Hai #SahabatRotary

Tahukah Anda? Biaya perawatan mobil Anda bisa lebih hemat jika Anda melakukan hal-hal ini sebelum ke bengkel Daihatsu:

  • Memilih bahan bakar yang cocok                                                                                                   

Pastikah bahan bakar yang Anda gunakan cocok dengan mobil Daihatsu Anda. Sebagian orang menggunakan Pertalite karena bahan bakar tersebut membuat mesin mobil Anda bersih dan mobil Anda kuat, sementara sebagian orang menggunakan Pertamax.

  • Memanaskan mobil di saat ingin berpergian

Kenapa penting untuk selalu memanaskan mobil minimal 15-20 menit setiap Anda akan pergi, atau minimal setiap hari? Ini bertujuan agar mobil bisa bekerja dengan baik. Selain itu, cobalah untuk melihat kondisi ban, atau mesin dari mobil seperti busi: apakah mesin mobil Anda kotor atau perlu dirawat, untuk memastikan mobil Anda tidak cepat rusak.

  • Mengganti oli mobil dan oli filter

Apakah Anda rajin mengganti oli atau oli filter? Jika ya, kemungkinan besar Anda takkan mengeluarkan banyak biaya di bengkel Daihatsu. Karena, oli bisa berfungsi memperlumas kondisi mesinmu dan membuat mobil Anda tetap terjaga kesetabilisannya. Sedangkan oli filter membantu menyaring kotoran yang masuk pada bagian mesin kendaraan. Filter oli ini membantu kondisi mobil Anda agar gak terkena kotoran.

Bayangin aja kalau ada kotoran atau serpihan metal yang kecil yang lolos, yang tentunya bisa membahayakan mobil Anda lantaran hal tersebut bisa membuat komponen mesin yang lainnya saling bergesekan dan mengakibatkan mobil rusak.

Maka perlu banget nih buat mengganti filter oli mobil dengan filter oli baru secara rutin. Biasanya, filter oli mobil diganti setiap mobil Anda telah menempuh 10.000 km atau setiap 6 bulan.

  • Memastikan kanvas rem berfungsi dengan baik                                                                                         

Apa sih fungsinya mengecek kanvas rem?

Walau banyak pemilik mobil yang seringkali mengabaikan kondisi pengereman dalam mobil, jika Anda berada di daerah yang rawan macet, Anda perlu memerhatikan kampas rem mobil Anda karena rem mobil yang tidak bekerja dengan lancar bisa membayahakan diri Anda. Penggantian kanvas rem bisa Anda sesuaikan dengan waktu pemeriksaan rutin mobil Anda, atau setiap mobil Anda telah menempuh 20.000 km.

  • Memeriksa kanvas kopling                                                                                                           

Apa fungsi dari kanvas kopling? Kanvas kopling membantu mengirimkan tenaga mesin roda, dan komponen mobil ini juga bisa cepat aus karena kondisi pemakaian mobil atau padatnya kondisi jalan.

Kapan Anda harus mengganti kanvas kopling? Ketika mobil Anda memasuki 10.000 atau 50.000 km, segera cek kanvas kopling Anda di bengkel Daihatsu terdekat.

  • Aki                                                                                                                                             

Aki adalah komponen yang sangat penting dalam mobil, karena pasokan listrik dari aki mampu membuat mobil Anda bekerja dengan normal. Jika aki Anda sudah lama dipakai, biasanya 2 atau 3 tahun, mobil Anda bisa mulai bermasalah karena listrik yang disuplai aki tidak sebagus aki baru. Jadi, cek aki mobil Anda di bengkel Daihatsu dan pastikan mobil Anda selalu memiliki aki yang bagus.

  •  Lampu                                                                                                                                               

Lampu mobil adalah bagian yang paling harus sering diganti, karena lampu mobil yang rusak dapat menyebabkan masalah pada kelistrikan mobil. Lampu mobil Anda bisa bermasalah karena pemasangan yang tidak benar dan tidak pernah diganti, karena rata-rata pemakaian lampu mobil adalah 1,5 tahun. Lebih dari ini, Anda harus membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu dan menggantinya.

Senang bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.