Mau Beli Mobil Baru? Tunggu Dulu! Ini 17 Tips Membeli Mobil Baru Untuk Kamu

Mau Beli Mobil Baru Tunggu Dulu! Ini 17 Tips Membeli Mobil Baru Untuk Kamu oleh sarah-brown karya sarah-brown

Share :

Hai #SahabatRotary

Punya mobil baru sudah menjadi impian untuk semua orang, apalagi yang sudah memiliki keluarga. Dengan memiliki mobil, kita dapat lebih mudah membawa keluarga bepergian, baik ketika liburan, maupun mudik ke kampung halaman. Selain itu, dengan memiliki kendaraan pribadi, kita juga bisa melindungi anak-anak kita yang masih kecil dari ancaman-ancaman yang seringkali mengintai.

Manfaat pasti lainnya yang kita dapatkan dari memiliki sebuah mobil, yaitu efisiensi dalam biaya dan juga waktu. Bisa dibilang, dengan kita mempunyai sebuah mobil sungguh menawarkan beragam keuntungan. Tapi, saat akan membeli mobil, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari dana yang cukup besar, manfaat dari mobil yang ditawarkan hingga beragamnya model mobil di showroom.

Nah, berikut beberapa tips membeli mobil baru yang dapat membantu kita ketika akan memilih mobil:

1. Fokus Sama Tujuan, Bukan Gengsi

Ketika kita mau membeli mobil baru, pertimbangkan secara matang. Apa yang menjadi tujuan kita membeli mobil baru? Apakah untuk kenyamanan, ataukah untuk kebutuhan mutlak keluarga? Untuk transportasi ketika ke kantor, atau untuk keperluan usaha?

Kalau tujuannya untuk keperluan keluarga, mungkin jenis mobil yang paling cocok adalah tipe minibus. Tapi kalau untuk keperluan usaha, mobil tipe box atau pick up akan lebih cocok. Satu jenis mobil itu mengikuti aturan yang berbeda dengan aturan jenis mobil lainnya. Kalau memilih jenis pick up atau double cabin, perlu dipertimbangkan tentang adanya pajak tambahan, misalnya biaya kir. Sekarang ini sudah ada cukup banyak model kendaraan roda empat, mulai dari tipe small car, MPV (Multi Purpose Vehicle) hingga SUV (Sport Utility Vehicle).

Di tahap ini, sebisa mungkin kita harus menekan rasa gengsi, atau keinginan untuk sekadar mengikuti tren. Intinya, pilihlah jenis mobil sesuai dengan tujuan dan yang paling bisa memenuhi kebutuhan kita.

Baca juga : Kelebihan dan Manfaat Flushing AC Mobil Menggunakan Mesin

Mau Beli Mobil Baru Tunggu Dulu! Ini 17 Tips Membeli Mobil Baru Untuk Kamu

karya sarah-brown

2. Mengumpulkan Informasi Sebanyak-Banyaknya

Untuk yang pertama kali membeli mobil baru, mencari informasi jenis-jenis mobil itu sangatlah penting. Selain memahami berbagai tipe mobil, kita juga bisa tahu mana mobil yang memiliki kualitas baik, bagaimana cara perawatannya, dan apa saja kelebihan serta kekurangannya.

Di era saat ini, mencari informasi tentang mobil bukanlah hal yang sulit. Kita bisa mencari dengan cara browsing di internet, mengunjungi website produsen-produsen mobil, membaca berita-berita otomotif, atau membaca informasi mengenai mobil di forum-forum otomotif.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana harga penuh jual setelah penggunaan mobil tersebut ada di pasaran. Jangan sampai kita memilih jenis mobil yang sulit untuk dijual kembali.

3. Menyiapkan Dana Minimal 25% dari Harga Mobil

Persentase tersebut hanya berlaku kalau kita ingin membeli mobil secara kredit. Mengapa harus 25%? Karena Bank Indonesia (BI) memberlakukan aturan Down Payment (DP) yang dibutuhkan untuk membeli sebuah mobil, yaitu sebesar 25%. Lebih baik lagi kalau kita memiliki dana yang lebih, jadi berikan saja DP di atas 25%. Karena semakin besar DP yang kita diberikan, maka semakin kecil kredit yang dibayarkan di setiap bulannya.

