Hai #SahabatRotary,

Suka badmood gara-gara mobil bau tidak sedap? Mau pasang pewangi, tetapi terbentur masalah kesehatan. Karena sebagian besar pewangi mobil yang beredar dipasaran bisa saja mengandung bahan kimia penyebab berbagai masalah kesehatan. Ada pula anak-anak yang sensitif dan alergi terhadap pewangi mobil berbahan kimia. Seringkali kita dan keluarga menghabiskan berjam-jam waktu dalam kabin mobil serta menghirup zat kimia yang berasal dari pewangi mobil tersebut.

Untuk menepis kekhawatiran terkait bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam pewangi mobil, ada baiknya mencoba beberapa bahan alami berikut untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil.

  1. Kopi

Siapa sih yang tidak kepincut dengan aroma kopi yang khas dan segar? Bahkan beberapa orang yang tidak mengkonsumsi kopi pun masih tetap menyukai aromanya. Terlebih biji kopi memang terkenal sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam ruangan. Anda bisa memasukkan segenggam biji kopi kedalam wadah terbuat dari jala kemudian menggantungnya di dalam mobil.

Untuk beberapa kasus, misalnya karpet mobil terkena cairan berbau tidak sedap atau kuah makanan yang menyengat, anda juga bisa menaburkan secara langsung bubuk kopi pada sumber bau.

  1. Sereh

Rempah-rempah beraroma khas ini mengandung minyak atsiri. Minyak atsiri dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi system saraf. Semakin teroksidasi, aromanya akan semakin menyegarkan. Iris-iris beberapa batang serai, masukkan di dalam wadah kecil. Letakkan di dashboard mobil atau bisa juga menggantungnya agar menebarkan aroma segar di dalam mobil anda. Bisa juga anda letakkan di bawah jok mobil.

  1. Daun Pandan

Siapa yang tidak kenal daun pandan. Emak-emak kerap menjadikan daun berwarna hijau segar dengan bentuknya yang runcing ini sebagai penambah aroma masakan dan pewarna makanan alami. Letakan irisan daun pandan di dalam mobil, ganti secara rutin jika telah layu. Daun pandan bisa bertahan selama beberapa hari sebelum benar-benar mengering dan kehilangan aroma khasnya.

  1. Kayu Manis

Anda juga bisa memanfaatkan rempah beraroma khas ini sebagai pengharum ruangan. Letakkan kayumanis di dalam wadah kecil atau di dalam kantong jala. Selain menebarkan aroma khas, bentuknya yang unik bisa juga dijadikan hiasan di dalam mobil.

  1. Baking Soda

Baking soda bukan hanya berfungsi sebagai bahan pengembang makanan. Selain sebagai pembersih alami, bahan satu ini bisa dimanfaatkan untuk menetralisir bau tidak sedap di dalam mobil. Anda bisa menebarkan baking soda pada jok atau karpet mobil kemudian membersihkannya menggunakan vacuum cleaner setelah mendiamkan sekitar 15 menit. Cara lainnya, siapkan jar kecil. Masukkan baking soda dan beberapa tetes essential oil favorit anda. Letakan di dalam mobil. Campuran baking soda dan essential oil akan menghasilkan aroma segar danΒ  menghilangkan bau tidak sedap di dalam kabin mobil.

Memanfaatkan bahan alami atau rempah-rempah sebagai pewangi mobil alami tentu akan menghindarkan kita dari menghirup zat kimia berbahaya secara terus menerus dari pewangi mobil berbahan kimia. Selain itu, tentu saja akan menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli pewangi mobil. Kalaupun anda tetap memilih pewangi mobil berbahan kimia, pastikan anda cermat memilih jenis dan komposisinya. Pilih pewangi yang ringan dan tidak berbau terlalu menyengat. Hindari pewangi berbentuk gel. Karena ternyata bisa menimbulkan AC mobil lebih cepat kotor. Bahkan residu yang terhisap oleh blower dapat menempel di evaporator AC mobil, menimbulkan lendir dan jamur yang menjadi sarang kuman. Tentunya hal ini akan semakin membahayan kesehatan penumpang.

Bau tidak sedap yang bersumber dari evaporator AC mobil yang kotor tentu membutuhkan penangan lebih spesifik. Cuci evaporator secara berkala. Kunjungi bengkel service AC mobil yang memiliki alat canggih endoscopy dan cooling machine seperti bengkel AC mobil Rotary Bintaro Cabang Serpong. Endoscopy membantu melihat kondisi evaporator menggunakan kamera. Cooling machine akan membantu mencuci evaporator dengan cairan pembersih khusus. Kerennya, proses mencuci evaporator ini bisa berlangsung kurang dari satu jam dan tanpa membongkar dashboard mobil.

Selain Rotary Bintaro cabang Serpong, hubungi customer service untuk menanyakan di cabang mana saja alat canggih cooling machine ini telah tersedia.

Terimakasih.

Semoga bermanfaat.

booking service