Telah Lahir! Transmisi CVT untuk Datsun GO+ Panca

Hai #SahabatRotary

Jakarta Selatan – Tanpa adanya sebuah acara peresmian atau seremoni, Datsun Indonesia merilis varian baru dari Datsun GO + Panca yaitu dengan Mencolok transmisi X-TRONIC CVT (continuously variable transmission). Dengan begitu, seluruh keluarga Datsun Go kini sudah memiliki varian CVT.

Hal ini tentu menjadi kabar gembira dong?

Sebelum lebih lanjut, kami ingin memberitahu beberapa Hal soal Transimi otomatis(CVT) ini.

Sekarang ini, yang kita ketahui mobil memiliki 2 Transmisi yang berbeda, yaitu:

  1.  Sistem AT – Torque Converters.
  2. Sistem CVT (Continuously Variable Transmission).

Banyak yang belum tahu apa saja perbedaan antara mobil bertransmisi jenis AT – Torque Converters dengan transmisi otomatis CVT. Walaupun kedua transmisi ini memiliki tujuan yang sama yaitu menjadikan pengemudi bebas dalam mengendalikan kopling dan tuas perseneling transmisi.

Mobil dengan transmisi otomatis CVT, menggunakan perangkat puli dan sabuk baja sebagai komponen utama pengggerak transmisi. Transmisi jenis CVT dapat melakukan perubahan gigi rasio menyesuaikan dengan putaran mesin.

Sedangkan mobil dengan sistem transmisi AT menggunakan kerja torsi, itulah kenapa Pengubah torsi (Torque Converters) ada di sistem AT .

Kembali ke Datsun Go+ Panca nih.

Berdasarkan informasi resmi yang kami terima, informasi perubahan Datsun GO + Panca ini memang sangat minim. Tak dijelaskan apakah eksterior dan interior Datsun Go juga mengalami perubahan. Yang jelas, Hal ini sangat mengejutkan para pecinta Otomotif dengan berbagai Gebrakan di tahun 2019 yang dilakukan Pihak Datsun Indonesia.

Penyediaan berbagai Spareparts di berbagai bengkel mobil serta bengkel AC Mobil di daerah Jakarta, Khususnya bagian Selatan, Barat, Utara, maupun Timur pun harus menambah quantity dari suku cadangnya, maupun montir-montir di bengkel resmi yang selalu direkomendasikan juga harus segera mengetahui CVT yang di gunakan oleh Datsun GO + Panca ini

Hingga kini, Datsun GO+ Panca dengan transmisi CVT tersedia dalam tiga tipe yaitu: A, T, dan T Style. Dengan Harga pasaran, varian paling rendah dari Datsun GO+ Panca A CVT berkisaran Rp 137,340 juta, T Rp 146,290 juta, dan T Style Rp 150,790 juta.

Berbagai Dealer Datsun di daerah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Timur pun sudah menyediakan Datsun GO+ PANCA CVT ini dan sudah siap untuk di pasarkan pastinya.

Kira-kira Datsun GO+ Panca CVT bakal menjadi juara di pasar Otomotif gak ya?

Apa kamu sudah paham soal perbedaan AT dan CVT?

Kami kasih Kesimpulan deh soal perbedaan AT dan CVT ya.

Yang mana yang lebih bagus antara AT atau CVT? Jawabannya ada pada kebutuhan dan kenyamanan pembaca sendiri saat mengemudi. Semua jenis transmisi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan masing-masing pengemudi akan memiliki penilaian yang berbeda.

Sebagai contoh , untuk kamu yang mengemudi dalam kota seperti di Ibukota DKI Jakarta atau di spot yang ramai seperti di Jakarta Barat(Kedoya) Jakarta Selatan(Kuningan) Jakarta Utara(Ancol) atau Jakarta Timur(Jatinegara) dengan keluarga, pasti lebih suka mengemudikan mobil transmisi CVT. Namun saat mengemudi sendirian atau hanya berdua dengan pasangan, saya lebih suka transmisi AT – Torque Converters. Gimana?

Intinya, CVT lebih nyaman digunakan untuk mobil dengan kapasitas lebih dari 3 orang, serta untuk satu atau dua orang, lebih nyaman menggunakan AT.

Untuk membuktikannya, silahkan #SahabatRotary coba sendiri ya, hehe.

Sebenarnya masih ada satu lagi jenis mobil transmisi otomatis, namanya Dual Clutch. Hanya saja jenis Dual Clutch, biasanya ada di mobil sport mewah, seperti Mitsubishi Lancer Evolution X & Lamborghini Huracan.

Oh tenang #SahabatRotary, baik AT, CVT maupun Dual Clutch, penggunaan tranmisi apa saja tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja AC Mobil loh, dan ingat, di bengkel resmi maupun bengkel-bengkel AC sudah bisa mengerjakan atau melakukan service pada si Panca ini.

Senang bisa berbagi

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar