#SahabatRotary,

Memiliki kabin mobil yang bersih, sejuk dan juga wangi adalah salah satu hal yang penting untuk kita perhatikan dalam menunjang kenyamanan berkendara dalam mobil. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat kenyamanan ini adalah salah satu hal yang bisa mendukung konsentrasi kita dalam berkendara. Dan konsentrasi ini pastinya akan berhubungan erat dengan keselamatan kita dalam berkendara. Salah satu faktor yang mendukung kenyamanan di dalam kabin mobil adalah adanya pendingin ruangan atau AC dalam mobil. Karena AC ini bukan hanya berperan membuat udara di dalam mobil anda menjadi sejuk namun juga untuk mendapatkan udara yang sehat. Untuk tetap menjaga agar udara di dalam kabin mobil tetap sehat, maka diperlukan yang namanya perawatan rutin. Perawatan rutin ini bisa dilakukan secara mandiri atau pun dengan bantuan bengkel resmi Denso.

Namun jika anda mempercayakan kepada bengkel AC mobil yang jelas – jelas resmi, anda tidak akan mengalami kekecewaan. Kami sudah hadir dengan banyak cabang bengkel resmi yang tersebar di daerah Jabodetabek dan sekitarnya termasuk di Jakarta Timur. Bengkel AC mobil Rotary Bintaro juga siap sedia membantu mengatasi segala masalah yang terjadi pada AC mobil anda tanpa membeda – bedakan merk mobilnya. Karena memang kami sudah ahli dalam menangani berbagai masalah yang timbul pada AC mobil di banyak merk mobil.

Berbicara mengenai piranti pendingin kabin mobil yakni AC, ternyata ada aturan main dalam menggunakannya. Terdapat aturan dalam menyalakan dan juga aturan dalam mematikannya. Dan hal ini tentunya penting untuk anda ketahui agar AC dalam mobil anda tidak bermasalah nantinya. Lantas, apa saja aturan menyalakan dan mematikan AC tersebut? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Ketahui Aturan Nyalakan dan Matikan AC Mobil

Dalam mengaktifkan atau menonaktifkan AC dalam mobil, anda tidak boleh sembarangan ya, ikuti aturan yang sudah ditentukan agar AC dalam mobil anda menjadi lebih awet. Adapun aturan yang dimaksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pada Saat Mesin Mati, Ada Baiknya Matikan Dulu AC Mobil Anda

Hal yang sering dilakukan selama ini adalah menyalakan AC mobil meski mesinnya dalam kondisi mati. Kondisi seperti ini banyak dilakukan pada saat sedang menunggu sesuatu dan anda kebetulan memang sedang berada di dalam mobil. Perlakuan tersebut tidak disadari jika akan membawa pengaruh buruk pada AC mobil tersebut. Pengaruh buruknya adalah bisa memicu kerusakan pada komponen – komponen pada AC tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya anda perhatikan betul – betul untuk memastikan tidak terdapat masalah di kemudian hari. Selain bisa merusak komponen dalam AC tersebut, hal ini juga berdampak pada aki dan alternator mobil anda menjadi lebih cepat soak. Karena AC tersebut membutuhkan daya yang besar pada saat menyala dalam kondisi mesin mati.

  • Jangan Langsung Menyalakan AC Pada Saat Mesin Menyala

Sering sekali pada saat baru masuk mobil dan baru saja menyalakan mesin, banyak pengendara yang langsung saja menyalakan AC dalam mobil. Padahal hal ini tidak baik bagi kondisi AC mobil anda tersebut. Selain tidak baik untuk komponen AC, ternyata tidak baik juga bagi aki mobil anda. Karena baru saja aki menyala namun sudah harus mengalirkan sejumlah daya yang banyak kepada AC tersebut. Sehingga hal ini akan berdampak buruk pada kondisi mobil anda secara keseluruhan.

Itulah aturan yang harus anda ketahui tentang aturan menyalakan dan mematikan AC dalam mobil agar AC anda tetap awet dan tahan lama.

