rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Kenali 4 Jenis Freon AC Mobil Dan Keunggulannya

Freon AC mobil merupakan komponen yang sangat penting. Tanpa ada freon, AC tidak bisa memberikan udara dingin seperti biasa. Mengapa? Karena pada dasarnya freon atau refrigerant ini merupakan sumber atau bahan bakar dari AC tersebut.

Dalam waktu 2 sampai 5 tahun, kapasitas freon akan semakin lama berkurang. Ketika sudah waktunya melakukan isi freon ac mobil kembali. Namun anda perlu memperhatikan jenis – jenis freon AC mobil. Mengapa? Karena pada dasarnya ada beberapa jenis freon ac mobil yang digunakan di Indonesia.

Anda tidak perlu memikirkan jenis freon yang sesuai. Bengkel spesialis ac mobil Rotary Bintaro akan mengeceknya sendiri dan langsung melakukan pengisian freon yang sesuai. Simak penjelasan singkat mengenai jenis freon ac mobil dibawah ini.

Pertanyaan Seputar Jenis Freon AC Mobil

Freon R-134a berfungsi sebagai refrigerant pada sistem pendingin mobil dan termasuk dalam kategori hydro fluoro carbon. Freon ini tidak mengandung chloro, sehingga aman digunakan dan tidak akan merusak lapisan ozon.
Ada beragam jenis freon untuk AC mobil: 1. Freon R-12, banyak digunakan pada era 1980 hingga 1990-an. 2. Freon R-22, sebagai pengganti R-12, termasuk dalam kategori hydro chloro fluoro carbon (HCFC). 3. Freon R-134a. 4. Freon hydrocarbon.
Refrigerant alternatif yang dapat menggantikan R134a adalah R600a. R600a memiliki tekanan rasio yang lebih kecil daripada refrigerant sintetik, sehingga mengurangi beban kerja kompresor dan menghemat energi.
Sistem R134a memerlukan pelumas khusus yang tidak seefektif digunakan pada sistem R22. Tidak disarankan mencampurkan freon refrigerant R22 dan R134a karena dapat menyebabkan kegagalan kompresor akibat perbedaan sifat keduanya.

Jenis Freon AC Mobil yang Harus Anda Tahujenis freon ac mobil 1

Meskipun anda  hanya perlu membawa kendaraan anda ke bengkel spesialis AC mobil, tidak ada salahnya mengetahui beberapa jenis freon ac mobil tersebut. Jadi, ketika anda mendapatkan pertanyaan tentang jenis freon ac mobil apa yang digunakan pada kendaraan anda, anda bisa menjawabnya.

Jenis Freon AC Mobil Yang Umum Di Gunakan

1. Freon R-134A

Jenis freon ac mobil yang pertama yaitu R-134A. Ini merupakan refrigeran Hydrofluoro Carbon atau HFC. Jenis freon mobil tersebut memang kerap menjadi pilihan untuk pendingin mobil. Perlu anda tahu bahwa freon tersebut tidak mengandung unsur chloro.

Hal ini membuat freon ac mobil R-134A merupakan jenis freon mobil yang aman. Menggunakannya tidak sampai merusak lapisan ozon sehingga banyak yang beralih menggunakan freon tersebut. Saat ini banyak perusahaan otomotif yang memutuskan menggunakan freon ac mobil R-134A sebagai standar refrigeran sistem mobil.

Terdapat beberapa ciri khas freon R-134A. Misalnya titik didihnya mencapai 26,1 derajat celcius untuk tekanan 1 atm. Ciri berikutnya adalah tekanan penguapan mencapai 668 Kpa di suhu 25 derajat celcius. Selanjutnya, freon ini mempunyai suhu kritis sebesar 101 derajat celcius.

Freon ac mobil 134A juga mempunyai beberapa keunggulan. Freon AC mobil terbaik ini terkenal anti korosi. Selain itu, struktur kimia yang cenderung stabil juga menjadi keunggulan lainnya.

Dalam prakteknya, freon ac mobil R-134A biasanya akan dipadukan dengan jenis refrigerant yang lainnya. Misalnya dipadukan dengan freon ac mobil R-12 atau freon ac mobil R-22. Karena keduanya mempunyai struktur maupun karakter yang berbeda, ini membuat komponen R-134A menggunakan bahan yang tidak sama dengan sistem pada AC CFC.

Akan tetapi, untuk jenis freon mobil tersebut masih mempunyai GWP tinggi. Hal ini yang menyebabkannya tetap memicu pemanasan global.

2. Freon R-12

Bagi yang belum tahu, freon ac mobil R-12 termasuk freon Chloro Floro Carbon atau CFC. Bahan utama yang menyusun freon tersebut yaitu ethane serta methane yang terdiri dari chlor, fluor, serta cabon. Untuk zat chlor bisa berakibat pada penipisan lapisan ozon.

Hal ini yang membuat freon ac mobil R-12 sudah tidak digunakan lagi. Ciri utama freon ac mobil R-12 yaitu titik didihnya mencapai 29,8 derajat celcius di tekanan 1 atm. Kemudian tekanan penguapannya mencapai 11,8 psig di 15 derajat celcius. Pada tekanan kondensasinya mencapai 93,9 psig pada suhu 30 derajat celcius.

