Mencuci Mobil Anda Sebagai Upaya dalam Pencegahan Terhadap Covid-19

Mencuci Mobil Anda Sebagai Upaya dalam Pencegahan Terhadap Covid-19

Share :

Hai #SahabatRotary

Sudahkah #SahabatRotary mencuci mobil akhir-akhir ini?

Mencuci mobil secara berkala merupakan hal yang penting. Merebaknya virus Covid-19 akhir-akhir ini membuat kekhawatiran. Apalagi virus tersebut dapat menempel pada benda-benda di sekitar kita, salah satunya mobil. Oleh karena itu, cuci mobil secara berkala merupakan upaya yang bagus dalam pencegahan terhadap Covid-19.

Mobil merupakan sarana transportasi modern yang banyak diminati oleh banyak orang sebagai kendaraan pribadi, sekarang ini mobil menjadi salah satu alternatif transportasi untuk keperluan wisata. Mobil juga sudah dianggap sebagai rumah kedua bagi kebanyakan orang. Bahkan beberapa orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam mobil. Banyak wisatawan lokal terutama wisatawan dari mancanegara, lebih memilih menggunakan jasa rental mobil untuk berwisata ke tempat yang mereka inginkan. Selain demi keamanan dan kepraktisan dalam menggunakannya, menurut mereka menyewa mobil rental bisa mendapatkan fasilitas yang bersih sehingga membuat perjalanan terasa nyaman.

Hal yang dijaga dalam merawat mobil tidak hanya tentang mesin mobil saja, tetapi juga kebersihan mobil itu sendiri. Kebersihan mobil adalah hal yang utama untuk dijaga. Selain mencerminkan kepribadian pengemudi dan pengusaha penyedia jasa rental mobil ini, mobil yang bersih akan memberi kenyamanan dalam berkendara. Menjaga kebersihan salah satunya yaitu dengan mencuci mobil. Oleh karena itu, menjaga kebersihan mobil seharusnya tak kalah penting dibandingkan menjaga kebersihan rumah. Kebersihan mobil yang harus selalu diperhatikan meliputi bagian dalam dan bagian luar. Ada beberapa langkah untuk membersihkan mobil, di antaranya yaitu:

Langkah – Langkah Mencuci Mobil

  1. Mencuci Mobil

Mencuci mobil adalah langkah dasar untuk menjaga kebersihan mobil dari kotoran, terutama untuk bagian luar (eksterior). Untuk mobil rental, idealnya adalah mencuci mobil setiap kali habis digunakan oleh penyewa. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan mobil, menyingkirkan kotoran yang menempel di body kendaraan, apalagi bila Anda melewati jalanan banjir atau berlumpur tentu banyak sekali kotoran bahkan virus yang akan menempel pada mobil Anda. Dan yang paling utama yaitu, untuk memberi kenyamanan maksimal kepada penyewa.

  1. Mencuci Kaca Mobil

Komponen bagian luar (eksterior) yang perlu Anda perhatikan kebersihannya adalah kaca. Kebersihan kaca sangat penting karena sangat terkait dengan visibilitas bagi pengemudi. Umumnya, kaca menjadi kotor karena jamur atau water spot. Untuk membersihkannya, gunakan pembersih kaca dan lap kering. Oleh karena itu, untuk merawat kaca mobil Anda, segeralah mencuci mobil jika kotor menggunakan lap, karena apabila menempel terlalu lama maka akan semakin sulit untuk dibersihkan dan virus juga akan semakin berkembang di kaca mobil Anda.

  1. Mencuci dengan Membersihkan Kolong Mobil

Kolong mobil merupakan area yang paling kotor dari sebuah mobil. Terutama disaat hujan dan melewati jalan yang berlumpur, tentu hal itu akan mengakibatkan kolong mobil yang kotor akibat terkena lumpur. Untuk menjaga kebersihan mobil secara maksimal, maka Anda harus membersihkan kolong mobil secara berkala. Terlebih lagi untuk mencegah mobil dari potensi terkena karat, yang diakibatkan oleh kotoran mobil yang masih menempel.

