Mobil Jarang Digunakan Lebih Awet Fakta atau Mitos

#SahabatRotary,

Benarkah mobil jarang digunakan lebih awet? Tentunya sobat semua sering beranggapan bahwasannya memiliki mobil namun jarang digunakan akan membuat mobil lebih awet. Anggapan seperti itu muncul karena anda berpikir mobil yang jarang digunakan dan tidak banyak melakukan aktivitas pasti akan lebih baik kondisinya. Nah jika anda adalah salah satu yang memiliki pemikiran seperti ini, maka dari sekarang baiknya anda buang jauh – jauh pemikiran tersebut. Karena pada kenyataannya, mobil yang jarang dipakai tidak akan awet melainkan lebih cepat rusak. Meski hanya bersarang digarasi, maka mobil yang tidak digunakan tersebut cenderung lebih cepat rusak dari pada yang sering digunakan.

Jadi, ketahanan suatu mobil bukan diukur dari seberapa sering digunakan atau tidak, namun seberapa sering dan bagaimana anda melakukan perawatan. Tak ada perbedaan, jika mobil anda sering dipakai atau tidak yang penting mobil anda akan tetap awet apabila sering dirawat sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Selain itu, hal yang harus anda perhatikan adalah mobil yang jarang digunakan tersebut cukup rentan dengan beberapa penyakit oleh karena tidak digunakan tersebut.

Nah untuk mendapatkan perawatan AC mobil terbaik di daerah anda, maka anda bisa mempercayakannya kepada kami bengkel resmi Rotary Bintaro yang sudah tidak diragukan lagi kualitas dan pelayanannya. Dijamin anda tidak akan menyesal apalagi sampai menanggung kerugian. Kami adalah penyedia jasa layanan yang expert di bidang service AC mobil. Bengkel kami sudah beroperasi selama belasan tahun dan digawangi montir indonesia berpengalaman yang sudah pasti ahli menangani berbagai merk mobil. Berbagai jenis mobil bisa kami tangani dengan baik tanpa terkecuali seperti Toyota Avanza, Datsun Go, Toyota Innova, Honda Mobilio, Honda Brio dan mobil-mobil eropa maupun amerika.

Tenaga berpengalaman dan profesional tentu akan sangat berpengaruh pada kualitas pengerjaan sampai dengan kualitas yang dihasilkan. Dengan alasan tersebut, sebaiknya sebagai konsumen, anda wajib menjadi konsumen yang cerdas dan tidak asal – asalan dalam memilih penggunaan bengkel yang akan melakukan perawatan pada mobil anda. Jika anda tidak jeli, kerugian besar bisa saja anda rasakan yang diakibatkan oleh salah penanganan.

Jadi siapa bilang mobil yang jarang digunakan lebih awet? Hal ini tentunya salah ya, karena pada kenyataanya tidaklah demikian.

Dan berikut ini adalah beberapa komponen yang akan mengalami kerusakan apabila mobil anda jarang digunakan. Yuk sobat, langsung saja kita simak ualsan berikut ini.

1.Ban Mobil Cepat Rusak

Pada saat anda membiarkan mobil anda hanya terparkir digarasi anda, maka ban mobil anda akan cepat rusak. Ban mobil akan cepat mengempis dan akan menyebabkannya kerusakan. Dan ban yang cepat rusak ini adalah salah satu penyakit pada mobil yang kerap sekali disepelekan oleh pemilik mobil tersebut.

Oleh karena itu, jika memang anda ingin membiarkan mobil hanya parkir digarasi dan tidak digunakan dalam waktu yang lama, baiknya gunakanlah penyangga agar ban mobil anda tidak gampang mengempis. Namun jangan gunakan dongkrak, karena pengunaan dongkrak ini dalam waktu yang lama akan merusak dongkrak tersebut.

