpulkan bahwa konsep risiko selalu dikaitkan dengan adanya ketidakpastian pada masa yang akan datang. Risiko dapat didefinisi, dapat diterjemahkan sebagai adanya konsekuensi yang muncul sebagai dampak yang adanya ketidakpastian sehingga memunculkan dampak yang merugikan bagi pengusaha.

 

Sebaliknya, bila konsekuensi yang memunculkan dampak ini dianggap menguntungkan, maka hal tersebut tidak disebut sebagai risiko. Akibat hal positif ini lebih dianggap sebagai laba yang diharapkan.

 

Risiko seperti ini pada dasarnya memang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, intensitasnya akan meningkat ketika Anda melakukan kegiatan bisnis. Apalagi, ketika menginginkan keuntungan atau hasil yang besar, maka risiko yang harus dihadapi juga akan semakin besar. Kondisi seperti ini dikenal sebagai high risk high return.

Motivasi Mengambil Risiko

Selain risiko cenderung memberikan dampak yang dapat merugikan bagi perusahaan, tetapi risiko ini pun tetap harus diambil oleh para pembisnis. Ada hal yang beralasan untuk mendorong seseorang mau mengambil risiko ini. Motivasi ini mengambil risiko yang dapat didasari keinginan mendapatkan tingkatan keuntungan atau pengembalian yang sepadan dengan pengorbanan yang dikeluarkannya terlebih dahulu.

 

Seorang wirausahawan dapat melakukan proses kegiatan yang berisiko dengan motivasi mendapatkan laba, maka biasanya Ia akan mengkalkulasi besarnya risiko yang dihadapi tersebut. Berdasarkan pada kalkulasi tersebut, Ia akan menetapkan target keuntungan yang diinginkan.

 

Sebagai contoh, seseorang yang mempunyai uang untuk diinvestasikan, Ia dapat memilih di antara banyak pilihan. Pilihan pertama yaitu menabung di bank dengan mendapatkan bunga sebesar 5% tiap bulan secara pasti. Pilihan yang kedua, yaitu dapat menginvestasikannya untuk bisnis kuliner dengan potensi yang keuntungan hingga 300%. tetapi, meskipun pada pilihan kedua terdapat potensi yang sangat menguntungkan, terdapat juga risiko yang besar.

 

Meskipun itu, alasan seseorang yang mau mengambil risiko juga bisa karena faktor keterpaksaan bagi pembisnis. Dalam hal  ini, seseorang mengambil risiko karena kondisi yang menyertainya sudah sangat mendesak.

 

Kondisi yang mendesak ini membuat seseorang jadi tidak terlalu menghiraukan risiko yang harus dihadapi. Kalau pun Ia memahami risiko yang dihadapi, Ia juga tidak memiliki waktu untuk mengkalkulasi besarnya risiko-risiko yang dihadapi tersebut.

 

  • Jenis-Jenis Risiko Bisnis

 

  1. Risiko Strategik

 

Risiko ini bermaksud untuk menyimpulkan sebagai risiko atau ketidakpastian yang diakibatkan dari kurangnya kesiapan strategi dalam menjalankan bisnis. Anda banyak melihat bisnis yang kini berkibar sukses di penjuru dunia, namun seringkali Anda tidak tahu betapa beratnya masa-masa yang mereka hadapi ketika membangun sebuah bisnis. Contohnya bisnis Aqua yang dahulu tidak diterima pasar dikarenakan bisnisnya hanya menjual air mineral yang ditempatkan dalam kemasan. Namun sekarang siapa yang tak kenal perusahaan tersebut?

 

Strategi sangat dibutuhkan dan dipersiapkan matang. Anda juga harus mengetahui beberapa strategi jika ada pesaing yang mengancam usaha Anda. Contohnya perusahaan ponsel A yang sempat terkenal di segala penjuru. Dan setelah kedatangan sistem operasi tersebut, bisnis ponsel A tidak menggunakan sistem terbaru. Maka terjadi kerugian yang besar  karena pada masa tersebut sistem operasi terbaru sedang menjadi kebutuhan pasar.

 

  1. Risiko Operasional

 

Risiko operasional lebih mengarah pada sebuah kegagalan yang sangat tidak diharapkan dan biasanya terjadi dalam kegiatan sehari-hari dalam perusahaan. Hal itu dapat terjadi karena beberapa kegagalan teknis, seperti server yang sudah error,  perseorangan (karyawan) maupun proses pada kegiatan operasional perusahaan Anda.

