fbpx

5 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Lampu Merah Depok

Tiba-Tiba Mobil Mogok, Penyebabnya AC Mobil

Hai #SahabatRotary

Buat Anda yang tinggal di Depok atau pernah lewat di jalanan kota Depok, pernahkah mengalami kejadian yang  tidak mengenakkan ini? Saat lagu Walikota usai diperdengarkan dan lampu merah sudah berganti warna menjadi hijau di perempatan, Anda tentu siap-siap dong mau jalan. Tapi eits, tiba-tiba mesin mobil Anda mati alias  mogok. Waduh, harus gimana nih? Apalagi cuaca panas dan yang belakang bunyiin klakson terus menerus. Tenang Anda jangan panik.

Tapi tunggu dulu. Lagu walikota? Maksudnya bagaimana? Ya, sebuah lagu “Hati-Hati” ciptaan Koko Thole yang dinyanyikan Wali Kota Depok Mohammad Idris berdurasi sekitar satu menit, resmi diputar di lampu merah (lamer) Simpang Ramanda, Depok, Jawa Barat sejak Sabtu (31/8/2019).

mobil mogok

Sampai saat ini, lagu tersebut masih dapat didengar seperti di lampu merah Juanda dekat mall Depok Town Square (Detos), juga di lampu merah mall ITC. Walaupun di beberapa tempat sudah tidak terdengar karena dianggap mengganggu kegiatan ibadah masjid dekat lampu merah.

Lagu yang dicetuskan oleh Wali Kota Depok dengan judul ‘Hati-Hati’ ini merupakan bagian program Joyfull Traffic Management (JoTTRAM). Program ini pun memiliki tujuan akhir terciptanya pengelolaan aktivitas lalu lintas yang tertib dan menyenangkan.

Idris mengungkapkan bahwa tujuan dari pemutaran lagu ‘Hati-Hati’ di sejumlah lampu merah di Kota Depok, yaitu untuk memberikan edukasi pada para pengendara agar tidak melanggar aturan lalu lintas. Beliau juga berharap jumlah pengendara, baik mobil dan motor yang bandel di Kota Depok bisa berkurang drastis usai mendengar lagu nyanyiannya.

Adapun lirik lagu yang dinyanyikan Idris begitu menggelitik dan akan membuat para pengendara di jalan tak lagi merasa sepi dan mengantuk saat berkendara.

Berikut liriknya lagu ‘Hati-Hati’:

Hati-hati di jalanan jangan ugal-ugalan

Bila naik kendaraan jangan kebut-kebutan

Jangan sampai orang bilang engkau pengganggu jalan

Seperti orang bingung tak tahu peraturan

Lampu merah kita berhenti

Lampu kuning hati-hati

Lampu hijau jalan lagi

Ambil jalur sebelah kiri

Kalau nyeberang hati-hati

Tengok kanan tengok kiri

Rambu-rambu ditaati

Agar tidak salah lagi

Namun yang namanya kebijakan pasti ada yang pro dan kontra. Yang pro mengatakan kalau lagu tersebut lucu dan menghibur. Sebab lagunya ini bisa dikatakan untuk melestarikan budaya Betawi yang menjadi ciri khas warga Depok. Beberapa pengendara tampak menikmati alunan musik yang diputarkan.

Namun bagi mereka yang kontra menilai lagu wali kota yang diputarkan itu tak berpengaruh pada ketertiban lalu lintas. Kalau ada yang tertib itu karena ada polisi lalu lintas yang menjaga di lampu merah tersebut. Sebagian lain yang kontra merasa terganggu dengan adanya lagu tersebut. Apalagi bisingnya suara kendaraan membuatnya beradu dengan suara lagu sehingga tidak terdengar jelas.

