Penyebab AC Mobil Cepat Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Sumber gamba shutterstock


Share :
#SahabatRotary,
Kenyamanan saat berkendara memang menjadi keinginan setiap orang. Salah satu kenyamanan tersebut bisa hadir berkat udara AC mobil yang sejuk, segar, dingin dan tidak menimbulkan bau. Untuk itu dukungan perawatan rutin pada AC mobil wajib dilakukan agar kenyamanan tetap terjaga. Membahas perawatan AC mobil, keberadaan dokter AC mobil Rotary Bintaro adalah ahli untuk menanganinya. Bagi anda yang berada di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Utara, sekarang tidak perlu khawatir. Karena dokter AC mobil Rotary Bintaro kini sudah memiliki 6 cabang di sekitar lokasi anda dan mudah untuk ditemukan. Ingat jangan sampai tergiur dengan dokter AC mobil abal–abal ya. Bagaimana pun juga, yang resmi sudah pasti jauh lebih baik kemana–mana. Setuju?
Mau tau apa sebenarnya yang menjadi penyebab utama AC mobil lebih cepat mengeluarkan bau tak sedap? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
1.Malas Membersihkan Komponen AC Mobil
Poin pertama ini sudah pasti membawa dampak pada kualitas udara yang dihasilkan oleh AC mobil pada umumnya. Kondisi komponen AC mobil yang kotor dan tidak pernah dibersihkan memang sangat berpeluang membuat AC mobil anda mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kemudian bagian paling penting yang harus anda perhatikan adalah kondisi ventilasi AC mobil. Jangan biarkan kotoran bersarang disana. Karena ventilasi merupakan tempat dimana udara AC keluar. Jika sampai kotoran menumpuk, bau tidak sedap pun akan lebih cepat muncul.
2.Malas Membersihkan Interior Mobil
Tidak hanya itu saja, malas membersihkan interior mobil ternyata juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu mengapa AC mobil lebih cepat mengeluarkan bau tidak sedap. Debu, sisa makanan dan keringat yang mengendap di berbagai interior mobil, tentu mempunyai peran cukup besar dalam menciptakan udara AC yang bau.
3.Kebiasaan Menyimpan Sampah di Mobil Dalam Jangka Waktu yang Lama
Kebiasaan buruk seperti menyimpan sampah di mobil terlalu lama juga bisa menjadi penyebab mengapa AC mobil menjadi lebih cepat mengeluarkan bau tidak sedap. Jadi hindari kebiasaan buruk seperti ini. Budayakan untuk langsung membawa sampah anda keluar mobil dan membuang ke tempat yang semestinya saat anda selesai berkendara. Dengan menerapkan budaya baik tersebut, maka udara tidak sedap yang dikeluarkan oleh AC mobil pun bisa berkurang.
4.Kelembaban Berlebih di Dalam Mobil
Kelembaban berlebih di dalam mobil biasanya lebih sering terjadi pada saat musim penghujan mulai tiba. Interaksi mobil dengan air tidak bisa dihindari, ditambah lagi pengendara yang memasuki mobil pasti juga banyak membawa uap air karena terkena percikan air hujan atau pun habis kehujanan. Kondisi lembab yang berlebih seperti ini akan memudahkan bakteri dan jamur berkembang biak. Jika sudah begini, udara AC mobil yang keluar pun menjadi tidak sedap.
5.Banyak Jamur dan Bakteri yang Berkembang Biak
Keberadaan jamur dan bakteri yang sudah berkembang biak memang menjadi penyumbang cukup besar pada kualitas udara seperti yang sudah dijelaskan sekilas pada poin sebelumnya. Ternyata bukan karena faktor kelembaban saja yang membuat kondisi udara AC mobil menjadi tidak sedap. Keringat berlebih yang ditimbulkan oleh pengemudi juga ikut andil dalam hal ini.