Kemudian untuk keunggulan freon ac mobil R-12 yaitu tidak menyebabkan korosi. Refrigeran in juga tidak berwarna, tidak beracun, serta tidak terbakar. Suhunya pun juga tetap stabil baik ketika berada di suhu tinggi maupun rendah. Belum lagi dengan kemampuan dielektriknya yang tinggi.

Pada sekitar tahun 80-san hingga awal tahun 90-an, banyak mobil yang menggunakan jenis freon ac mobil R-12. Apalagi freon tersebut mempunyai tekanan kerja serta suhu yang lebih rendah. Belum lagi dengan harganya yang relatif terjangkau sehingga membuat banyak yang memilihnya.

Akan tetapi, ketika chlor yang ada pada AC mobil dengan R-12 berbahaya bagi lingkungan, maka gas tersebut akhirnya dilarang. Tidak boleh lagi ada mobil yang menggunakan freon R-12.

3. Freon AC Mobil Hydrocarbon

Jenis freon ac mobil berikutnya adalah hydrocarbon yang bahan pembuatannya terbuat dari hidrogen serta karbon. Hydrocarbon biasanya dipakai untuk menggantikan freon sintesis yang mengakibatkan dampak negatif terhadap lapisan ozon hingga pemanasan global.

Selain tidak mengakibatkan kerusakan pada lapisan ozon, hydrocarbon juga mempunyai tingkat GWP relatif kecil. Hal ini bisa membuatnya mampu mencegah pemanasan global agar tidak semakin parah.

Untuk karakternya sendiri, hydrocarbon tidak jauh berbeda dengan freon sintesis. Akan tetapi, pada hydrocarbon termasuk zat yang mudah terbakar. Hal ini memerlukan peralatan khusus jika jenis freon ac mobil tersebut digunakan untuk AC mobil.

Meskipun begitu, hydrocarbon juga termasuk jenis freon mobil yang ramah lingkungan. Akan tetapi masih jarang orang yang menggunakannya. Terutama sebagai freon untuk mobil Indonesia. Mungkin karena memiliki tingkat risiko yang tinggi karena salah memasangnya berpotensi menyebabkan kebakaran.

4. Freon R-22

Jenis freon AC mobil yang satu ini hadir di pertengahan tahun 90-an. Tujuannya untuk menggantikan freon ac mobil R-12 yang sudah tidak digunakan lagi. Freon ac mobil R-22 alias chloro difluoro methane masuk ke dalam jenis HCFC.

Di dalam penggunaannya ternyata freon yang termasuk ke dalam kategori HCFC ini tetap menyebabkan masalah pada lapisan ozon. Meskipun untuk pengaruh yang diberikan cenderung lebih sedikit dari pada freon ac mobil R-12. Inilah yang membuat freon ac mobil R-22 tetap boleh untuk AC mobil.

Banyak pendingin ruangan yang menggunakan jenis freon ac mobil tersebut. Lalu apa saja ciri-cirinya? Untuk ciri-cirinya yaitu mempunyai titik didih mencapai 40,8 derajat celcius untuk 1 atm Sementara tekanan kondensasinya mencapai 158,2 psi di suhu 30 derajat. Tekanan penguapannya mencapai 28,3 psi di suhu 15 derajat.

Selain itu, freon ac mobil R-22 juga merupakan jenis freon ac mobil yang anti korosi. Kemampuannya dielektriknya juga cukup besar. Selain itu, freon AC mobil yang satu ini juga memiliki kemampuan menyerap air secara efektif.

Pada HCFC terdapat unsur chloro yang bisa menyebabkan kerusakan ozon. Maka dari itu, penggunaan R-22 secara berlebihan berpotensi menyebabkan dampak buruk pada lingkungan.

Memilih Jenis Freon yang Tepat

Saat memilih freon untuk AC mobil, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Yang pertama, pastikan freon pilihan cocok dengan mobil Anda. Setiap mobil punya jenis freon yang sesuai.

Memilih yang cocok bisa membuat AC mobil bekerja lebih baik. Ini penting agar udara dingin disalurkan dengan sempurna.

Tentu saja, harga dan ketersediaan freon juga wajib diperhitungkan. Cari yang mudah didapat dan sesuai dengan anggaran. Ini bisa membantu mengurangi biaya pemeliharaan AC.

Aspek lain yang tidak boleh dilupakan adalah dampak lingkungan. Pilihlah freon yang ramah lingkungan. Freon ini tidak merusak ozon dan membantu kurangi pemanasan global.

Intinya, perhatikan tiga hal utama: kompatibilitas, ketersediaan dan harga, serta dampak lingkungan. Dengan cara ini, Anda bisa menemukan freon terbaik untuk AC mobil Anda.

