rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Nama Kaki Kaki Mobil Yang Membutuhkan Perawatan Rutin!

Apa saja nama kaki kaki mobil? Kaki kaki mobil adalah istilah yang mengacu pada rangkaian komponen yang berada di bagian bawah kendaraan, terutama yang berhubungan dengan roda. Kaki kaki mobil meliputi sistem suspensi, sistem rem, sistem kemudi, dan ban.

Mengapa kaki kaki mobil penting? Kaki kaki mobil memiliki peran penting dalam kenyamanan dan pengendalian kendaraan. Kaki kaki mobil membantu menyerap goncangan dan getaran saat mobil berjalan di jalan yang tidak rata atau berlubang. Kaki kaki mobil juga mempengaruhi stabilitas dan manuverabilitas mobil, sehingga memudahkan pengemudi mengendalikan arah dan kecepatan mobil.

Bagaimana cara merawat kaki kaki mobil? Kaki kaki mobil perlu dirawat dan diservis secara berkala agar kondisinya tetap optimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah memeriksa tekanan angin ban, mengganti ban yang aus atau rusak, mengecek kinerja sistem rem, menyetel sistem kemudi, dan mengganti komponen suspensi yang bermasalah. Anda dapat melakukan perawatan sendiri atau membawa mobil Anda ke bengkel yang terpercaya.

Pertanyaan Seputar Nama Kaki Kaki Mobil

Istilah 'kaki-kaki mobil' merujuk pada serangkaian komponen di bagian bawah kendaraan, terutama yang terkait dengan roda. Beberapa bagian ini melibatkan shockbreaker, rack steer, tie road, ball joint, laher roda, dan sebagainya.
Kaki-kaki mobil merupakan bagian krusial dalam mobil, terletak di bagian bawah dan bertanggung jawab menopang beban kendaraan, sehingga membuatnya rentan terhadap kerusakan.
Bushing arm pada mobil memiliki fungsi untuk meredam getaran dari mesin dan pergerakan mobil. Seperti komponen lainnya, bushing dapat mengalami kerusakan setelah melewati masa pakainya.
Rack end, atau yang disebut juga long tie rod, berperan dalam meredam getaran roda ke atas dan ke bawah. Sementara itu, tie rod end berfungsi untuk meredam getaran ke kanan dan kiri yang terjadi pada roda.

Jenis Nama Kaki Kaki Mobil

nama kaki kaki mobil 1

Kaki-kaki mobil adalah salah satu bagian yang menentukan kinerja dan keamanan kendaraan. Pemahaman yang baik terhadap berbagai jenis nama kaki kaki mobil menjadi penting bagi setiap pemilik kendaraan. Ada beberapa jenis nama kaki kaki mobil yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Roda dan Ban Mobil

Roda dan ban mobil adalah bagian kaki kaki mobil yang paling mudah dilihat. Roda terdiri dari velg dan pentil, sedangkan ban terdiri dari ban luar dan ban dalam. Ada juga ban tubeless yang tidak memiliki ban dalam.

Fungsi roda dan ban mobil adalah sebagai penahan berat kendaraan, sebagai bantalan yang menjaga mobil tidak bersinggungan dengan jalan, sebagai pengimbang kendaraan, dan sebagai penahan guncangan.

2. Suspensi atau Shockbreaker

Suspensi atau shockbreaker adalah bagian kaki kaki mobil yang berfungsi sebagai peredam kejut atau guncangan saat mobil berjalan di jalan yang tidak rata atau berbatu. Suspensi yang baik akan membuat penumpang merasa nyaman meskipun melintasi jalan yang buruk. Suspensi terletak di antara roda dan bodi kerangka mobil.

Dan suspensi terdiri dari dua jenis, yaitu suspensi independen dan suspensi rigid. Suspensi independen membuat roda bisa bergerak bebas karena roda kanan dan kiri tidak disambungkan ke axle. Suspensi rigid membuat roda bergerak bersama-sama karena roda kanan dan kiri disambungkan ke axle.

3. Ball Joint

Ball joint adalah bagian kaki kaki mobil yang berbentuk seperti bola kecil yang seperti persendian. Ball joint menghubungkan antara knuckle arm dengan lower arm dan upper arm. Fungsi ball joint adalah untuk memungkinkan roda bergerak ke atas dan ke bawah, serta ke kiri dan ke kanan saat setir diputar.

4. Bushing

Bushing adalah bagian kaki kaki mobil yang berbentuk seperti karet bulat yang berfungsi sebagai bantalan antara dua logam. Bushing terdapat di antara lower arm dan chassis, antara stabilizer dan chassis, dan antara shockbreaker dan chassis. Fungsi bushing adalah untuk meredam getaran dan suara yang ditimbulkan oleh pergerakan logam.

5. Tie Rod

Tie rod adalah bagian kaki kaki mobil yang berbentuk seperti batang besi yang menghubungkan antara rack steer dengan knuckle arm. Fungsi tie rod adalah untuk menggerakkan roda sesuai dengan arah putaran setir.

