fbpx

Tips Service Dry Filter AC Mobil Bermasalah

Service Dry Filter AC Mobil

Hai #SahabatRotary apakah Anda seorang yang sedang resah karena masalah pada AC Mobil Anda? Mau tau bagaimana cara service dry filter AC mobil bermasalah? Yuk simak baik-baik artikel berikut ini.

Dari sisi kenyamanan berkendara, sebagai pemilik kendaraan kita semua tau kalau AC Mobil merupakan salah satu komponen utama untuk mengukur apakah Mobil kita nyaman atau tidak ketika dikendarai. Oleh karena itu, AC Mobil menjadi komponen kenyamanan terpenting pada Mobil. 

Jika Anda mengalami masalah pada AC Mobil? Sudah tahukah kalian apa saja penyebabnya? Apa saja komponen yang mudah mengalami kerusakan? Bagaimana cara perawatannya? Serta bagaimana memperbaikinya?

Eits jangan bingung terlebih dahulu ya? Berikut akan kita ulas bersama apa saja komponen-komponen yang ada dalam AC Mobil.

Komponen AC Mobil

Dalam AC Mobil sendiri terdapat beberapa komponen yang perlu diketahui oleh semua pengendara agar AC Mobilnya tidak mudah rusak. Adapun komponen tersebut terbagi menjadi tiga kategori sebagai berikut:

  1. Komponen utama, komponen ini terdiri atas kompresor, kondensor, dryer filter, expansi valve, dan evaporator.Nah! bila #Masbro tidak ingin mengalami masalah saat menggunakan AC Mobil, komponen-komponen tersebut seluruhnya harus dalam kondisi baik ya.
  2. Komponen pendukung pada AC mobil yang terdiri dari oli kompresor, magnetic clutch, fan belt, solenoid kompresor (kompresor tanpa magnetic clutch), seal o ring, pipa dan selang, serta filter cabin. 
  3. Sedangkan komponen ketiga disebut sebagai komponen kelistrikan AC mobil yang terdiri atas cooling fan, idle up, resistor, thermostat, motor blower, relay, fuse, amplifier, dan masih banyak yang lainnya. Salah satu komponen paling penting adalah Dry Filter AC Mobil.

Apa itu Dry Filter AC Mobil

Bagi sebagian orang tentu masih asing dengan istilah dan fungsi dari dry filter AC Mobil ini. Dry filter adalah komponen dalam AC Mobil yang berfungsi sebagai penyaring kotoran debu dari luar khususnya kotoran dari kabin. Sederhananya dry filter ini adalah alat penyaring dari AC Mobil agar tidak kemasukan kotoran dari luar.

Apa Fungsinya Dryer Filter AC Mobil?

Dry filter AC Mobil memiliki dua fungsi utama, yang pertama adalah untuk menyaring segala kotoran yang bersirkulasi bersama freon. Penyaringan ini sangat penting karena jika dibiarkan maka kotoran bisa mengganggu jalannya aliran freon. Sedangkan fungsi dryer filter yang kedua adalah untuk menyerap air yang terkandung pada freon. Air yang tidak terserap secara sempurna berpotensi mengalami pembekuan ketika melewati ekspansi valve. Pembekuan tersebut akan mengakibatkan saluran ekspansi valve tersumbat

Komponen AC Mobil yang Mudah Rusak

Nah setelah #Masbro semua tahu komponen apa saja di dalam mobil, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengidentifikasi komponen apa saja yang mudah rusak pada AC Mobil kalian. Untuk itu, dalam artikel ini mari kita bahas bersama-sama komponen yang rentan mengalami kerusakan pada AC Mobil Anda.

Kompresor

Salah satu jenis kerusakan pada AC Mobil yang sering terjadi adalah kerusakan pada kompresornya. Kompresor ini berfungsi menekan gas panas (refrigerant atau freon) so that mampu membuang panas dan udara lembab dalam kabin Mobil. Bila kita tidak teliti dan rutin melakukan perawatan komponen ini akan cepat rusak dan menjalar ke seluruh komponen lainnya lhoo.