Merek-Merek Freon AC Mobil Terbaik

Saat pilih freon untuk AC mobil, beberapa merek terkenal karena kualitas dan performa. Berikut merek-merek terbaik yang kami anjurkan:

  1. Dupont Suva:Mereka terkenal karena freonnya yang ramah lingkungan dan canggih. Freon Dupont Suva tahan lama dan andal.
  2. Honeywell Genetron:Merek ini dikenal dengan freon berkualitas. Genetron menawarkan banyak pilihan freon untuk AC mobil.
  3. Chemours Opteon:Opteon dari Chemours unggul dalam efisiensi dan lingkungan. Freon Opteon ramah lingkungan dan efisien.
  4. Arkema Forane:Forane termasuk merek yang berinovasi. Freon Forane aman dan andal dalam penggunaan.

Setiap merek freon AC mobil punya keunggulan unik. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan AC mobil Anda.

Pentingnya Memilih Merek Freon AC Mobil Terbaik

Merek freon AC mobil yang tepat sangat penting. Hal ini menjaga kualitas udara di dalam mobil. Sangat penting juga untuk pemeliharaan AC mobil yang efisien.

Merek freon yang baik akan memenuhi standar pabrikan mobil. Ini diperlukan untuk memastikan AC mobil mendukung garansi yang berlaku.

Merk terbaik menawarkan kinerja optimal. Anda akan merasakan udara yang sejuk dan segar. Merek terpercaya juga akan mengurangi risiko kerusakan AC mobil.

Baca Juga : Berapa Sih Biaya Freon AC Mobil Sekarang 2023?

Ciri – Ciri Freon AC Mobil Mengalami Kebocoran

jenis freon ac mobil 2

Mengetahui ciri-ciri freon AC mobil yang bocor sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan performa sistem pendingin mobil Anda. Freon adalah refrigeran yang digunakan dalam sistem AC untuk menyerap panas dan mendinginkan udara yang masuk ke dalam kabin mobil. Ketika freon bocor, sistem AC akan kehilangan kemampuan untuk mendinginkan udara dengan efektif.

Ciri Ciri Freon AC Mobil Bocor

Berikut adalah beberapa ciri-ciri freon AC mobil yang bocor:

1. AC Tidak Dingin

Salah satu tanda paling jelas dari ciri ciri freon ac mobil bocor adalah ketika AC mobil tidak lagi menghasilkan udara dingin seperti biasanya. Udara yang keluar dari ventilasi akan terasa lebih hangat meskipun Anda sudah mengatur suhu pada tingkat terendah.

2. Udara yang Keluar Berbau Tidak Sedap

Jika ada kebocoran pada sistem AC, freon yang bocor dapat menghasilkan bau tidak sedap. Bau ini bisa bervariasi, tetapi sering kali tercium seperti bahan kimia atau gas.

3. Munculnya Bunyi Mendesis

Bunyi mendesis yang berasal dari sistem AC adalah tanda lain dari kebocoran freon. Suara ini biasanya diakibatkan oleh gas freon yang keluar dari titik kebocoran dalam sistem.Kompresor dan Kipas AC Tidak Berputar

Mengetahui Lama Freon AC Habis & Cara Mengisinya

Berapa lama freon ac mobil habis tidak dapat diprediksi dengan pasti, karena hal ini tergantung pada penggunaan mobil. Freon AC biasanya dapat habis dalam rentang sekitar 2-5 tahun setelah pengisian, namun hal ini bersifat perkiraan. Anda dapat mengamati dinginnya udara yang dihasilkan untuk mengetahui apakah freon sudah habis atau tidak.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

  • Panaskan terlebih dahulu freon dengan alat pengisian.
  • Pastikan mobil dalam keadaan mati sebelum pengisian.
  • Pasang manifold gauge pada sistem AC, pastikan kran tekanan rendah tertutup dan kran tekanan tinggi terbuka.
  • Tambahkan freon cair ke sistem AC dengan membalikkan tabung.
  • Tunggu hingga pengisian freon selesai.

Perawatan dan Pengisian Kembali Freon

Jika freon AC habis, segera lakukan pengisian kembali untuk memulihkan kinerja AC. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah pengisian freon yang tepat.

Ingatlah untuk merawat dan menjaga sistem freon AC pada mobil Anda agar udara kabin tetap segar dan dingin. Jika Anda ingin melakukan perawatan service ac mobil terdekat, pastikan untuk memahami jenis freon yang digunakan dan lakukan perawatan secara berkala.

Sekian informasi tentang beberapa jenis freon AC mobil yang harus anda tahu. Dari beberapa jenis freon ac mobil tersebut, sudah tentu yang pertama merupakan yang sekarang banyak digunakan. Alasannya karena tidak menyebabkan masalah pada lapisan ozon serta aman.

Untuk pengisian freon anda bisa mengisinya sendiri. Akan tetapi, jika anda ragu maka anda bisa membawanya ke bengkel spesialis ac mobil Rotary Bintaro. Lakukan reservasi sekarang juga untuk melakukan pengecekan dan perawatan pada kendaraan anda, klik disini.

Kunjungi website resmi Rotarybintaro untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Tak hanya ac mobil tetapi ada informasi tentang engine, dan kaki kaki mobil. Rawatlah kendaraan anda secara berkala agar terhindar dari masalah yang serius.

Link Sumber

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...