rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Jangan Abaikan Service Suspensi Mobil! Ini Alasannya!

Kita telah pahami bersama bahwa keseluruhan bagian dari kaki kaki mobil memegang peran penting dalam menunjang keamanan mengemudi. Maka dari itu, perawatan dan perbaikannya merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Salah satu bagian dalam kaki kaki mobil yang sangat krusial adalah sistem suspensi mobil.

Sistem suspensi mobil merupakan suatu sistem yang bisa menghubungkan roda dengan bodi mobil. Suspensi berfungsi untuk menyerap getaran dan goncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang tidak rata, sehingga memberikan kenyamanan dan kestabilan bagi pengemudi dan penumpang. Suspensi juga berperan dalam mengontrol arah dan gerakan mobil, serta mendukung beban yang ada di dalam mobil.

Maka dari itu, pemahaman tentang sistem suspensi mobil ini menjadi hal yang wajib untuk Anda kuasai. Dalam artikel kali ini, kami telah rangkum seluruh hal tentang suspensi mobil yang penting untuk Anda kuasai. Ada apa aja ya? Yuk kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Suspensi Mobil

Shock absorber adalah komponen yang berfungsi meredam getaran dan guncangan dari jalan. Ini membantu menjaga kendaraan tetap stabil dan meningkatkan kenyamanan berkendara.
Ya, suspensi mobil dan sistem kemudi saling terkait. Suspensi yang baik membantu menjaga stabilitas kendaraan, yang penting untuk kendali dan keamanan, terutama saat berbelok atau melewati rintangan.
Umur pakai suspensi mobil dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis suspensi, kondisi jalan, dan cara berkendara. Secara umum, sebagian besar produsen merekomendasikan pemeriksaan suspensi setiap 50.000 hingga 100.000 kilometer.
Gejala suspensi rusak termasuk getaran yang tidak normal, suara berdecit, atau ketidakstabilan kendaraan. Jika terjadi perubahan dalam kenyamanan berkendara, itu bisa menjadi tanda suspensi bermasalah.

Fungsi Suspensi Mobil

suspensi mobil

Hal pertama yang wajib untuk dipahami adalah terkait fungsi dari suspensi mobil ini sendiri. Seperti yang telah kita pahami bersama, suspensi mobil sangat berperan krusial dalam kenyamanan sekailigus keselamatan Anda dalam mengemudi. Detail dari fungsi tersebut diantaranya adalah :

1. Menyerap Getaran dan Goncangan

Fungsi suspensi mobil yang utama tidak lain adalah untuk menyerap getaran dan goncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang tidak rata, seperti lubang, polisi tidur, atau batu. Suspensi dalam mobil terdiri dari beberapa komponen, seperti pegas, shock absorber, link stabilizer, dan bushing, yang bekerja sama untuk meredam getaran dan goncangan tersebut.

Dengan demikian, suspensi dapat memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, serta melindungi komponen mobil lainnya dari kerusakan akibat getaran dan goncangan.

2. Mengontrol Arah dan Gerakan Mobil

Fungsi lain dari suspensi dalam mobil adalah mengontrol arah dan gerakan mobil, seperti saat berbelok, berakselerasi, atau berhenti. Suspensi berpengaruh pada kemudi, rem, dan traksi mobil. Suspensi mobil yang baik dapat menjaga keseimbangan dan stabilitas mobil, serta mencegah mobil tergelincir atau bahkan terbalik.

Suspensi juga dapat menyesuaikan tinggi mobil sesuai dengan kondisi jalan, seperti saat melewati tanjakan, turunan, atau jembatan. Dengan demikian, suspensi dapat memberikan keamanan dan kehandalan bagi pengemudi dan penumpang.

Baca Juga : Inilah 5 Alasan Mengapa Shock Breaker Mobil Sangat Wajib Anda Service Secara Rutin!