  1. Mencuci Mobil untuk Mencegah Timbulnya Jamur pada Body Mobil

Menghindari timbulnya jamur adalah dengan cara selalu membuat mobil dalam keadaan kering setelah terkena hujan. Jamur akan tumbuh karena kondisi yang lembab. Oleh karena itu, hindari penggunaan sarung mobil, karena akan membuat mobil semakin lembab dan cepat menyebabkan jamur berkembang. Karena apabila sudah berjamur maka akan menyulitkan Anda sebagai pemilik mobil dalam membersihkannya.

  1. Bersihkan Ruang Mesin

Area ini juga perlu diperhatikan saat membersihkan mobil. Walaupun mesin berada di bagian yang terlindung, tetap saja perlu dibersihkan secara berkala agar tetap optimal dan terpantau. Selain itu juga dapat menghindarkan kendaraan dari insiden akibat deteksi dini saat melakukan pembersihan. Namun berhati-hatilah saat membersihkannya agar tidak ada komponen yang tersenggol, tercabut, atau bahkan terlepas yang dapat menimbulkan kerusakan pada mobil.

  1. Bersihkan Dashboard Mobil

Dashboard adalah bagian interior yang paling sering terkena paparan sinar matahari. Jaga kebersihan dashboard dari debu dengan menggunakan pembersih khusus dashboard dan lap kain yang lembut. Tujuannya untuk melindungi bahan pelapis dashboard supaya tidak cepat rusak.

  1. Mencuci dengan Membersihkan Jok Mobil

Pilih bahan yang sesuai dengan bahan jok yang digunakan. Hindarilah bahan kimia yang tidak sesuai dengan bahan jok mobil Anda. Karena penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai akan mengakibatkan jok tersebut rusak. Lakukan pembersihan secara rutin, minimal 1 kali dalam sehari terutama setelah pemakaian agar jok mobil dapat terhindar dari virus.

  1. Membersihkan Karpet Mobil

Karpet mobil juga selalu dibersihkan, karena kotoran dari alas kaki yang Anda gunakan akan berpindah secara langsung ke karpet tersebut. Karpet yang bersih akan memberikan kenyamanan baik bagi pemudi atau pun bagi penumpang di dalam mobil tersebut.

  1. Rapikan Bagasi

Bagasi adalah tempat menyimpan barang bawaan. Selalu rapikan kondisi bagasi setelah pemakaian. Karena seringkali masuk dan keluarnya barang bawaan, menyebabkan kotoran yang tidak terlihat oleh mata menempel di bagian bagasi mobil. Agar lebih mudah, gunakan penyedot debu untuk membersihkan sampai ke sela-sela mobil.

Mencuci mobil secara berkala dapat mencegah terjadinya penularan virus corona atau dengan kata lain virus Covid-19 ini. Mobil yang sering dicuci secara berkala tidak hanya untuk mencegah dari virus Covid-19 tetapi juga dapat menciptakan kenyaman pada saat Anda berkendara.

Ketika Berada di Tempat Umum

Selain dari upaya diri sendiri, Anda juga harus melakukan beberapa hal berikut ini sebagai cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau Covid-19 di tempat umum. Karena virus corona rentan terjadi pada tempat-tempat umum. Berikut adalah beberapa upaya ketika berada di tempat umum :

1. Tidak Melakukan Kontak Fisik

Virus corona bisa menyebar hanya dengan bersalaman. Oleh karena itu, saat ini Anda lebih baik jangan sembarangan memegang tangan orang lain. Hindari bersalaman, ganti dengan salam namaste atau menaruh tangan di dada, hal ini dilakukan sebagai pencegahan penularan virus Covid-19.