Nah, kita kembali ke mobil mogok tadi. Mobil tiba-tiba mogok menjadi mimpi buruk setiap pengemudi. Yang pertama terpikirkan pasti karena mobil tersebut kehabisan BBM. Namun, saat dicek ternyata indikator BBM menunjukkan sebaliknya, isi tangki masih penuh. Lalu apa sebabnya ya? Simak 5  penyebab mesin mobil mati mendadak berikut ini:

1. Catalytic Converter Rusak

Konverter katalik mobil berfungsi sebagai alat pengendali emisi buang yang berguna untuk mengubah gas polutan beracun agar memiliki kadar racun yang rendah dengan cara mereduksinya.

Namun alat ini bisa rusak dan akan menyebabkan mesin mobil mati mendadak ketika bahan bakar terlalu banyak residu, sehingga mengakibatkan adaptor bermasalah. Ujung-ujungnya knalpot akan terbebani secara berlebihan dan pembuangan tidak optimal.

2. Gearbox Kehabisan Oli

Gearbox mobil atau bisa disebut transmisi juga dapat menyebabkan mesin mobil mati mendadak. Sebagai pengatur gerak kendaraan, gearbox menjadi salah satu bagian terpenting dari kendaraan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus sering-sering cek pelumasnya.

Jangan sampai gearbox kekurangan bahkan kehabisan oli. Banyaknya oli tergantung jenis dan model kendaraan. Informasi ini dapat Anda cek di panduan manual kendaraan.

3. Overheat

Kasus mesin mobil mati mendadak yang paling umum yaitu disebabkan oleh overheat. Hal ini biasanya karena pemilik kendaraan jarang mengecek air radiator. Jika air radiator kurang atau bahkan habis, maka jangan heran apabila mengalami masalah ini.

Tidak adanya pendingin yang cukup untuk menjaga suhu mesin, berakibat fatal untuk komponen yang ada. Salah satunya piston kendaraan yang dapat meleleh dan menyebabkan fungsinya menurun atau terhenti.

4. Kelistrikan

Kelistrikan akan menjadi masalah serius pada kendaraan apabila tak diperhatikan. Biasanya yang luput dari perhatian adalah alternator yang rusak. Padahal fungsi bagian ini cukup penting, yaitu untuk menyuplai listrik ke aki. Sehingga aki dapat terisi dan membuat performa mobil optimal.

Alternator rusak kebanyakan karena usia mobil yang melebihi 5 tahun. Lebih dari itu akan ada penurunan fungsi alternator. Rusaknya alternator juga dikarenakan modifikasi yang cukup membebani kelistrikan, seperti pemasangan lampu dan audio yang berlebih.

5. Baut

Ketika servis mobil besar-besaran sampai turun mesin, akan menjadi masalah di kemudian hari apabila baut yang terpasang tidak optimal. Baut yang terpasang tidak boleh terlalu kendor atau kencang, karena hal itu akan menimbulkan masalah.

Di mesin mobil sendiri cukup banyak baut yang terpasang dan semuanya harus memiliki tekanan yang sama. Jika tidak maka akan terjadi bocor kompresi atau masalah di bagian part lainnya yang membuat mesin mobil mati mendadak.

Kelima penyebab di atas merupakan penyebab mobil mogok di lampu merah. Perlu Anda ketahui juga, mobil mogok bisa terjadi saat dihidupkan pada kondisi masih dingin. Jenis masalah seperti ini dapat diartikan suplai bahan bakar ke mesin kurang atau terlalu banyak udara. Mesin yang dalam kondisi masih dingin akan membutuhkan campuran bahan bakar yang lebih banyak agar mesin mobil dapat hidup dengan mudah serta dapat berputar dengan halus saat idle selama proses warming-up.

