#SahabatRotary,

Setiap komponen yang ada pada kendaraan roda empat atau mobil yang kita miliki tentunya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda beda satu dengan yang lainnya. Namun meski demikian, setiap komponen atau piranti tersebut memiliki tujuan yang sama pada mobil anda, yakni untuk menciptakan dan mendukung performa mobil sehingga mobil tersebut bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Oleh karena itulah sobat, pada saat terjadi masalah atau kerusakan pada salah satu komponen dalam mobil anda tersebut, maka hal ini akan berpengaruh pada performa mobil anda secara keseluruhan. Dan oleh karena itu pulalah, anda sebagai pemilik mobil tersebut harus melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala untuk memastikan semua komponen atau piranti dalam mobil anda berfungsi dengan stabil.

Salah satu komponen atau piranti yang tergolong sangat penting dalam mobil tersebut adalah setir. Setir ini merupakan salah satu piranti yang sangat vital dan harus anda ketahui cara penggunaan yang baik dan benar. Demi menjaga kondisi setir yang modern ini sudah mengusung teknologi power stering, maka dibutuhkan perawatan secara berkala dan wajib disiplin. Jika tidak maka kondisi buruk yang terjadi saat berkendara tidak bisa dihindari. Percayakan perawatan mobil anda pada bengkel rekomendasi ternama yang terpercaya. Yang siap menangani berbagai merk mobil : Nissan, Honda, Suzuki, Toyota, Daihatsu, Mitsubishi bahkan Chevrolet, Mercedess Bens dan BMW.

Sebagai bengkel rekomendasi yang khusus menangani AC mobil, kami sangat mumpuni dalam menangani berbagai masalah AC mobil yang sering dihadapi oleh para konsumen pengguna mobil. Montir kami merupakan tenaga – tenaga profesional dan sudah memiliki ribuan jam terbang. Rotary Bintaro juga masuk dalam jajaran bengkel rekomendasi komunitas-komunitas mobil. Masalah kualitas pasti menjadi prioritas. Anda bisa datang ke bengkel resmi kami untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu di berbagai cabang yang sudah tersebar luas di Jabodetabek dan sekitarnya termasuk kawasan Jakarta Selatan.

Dan berikut ini penulis akan sajikan ulasan selengkapnya untuk anda. Yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

  1. Apa Fungsi Setir Pada Mobil Anda ?

Adapun setir atau kemudi adalah perangkat untuk mengemudikan sebuah kendaraan. Setir  itu sendiri akan dihubungkan dengan perangkat mekanis atau elektronik yang berfungsi untuk menggerakkan arah roda ke arah yang diinginkan oleh si pengemudi mobil tersebut. Untuk membantu meringankan kinerja dari sang pengemudi dalam mengemudikan kendaraan modern, maka sekarang ini sudah dilengkapi dengan power stering yang merupakan perangkat elektronik ataupun hidrolik untuk membantu pengemudi meringankan setirnya.

Oleh karena itulah perangkat yang satu ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraan anda secara keseluruhan.

  • Mekanis

Roda setir dihubungkan dengan beberapa kopel perangkat yang mengubah gerakan putar setir melalui suatu perangkat seperti rack and pinion ke tie rod, lengan setir yang kemudian menggeser kingpin untuk mengarahkan roda. Dan untuk meringankan gerakan setir digunakanlah perangkat hidrolis tersebut.

  • Elektronik

Roda setir dihubungkan dengan sensor listrik untuk memantau putaran roda setir, yang kemudian oleh prosesor menggerakkan motor listrik dan akan menggerakkan perangkat rack dan pinion seperti pada sistem mekanis.

Berbicara mengenai setir tersebut, tentunya anda semua mengenal piranti yang satu ini. Bahkan bagi mereka pemilik atau pengemudi mobil tentunya tak asing lagi dengan piranti yang satu ini. Karena piranti inilah yang akan anda gunakan untuk mengatur kemana anda akan mengarahkan mobil anda. Untuk itu anda sebagai pengemudi harus mengerti cara pegang setir yang benar dan aman agar pengendaraan andapun menjadi lebih aman.

Ternyata meski sudah banyak yang bisa menyetir namun tak banyak yang tahu ini cara pegang setir yang benar dan aman bagi anda para pengemudi. Yuk, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

  1. Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Pegang Setir yang Benar dan Aman

Beberapa pengendara mobil pastinya belum tau cara memegang setir yang baik dan benar. Padahal memegang setir sebenarnya tidak bisa sembarangan, dan banyak beragam kesalahan yang umum dilakukan penyetir tersebut. Dan berikut ini adalah cara memegang setir yang benar dan aman.

  • Setelah duduk di mobil, maka carilah posisi yang paling nyaman untuk anda. Cari semua settingan kursi mulai dari headrest, kursi, kaca spion dan sesuaikan dengan ketinggian dan juga sesuaikan dengan ketinggian setir pada mobil anda.
  • Setelah merasa benar benar sudah nyaman, pastikan juga anda bisa melihat spion pada samping kiri, samping kanan dan bagian tengah serta bisa melihat pandangan di belakang untuk menghindari black spot, sehingga anda nyaman dan aman dalam memegang setir tersebut.
  • Teknik memegang setir yang benar lainnya adalah disarankan seperti arah jam 9 dan juga jam 3. Posisi tangan kiri berada di arah jam 9 sementara itu tangan kanan di arah jam 3. Posisi ini adalah salah satu  posisi yang paling fleksibel dibanding posisi arah jam 10 dan juga 2. Posisi jam 10 dan jam 2 tak lagi disarankan karena dianggap bisa berbahaya bagi pengendara yang bisa memiliki setir mobil berukuran kecil yang dilengkapi dengan air bag.  Posisi jam 9 dan jam 3 ini akan bermanfaat untuk menjaga tangan si pengendara agar tetap pada posisi yang benar dan mudah untuk mengendalikan setir.
  • Saat sedang menyetir, pastikan kedua tangan tetap pada posisi memegang setir ya, karena seringkali pengemudi menyetir namun terkadang tangannya dilepas, yang tentunya akan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Selain itu, pada saat berbelok juga tidak disarankan untuk menggunakan satu tangan karena hasilnya tidak akan maksimal pada saat akan berbelok tersebut.

Dengan menyimak secara mendalam dan detail tentang apa yang sudah coba kami jelaskan, diharapkan bisa sedikit banyak membantu anda yang kurang paham atau bahkan tidak tahu menau bagaimana cara memegang setir yang baik demi keamanan dan keselamatan saat berkendara. Jangan lupa untuk selalu disiplin dalam hal perawatan rutin ya, karena kondisi kebugaran power stering pun bisa berubah menjadi bermasalah jika anda tidak melakukan perawatan. Usahakan untuk menyisihkan dan menyempatkan waktu untuk melakukan perawatan tersebut. Jika mobil anda baik dan nyaman, siapa juga yang merasakannya, anda sendiri bukan?

Ingat, bengkel rekomendasi Rotary Bintaro siap membantu anda dalam hal perawatan atau pun perbaikan AC mobil. Kami lebih senang memberikan saran kepada anda untuk melakukan perawatan rutin saja ketimbang harus melakukan perbaikan. Namun jika kondisinya sudah rusak, mau bagaimana lagi, solusinya hanyalah melakukan perbaikan tersebut.

Sampai di sini dulu ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda semua pada kesempatan kali ini. Terima kasih kepada anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Semoga membawa banyak manfaat dan bisa menjadi referesi bagi anda memang haus akan informasi – informasi baru.

booking service