rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Mengenal Komponen Mesin Mobil yang Wajib Diketahui

Mobil adalah salah satu jenis kendaraan yang paling banyak digunakan di dunia. Kendaraan ini merupakan alat transportasi yang memiliki banyak komponen. Mobil membutuhkan banyak komponen di dalam mesinnya yang berguna untuk menggerakkan mobil tersebut. Komponen mesin mobil sangatlah banyak. Tidak hanya ada di mesin, komponen tersebut juga ada di dalam berbagai macam sistem yang ada di mobil.

Apabila anda ingin membeli mobil dalam waktu dekat, ada baiknya anda mengetahui apa saja komponen di mesin mobil. Dimana komponen di mesin tersebut dapat menggerakkan mobil untuk bisa berjalan. Untuk mengetahui lebih detail tentang apa saja komponen tersebut, berikut ini ada penjelasan lengkap yang bisa anda simak.

Komponen Mesin Mobil di Bagian Kepala Silinder

Mesin Mobil

Komponen pertama pada mesin di mobil yang akan kami bahas adalah komponen yang terdapat pada kepala silinder. Bagian komponen yang pertama ini akan langsung bisa anda lihat pada saat membuka kap mobil. Bagian yang satu ini juga harus anda rawat dan perhatikan agar mobil anda bisa memiliki performa yang maksimal. Selain itu, bagian ini juga adalah ruang bahan bakar mesin dan biasanya terbuat dari alumunium alloy ringan. Bahan tersebut juga sangat efisien untuk mendinginkan mesin yang juga dilapisi dengan nikasil.

1. Kepala Silinder

Komponen pertama yang ada di bagian kepala silinder tentu saja kepala silinder itu sendiri. Kepala silinder ini berada bersamaan dengan blok silinder. Komponen ini juga merupakan ruang bahan bakar di mobil dan juga dudukan busi. Pada bagian kepala silinder ini juga anda bisa melihat mekanisme katup.

2. Katup Hisap

Komponen kedua mesin mobil di kepala silinder ini adalah komponen katup hisap. Katup Hisap bisa anda lihat seperti sebuah paku dengan ujung yang tumpul. Komponen ini juga memiliki peran yang sangat penting untuk membuka saluran udara dan juga mengisi udara yang dibutuhkan dalam ruang bakan mesin pada mobil.

3. Katup Buang

Katup buang ini memiliki bentuk yang sama seperti katup hisap. Akan tetapi, katup buang ini memiliki fungsi yang berbeda. Komponen mesin mobil ini berfungsi untuk membuang sisa gas pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar dan kemudian dikeluarkan mobil dengan melalui bagian knalpot mobil

4. Poros Nok

Poros nok adalah komponen mesin mobil yang berfungsi untuk menggerakan dan mengatur dengan benar kapan katup hisap dan katup buang harus terbuka. Komponen bernama poros nok ini juga memiliki bentuk sudut kemiringan tertentu yang dibuat agar kedua jenis katup tersebut bisa terbuka dengan sempurna dan benar.

5. Rocker Arm

Rocker arm merupakan sebuah komponen di dalam mesin yang menjadi tepat poros nok bisa bekerja. Komponen bernama rocker arm ini juga berfungsi untuk mengatur seberapa besar lebah celah katup yang ada.

6. Cylinder Head Cover

Sesuai dengan namanya, komponen cylinder head cover ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai cover. Komponen ini berfungsi untuk menutup bagian dalam komponen mesin yang berada di kepala silinder.

7. Busi

Busi adalah salah satu komponen mesin mobil yang sudah tidak asing lagi bagi para pemilik mobil. Komponen bernama busi ini berfungsi untuk memercikan bunga api pada saat pembakaran dalam ruang bakar di mesin.

8. Intake Manifold

Intake manifold merupakan salah satu komponen pada mesin mobil yang memiliki fungsi sebagai saluran udara yang akan memasuki ruang bahan bakar. Komponen ini juga dapat berfungsi sebagai vakum di dalam ruang bakar.