Alasan Sistem Suspensi Mobil Harus Rutin di Service dan Dirawat

suspensi mobil

Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka perawatan dan service suspensi dalam mobil Anda menjadi hal yang sangat penting pula. Ini dilakukan dengan alasan sebagai berikut :

1. Mencegah Kerusakan Komponen Suspensi

Alasan pertama mengapa suspensi dalam mobil harus rutin di service dan dirawat adalah untuk mencegah kerusakan komponen suspensi. Komponen suspensi mobil, seperti pegas, shock absorber, link stabilizer, dan bushing, dapat mengalami keausan, keretakan, kebocoran, atau patah akibat penggunaan yang terus menerus.

Kerusakan komponen suspensi dapat mengurangi fungsi suspensi mobil, sehingga menimbulkan getaran, bunyi, atau kekakuan yang berlebihan. Kerusakan komponen suspensi juga dapat mempengaruhi komponen mobil lainnya, seperti ban, velg, roda, atau bodi mobil. Oleh karena itu, suspensi dalam mobil harus rutin di service dan dirawat, seperti dengan melakukan pengecekan, penggantian, atau pelumasan komponen suspensi.

2. Meningkatkan Performa dan Umur Mobil

Alasan kedua mengapa suspensi harus rutin di service dan dirawat adalah untuk meningkatkan performa dan umur mobil. Suspensi yang baik dapat meningkatkan performa mobil, seperti saat berbelok, berakselerasi, atau berhenti. Suspensi yang baik juga dapat meningkatkan umur mobil, karena dapat melindungi komponen mobil lainnya dari kerusakan akibat getaran dan goncangan.

Suspensi yang baik juga dapat menghemat bahan bakar mobil, karena dapat mengurangi hambatan udara dan gesekan roda. Oleh karena itu, suspensi harus rutin di service dan dirawat, seperti dengan melakukan penyetelan, penyesuaian, atau perbaikan komponen suspensi.

Baca Juga : Balancing Mobil Adalah Perawatan Yang Penting! Ini Manfaatnya!

Akibat Suspensi Mobil Rusak jika Jarang Service dan Dirawat

suspensi mobil

Perawatan suspensi akan membawa dampak positif seperti yang telah disebutkan, sebaliknya jika suspensi rusak, maka hal ini tentunya akan membawa beragam dampak negatif yang tidak diinginkan. Dampak negatif tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi Kenyamanan dan Keamanan

Akibat pertama dari sistem suspensi mobil yang rusak adalah mengurangi kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi dan penumpang. Suspensi yang rusak dapat menyebabkan mobil bergetar, berbunyi, atau kaku saat melewati permukaan jalan yang tidak rata.

Suspensi yang rusak juga dapat menyebabkan mobil sulit dikendalikan, mudah tergelincir, terbalik, atau terkantuk saat berbelok, berakselerasi, atau berhenti. Suspensi yang rusak juga dapat menyebabkan mobil menjadi miring, rendah, atau tinggi saat melewati tanjakan, turunan, atau jembatan. Akibatnya, suspensi yang rusak dapat mengurangi kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi dan penumpang, serta meningkatkan risiko kecelakaan.

2. Menimbulkan Biaya Perbaikan yang Mahal

Akibat kedua dari suspensi yang rusak adalah menimbulkan biaya perbaikan yang mahal. Sistem suspensi mobil yang rusak dapat merusak komponen mobil lainnya, seperti ban, velg, roda, atau bodi mobil. Ban mobil dapat aus, bocor, atau pecah akibat suspensi yang rusak. Velg mobil dapat bengkok, retak, atau patah akibat suspensi mobil yang rusak.

Roda mobil dapat lepas, longgar, atau bergeser akibat suspensi l yang rusak. Bodi mobil dapat penyok, lecet, atau robek akibat suspensi yang rusak. Akibatnya, sistem suspensi mobil yang rusak dapat menimbulkan biaya perbaikan yang mahal, baik untuk komponen suspensi maupun komponen mobil lainnya.

BANNER KAKI KAKI 1

Cara Merawat Suspensi Mobil dengan Mudah

suspensi mobil

Merawat suspensi adalah hal yang penting untuk menjaga kenyamanan, keamanan, dan performa mobil. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara yang tepat dalam merawat suspensi? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya adalah :

1. Hindari Jalan Bergelombang

Jalan bergelombang dapat menyebabkan suspensi mengalami goncangan dan benturan yang berlebihan, sehingga mempercepat keausan dan kerusakan komponen suspensi. Maka dari itu, hindarilah jalan bergelombang, sekalipun Anda terpaksa melewatinya, maka aturlah kecepatan agar guncangan yang terjadi tidak terlalu besar atau keras.

2. Jangan Melebihi Kapasitas Beban

Beban yang berlebihan dapat memberikan tekanan yang berlebihan pada suspensi, sehingga mengurangi kemampuan peredaman dan stabilitas mobil. Perlu diingat pula, bahwa setiap mobil memiliki standard beban muatannya masing-masing. Bawalah muatan dengan beban yang sesuai dengan standard muatan pada mobil kesayangan Anda.

3. Periksa Baut Suspensi Mobil

Baut suspensi dapat kendur akibat getaran dan benturan, sehingga mengurangi keseimbangan dan kekencangan suspensi. Anda dapat memeriksa dan mengencangkan baut suspensi secara berkala. Selalu pastikan bahwa baut suspensi Anda berada dalam kondisi yang prima.

4. Bersihkan Suspensi Mobil

Suspensi dapat terkena kotoran, debu, atau pasir yang dapat menyumbat atau mengikis komponen suspensi. Anda dapat membersihkan suspensi dengan air bersih dan kain lap yang lembut.

5. Ganti Oli Suspensi Rutin

Oli suspensi berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan komponen suspensi, sehingga mengurangi gesekan dan panas. Anda dapat mengganti oli suspensi sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil atau bengkel.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa suspensi adalah sistem yang sangat penting bagi mobil. Suspensi berfungsi untuk menyerap getaran dan goncangan, mengontrol arah dan gerakan, serta mendukung beban mobil.

Suspensi yang baik dapat memberikan kenyamanan, keamanan, kehandalan, dan hemat bahan bakar bagi pengemudi dan penumpang. Suspensi yang rusak dapat mengurangi kenyamanan, keamanan, performa, dan umur mobil, serta menimbulkan biaya perbaikan yang mahal. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan service suspensi secara rutin dan berkala di bengkel kaki kaki terpercaya, agar sistem suspensi mobil Anda tetap dalam kondisi optimal.

Bingung mencari bengkel yang tepat untuk service suspensi? Jangan khawatir! Kami dapat merekomendasikan Anda satu bengkel yang sangat handal untuk mengatasi masalah suspensi, tidak lain dan tidak bukan adalah Rotary Bintaro! Bengkel ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun serta mendapat banyak kepercayaan dari masyarakat karena hasilnya yang sangat memuaskan.

Rotary Bintaro juga tentunya dilengkapi dengan banyak mekanik handal yang tentunya dapat menganalisis masalah sekaligus memberikan solusi pada masalah suspensi mobil Anda. Lebih dari itu, Rotary Bintaro juga memiliki fasilitas yang sangat nyaman.

Perlu diingat, Rotary Bintaro juga tidak hanya menawarkan berbagai layanan service suspensi mobil semata, tapi juga menyediakan berbagai macam paket layanan service mobil lain seperti AC, Mesin, Tune Up hingga Kaki Kaki yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Tidak hanya itu, Rotary Bintaro juga menyediakan layanan konsultasi gratis lho! Konsultasi gratis ini dapat Anda gunakan agar Anda mendapat detail masalah yang terjadi pada mobil Anda serta solusi terbaik apa yang dapat dilakukan sekaligus juga soal perkiraan biayanya. Ini membuat Rotary Bintaro menjadi lebih transparan yang tentu membuat Anda semakin puas lagi menggunakan layanan jasa service mobil disana.

Jika Anda tertarik, silahkan Anda kujungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapat informasi lebih lanjut seperti informasi soal lokasi cabang, detail paket layanan, promo yang sedang berjalan dan informasi menarik lainnya! Anda juga dapat menghubungi customer service Rotary Bintaro untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut sekaligus juga untuk melakukan reservasi dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...