4. Buatlah Daftar Checklist

Langkah ini cukup penting agar dapat menjadi panduan untuk kita ketika melakukan test drive, jadi kita bisa dengan mudah membandingkan tiap mobil. Daftarnya terdiri dari karakteristik unit, seperti akselerasi, kemudi, rem, warna eksterior, kenyamanan di dalam kabin, hingga teknologi dan fitur yang tersedia di dalam mobil.

5. Diskusikan dengan Kerabat Terdekat

Menerima masukan dari saudara terdekat akan sangat membantu ketika kita akan membeli mobil baru. Bisa saja mereka mengenal seseorang yang mempunyai kendaraan yang sama dengan yang kita inginkan. Dari hal tersebut, kita bisa mendapatkan masukan, yang tentu saja membantu untuk memantapkan keputusan.

6. Pastikan Kenyamanannya

Penting sekali untuk memastikan tentang kenyamanan kendaraan yang ingin kita beli. Ada banyak faktor yang menjadi poin, mulai dari akses masuk ke dalam kabin, pengaturan jok-nya mudah atau tidak, luas pandangan dari dalam dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengalaman langsung melalui test drive.

7. Fitur Keamanan

Kita sudah pasti tidak ingin mobil yang mudah dicuri, bukan? Oleh karena itu, perhatikan juga fitur keamanannya. Ada beberapa model yang terhitung cukup berisiko dikarenakan tidak mempunyai sistem keamanan yang cukup memadai. Walaupun kita bisa menambahkan perangkat keamanan, tapi akan lebih simple kalau sudah terintegrasi dari awal, kan?

8. Periksa Fitur-Fiturnya

Fitur yang sudah lengkap tentu saja akan semakin memberikan nilai tambah. Tapi, kita perlu memperhatikan apakah fitur tersebut benar-benar bisa membantu kita saat mengemudi. Selain itu, apakah kita bisa dengan mudah mengoperasikannya? Cobalah untuk memeriksanya terlebih dahulu.

9. Memahami Kebutuhan Perawatan

Memahami karakteristik perawatan bisa dilakukan dengan berkonsultasi ke tenaga penjual atau membaca buku servis. Cara lainnya, bisa dengan mencari informasi dari orang yang sudah mempunyai tipe mobil yang kita inginkan. Selain itu, manfaatkan juga forum-forum otomotif yang ada.

10. Sabar Saat Mengambil Keputusan

Janganlah membeli mobil pada hari yang sama ketika kita mengujinya. “Wangi si mobil baru” tersebut bisa menggoda kita untuk membuat keputusan yang impulsif. Jadi, ada baiknya untuk menunggu satu atau dua hari sebelum mengambil keputusan.

11. Melakukan Perbandingan Harga

Harga adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pertimbangan kita. Cobalah untuk melakukan komparasi antarmodel mobil yang diinginkan. Perhitungkan juga adanya promosi-promosi menarik yang biasanya banyak ditawarkan oleh para produsen mobil.

12. Mencari Waktu yang Tepat untuk Membeli Mobil

Waktu yang tepat untuk mengunjungi dealer mobil adalah saat dealer tersebut sedang memberikan penawaran khusus atau promo. Biasanya, dealer akan memberikan diskon besar-besaran di akhir bulan karena berkaitan dengan target penjualan yang ingin dicapai.

Diadakannya pameran juga menjadi waktu yang tepat untuk membeli mobil baru. Biasanya, para dealer akan membuka gerai promosi di sana. Kalau kita menemukan promosi yang bagus, simpan brosur yang didapat dari dealer tersebut sebagai informasi untuk membuat perbandingan. Jangan malu-malu untuk bertanya ke customer service-nya tentang hal-hal yang ingin kita ketahui terkait mobil yang akan kita beli.

Informasi tambahan, ketika ada promo, dealer seringkali memberikan diskon berupa potongan DP yang cukup besar. Jadi, kita bisa menghemat uang untuk pembayaran DP-nya.

13. Jangan Terburu-Buru dan Tampil Percaya Diri Ketika ke Dealer

Agar bisa menemukan mobil yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, kita tidak boleh tergesa-gesa. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari sistem keamanan, kenyamanan, garansi, sampai pelayanan purna jual. Saat kita datang ke dealer, bersikaplah sewajarnya dan katakan bahwa kita siap untuk membeli jika harga yang diberikan memang cocok.

14. Jangan Ragu Melakukan Negosiasi

Hal lain yang penting, tapi jarang dilakukan orang adalah menawar harga ketika mereka sudah menemukan dealer yang dirasa cocok. Tidak ada salahnya kita melakukan negosiasi harga. Siapa tahu kalau dealer tersebut mau menurunkan harga jual dari mobil tersebut. Kalau dealer tersebut menolak, carilah dealer lain yang memberi harga yang sesuai dengan jangkauan kantong kita.

