Mengganti FREON AC Mobil Dengan Gas LPG? Dingin Sih, Tapi…

Hai #SahabatRotary

Gas LPG kan buat masak?

Lha ini kok malah dipakai untuk AC mobil?

Emangnya bisa? Apa gak Bahaya tuh?

Sempat Viral loh soal video tutorial Pengisian FREON AC Mobil dengan Gas LPG, mindblowing banget ya.

Penipisan ozon dan pemanasan global (Global Warming) dapat mengganggu perubahan iklim, baik cuaca maupun suhu musiman.

Selain itu, pemanasan global juga dapat merusak mata, menyebabkan kanker kulit, menurunkan kekebalan tubuh, dan lain-lain.

Bahan-bahan pendingin buatan (sintetis) mengandung unsur H (hidrogen), C (klor), F (fluor) dan C (karbon). Itu lah salah satu yang mengakibatkan pemanasan global.

Dan pemanasan global itu disebabkan oleh penipisan ozon.

Nah di Indonesia, pendingin sintetis ini lebih dikenal dengan istilah FREON.

Umumnya Refigerant Hydrocarbon atau pendingin berbasis hidrokarbon sama dengan gas LPG yang ada di rumah, hanya dalam bentuk yang masih murni dan tak berbau.

Hal ini disalah artikan oleh kebanyakan pecinta otomotif, terutama yang suka menggunakan cara alternative untuk me-maintenance AC Mobil atau melakukan perawatan rutin untuk mobil nya.

Mereka mulai menggunakan Gas LPG untuk menggantikan FREON yang harus nya ada di AC Mobil dengan alasan agar lebih ramah lingkungan.

Hal ini pun menjadi PRO dan Kontra bagi beberapa pihak, mereka mengutarakan berbagai macam pendapat mengenai hal ini. Pihak Bengkel AC Mobil Resmi Denso, maupun Bengkel AC Mobil lain jelas menolak gagasan ini.

Mengganti FREON AC Mobil Dengan Gas LPG? Dingin Sih, Tapi…

“LPG, apabila kita masukkan kedalam system AC Mobil, dan terjadi kebocoran di dalam kabin, lalu jika ada yang merokok, atau menyalakan korek api atau panas, itu bisa menyebabkan kebakaran di dalam kabin mobil.” Tegas Bpk.Ferry Jensen di video Reactionnya di Channel Youtube Rotary Bintaro.(Jakarta Selatan)

Beliau menyarankan untuk tidak menggunakan bahan lain selain FREON karena walau ada alternative selain FREON, bahan alternative tersebut masih dapat terbakar walaupun “tidak Mudah”. Jelas berbahaya kan? Nah ini yang menjadikan banyak PRO dan KONTRA bagi khalayak.

Dan Beliau pun menyarankan untuk pergi ke Bengkel Resmi atau Bengkel AC Rekomendasi terdekat yang kamu tau.

Sekarang sih sudah mudah untuk menemukan Bengkel Resmi Denso di bilangan Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan bahkan Jakarta Utara. Atau kamu bisa sekaligus Service AC Mobil kamu bahkan Di Bekasi juga sudah banyak Bengkel AC Mobil yang terpercaya.

Karena memang memilih Bengkel AC Mobil untuk merawat AC Mobil mu itu termasuk penting loh, jangan sampai salah pilih bengkel abal-abal.

Kamu yang berdomisili di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Bekasi, bisa ke Bengkel kami yang berlokasi di Kedoya, Petukangan, Rawamangun dan AXC Summarecon Mall Bekasi, alamat lengkapnya ada di pojok kanan Page ini ya.

Kenapa kami menyarankan untuk menanggapi hal ini secara serius?

Sebab, FREON bertanggung jawab atas dingin atau tidak nya air conditioning kamu.

Perlu diketahui juga, FREON tidak akan habis jika tidak ada kebocoran di dalam sistem pendingin udara mobil kamu, karena cara kerjanya bersifat sirkulasi.

Sangat penting me-maintenance keadaan sistem pendingin mobil kamu, karena kalau hanya melakukan service itu tidak mahal biayanya daripada harus mengganti salah satu komponen atau spareparts AC Mobil kamu. Sama seperti yang saya tekankan sebelumnya, Mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

Senang bisa berbagi…

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar