Sebenarnya Modifikasi Mobil Itu Legal Tidak Sih?


Share :

Kendaraan menjadi salah satu barang yang mendapat perhatian khusus dari para pemiliknya. Agar tampak keren, tak jarang pemiliki merombak dan memodifikasi kendaraannya sedemikian rupa. Saat ini, banyak bengkel-bengkel yang menyediakan jasa modifikasi. Nah pertanyaannya, apakah modifikasi mobil itu legal?

Seringkali kita temukan mobil kena tilang karena adanya modifikasi yang dilakukan pemilik. Apakah yang salah? Apakah memodifikasi mobil termasuk pelanggaran hukum? Lalu bagaimana agar terhindar dari jerata hukum? Simak Ulasan berikut.

Modifikasi Mobil Itu Legal Tidak Sih? Bagaimana Hukumnya?

Ternyata modifikasi mobil dapat dilakukan namun harus sesuai dengan aturan Undang-Undang yang berlaku, kecuali modifikasi untuk pameran. Nah, apa saja sih hal terkait modifikasi yang nggak melanggar aturan? Apakah modifikasi mobil itu legal? Berikut beberapa yang perlu diperhatikan saat memodifikasi kendaraan yang legal dan boleh digunakan di jalan raya.

  1. Harus ada spion, berjumlah dua dan berfungsi
  2. Ada lampu depan dan belakang serta dua buah sein depan belakang
  3. Apabila digunakan untuk kontes boleh saja berkreasi, tapi jika buat dipakai harian wajib mematuhi aturan di UU Lalu Lintas yang berlaku
  4. Pastikan data pada motor sesuai STNK seperti nomor rangka, nomor mesin, nomor registrasi kendaraan, plat nomor dan warna sesuai. Apabila diubah, Anda harus melakukan registrasi ulang untuk mutasi kendaraan
  5. Tidak diperbolhkan melakukan modifikasi yang dapat mengubah apapun misalkan kapasitas mesin, dimensi kendaraan dan daya angkut, tidak perlu melapor ke Kepolisian

Modifikasi Itu Legal, Asalkan ...

Pada dasarnya, modifikasi mobil itu legal jika sebuah kendaraan melakukan uji kelayakan jalan di Dinas Perhubungan. Jika modifikasi dilakukan secara ekstrem dan sampai mengubah bentuk dari standarnya, itu memang tidak dibolehkan. Bentuk modifikasi seperti ini yang sebenarnya dilarang oleh Kepolisian karena sudah melanggar aturan yang ada.

Apabila modifikasi dilakukan tanpa memiliki izin, maka berdasarkan Pasal 277 UU No.22/2009 pihak yang melanggar dapat dikenakan sanksi pidana berupa pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta Rupiah). Tentu Anda tidak ingin kena sanksi, bukan? Pastikan dan pahami peraturan yang ada sebelum Anda melakukan modifikasi kendaraan.

Di sekitar kita, knalpot nyaring memang sempat menjadi polemik karena sebagian mengaku bahwa mereka membeli dari pabrikan resmi, jadi sudah sewajarnya mereka bertanya balik mengapa bukan perusahaannya saja yang dilarang mengedarkan knalpot racing seperti itu. Jika sudah begini, sebenarnya modifikasi mobil itu legal tidak?

Parahnya, sering muncul pertanyaan bahwa peraturan yang ada sekarang kurang begitu jelas mengenai berapa desibel atau seberapa keras suara knalpot hingga dianggap berbahaya dan melanggar aturan. Itulah yang menyebabkan hingga sekarang kasus knalpot masih bergulir dan belum ditemui titik terang.

Adanya mesin tambahan seperti turbo, terkadang membuat mobil hasil modifan memakai knalpot “brong” sehingga ketika pedal gas ditekan dalam, auman suaranya kian menggelegar. Sebenarnya tidak mengapa untuk memakai knalpot racing, namun perlu disesuaikan fungsi dan penempatannya, serta tingkat kerasnya suara agar tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Nah, bagi kalian yang bertanya mengenai modikasi mobil itu legal tidak, itu tadi ulasannya. Bagi pecinta otomotif yang hobi modif baik untuk digunakan dijalan seperti bore up mesin, ganti mesin, merubah rangka dll kendaraan disarankan untuk uji tipe terlebih dahulu.. Hal tersebut bertujuan agar nantinya STNK yang kita miliki sesuai dengan fisik kendaraan baik itu nomor mesin, rangka, model, cat dll. Yang terpenting adalah kendaraan tersebut layak melaju di jalan karena sudah memenuhi standar yang ditentukan.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?