2. Social Distancing

Cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona dapat Anda lakukan dengan menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas bersama, minimal 1 meter. Kenapa 1 meter? Karena ini adalah jangkauan percikan air yang bisa menyebar dari mulut saat seseorang bicara. Amat disarankan untuk tidak pergi ke luar rumah apabila Anda sedang merasa sakit atau kurang sehat. Ini bisa membahayakan karena bisa jadi Anda menularkan penyakit pada orang lain.

Baca Juga: Cara Work From Home Yang Efisien Untuk Keluarga, Begini Tipsnya

3. Menghindari Transportasi Umum

Jika terpaksa untuk bepergian, jangan menggunakan transportasi umum. Karena di transportasi umum banyak orang saling berbaur. Anda tidak bisa melakukan social distancing di dalam transportasi umum. Tak jarang, malah sesama penumpang transportasi umum berdesak-desakan satu sama lain, sehingga rawan terjadi penularan virus corona.

4. Membersihkan Meja Saat akan Duduk di Restoran

Jangan asal duduk dan meletakkan kedua tangan di meja saat tiba di restoran. Bersihkan dulu meja menggunakan tisu kering dan tisu basah yang mengandung alkohol minimal 60%. Karena Anda tidak tahu siapa yang sudah menggunakan meja itu. Disinfeksi meja makan penting untuk mematikan virus yang menempel. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa tisu kering atau tisu basah secara pribadi.

Cara Menjaga Kesehatan dari Virus Corona

Laurie Garrett, jurnalis dari Foreign Policy yang pernah memenangkan Hadiah Pulitzer untuk penulis kategori sains memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Mengenakan Sarung Tangan

cuci mobil cegah virus covid-19

Saat meninggalkan rumah, Laurie mengatakan pentingnya untuk mengenakan sarung tangan, baik itu sarung tangan musim dingin atau sarung tangan luar ruangan.

“Pakai sarung tangan ini terutama ketika Anda sedang berada di transportasi umum seperti kereta, bus, dan saat mengunjungi ruang publik,” tulis Laurie.

Selain itu, Laurie juga menyarankan untuk mengganti sarung tangan setiap hari setelah digunakan, cuci secara menyeluruh dengan bersih menggunakan sabun, dan hindari mengenakan sarung tangan yang lembap.

2. Hindari Menyentuh Wajah dan Mata

cuci mobil cegah virus covid-19

Jika Anda berada dalam situasi di mana harus melepas sarung tangan, mungkin untuk berjabat tangan atau makan, jangan menyentuh wajah atau mata, bahkan bila merasa ada yang gatal.

Hindari kontak tangan pada wajah dan mata. Sebelum mengenakan sarung tangan kembali, cuci tangan dengan sabun dan air hangat, gosokkan jari hingga bersih dan kembali kenakan sarung tangan.

Pada American Journal of Infection, selama pandemi influenza A (H1N1), diamati bahwa rata-rata individu menyentuh wajah mereka sebanyak 3,3 kali per jam.

Dalam pengaturan perawatan kesehatan, sering menyentuh wajah, terutama selama periode penyakit musiman atau wabah, dapat berpotensi terjadi mekanisme akuisisi dan transmisi seperti kuman, virus, dan bakteri.

Meskipun mungkin sedikit lebih rumit dan membutuhkan banyak waktu, tetapi ini adalah cara yang baik untuk tetap menjaga kesehatan dari virus Corona.

3. Menjaga Jarak dengan Orang-orang di Daerah Wabah

cuci mobil cegah virus covid-19

Laurie, yang sudah pernah mengunjungi 30 daerah wabah, mengatakan bahwa penggunaan masker tidak efektif ketika dipakai di luar ruangan dan bahkan dalam ruangan.

“Masker akan memburuk setelah 1-2 kali pemakaian. Menggunakan masker yang sama bahkan lebih menjijikan, karena isi mulut dan hidung melapisi bagian dalam topeng dengan bau yang menarik bakteri,” tulisnya.