Beberapa hal dibawah ini dapat menjadi penyebab munculnya gejala kerusakan tersebut :

  • Kebocoran Kevakuman Mesin
    Kebocoran ini bisa diakibatkan oleh selang vakum, maka periksalah kemungkinan adanya selang-selang vakum yang lepas atau bocor, seperti kebocoran di area sekitar gasket intake manifold, kebocoran di sekitar PCV valve dan EGR valve.
  • Air Flow Sensor Kotor atau Rusak
    Sensor yang tertutup kotoran akan memberikan laporan yang tidak sesuai mengenai jumlah udara yang masuk ke dalam mesin dan memberikan respon yang lambat terhadap perubahan aliran udara. Hal ini tentu akan mengacaukan perbandingan campuran udara dan campuran bahan bakar yang dapat mengakibatkan putaran idle menjadi kasar, mesin mati-mati atau tersendat. Jika penyebab gangguan hanya karena sensor yang kotor maka melakukan pembersihan dengan cairan electronic cleaner biasanya dapat mengatasi hal tersebut.
  • Kerusakan pada Idle Speed Control System
    Putaran idle pada mesin mobil yang sudah menggunakan sistem injeksi maka akan dikontrol dengan cara mengalirkan sedikit udara melalui saluran bypass throttle valve. Jika saluran bypass yang mengalirkan udara tersumbat oleh kotoran atau kerak karbon atau solenoid valve macet atau rusak, mesin mungkin tidak akan mendapatkan suplai udara yang cukup untuk mesin dapat berputar idle sehingga mesin akan mati. Membersihkan idle air bypass circuit pada throttle valve dengan cairan aerosol throttle cleaner akan dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang menyumbat saluran dan dapat menyelesaikan problem mesin mati-mati tersebut. Jika proses pembersihan tidak menghilangkan penyakit tersebut coba periksa konektor wiring, periksa dari kemungkinan kendor atau korosi. Jika tidak ditemukan kerusakan pada sistem wiring kemungkinan idle speepd control solenoid  pada mesin yang perlu diganti.
  • Kerusakan Coolant Sensor
    Jika terjadi kerusakan pada coolant sensor dan memberikan informasi yang tidak sesuai kondisi temperatur mesin yang sebenarnya kepada PCM bahwa mesin panas atau dingin dapat mengacaukan perhitungan campuran bahan bakar dan udara. Jika coolant sensor memberikan laporan mesin dingin padahal sebenarnya tidak atau memberikan informasi temperatur mesin dingin terus maka mesin akan bekerja dengan campuran yang terlalu kaya. Hal ini memang tidak akan menyebabkan gejala mesin mati-mati saat dingin namun akan membuat putaran idle menjadi kasar saat mesin panas dan konsumsi bahan bakar pada mobil akan  menjadi boros. Jika coolant sensor memberikan suatu informasi mengenai temperatur mesin mobil panas dari kondisi sebenarnya atau memberikan laporan mengenai mesin mobil panas secara terus menerus maka PCM akan membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih kurus yang akan membuat mesin susah dihidupkan saat kondisi dingin.
  • Kerusakan Air Temperatur Sensor
    Air Temperatur Sensor ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada PCM mengenai temperatur udara yang masuk kedalam mesin. PCM memerlukan informasi yang akurat mengenai seberapa banyak udara dan suhu udara yang masuk ke mesin agar dapat mengatur perbandingan campuran bahan bakar dan udara yang tepat. Sama halnya seperti coolant sensor, jika input dari air temperatur sensor tidak tepat maka akan dapat mengacaukan perhitungan campuran bahan bakar dan udara yang mana hal tersebut akan dapat mengakibatkan masalah mesin mati-mati.
  • Kerusakan Manifold Absolute Pressure (MAP) Sensor
    Manifold Absolute Pressure (MAP) Sensor ini berfungsi untuk mengukur tingkat kevakuman pada intake manifold sehingga PCM dapat mengetahui beban kerja mesin. Jika pembacaan pada MAP sensor ini tidak akurat maka penambahan bahan bakar yang dilakukan oleh PCM saat mesin mobil dalam beban berat juga tidak akurat, bisa terlalu banyak atau bahkan juga bisa kurang, hal ini tentu akan dapat membuat mesin mati atau mogok.
  • Tekanan Kompresi Mesin Rendah
    Jika mobil Anda sudah mencapai jarak tempuh perjalanan yang cukup jauh biasanya mesin mobil akan mulai mengalami keausan dimana celah pistonnya menjadi terlalu besar atau atau kebocoran pada katup-katupnya, hal ini akan mengakibatkan tekanan kompresi akan menjadi rendah yang mana hal tersebut dapat mengakibatkan mesin mati-mati saat idle.
    Maka sebaiknya lakukan pemeriksaan tekanan kompresi untuk dapat mengetahui kondisi komponen-komponen internal mesin sebelum melakukan overhaul untuk memperbaiki kerusakan tersebut.
  • Busi Kotor atau Aus
    Gangguan pada sistem pengapian atau misfire akan dapat mengakibatkan mesin mati-mati saat idle. Saat mesin akan berputar lambat, maka momentum untuk menjaga mesin tetap akan berputar sangat kecil sehingga gangguan misfire akan dapat membuat mesin mati. Alangkah lebih baik jika Anda melakukan pemeriksaan dan penggantian busi secara berkala agar dapat mencegah munculnya problem misfire tersebut. Ignition coil yang lemah atau kerusakan pada crankshaft sensor juga dapat mengakibatkan misfire yang menyebabkan mesin mobil sampai mati.
  • Kwalitas Bahan Bakar yang Buruk
    Bensin yang mengandung terlalu banyak alkohol (+10%) atau bensin yang terkontaminasi air mungkin tidak akan dapat terbakar dengan sempurna dan mengakibatkan mesin mogok.
    Jika mobil mengalami masalah mesin mati-mati ini terjadi sesaat setelah melakukan pengisian bahan bakar maka Anda sepertinya patut mencurigai kwalitas bahan bakar yang baru saja diisi ke dalam tangki mobil. Segera kuras tangki bahan bakar dan isi kembali dengan bensin baru untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Jika mobil Anda tiba-tiba mogok saat berjalan,  ini biasanya berkaitan dengan sistem pengapian dan terjadi saat mesin tidak mendapatkan pengapian. Beberapa penyebab yang dapat dicurigai antara lain yaitu  kerusakan pada crankshaft sensor, kerusakan pada ignition coil (pada mobil yang menggunakan 1 ignition coil untuk semua silinder), kerusakan pada ignition switch yang mengalami kehilangan kontak secara intermittent juga dapat mengakibatkan mesin mati secara mendadak.