Dry Filter AC Mobil rusak

Komponen AC Mobil lainya yang mudah rusak adalah komponen dry filternya. Sesuai standar pabrik, dry filter ini harus diganti setiap jarak tempuh Mobil mencapai 3000 km lebih. Jadi #SahabatRotary harus teliti dalam hal ini, bila tidak segera diganti atau dilakukan service dry filter AC Mobil secara rutin bisa-bisa berakibat fatal pada AC Mobil Anda.

Nah! Kiranya kita tidak perlu panjang lebar dalam membahas penyebab kerusakan AC Mobil ini. Sebab kita sudah menemukan alasan mengapa Service Dry Filter AC Mobil ini penting untuk dilakukan.

Penyebab Kerusakan Dryer Filter AC Mobil?

Setelah kita mengetahui komponen apa saja yang mudah rusak pada AC Mobil, langkah selanjutnya mari kita identifikasi apa saja penyebab kerusakan pada Dry Filter AC Mobil Anda. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Salah satunya penyebab kerusakan Dry Filter adalah kurangnya perawatan pada AC Mobil. Kebiasaan buruk yang paling sering ditemui adalah pemilik kendaraan jarang sekali melakukan perawatan AC mobil secara rutin, so berbagai macam komponen yang ada di dalamnya menjadi tidak terawat. Jika sudah begini maka tidak heran biaya yang dihabiskan untuk perbaikan menjadi lebih banyak.
  • Kabin mobil kotor. Kondisi kabin mobil yang sangat kotor tentu akan sangat berpengaruh pada dry filter, sebab sebagaimana kita singgung di atas bahwa dry filter AC Mobil ini berfungsi menyaring kotoran debu dari luar agar tidak masuk ke evaporator. Nah! Kondisi kabin mobil yang kotor tentu akan sangat berpengaruh pada beratnya kinerja dari dry filter ini, semakin berat kinerja dry filter AC Mobil semakin mudah pula terjadi kerusakan pada komponen ini.

Masalah yang Bisa Terjadi Ke Dryer Filter AC Mobil?

Adapun masalah-masalah yang sering timbul pada Dry Filter AC Mobil ini salah satunya adalah adanya penyumbatan atau masalah yang lainnya di sekitar dryer filter. Masalah ini bisa membuat angin yang keluar dari kisi-kisi AC mobil menjadi seperti kabut atau asap. Selain itu, Dryer Filter yang tersumbat kotoran juga bisa membuat suhu yang terasa menjadi berbeda. Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan penggatian Dryer Filter dengan yang baru.

Tak hanya kotoran, material lain juga bisa menjadi penyebab komponen yang satu ini menjadi tersumbat. Salah satunya adalah batu silika receiver yang terlepas dari tempatnya, so saluran freon akan menutup dan aliran freon menjadi terhambat.

Batu silika pada komponen ini terbungkus dan memiliki fungsi untuk menyaring kotoran. Jika bungkus silika mengalami kebocoran maka bukan menjadi hal yang mustahil jika batu silika tersebut akan masuk ke berbagai komponen pada AC.

Baca juga : Rekomendasi Bengkel Mobil Jago dan Jujur.

Alat Penyaring Freon yang Sudah Berubah Menjadi Cair

Letak Dryer Filter ini berada di antara kondensor dan ekspansi valve, fungsi dari alat ini adalah sebagai  alat penyaring freon yang sudah berubah menjadi cair. Komponen yang satu ini memiliki beberapa komponen yang lain di dalamnya, komponen-komponen tersebut adalah filter, desiccant, sight glass, dan fusible plug.

Perlu diketahui bahwa untuk mobil keluaran terbaru yakni tahun 2003 ke atas, peletakan dryer filter ini sudah terpisah dengan sight glass, yakni pada pipa dengan ukuran 3/8. Pemasangan sight glass yang menyatu dengan dryer filter ini diterapkan pada mobil buatan tahun 2000.

Apa Dampak Kalau Dryer Filter Bermasalah Pada AC Mobil?