9. Exhaust Manifold

Exhaust manifold merupakan komponen terakhir yang ada di bagian kepala silinder. Komponen mesin mobil ini berfungsi sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran di dalam ruang bakar. Sisa pembakaran tersebut akan melalui exhaust manifold dan kemudian diteruskan kembali ke knalpot mobil.

Dibaca juga : Memilih Bengkel Mobil Rekomendasi: Yuk, kenali Montir Nakal

Komponen Mesin Mobil Blok Silinder

Mesin Mobil

Selain bagian kepala silinder, bagian blok silinder juga memiliki fungsi yang harus anda ketahui. Komponen blok silinder ini juga menjadi komponen utama di dalam mesin kendaraan. Blok silinder ini berada tepat di bawah kepala silinder. Dimana komponen blok silinder dan kepala silinder ini dihubungkan dengan beberapa baut dan gasket. Blok silinder ini berfungsi sebagai tempat naik turunnya piston.

Ketika piston bekerja maka akan terjadi pemindahan energi panas yang menjadi mekanis. Dengan begitu, mobil bisa berjalan. Pada umumnya, mobil yang ada di Indonesia sudah dilengkapi dengan 4 tabung silinder dengan posisi sejajar. Blok silinder ini juga berfungsi sebagai tempat untuk mengarahkan energi pembakaran, tempat mekanisme engkol, tempat saluran pendingin, tempat saluran oli pelumas dan masih banyak lagi.

Dibaca juga : Rekomendasi Tune Up Mobil Terdekat di Jabodetabek

Komponen Mesin Mobil Piston

Mesin Mobil

Piston adalah salah satu komponen di mesin yang memiliki peran sangat penting. Piston berfungsi pada mobil untuk menghisap udara yang masuk ke dalam silinder, menciptakan kompresi, mengubah energi panas menjadi mekanis dan juga mendorong gas sisa pembakaran keluar. Pada umumnya, piston terbuat dari material yang kuat sebab harus bekerja dengan kecepatan yang maksimal.
Kepala piston ini juga berbentuk datar, namun ada juga yang berbentuk cembung. Piston sendiri sering disebut sebagai jantung mesin mobil. Dimana cara kerjanya berhubungan langsung dengan proses pembakaran. Pada saat bekerja, piston juga memiliki titik mati atas dan titik mati bawah. Selain itu, komponen piston ini juga didukung dengan komponen lain seperti ring piston dan batang piston.

Komponen Mesin Oli Pan

Mesin Mobil

Oli pan sendiri biasanya disebut juga karter. Komponen mesin mobil ini terletak di bagian bawah blok silinder. Oli pan ini berfungsi sebagai alat untuk menampung oli sebagai pelumas mesin. Di dalam komponen ini juga terdapat sebuah ventilasi yang menyambungkannya dengan udara dari luar. Oli pan ini juga berfungsi untuk mencegah kebocoran pada mesin di dalam kap mesin mobil. Hal tersebut dikarenakan komponen oli pan diberikan tambahan gasket antara karter dan bak engkol.

Komponen Poros Engkol

Mesin Mobil

Komponen poros engkol adalah komponen engine yang memiliki fungsi untuk mengubah piston yang bergerak lurus naik turun menjadi gerakan yang memutar. Putaran tersebut selanjutnya diteruskan ke transmisi. Dengan begitu, mobil bisa bergerak maju dan mundur. Poros engkol ini terdiri dari 5 bagian, yaitu crank pin journal, main journal, crank pin oli hole, counter weight, dan crank arm.

Untuk lebih mengetahui apa saja komponen mesin mobil yang dapat menggerakkan mobil, Apabila berminat, Anda bisa mengunjungi blog rotarybintaro.co.id jika anda ingin mendapatkan informasi tambahan mengenai bengkel spesialis AC mobil terbaik yaitu Rotary Bintaro. Jangan lupa untuk melakukan reservasi sebelum datang agar menghindari antrian yang terlalu banyak. Anda juga bisa menghubungi admin bengkel mobil terdekat rotary untuk info lebih lanjut dengan cara (klik disini).

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...