mobil mogok

Tips Mengatasi Mobil Mogok

Mobil yang tiba-tiba mogok tentu akan menimbulkan masalah bagi Anda dan juga pengendara lain jika mobil tersebut berhenti di tengah jalan. Lalu apa yang harus dilakukan saat mobil Anda mogok? Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi mobil mogok:

1. Dorong Mobil Ke Pinggir

Langkah awal ketika mobil mogok adalah menepikan mobil ke tepi jalan. Ini sangat penting supaya tidak mengganggu lalu lintas dan membahayakan diri, kemudian Anda bisa leluasa memperbaiki kondisi mobil atau mencari tahu penyebab mobil tersebut mogok serta menyelesaikan masalah yang ada.

2. Periksa Lampu Indikator

Selanjutnya, cek lampu indikator mobil. Letaknya bisanya digabungkan dengan odometer (speedometer mobil). Lampu indikator ini memiliki banyak simbol antara lain: simbol aki, simbol air radiator, simbol oli, simbol rem, simbol bahan bakar, simbol mesin, dan lain-lain.

Lampu indikator pada mobil sebenarnya terdiri atas 3 warna yakni merah, kuning dan hijau. Untuk warna hijau menandakan bahwa fungsi normal, kuning menandakan adanya peringatan sedangkan warna merah harus segera diperbaiki karena telah rusak, prinsipnya seperti lampu lalu lintas merah kuning dan hijau. Pemberian warna ini tentu akan lebih memudahkan bagi pemilik kendaraan.

3. Periksa Aki atau Accu / Baterai

Mobil mogok tidak kuat starter. Bisa jadi masalahnya ada pada aki. jika mobil tidak kuat starter mungkin aki lemah. Coba periksa level ketinggian air aki jika pada aki basah dan periksa kabel aki. Kabel aki yang longgar atau kotor bisa menyebabkan mesin tidak kuat untuk starter.

Jika kabel aki longgar maka Anda bisa langsung kencangkan dan jika kotor maka Anda harus membuka dan membersihkan dahulu. Cek juga kondisi setrum aki. Kabel aki yang longgar juga dapat membuat aki tidak dapat mengisi dan kurang strum. Solusi untuk menghidupkan mobil yang tidak kuat jika di starter bisa dengan cas aki terlebih dahulu, didorong atau di pancing ( jumper ) menggunakan aki dari mobil lain.

4. Periksa Sikring

Sikring yang putus atau hanya sekadar mengalami kelonggaran juga bisa membuat mobil mogok. Sikring yang berhubungan dengan mesin ( engine ) jika putus maka tidak akan menyala saat Anda memutar kunci kontak pada posisi on. Tentu hal ini akan membuat mobil tidak bisa jika di starter dan lainnya.

Pada mobil yang sudah cukup tua, yaitu lebih dari lima tahun, arus listrik ke bagian koil mengalami penurunan drastis dan berakibat pada proses pembakaran tidak sempurna sehingga pemanatik api sulit memperoleh aliran listrik.

5. Hubungi Jasa derek

Menghubungi jasa derek juga dapat menjadi alternatif lainnya, jika pengemudi sendirian dan tidak suka ribet, terutama jika mobil mogok terjadi di jalan tol, maka menghubungi jasa derek merupakan pilihan yang tepat untuk membantu Anda.

Selain beberapa cara mengatasi mobil mogok serta penyebabnya, sebelum mobil Anda mogok, sebaiknya Anda melakukan pencegahan agar mobil yang Anda kendarai tidak mengalami mogok dijalan. Berikut adalah beberapa cara mencegah mobil mogok.

Cara Mencegah Mobil Mogok
Untuk mencegah mogok mobil terjadi, berikut beberapa tips pencegahan:

1. Rajin Service Mobil
Perawatan rutin mobil penting agar performanya tetap terjaga. Waktu ideal untuk mengecek mobil ke bengkel adalah dua bulan sekali atau sesuai arahan teknisi. Selain itu rutinlah, mengganti oli mesin mobil dan melakukan tune-up untuk mengecek kondisi mobil seluruhnya. Ini merupakan hal yang penting untuk dapat menghindari terjadi mobil mogok.

2. Cek Ketersediaan Bahan bakar dan Panaskan Mesin
Sebelum berkendara, selalu cek bahan bakar apakah aman dan cukup untuk melakukan perjalanan. Selain itu, panaskan mesin mobil sebelum berkendara agar mesin bekerja optimal saat digunakan. Memanaskan mesin mobil juga memiliki manfaat untuk memberikan sirkulasi oli agar mudah merata kepada komponen lain yang ada dalam mesin mobil tersebut, tidak hanya untuk sirkulasi tetapi juga dapat untuk menjaga kondisi aki mobil.

3. Selalu Sedia Nomor Bengkel Langganan
Menyimpan nomor bengkel langganan akan sangat berguna di kemudian hari saat memerlukan perawatan atau perbaikan sewaktu-waktu, baik di rumah atau di sekitar area bengkel berada. Selain itu Anda pun tidak perlu repot-repot untuk mencari bengkel kembali karena sudah menyimpan nomor bengkel mobil langganan.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

Mobil Mogok

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?