Sebaliknya, Laurie menyarankan untuk menjauh dari keramaian, dan menjaga jarak dari orang-orang secara individu sejauh setengah meter.

“Saat bertemu dengan seseorang yang sedang batuk atau bersin, saya akan meminta mereka untuk memakai masker. Hal tersebut saya lakukan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya penyebaran virus, serta untuk melindungi saya dari cairan yang berpotensi terkontaminasi. Jika mereka tidak mau, saya melangkah satu meter dari mereka, atau saya pergi,” tambah Laurie.

Selain itu, untuk menjaga penularan dari virus corona, jangan berjabat tangan atau memeluk orang. Tolak mereka dengan sopan, dengan mengatakan lebih baik untuk tidak melakukan kontak dekat selama wabah berlangsung.

4. Menggunakan Handuk yang Bersih

cuci mobil cegah virus covid-19

Di dalam rumah, segera ganti semua handuk di kamar mandi dan dapur dengan handuk bersih. Tandai handuk per nama masing-masing anggota keluarga sehingga tidak ada yang memakai handuk sama.

“Minta semua orang di rumah Anda hanya menggunakan handuk mereka sendiri dan tidak pernah menyentuh handuk anggota keluarga lainnya,” tegas Laurie.

Selain itu, cara menjaga kesehatan dari virus corona termasuk mencuci semua handuk dua kali dalam seminggu. Handuk lembap menjadi daerah yang digemari virus, seperti flu biasa, dan termasuk virus corona.

5. Hati-hati Memegang Gagang Pintu

cuci mobil cegah virus covid-19

Laurie menerangkan, bila memungkinkan untuk membuka dan menutup pintu dengan siku atau bahu, lebih baik lakukan cara tersebut. Gunakan sarung tangan untuk memutar gagang pintu, atau cuci tangan setelah menyentuhnya.

“Cuci kenop atau gagang pintu secara teratur untuk menjaga kebersihannya. Berhati-hatilah dengan pegangan tangga, desktop, ponsel, mainan, laptop, dan benda apapun yang biasa dipegang tangan,” terangnya.

Dalam Continental Journal of Medical Health, disebutkan bahwa toilet dan kamar mandi umum digunakan banyak orang, sehingga flora mikroba pada tubuh mereka dapat berpindah ke gagang pintu tersebut ketika berjalan keluar.

Jika Anda memegang atau menggunakan benda-benda di atas yang milik orang lain, jangan sentuh wajah, dan cuci tangan segera setelah menyentuh objek. Cara ini efektif dalam menjaga kesehatan dari virus corona.

6. Hindari Berbagi Alat Makan dengan Orang Lain

cuci mobil cegah virus covid-19

Bila berbagi makanan, hindari pakai sumpit dan peralatan makan pribadi ketika mengambil makanan dari piring dan wadah lainnya. Selain itu, beri tahu Si Kecil agar jangan minum dari cangkir orang lain, hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan tertularnya virus corona.

Lebih baik, tempatkan sendok saji di setiap piring, dan perintahkan semua orang di meja untuk mengambil apa yang diinginkan ke piring atau mangkuk pribadi, lalu kembalikan sendok saji ke piring utama.

“Gunakan sumpit pribadi mereka hanya untuk mengambil makanan dari piring mereka sendiri ke mulut mereka,” jelas Laurie.

Setelahnya, Anda bisa mencuci semua makanan dan peralatan dapur dengan bersih. Bila berkunjung ke tempat makan, hindari restoran dengan praktik kebersihan yang buruk.

Itu dia #SahabatRotary, beberapa cara menjaga kesehatan dari virus corona yang sedang mewabah. Mari rutin melakukan praktik kebersihan agar dapat membantu menjaga imunitas tubuh tetap kuat dan infeksi bisa dicegah, serta selalu menjaga kesehatan, dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan air yang mengalir sebagai bentuk upaya pencegahan dalam meminimalisir penularan virus corona.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?