  1. Kerusakan Pada Aki Mobil

Penyakit atau masalah lainnya yang sering timbul pada saat anda memarkirkan mobil dan tidak digunakan adalah masalah pada aki mobil tersebut. Hal ini tentunya bisa terjadi karena logikanya saja setiap kali anda akan menggunakan mobil, maka kita memanaskan mobil tersebut terlebih dahulu. Sementara jika membiarkannya terlalu lama, maka hal ini akan membuatnya menjadi cepat rusak.

Dan untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda melepas sambungan aki tersebut agar aki anda awet meski memang jarang digunakan. Dan salah satu tips merawat aki tersebut adalah melakukan pemanasan pada mobil tersebut setiap hari meski mobil tersebut tak digunakan.

  1. Kerusakan Pada Wiper

Kerusakan lainnya yang bisa terjadi adalah pada wiper mobil anda. Ketika mobil anda jarang digunakan maka otomatis wiper mobil anda juga akan jarang digunakan. Dan hal ini bisa membuat karet wiper mobil anda menjadi mengeras. Dan untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengganjal wiper tersebut dengan menggunakan busa agar tidak langsung menempel pada kaca mobil anda tersebut.

  1. Kerusakan Pada Rem

Dan masalah yang paling berbahaya bagi mobil anda karena terlalu lama tidak menggunakan mobil tersebut adalah bisa menimbulkan efek yang sangat berbahaya yakni bisa menimbulkan kerusakan pada rem mobil anda.

Adapun kerusakan pada rem tersebut bisa terjadi jika anda membiarkan atau tidak menggunakan mobil anda dalam waktu yang lama, namun kondisi rem tangan anda aktif. Dan hal seperti ini seringkali menjadi penyakit yang sering terjadi pada mobil anda yang tak jarang anda abaikan.

Hal ini dikarenakan rem tangan yang masih aktif ketika dibiarkan terlalu lama akan membuat minyak dengan piringan menjadi lengket. Hal inilah yang menjadi penyebab rem pada mobil anda mengalami kerusakan tersebut.

Oleh karena itu, ada baiknya jangan membiarkan mobil anda dalam keadaan rem tangan aktif jika tidak anda gunakan, terlebih dalam waktu yang lama.

  1. Kerusakan Pada Kaki Kaki Mobil

Pada saat mobil anda berdiam terlalu lama dalam satu posisi, maka akan membuat tekanan udara pada ban akan mengempis yang mengakibatkan bearing roda tersebut malah jadi rusak karena sudah terlalu lama menjadi tumpuan dalam satu titik saja. Dan hal seperti ini tentunya akan membuat kerusakan pada kaki kaki mobil anda secara keseluruhan.

  1. Oli Menjadi Mengental

Seperti yang sudah anda ketahui, oli dalam mobil kita tentunya memiliki sejumlah peranan yang cukup penting dalam mendukung kinerja atau performa dalam mobil secara keseluruhan. Dan pada saat mobil anda jarang digunakan maka akan membuat oli tersebut mengental yang pada akhirnya berdampak pada performa mobil anda.

Itulah beberapa poin yang perlu anda pahami betul – betul jika memang anda mempunyai mobil namun jarang digunakan. Biasanya hal seperti ini seringkali terjadi kepada anda yang mempunyai banyak mobil di rumah. Namanya mobil banyak, pasti ada satu mobil yang menjadi favorit dan dampaknya pada mobil lainnya adalah jarang untuk digunakan.

Sampai disini ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Harapan besar dari kami adalah pembahasan di atas bisa membawa banyak manfaat dan membantu anda semua.

Yuk mulai dari sekarang lebih bijak dalam membeli mobil! Belilah mobil sesuai dengan kebutuhan saja. Meskipun anda memiliki uang lebih, mending digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih penting atau pun di tabung saja. Ketimbang dibelikan mobil dan hanya terdampar di garasi saja.

Jangan lupa ya, percayakan kepada kami semua keluhan AC mobil yang terjadi pada mobil anda termasuk dalam melakukan service AC mobil. Tim bengkel resmi specialist AC mobil Rotary Bintaro selalu siap memberikan pelayanan terbaik buat anda semua.

booking service

Tinggalkan komentar