Selain itu, kami juga akan memberikan tips untuk anda mengenai cara penggunaan AC dalam mobil agar AC anda awet. Berikut ulasannya untuk anda.

Tips Penggunaan AC Dalam Mobil

Agar AC dalam mobil anda tidak bermasalah, maka ada baiknya jika sobat semua mengerti dan mengetahui tips penggunaan AC di dalam mobil, antara lain :

  • Gunakan Sesuai Waktu Pemakaian

Pada saat anda sedang berkendara dan melakukan perjalanan jauh, maka baiknya aturlah suhu pemakaian AC dalam mobil anda tersebut. Baiknya jangan menggunakan suhu yang maksimal agar kompresor AC mobil anda tersebut tidak cepat soak. Selain itu, jika anda merasa udara dalam kabin mobil sudah cukup dingin, baiknya matikanlah sebentar AC tersebut agar kompresor AC bisa berhenti sejenak untuk menghindari keausan.

  • Jangan Berkendara Dengan Membuka Jendela Dalam Kondisi AC Menyala

Hal berikutnya yang juga harus anda perhatikan adalah jangan berkendara dengan membuka jendela dalam kondisi mobil anda yang menyala. Selain hanya akan membuang buang daya saja, tentunya udara atau debu yang masuk ke dalam kabin mobil anda juga akan tersedot oleh evaporator AC. Sehingga lambat laun akan cepat kotor, yang mana hal ini juga akan berpengaruh pada kebersihan udara dalam mobil anda tersebut.

  • Jangan Merokok Di Dalam Mobil

Asap rokok dapat menyebabkan kabin mobil anda menjadi kotor. Selain itu, asap rokok ini juga bisa membuat aroma kabin mobil anda menjadi bau oleh asap rokok tersebut. Hal ini akan membuat AC anda menjadi lambat kerjanya, sehingga udara dalam kabin anda menjadi tidak sejuk. Selain itu, asap rokok ini bisa membuat evaporator mobil anda juga akan terhambat kerjanya.

  • Lakukan Service AC Secara Teratur

Hal yang lainnya yang juga tak kalah penting untuk anda lakukan adalah dengan melakukan service AC mobil anda secara teratur. Selain untuk merawat AC mobil tersebut, juga bisa digunakan untuk menjaga agar udara dalam kabin mobil anda tetap sejuk dan sehat tentunya.

Untuk urusan service serahkan saja pada ahlinya, bengkel AC mobil resmi Rotary Bintaro. Anda akan mendapatkan pelayanan maksimal dari kami. Kami tekankan lagi, bahwasannya montir di tempat kami adalah montir berpengalaman dan profesional. Jika ditanya jam terbang, pastinya sudah bingung bagaimana menghitungnya. Karena sudah belasan tahun lamanya kami berkecimpung di dunia otomotif, khususnya AC mobil. Saat ini kami memiliki 7 cabang tersebar di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta selatan, Tangerang dan Bekasi. Untuk wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, hubungi kami untuk informasi lokasi bengkel yang terdekat.

Dengan adanya penjelasan di atas, kami sangat berharap kepada anda agar bisa lebih hati – hati dalam penggunaan AC. Perihal sepele sekalipun jika dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, pasti akan membawa dampak buruk bagi kondisi AC mobil anda. Meskipun kelihatannya gampang menyalakan dan mematikan AC, ternyata ada teknik tepat agar AC mobil anda bisa bertahan lama.

Cukup sekian ya pembahasan kali ini mengenai aturan menyalakan dan mematikan AC mobil. Semoga bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Jangan lupa jika ada masalah pada AC mobil anda jangan sungkan – sungkan untuk melakukan konsultasi dengan kami bengkel AC mobil resmi Rotary Bintaro. Jangan sampai menyesal jika AC mobil anda sudah rusak parah nantinya, namun tidak segera diberikan penanganan terbaik.

booking service