15. Dapatkan yang Harga Murah, tapi Tidak Murahan

Banyak mobil baru dengan harga yang murah, tapi kualitasnya belum tentu bagus. Cara paling mudah untuk menentukan kalau suatu mobil tidak murahan adalah dengan memilih merek-merek mobil yang sudah terkenal. Dari beragam jenis mobil yang ada, kita bisa menentukan jenis atau model mana yang terkenal reputasinya di pasaran.

16. Pilihlah Dealer dengan Penawaran yang Terbaik

Setelah menentukan dealer mana yang akan kita pilih, tetapi ternyata pelayanannya ternyata kurang bagus, kita tidak perlu ragu untuk membatalkan pembelian dan mencari dealer yang lain. Carilah dan kunjungi dealer-dealer yang ada hingga kita menemukan dealer dengan penawaran yang terbaik.

17.  Pilih Rute Test Drive Bervariasi

Dari semua tips di atas, sebenarnya kita masih perlu melakukan satu hal lagi, yaitu test drive. Penting sekali untuk melakukan test drive agar kita benar-benar mendapatkan jenis mobil yang tepat. Biasanya pihak dealer akan memberikan waktu kurang lebih 30 menit untuk melakukan test drive. Ketika melakukan uji kendaraan, kita dapat memperhatikan beberapa hal penting berikut ini,

  • Mencoba beragam teknologi dan fitur bawaan dari mobil tersebut, seperti fasilitas internet, audio, AC mobil, power window, dan sebagainya.
  • Perhatikanlah ukuran kabin dan kapasitas dari bagasi. Mungkin hal ini terlihat sepele, tapi mungkin nantinya kita akan menyadari kalau bagasi memiliki peran yang sangat penting.
  • Perhatikan hal-hal teknis, seperti jenis transmisi, akselerasi mesin, handbrake, dan lain sebagainya. Pastikan kita memilih jenis transmisi yang paling nyaman. Pada umumnya, mobil di pasaran mempunyai jenis transmisi manual atau automatik. Cobalah untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan mengenai kedua jenis transmisi tersebut.
  • Kenyamanan di kursi supir. Lihatlah bagaimana cara mengaturnya, apakah seat belt cukup nyaman untuk dipakai,  bagaimana bentuk dashboard, apakah sesuai dengan postur tubuh saat mengemudi? Bisa saja desain kursi dan dashboard akan mempengaruhi tingkat pandangan ketika mengemudi.
  • Nyalakan mesin dan jalankan mobilnya di jalan umum. Rasakan akselerasinya, pergantian transmisinya, dan kualitas dari kemudi. Coba juga untuk parkir mobil dalam berbagai macam posisi. Nanti kita dapat merasakan kelemahan atau kekurangan mobil tersebut. Penting juga untuk merasakan kualitas suspensinya. Rasakan juga bagaimana mobil tersebut saat dipacu untuk menyalip kendaraan lain.

Ketika akan melakukan test drive, cobalah untuk mengambil rute yang beragam. Ini cukup penting agar kita bisa mengetahui kemampuan dari si kendaraan, seperti bagaimana melaju di jalan raya, ketika parkir di tempat sempit atau saat melewati track yang kurang rata.

Setelah selesai melakukan test drive dan kita sudah menemukan mobil yang paling tepat, ajukan pertanyaan apakah mobil tersebut sedang ready stock atau sistemnya indent. Kalau mobil yang kita incar sedang ready stock, kita bisa langsung mendapatkannya saat itu juga. Berbeda kalau indent, kita masih harus menunggu beberapa bulan agar bisa mendapatkan mobil tersebut. Tapi, keuntungannya, kita bisa melakukan custom atau penambahan fasilitas yang sesuai dengan keinginan kita.

Intinya, Pertimbangkanlah dengan  Matang Sebelum Melakukan Pembelian

Sebagai aset dengan nilai yang cukup mahal, kita harus memperhitungkan semuanya yang berkaitan langsung dengan pembelian mobil. Mulai dari dana yang perlu dipersiapkan, cicilan per bulannya, keuntungan dengan pembelian tunai, hingga fasilitas serta keuntungan lain yang kita bisa dapatkan nanti. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan matang semuanya itu sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?