Bagaimana Agar Bunyi Ngorok Pada Kompresor Bisa Hilang?

Sebagai jantung dari sistem ac mobil, kondisi kompresor memang harus selalu fit. Tapi pada suatu saat pasti akan tiba situasi di mana kompresor tidak bekerja sebagaimana mestinya. Ketika kompresor rusak dapat dipastikan tidak akan bisa merasakan suhu dingin di dalam kabin.

Kalau sudah rusak segera perbaiki. Jangan sampai kerusakan merembet ke komponen yang lain. Tapi sebelumnya, harus dicermati tipe kerusakannya seperti apa. Kemudian memahami cara memperbaiki kompresor AC mobil rusak.

Lakukan 7 cara ini memperbaiki kompresor AC mobil rusak, yaitu:

1.Perhatikan Suara Dari Kompresor

Kalau kompresor AC mobil rusak. Mengganti kompresor dipastikan adalah cara terbaik untuk dapatkan 100% performa AC mobil yang dingin dan nyaman. Tapi kan mahal. Nah, itu kita perlu cari tahu kerusakannya. Masih bisa diperbaiki atau tidak?

Umumnya ciri awal kerusakan kompresor ac mobil adalah ada bunyi yang cukup keras ketika dinyalakan. Banyak yang bilang dengan istilah kompresornya ngorok, karena suaranya memang seperti orang mengorok. Ketika terdengar suara keras, dapat dipastikan kompresor sudah mengalami masalah. Jangan tunda lagi proses perbaikan kompresor agar tidak merembet ke komponen lain.

2.Perhatikan Aliran Angin AC Mobil

Cermati dan rasakan tiupan ac di dalam kabin. Rasakan perbedaan ketika mobil berada dalam kondisi idle maupun sudah jalan. Ketika dalam kondisi idle ac terasa kurang dingin tapi menjadi lebih dingin saat mobil sudah melaju artinya ada masalah dalam kompresi. Hal ini harus diketahui sebelum melakukan perbaikan. Sehingga arah perbaikan tidak  kemana-mana.

3.Perhatikan Rembesan Oli

Pastikan apakah terjadi kebocoran kompresor atau tidak. Jika ada rembesan oli di sekitar badan kompresor artinya telah terjadi kebocoran oli. Sementara untuk mengetahui kebocoran freon di wilayah sekitar kompresor bisa dengan menggunakan air sabun. Kucurkan air sabun pada titik-titik yang dicurigai terjadi kebocoran. Jika ada gelembung udara maka dapat dipastikan ada kebocoran yang mengakibatkan freon berkurang.

4.Bongkar AC Untuk Pemeriksaan Lebih Lanjut

Cara memperbaiki kompresor AC mobil rusak yang pertama sudah tentu melepasnya dari mobil. Ketika sudah dilepas, periksa kondisi magnetic clutch. Magnetic clutch yang rusak bisa mengakibatkan putaran kompresor menjadi tidak stabil. Cek kondisi magnetic clutch dengan menempelkan kabel berarus 12 volt. Ketika bagian center piece tidak bergerak, maka magnetic clutch harus diganti dengan yang baru. Lepas tiga bagian magnetic clutch lama (center piece, pully, dan spool magnet). Baru kemudian diganti dengan yang baru.

5.Lakukan Penggantian Komponen Kompresor

Ketika sudah pasti kompresor ac mobil ngorok, lepas dan bongkar kompresor. Bisa jadi bunyi kasar yang muncul karena ada kebocoran oli. Ketika kompresor kekurangan oli maka komponen di dalamnya akan mengalami gesekan kasar. Itulah yang menyebabkan bunyi kasar.

Kemungkinan ada sil yang sudah mengeras sehingga tidak bisa menahan freon di dalam saluran ac mobil. Cukup ganti sil yang sudah rusak atau mulai mengeras. Pastikan ketika seluruh bagian kompresor sudah terpasang, tidak ada lagi rembesan oli yang muncul dari badan kompresor.

6.Bersihkan Komponen Kompresor

Bisa juga bunyi keras pada kompresor karena bearing bambu berkarat. Karat inilah yang membuat kompresor tidak bisa berputar. Cara memperbaiki kompresor AC mobil rusak akibat bearing bambu berkarat ini terbilang mudah. Cukup bersihkan dengan menyemprotkan antikarat pada bearing bambu. Kemudian diamplas dengan amplas 100 (halus). Setelah semua karat dihilangkan baru oli kompresor bisa dimasukan.

7.Penggantian Kompresor AC Mobil

Setelah 6 cara diatas sudah dilakukan, maka cara terakhir untuk dapatkan performa AC mobil dingin dan nyaman adalah penggantian.

Salah satu sumber bunyi kasar pada kompresor adalah kondisi piston yang sudah mulai aus. Perhatikan juga kondisi bagian yang lain seperti dinding silinder dan klep. Jika pada dinding silinder sudah mulai terlihat baret atau aus, seperti halnya kondisi piston. Maka tidak ada jalan lain kecuali dengan mengganti dengan kompresor yang baru. Memaksakan dengan mencoba menghaluskan kondisi piston maupun dinding silinder tidak akan memperbaiki masalah.

Jika Anda merasa kurang yakin untuk membongkar kompresor ac mobil, mengapa tidak biarkan montir-montir bengkel ac mobil Rotary Bintaro yang menyelesaikannya? Didukung peralatan terkini bengkel Rotary Bintaro siap melakukan service kompresor ac mobil Anda. Tak hanya melakukan service, bengkel Rotary Bintaro juga jual kompresor AC mobil. Silakan kunjungi bengkel AC mobil Bintaro dan bengkel AC mobil Bintaro.

1.Bengkel AC Mobil Bintaro
Jl. RC Veteran No.1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan
Telp (021) 7342209, 73880022 atau 0817870034 (Call/SMS/WA)

2.Bengkel AC Mobil Ciledug
Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Telp (021) 73889500 atau 087796009700 (Call/SMS/WA)

3.Bengkel AC Mobil Kedoya
Jl. Kedoya Raya No.20, RT.2/RW.2, Kedoya Sel., Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520
Telp 0878 9700 9700 (Call/SMS/WA)

Perbincangan kali ini pasti ada manfaatnya buat kita semua. Jadi jangan ragu untuk menyebarkan tulisan informatif ini melalui sosmed Mas Bro dan Mbak Bro ya.

Kalau ada yang kurang jelas, jangan malu-malu untuk meninggalkan komentar di bawah ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.