 

Ada beberapa masalah, risiko operasional biasanya memiliki lebih dari satu penyebab. Sebagai contoh, salah satu karyawan Anda yang menulis jumlah salah dalam sebuah cek atau pembukuan keuangan perusahaan. Angka yang ditulis seharusnya Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Akan tetapi, tertulis sebesar Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).  Maka hal itu akan dapat menyebabkan kerugian, terlebih jika hal tersebut sering terjadi.

 

Ada beberapa kasus yang terjadi, risiko operasional juga dapat muncul dari kejadian yang terjadi di luar kendali seperti bencana alam, kebakaran perusahaan, pemutusan daya atau masalah dengan website hosting. Apapun yang dapat mengganggu operasi utama perusahaan maka hal itu dikategorikan dalam risiko operasional.

 

Masalah ini terlihat lebih kecil jika dibandingkan risiko strategik yang dapat membawa dampak kerugian lebih besar yaitu kebangkrutan. Namun, risiko operasional juga tetap dapat memiliki dampak yang besar bagi perusahaan. Bukan hanya  menimbulkan biaya tambahan untuk perbaikan masalah. Namun, isu kegagalan operasional juga dapat memengaruhi nilai pelanggan seperti pesanan pelanggan tidak terkirim.

Daftar Bisnis Menjanjikan di Bidang Jasa Otomotif

Kumpulan macam-macam jenis bisnis jasa otomotif ini secara umum meliputi jasa di bidang kendaraan roda 4. Yang paling sering digeluti orang adalah jasa perbaikan, perawatan, jasa transportasi dan jasa pendukung terkait kendaraan bermotor. Analisa laba rugi usaha jasa otomotif ini tidak diragukan lagi. Nyatanya banyak franchise / waralaba di bidang otomotif menawarkan kerja sama saling menguntungkan. Contohnya:

 

  1. Jasa montir panggilan. Bisnis jasa montir panggilan merupakan peluang bisnis jasa yang menjanjikan bagi kalangan pembisnis di bidang otomotif, Anda bisa memulai membuka bisnis montir panggilan. Dikarenakan banyak sekali mobil yang mogok di pinggir jalan dan tidak tahu bagaimana untuk mengatasinya bisnis ini merupakan bisnis menjanjikan di bidang otomotif. Contohnya :

 

Bengkel mobil panggilan bandung 24 jam
Alamat:Jl. Dr. Djunjunan Jl. Sukaraja No.1, Husen Sastranegara, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175
Jam Buka:Buka 24 Jam
Telepon:0812-8744-3608
Provinsi:Jawa Barat

 

  1. Jasa alat pemasangan & repair AC mobil. Banyak yang meremehkan AC mobil padahal AC mobil merupakan komponen terpenting bagi kenyamanan pengemudi atau juga bagi penumpang mobil, banyak juga kendala dari konsumen mobil yang mengeluh jika AC mobilnya kurang dingin ataupun tidak berfungsi dan bisnis usaha jasa alat pemasangan dan repair AC mobil ini adalah salah satu bisnis yang menjanjikan di bidang otomotif. Contohnya:

 

AC Quickly – Bengkel AC Mobil Tanpa Bongkar
Alamat:Jl. Kiara Condong No.395, Kb. Kangkung, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat 40275
Jam Buka:09.00
Jam Tutup:18.00
Telepon:0812-8009-0002
Provinsi:Jawa Barat

 

  1. Jasa rental sewa mobil. Penyewaan mobil sudah menjadi kewajiban bagi konsumen yang sedang ingin berpergian dengan keluarga baik itu untuk keperluan ke luar kota maupun tidak dan bisnis ini merupakan salah satu bisnis menjanjikan bagi pembisnis yang ingin memulai membuka bisnis jasa rental sewa mobil. Contohnya:

 

Rental Mobil Bandung Promo
Alamat:Jl. Tubagus Ismail XIV No.33, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40134
Jam Buka:Buka 24 Jam
Telepon:0811-2016-543
Provinsi:Jawa Barat

 

  1. Jasa pemasangan dan instalasi audio / video sound sistem mobil. Pemilik mobil sering sekali tidak puas dengan kualitas sound bawaan pabrik sehingga sering sekali untuk mengganti sound mobinya dan hal ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan bagi pembisnis yang ingin membuka usaha tersebut, bisinis jassa pemasangan dan instalasi audio / video sound sistem mobil. Contohnya :

 

UTY AUDIO MOBIL BANDUNG
Alamat:Jl. Laswi No.62A, Samoja, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
Jam Buka:09.00
Jam Tutup:19.00
Telepon:0821-2613-7000
Provinsi:Jawa Barat