6. Bearing atau Laher

Bearing atau laher adalah bagian kaki kaki mobil yang berbentuk seperti cincin logam yang berisi bola-bola kecil. Bearing terdapat di dalam hub roda dan berfungsi untuk memudahkan putaran roda dengan mengurangi gesekan.

Baca Juga : Mengenal Kaki kaki Mobil : Komponen, Kerusakan Dan Tips Perawatan Kaki Kaki Mobil

BANNER PEMERIKSAAN KAKI KAKI 2

Fungsi Nama Kaki Kaki Mobil

nama kaki kaki mobil 2

Beberapa nama kaki kaki mobil memiliki fungsi yang sangat penting bagi kinerja dan keselamatan kendaraan. Berikut adalah beberapa fungsi dari kaki kaki mobil:

1. Menjaga Kestabilan Kendaraan

Fungsi pertama dari kaki kaki mobil yang berperan untuk menjaga kestabilan kendaraan saat berjalan, berbelok, atau berhenti. Kaki kaki mobil juga membantu mengatur sudut kemiringan roda agar sesuai dengan spesifikasi pabrik. Jika nama kaki kaki mobil tidak berfungsi dengan baik, maka kendaraan akan mudah oleng, goyang, atau miring.

2. Menjaga Kenyamanan Berkendara

Kemudian, kaki kaki mobil berperan untuk menjaga kenyamanan berkendara dengan meredam getaran, kejut, dan suara yang ditimbulkan oleh jalan yang tidak rata atau berbatu. Nama kaki kaki mobil juga membantu mengurangi beban pada mesin dan transmisi dengan memperlancar putaran roda. Jika komponen kaki kaki mobil tidak berfungsi dengan baik, maka kendaraan akan terasa kasar, berisik, atau bergetar.

3. Menjaga Keawetan Ban

Dan beberapa nama kaki kaki mobil berperan untuk menjaga keawetan ban dengan mencegah keausan yang tidak merata. Bagian nama kaki kaki mobil juga membantu menghemat bahan bakar dengan mengurangi gesekan antara ban dan jalan. Jika kaki kaki mobil tidak berfungsi dengan baik, maka ban akan cepat rusak, bocor, atau pecah.

Manfaat Merawat Nama Kaki Kaki Mobil dengan Baik

Merawat nama kaki kaki mobil dengan baik memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Menghindari Kerusakan yang Lebih Parah

Pertama, merawat kaki kaki mobil dengan baik dapat menghindari kerusakan yang lebih parah pada komponen lainnya. Misalnya, jika suspensi rusak, maka akan mempengaruhi kinerja shockbreaker, ball joint, bushing, dan bearing.

Jika tie rod rusak, maka akan mempengaruhi kinerja rack steer, knuckle arm, dan roda. Jika bearing rusak, maka akan mempengaruhi kinerja hub roda, velg, dan ban. Oleh karena itu, merawat kaki kaki mobil dengan baik dapat mencegah kerusakan yang lebih parah dan lebih mahal.

2. Menghemat Biaya Perawatan dan Perbaikan

Kemdian, merawat kaki kaki mobil dengan baik dapat menghemat biaya perawatan dan perbaikan. Dengan merawat kaki kaki mobil dengan baik, Anda dapat mengurangi frekuensi servis dan mengganti komponen yang aus atau rusak.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat biaya bahan bakar dengan menjaga putaran roda yang lancar dan efisien. Oleh karena itu, merawat kaki kaki mobil dengan baik dapat menghemat biaya perawatan dan perbaikan.

3. Meningkatkan Performa dan Keselamatan Berkendara

Lalu, merawat kaki kaki mobil dengan baik dapat meningkatkan performa dan keselamatan berkendara. Dengan merawat kaki kaki mobil dengan baik, Anda dapat menjaga kestabilan, kenyamanan, dan keawetan kendaraan.

Anda juga dapat mengurangi risiko kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan yang oleng, goyang, miring, atau tidak terkendali. Oleh karena itu, merawat kaki kaki mobil dengan baik dapat meningkatkan performa dan keselamatan berkendara.

Demikianlah artikel tentang nama kaki kaki mobil. Kami berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kaki kaki mobil dan cara merawatnya. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Kembali kami ingatkan, Jika Anda ingin melakukan service kaki kaki mobil atau setidaknya melakukan spooring balancing Anda dapat menghubungi kami, yang merupakan bengkel kaki kaki Rotary Bintaro.

Selain itu, Kami juga merupakan bengkel yang siap melayani Anda dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terjamin. Kunjungi website resmi rotarybintaro untuk melakukan reservasi pada kendaraan anda, dapatkan promo menarik lainnya untuk pelayanan kaki kaki mobil, ac mobil dan engine.

Jangan ragukan teknisi kami, karena kami memiliki teknisi yang handal dan kompeten, yang dapat membantu mobil Anda berjalan dengan performa terbaik. Kami juga menyediakan fasilitas reservasi online yang dapat Anda akses dengan mengklik tombol di bawah ini. Jangan tunggu lagi, segera lakukan service kaki kaki mobil Anda sekarang juga klik disini dan rasakan perbedaannya.

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...