#SahabatRotary,
Salah satu komponen yang tergolong memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam kendaraan anda adalah ban. Ban ini sangat erat sekali kaitannya dengan keselamatan dan keamanan anda dalam berkendara. Dan ban ini juga merupakan salah satu komponen yang termasuk ke dalam komponen atau onderdil fast moving yang dikarenakan ban ini cukup sering mengalami penggantian pada mobil anda. Dan jika kita bandingkan dengan komponen yang lainnya, maka ban termasuk salah satu komponen yang cepat rusak. Hal ini tentunya bersifat wajar dan normal karena memang ban langsung bersentuhan dengan permukaan jalanan yang tak sering di atasnya terdapat benda – benda tajam atauΒ  benda yang lainnya sehingga cukup sering mengalami kerusakan.
Sudah menjadi keharusan buat anda untuk menyisihkan sedikit dari penghasilan untuk jaga – jaga siapa tahu ban anda minta jajan. Karena penggantian tidak bisa diprediksi secara tepat. Penggantian ban berkaitan dengan seberapa sering aktivitas berkendara yang anda lakukan atau bisa juga dipengaruhi oleh cara mengemudi anda seperti apa. Jika anda mengemudi dengan cara yang kasar dan sering melakukan gas rem secara mendadak, tentu akan menyebabkan ban lebih cepat tipis. Kondisi ini artinya, penggantian ban bisa saja lebih cepat dari bayangan anda sebelumnya.
Untuk pemilihan ban yang tepat, sebaiknya anda juga tidak sembarangan, pastikan type dan ukurannya sesuai dengan mobil anda. Kalau ban dalam kondisi baik dan service AC mobil juga rutin, pasti anda akan semakin nyaman dan aman berkendara dong ya. Khusus untuk perawatan dan service AC mobil, percayakan pada dokter AC mobil Rotary Bintaro agar hasilnya memuaskan. Anda hanya perlu datang ke bengkel resmi kami di beberapa daerah yang tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Bekasi, Tangerang. Untuk anda yang di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, bida datang ke bengkel resmi terdekat. Tingginya pemilik mobil di daerah Bekasi memang menjadi poin tersendiri untuk kami agar bisa meningkatkan pelayanan kepada para konsumen yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami.
KembaliΒ ke ban,Β lantas apa saja fungsi dan peranan ban tersebut pada kendaraan anda secara keseluruhan? Berikut ini kami sajikan ulasannya buat anda. Yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini.
  1. Apa Saja Fungsi Ban Pada Kendaraan Anda ?
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, adapun fungsi ban ini pada kendaraan adalah sebagai piranti yang berperan agar mobil anda bisa berjalan, atau berpindah dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Namun ada beberapa fungsi atau peranan lainnya yang juga harus anda ketahui, seperti :
  • Sebagai Penahan Beban
Ban pada mobil anda berperan untuk menahan semua beban yang ada di dalam kabin mobil anda. Baik itu beban mesin, beban muatan atau juga beban yang lainnya yang ada hubungannya dengan mobil anda. Jadi jika anda ingin ban mobil awet, sebaiknya hindari kebiasaan membawa beban yang berlebihan.
  • Sebagai Peredam
Sebelum getaran atau guncangan yang diterima dari jalanan diredam oleh suspensi dalam mobil anda, maka ban ini akan terlebih dahulu meredam semua getaran atau kejutan tersebut, sehingga kejutan tersebut bisa berkurang. Pada akhirnya kenyamanan saat berkendara bisa anda rasakan dengan catatan kondisi ban mobil anda masih baik dan layak untuk digunakan.
  • Penerus Tenaga dari Mesin
Ban ini juga memiliki fungsi atau peranan untuk meneruskan tenaga atau gaya gerak serta pengereman dari permukaan ke bagian mesin. Oleh karena itu ban ini sangat erat kaitannya dengan traksi dan pengereman. Ban yang sudah halus, akan menurunkan kemampuan gaya gesek pada saat anda melakukan pengereman. Alhasil tabrakan seringkali terjadi jika ban mobil sudah dalam kondisi halus atau tidak baik.