 

  1. Jasa pemasangan alat sistem pengaman otomotis. Kejahatan sering terjadi dimana saja termasuk di dalam mobil pribadi, sering terjadinya pencurian mobil maupun pencurian barang pribadi yang berada di dalam mobil dan pemasangan alat sistem merupaka salah satu solusi terbaik dan ini merupakan peluang bisnis menjanjikan. Contohnya:

 

Indoprima Auto Accessories
Alamat:Jl. Peta No.252 D, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40233
Jam Buka:09.00
Jam Tutup:17.00 & Minggu
Telepon:(022) 6124007
Provinsi:Jawa Barat

 

  1. Jasa salon mobil (poles body). Sering kali pemilik mobil merasa bosan terhadap mobil pribadinya sendiri, bosan dari outlook-nya yang monoton dan banyak sekali yang ingin mengubah warna mobilnya maupun mempoles mobilnya menjadi seperti baru kembali hal ini salah satu bisnis yang menjanjikan untuk membuka jasa salon mobil (poles body). Contohnya:

 

Auto Detail
Alamat:Jl. Batu Indah Ⅴ No.10, Batununggal, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40266
Jam Buka:05.00
Jam Tutup:16.00
Telepon:0813-1202-9087
Provinsi:Jawa Barat

 

  1. Bengkel modifikasi mobil. Bisnis jasa otomotif ini disinyalir merupakan lahan paling basah buat mencari uang. Menurut beberapa sumber, konsumen tidak segan menggelontorkan banyak uang guna menyulap kendaraan mereka jadi keren sesuai keinginan. Namun ada juga pemilik kendaraan memodifikasi bukan karena alasan hobi, melainkan guna keperluan usaha. Contohnya:

 

Auto Detail
Alamat:Jl. Budi Luhur No.14, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40153
Jam Buka:10.00
Jam Tutup:19.00 & Minggu
Telepon:0818-0919-8579
Provinsi:Jawa Barat

 

  1. Perusahaan pembiayaan leasing mobil. Termasuk bisnis jasa keuangan. Hampir semua bank nasional juga terjun dalam bisnis kredit mobil karena marketshare bisnis ini sangat besar. Yang berupa bank BCA finance, Mandiri finance, Adira finance dll. Contohnya:

 

Carsome Indonesia Bandung Inspection Centre
Alamat:Jl. Laswi No.93, Samoja, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
Jam Buka:09.00
Jam Tutup:22.00 & Minggu
Telepon:(021) 50300030
Provinsi:Jawa Barat

 

  1. Usaha kursus / lembaga pelatihan ketrampilan montir mobil. Selain sekolah menegah kejuruan formal jurusan otomotif dan fakultas teknik otomotif di perguruan tinggi, lembaga non formal semacam kursus dan LPK jadi alternatif bagi orang yang ingin mendalami masalah mekanik mesin kendaraan bermotor. Peluangnya cukup terbuka. Contohnya :

 

Kursus Mekanik Otomotif LKP Ganessama Bandung
Alamat:Jl. Gedebage No.115, Derwati, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Jam Buka:08.00
Jam Tutup:17.00 & Minggu
Telepon:(022) 87304034
Provinsi:Jawa Barat

 

  1. Kursus / les private mengemudi mobil. Membuka tempat kursus mengemudi kendaraan atau menyetir kendaraan bermotor roda 4 juga termasuk macam jenis usaha yang masih berkaitan erat dengan dunia otomotif. Untuk melatih cara nyetir mobil secara benar dan mendapatkan Surat Ijin Mengemudi, orang rela membayar jasa les private. Modal untuk memulai bisnis kursus mengemudi tidaklah besar. Contohnya :

 

 

Kursus Mengemudi Berkat
Alamat:Jl. Kopo Cirangrang No.104, Situsaeur, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40234
Jam Buka:08.00
Jam Tutup:19.00
Telepon:(022) 6036020
Provinsi:Jawa Barat

 

Sumber :

https://www.cermati.com/artikel/peluang-usaha-2019-paling-menjanjikan-dan-ngasih-untung-gede

https://www.bisnisjasa.id/2017/07/100-peluang-usaha-di-bidang-otomotif.html

https://www.bisnisjasa.id/2017/03/definisi-pengertian-bisnis-jasa.html

https://idcloudhost.com/bisnis-dalam-bidang-jasa-yang-menjanjikan/

https://www.jurnal.id/id/blog/jenis-risiko-bisnis-dan-solusinya/

 

Blog

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?