6. Kebiasaan Merokok yang Selalu Dilakukan Saat AC Mobil Menyala
Tidak jarang pengendara mobil merokok saat sedang berkendara. Apalagi saat bepergian jarak jauh dan jalanan macet dimana-mana. Untuk menghilangkan stres dan rasa jenuh, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan merokok. Tahukah anda kebiasaan yang dianggap wajar atau tidak menjadi masalah tersebut, ternyata justru menimbulkan masalah baru pada kualitas udara yang dikeluarkan oleh AC mobil. Asap rokok dengan seketika dan cepat menyebar di seluruh interior mobil. Faktanya bau rokok tersebut tidak mudah untuk dihilangkan. Jadi saat akan merokok, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu terhadap kenyamanan penumpang lain, karena asap rokok mampu bertahan berhari–hari. Jika sudah berbaur dengan udara AC, bau tidak sedap pun siap mencengkeram indera penciuman anda.
Selain pembahasan mengenai penyebab AC mobil lebih cepat mengeluarkan bau tidak sedap, kami juga punya solusi nih buat anda semua agar udara yang sejuk dan segar bisa anda rasakan. Inilah solusinya!
  • Rutin Membersihkan Eksterior dan Interior Mobil
Kebersihan memang menjadi hal paling utama dimana pun anda berada yang mampu meningkatkan kenyamanan. Termasuk di dalam mobil, jika kondisi eksterior dan interior mobil anda bersih, tentu sebagai pengendara anda pun akan merasa betah. Wajib anda ketahui! Tingkat kebersihan di dalam mobil sangat berpengaruh pada kualitas udara AC yang dihasilkan. Jadi anda tidak usah heran, apabila udara AC mobil menjadi lebih cepat mengeluarkan bau tidak sedap, karena memang anda sendiri yang malas bersih–bersih.
Jangan lupa, saat anda berupaya membersihkan mobil dengan peralatan yang lembab, usahakan untuk menjaga kondisi kering bagian mana saja yang anda bersihkan. Karena kelembaban yang timbul di dalam mobil, bisa memicu tumbuhnya bakteri dan jamur.
  • Gunakan Pewangi Mobil
Disarankan kepada anda semua para pemilik mobil, untuk menjaga udara AC mobil agar tetap segar, anda bisa menggunakan bahan pendukung seperti pewangi mobil. Tapi perlu diperhatikan, sebaiknya pilihnya wewangian yang membuat pengendara menjadi nyaman. Hindari penggunaan wewangian yang menyengat dan memusingkan kepada. Pilih saja wewangian yang lembut demi alasan kenyamanan. Dengan begitu aroma harum tetap bisa terjaga sepanjang hari.
Satu lagi yang perlu anda perhatikan dalam menggunakan wewangian mobil, jangan beli produk pewangi abal–abal yang mutu bahannya tidak jelas dan tidak terjamin. Biasanya bisa menjadi pemicu lebih cepat munculnya bau tidak sedap pada AC mobil.
  • Parkirkan Mobil Anda Pada Lahan Terbuka
Lahan terbuka nan luas yang udaranya masih segar ternyata bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah bau tidak sedap yang lebih cepat muncul dari AC mobil. Caranya sangat gampang kok, anda hanya perlu memarkirkan mobil anda pada area terbuka. Kemudian nyalakan AC anda pada fungsi kecepatan paling tinggi disertai dengan membuka seluruh kaca mobil. Diamkan selama 5 sampai 10 menit saja sudah cukup.
Selanjutnya anda bisa rasakan sendiri, saat berkendara pasti bau tidak sedap yang muncul sudah semakin berkurang. Biasanya bau tidak sedap bisa dipicu dari udara kotor yang terperangkap di dalam mobil.
Ulasan di atas sudah cukup membantu anda menjelaskan bagaimana bau tidak sedap pada AC mobil bisa muncul lebih cepat. Solusi lengkap pun sudah kami berikan agar anda bisa lebih perhatian dan mempraktekannya pada kehidupan sehari–hari. Yuk mulai dari sekarang budayakan untuk lebih memperhatikan perawatan rutin pada AC mobil anda. Kenyamanan datang, anda pun senang. Ingat AC mobil, ingat dokter AC mobil Rotary Bintaro.
Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?