  • Menentukan Kontrol Kemudi
Fungsi yang tidak kalah penting lainnya dari ban tersebut adalah sebagai piranti yang berfungsi untuk menjadi kontrol kemudi dalam berkendara. Dan hal ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan kendaraan dalam bermanuver serta kestabilan dalam berkendara.
Itulah beberapa fungsi dan peranan penting ban dalam berkendara sehingga wajib bagi anda untuk melakukan pengecekan dan juga perawatan secara berkala pada piranti ban tersebut. Dan hal yang tidak kalah penting lainnya adalah kondisi angin dalam ban tersebut juga akan mempengaruhi kinerja dari ban secara kesuluruhan.
Berbicara mengenai ban mobil, maka ada yang mengatakan bahwasannya jalan beton bisa bikin ban menjadi mudah pecah. Anda semua tentunya sudah pernah mendengar perkataan seperti ini. Lantas mitos atau fakta, jika jalan beton bikin ban mobil menjadi mudah pecah? Berikut ini kami akan menyajikan ulasannya untuk anda.
  1. Mitos atau Fakta, Jalan Beton Bikin Ban Mobil Pecah
Jika anda mendengar ungkapan bahwasannya jalan beton bisa bikin ban mobil mudah pecah, maka sebaiknya anda jangan terlalu mudah untuk percaya, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, permukaan jalan beton dan juga permukaan ban adalah dua hal yang berbeda. Dan ban tersebut juga memiliki tekstur yang elastis dan sudah didesign khusus agar kuat untuk menghadapi semua kondisi jalan dan berbagai medan. Sebut saja seperti permukaan yang kasar, becek, banyak bebatuan atau permukaan yang lainnya. Oleh karena itulah jalan beton ini tak akan berpengaruh pada ban mobil yang pecah tersebut. Permukaan aspal dan juga jalan beton jelaslah dua hal yang berbeda, permukaan beton tersebut lebih kasar dan keras jika dibandingkan dengan aspal.
Adapun efek yang ditimbulkan kepada ban jika permukannya kasar, bukan menjadikan ban tersebut mudah pecah, namun lebih tepatnya adalah lebih cepat aus karena gesekan dengan beton yang lebih sering terjadi. Hal seperti ini seringkali terjadi pada saat posisi stop dan go atau sering melakukan pengereman yang membutuhkan atraksi. Belum lagi ketika mobil pada saat jalan membutuhkan daya dorong yang cukup tinggi, sehingga permukaan ban mobil anda menjadi lebih cepat aus.
Korelasi antara jalan beton dengan ban akan menjadi mudah meletus atau pecah adalah hal yang sama sekali tidak masuk akal karena tidak ada hubungannya sama sekali. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang membuat ban itu lebih mudah pecah, sebut saja seperti kondisi ban yang sudah tipis, pola telapak ban yang kurang bagus, kondisi angin dalam ban yang kurang maksimal atau tidak sesuai dengan standarnya, beban kendaraan yang over loading, atau karena kondisi kendaraan secara keseluruhan juga akan memengaruhi kebocoran ban tersebut.
Jadi apabila ada yang mengatakan mitos atau fakta jalan beton bikin ban mobil pecah, maka jawabnya adalah mitos ya.
Sebagai informasi tambahan, untuk melakukan perawatan mobil khususnya pada komponen AC mobil, percayakan saja pada jasa service AC mobil di bengkel resmi Rotary Bintaro. Kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk mengatasi setiap masalah yang terjadi.
Untuk permasalahan lain pada mobil anda, jangan ragu untuk mengkonsultasikan dengan tim kami. Semoga ulasan di atas bisa membawa manfaat bagi anda semua dan ikut andil dalam merubah mainset kebiasaan buruk menjadi lebih baik.
booking service