Hai #SahabatRotary,

Salah satu komponen atau piranti yang memiliki fungsi atau peranan penting dalam kendaraan kita adalah ban. Ban ini tentunya sangat identik dengan faktor keamanan dan keselamatan anda dalam berkendara. Ban ini akan berperan penting untuk menopang kendaraan anda berserta semua beban yang ada di dalam kabin mobil tersebut.

Oleh karena itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan kondisi ban tersebut, baiknya anda perhatikan agar perjalanan anda tidak bermasalah. Sebut saja seperti tekanan angin yang ada dalam ban anda, sebagai pemilik mobil juga harus menyesuaikan tekanan angin pada ban mobil anda agar sesuai dengan rekomendasi dari pabrikannya.

Karena jika tekanan angin tersebut berlebihan dan juga kurang, maka hal ini akan mempengaruhi kinerja dari ban anda tersebut.

Kalau kinerja AC mobil anda bisa percayakan  pada kami bengkel rekomendasi jasa service AC mobil, untuk urusan ban anda bisa percayakan pada bengkel yang sudah resmi ya.

Jangan sampai tidak dirawat ya, mengingat posisi ban sangatlah vital dalam menunjang aktivitas berkendara. Jika tidak anda rawat dengan baik kemungkinan buruk seperti halnya kecelakaan bisa saja terjadi.

Namanya juga dijalan siapa juga yang tahu, terlebih lagi jika kondisi ban mobil anda tidak layak jalan, pasti akan sangat beresiko bagi keselamatan anda dan keluarga. Bengkel resmi Rotary Bintaro sangat kompeten dalam hal perawatan berbagai komponen AC mobil, jadi anda bisa lebih tenang saat berkendara.

Lantas, apa sih fungsi penting dari ban tersebut bagi mobil anda? Berikut ini kami akan memberikan ulasan selengkapnya untuk anda. Yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Apa Saja Fungsi Ban Dalam Kendaraan Anda ?

Adapun beberapa fungsi dan peranan ban tersebut dalam kendaraan anda adalah sebagai berikut :

  • Sebagai Penahan Beban

Fungsi utama dari ban ini adalah untuk menahan beban apapun yang menumpu di atas ban anda. Sebut saja mulai dari beban mesin, beban muatan dan berbagai muatan yang lainnya akan ditahan oleh ban ini.

  • Penerus Tenaga dari Mesin

Ban ini juga berfungsi untuk meneruskan tenaga atau gaya serta gerak pengereman dari mesin ke permukaan jalan. Ban ini juga sangat identik hubungannya dengan traksi serta daya pengereman mobil anda.

  • Sebagai Peredam

Sebelum getaran atau guncangan yang diterima dari jalanan diredam oleh suspensi, maka terlebih dahulu getaran akan diredam oleh ban yang selanjutnya baru diredam lagi oleh suspensi.

  • Menentukan Kontrol Kemudi

Hal yang tidak kalah penting lainnya dari peranan ban tersebut pada mobil anda adalah untuk menentukan kontrol kemudi mobil anda. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan kendaraan anda dalam bermanuver serta  kestabilan dalam berkendara.

Itulah sobat beberapa fungsi dan peranan ban tersebut pada kendaraan anda, dan oleh karena perannya yang sangat penting tersebut, maka anda sebagai pemilik kendaraan harus memperhatikan dan merawat ban tersebut secara berkala untuk memastikan ban tersebut dalam kondisi yang stabil.

Berbicara mengenai ban, tentunya anda semua pernah melihat atau bahkan memperbesar atau memperkecil ukuran ban tersebut. Hal seperti ini seringkali dilakukan oleh mereka yang suka memodifikasi mobil tersebut. Lantas perbesar ukuran ban mobil lebih baik daripada diperkecil, benarkah? Berikut penjelasannya untuk anda.

 

Perbesar Ukuran Ban Mobil Lebih Baik Daripada Diperkecil

Untuk menunjang performa dan penampilan kendaraan, maka banyak pemilik mobil yang mengubah ukuran bannya melebihi anjuran dari pabrikannya. Ada yang mengganti ukuran ban tersebut ke ukuran yang lebih besar dan ada pula ke ukuran yang lebih kecil. Lantas mana yang lebih aman dari kedunya?

Pada umumnya, perbesar ban akan jauh lebih aman dari pada mengecilkan ban tersebut. Hal ini dikarenakan semakin besar ukuran ban tersebut maka akan semakin mudah memikul ban kendaraan tersebut.

Namun hal ini tentunya akan mengurangi performa mesin kendaraan anda, karena mesin akan lebih berat memutar ban tersebut. Hal ini dikarenakan seiring dengan dimensi mobil dan besarnya mesin, pasti seiring dengan ukuran ban karena adanya pertambahan bobot yang ia pikul. Dan yang kedua dari segi kecepatan semakin kecil ukuran ban maka kemampuan menyangga ban itupun jauh lebih kecil.

Selain itu sobat, dari segi keamanan yang tentunya sangat penting untuk kita perhatikan , karena memiliki ban yang besar jauh lebih aman dari ban yang kecil tersebut. Namun meski demikian sobat, dari penggunana ban yang lebih besar tentunya akan leih boros bahan bakar.

Hal ini dikarenakan mesin akan mengeluarkan daya yang banyak sehingga tentunya hal ini akan berpengaruh pada pemakaian bahan bakar tersebut. Sementara itu, tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh ban berukuran besar ini juga lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan semakin besar diameter ban, akan menyebabkan tingginya tingkat kebosingan yang dihasilkannya. Dan yang tidak kalah penting lainnya, rolling resistance ( hambatan gulir ) makin besar, dengan demikian hal ini juga akan menyebabkan pada pemakian bahan bakar yang lebih boros.

Jadi meski memang ukuran ban yang lebih besar ini dirasa akan lebih aman anda gunakan dibanding dengan ukuran ban yang lebih kecil, namun baiknya anda menggunakan jenis atau ukuran ban yang sesuai dengan anjuran dari pabrikan mobil saja. Hal ini tentunya berperan untuk mendukung kenyamanan anda dalam berkendara.

Ulasan di atas kami rasa sudah sangat membantu bagi anda para pengguna mobil, karena pasalnya dengan melakukan penggantian ukuran entah itu besar atau kecil, pasti mempunyai dambak yang bisa merugikan anda sendiri nantinya.

Kami juga menyarankan jika anda memang memaksakan diri ingin melakukan penggantian ukuran ban mobil, lebih baik menggunakan ban yang lebih besar saja karena dianggap lebih aman. Namun untuk konsumsi bahan bakar yang boros, sudah menjadi resiko bagi anda ya.

Selain itu untuk memaksimalkan peforma mobil, perawatan rutin pada bagian ban mobil memang sangat dianjurkan. Hal ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah keseimbangan ban mobil anda masih baik atau pun tidak. Kemudian kondisi pelek dan tapak ban masih layak atau tidak untuk digunakan. Semua permasalahan tersebut akan segera terdeteksi jika anda melakukan perawatan rutin.

Jangan lupa juga untuk melakukan service AC mobil secara berkala di bengkel Rotary Bintaro specialist AC mobil ya.

Sekian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih kepada anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini, dan semoga bisa bermanfaat serta menjadi referensi untuk anda terutama bagi anda yang sering melakukan modifikasi ban tersebut.

 

booking service