Komponen pendukung Ac mobil agar tetap dingin
Ac mobil yang berfungsi optimal

Hai #SahabatRotary

Dingin tidaknya Ac mobil sangatlah penting untuk kita jaga. Mengapa? Saat anda berkendara dengan cuaca yang menyengat dan tanpa Ac mobil tentu bisa dibayangkan bagaimana rasa panas dan gerah. Padahal kenyamanan dalam berkendara adalah hal utama dan penting untuk menjaga konsentrasi kita. Komponen pendukung Ac mobil agar tetap dingin bisa anda perhatikan kondisinya. Jangan lupa untuk melakukan service rutin yang dibutuhkan untuk menghindarkan Ac mobil dari kerusakan.

Ac mobil yang berfungsi optimal bisa mempengaruhi konsentrasi kita dalam berkendara. Contohnya saat cuaca panas menyengat maka agar konsentrasi dalam berkendara tidaklah terganggu, kita butuh suasana yang adem di dalam mobil. Beberapa komponen pendukung dari Ac mobil yang bisa anda perhatikan seperti yang ada pada ulasan di bawah ini.

Lihat Video Berikut : Mengenal Komponen AC Mobil

Komponen Pendukung Ac Mobil Biar Tetap Dingin

1. Receiver (Filter Dryer)

Filter dryer merupakan salah satu komponen pendukung Ac mobil yang diletakkan diantara kondensor sebelum adanya katup ekspansi. Dalam receiver juga ada saringan atau filter yang bisa berfungsi sebagai penyerap kotoran serta air yang terbawa saat bersirkulasi dengan refrigerant. Filter ini terpasang pada saluran receiver di bagian dalam. Fungsinya untuk menyaring kotoran yang tidak masuk dalam katup ekspansi. Juga, receiver menjadi tempat penyimpanan refrigerant sementara.

2. Accumulator

Komponen pelengkap yang satu ini seringkali digunakan pada system Ac mobil yang memiliki orifice tube sebagai alat penurun dari tekanan refrigerant setelah adanya kondensor. Accumulator sendiri fungsinya sebagai alat penampung sementara dari refrigerant cair yang memiliki temperatur rendah dan campuran minyak pelumas dari evaporator. Letaknya ada di antara evaporator sebelum kompresor. Bahan ini juga disimpan dan berupa gas yang dialirkan dari atas accumulator.

3. Minyak Pelumas

Komponen pendukung Ac mobil agar tetap dingin berikutnya adalah minyak pelumas. Oli kompresor berfungsi sebagai pelumas di bagian kompresor yang seringkali bergesekan. Minyak pelumas mampu meredam adanya panas dan juga melancarkan pergerakan bagian kompresor. Namun, minyak pelumas yang dibutuhkan harus memenuhi persyaratan seperti struktur kimia yang stabil, tidak merusak bahan tembaga, tidak mengandung air, lilin dan kotoran lainnya.

4. Saft Seal

Refrigerant dan minyak pelumas memang rentan terhadap kebocoran. Baik ketika kompresor sedang berjalan atau berhenti. Komponen yang bisa membantu kendala tersebut adalah saft seal. Menjadi salah satu komponen pendukung Ac mobil agar tetap dingin. Ada dua bagian yaitu saft seal dan plate seal. Dua jenis ini merupakan mechanical seal dan lip seal. Biasanya kebocoran yang terjadi melalui komponen ini. Shaft seal terdiri dari gelang penahan, ring karbon, plat seal dan juga o-ring.

5. Pipa Refrigerant

Pipa refrigerant Ac mobil terbuat dari karet atau pipa elastic dan juga pipa logam yang sudah tahan terhadap tekanan serta temperatur tinggi dan terhadap getaran. Bagian dalam pipa logam sendiri memang terbuat dari tembaga dan juga aluminium yang sudah diproses dengan baik. hasilnya adalah bisa lebih tahan terhadap unsur kimia yang ada dalam refrigerant.

Anda bisa melengkapi Ac mobil dengan komponen pendukung Ac mobil ini. Selain itu jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala agar komponen Ac mobil tidak mengalami kerusakan yang berujung tidak berfungsinya Ac mobil dengan baik. Gunakan layanan home service yang memiliki alat canggih untuk merawat Ac mobil anda seperti adanya Flushing Machine + Cooling Machine. Merawat Ac mobil tanpa membongkar dashboard tentu dirasa lebih efisien waktu, bukan?

Senang bisa berbagi

Semoga bermanfaat