Salah satu komponen yang sangat dimungkinkan mengalami masalah pada mobil adalah Dry Filter AC Mobil. Masalah tersebut berupa penyumbatan di sekitar area Dryer Filter. Adapun penyebabnya adalah dikarenakan freon yang telah mencair mengalir ke Dryer Filter yang kuantitasnya melebihi oli. Alhasil supply freon ke Dry Filter AC Mobil terlalu banyak. Freon tersebut jika terlalu lama berada pada area Dryer Filter akan mengalami pembekuan, pembekuan tersebut akan menggumpal pada area ekspansi so efeknya akan menimbulkan kabut atau asap yang merusak hawa AC Mobil.

Not only that, silika Dryer Filter juga bisa menjadi penyebab Dryer Filter menjadi tersumbat. Silika tersebut bisa terlepas dari tempatnya so saluran freon akan tertutup dan aliran freon menjadi terhambat.

Ketika Ac mobil panas atau ac tidak dingin tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi Anda saat berkendara. Di musim panas tentu Anda akan merasa bagaikan di dalam oven dan saat musim hujan pun Anda juga akan kesulitan dalam berkendara karena kaca depan berembun so dapat menutupi pandangan saat berkendara.

Sistem AC Mobil yang kotor yang disebabkan ausnya kompresor pada AC, akan mengakibatkan AC Mobil tersumbat atau buntu. Alhasil kotoran yang seharusnya bersirkulasi dalam AC Mobil menjadi terkumpul dalam komponen AC yang mengakibatkan kerusakan pada komponen yang ada. Sistem sirkulasi AC Mobil tersebut umumnya bisa dilihat melalui sight glass.

Pada banyak masalah AC mobil panas yang disebabkan karena sistem tersumbat, kotoran dari keausan Kompresor AC akan terkumpul di dalam Dry Filter dan terjadi saluran yang sempit dalam Dry Filter , so that Dry Filter berubah fungsi menjadi expansi valve. 

Ini Gejala sistem ac mobil tersumbat dan menyebabkan ac mobil panas

  1. Adanya pengabutan pada freon. Pengabutan ini disebabkan oleh sumbatan berupa kotoran yang tidak terlalu banyak pada Dry Filter. Masalah ini akan menyebabkan tabung Dry Filter bersuhu dingin, normalnya suhu Dry Filter harus selalu panas. 
  2. Ciri selanjutnya adalah ketika Dry Filter yang seharusnya kering terlihat mengeluarkan embun di dinding receiver drier.
  3. Pipa saluran tekanan tinggi AC mobil akan terbentuk embun dan terasa dingin ketika disentuh. Umumnya untuk AC mobil yang bekerja normal hanya pipa ac tekanan rendah akan terlihat berembun.
  4. Jika dilakukan pengukuran tekanan freon pada tekanan tinggi setelah Dry Filter,  tekanan menjadi lebih rendah dari tekanan normal saat AC mobil bekerja. 
  5. Kondensor AC akan lebih panas dibandingkan saat AC mobil bekerja dengan normal.

Untuk membedakan antara pipa tekanan tinggi dengan pipa AC tekanan rendah bisa dilihat dari bentuk fisik nya, kalau pipa AC tekanan rendah diameter atau ukuran pipa lebih besar dari pipa AC tekanan tinggi.

Efek yang ditimbulkan akibat dari Dry Filter terlalu banyak kotoran, secara keseluruhan akan membuat ac mobil panas, ac tidak dingin, atau ac kurang dingin.

Kalau Dry Filter sudah pada tahapan tersumbat oleh keausan kompressor, biasanya disertai kompresor bunyi ngorok atau kompresor AC berisik saat AC mobil hidup. Jika sistem AC mobil tersumbat adalah dengan membongkar dan bersihkan semua komponen sistem AC mobil, bersihkan pipa-pipa, bersihkan evaporator dan expansi valve, bersihkan saluran dalam Kondensor, Check kompresor serta ganti Dry Filter.

Beberapa kerusakan yang bisa terjadi pada Receiver (Filter Dryer)

Receiver atau Dry Filter adalah alat yang berfungsi sebagai pemisah antara kadar air freon dan penyaring kotoran dari luar yang terbawa bersamaan dengan refrigerant. Dapat dibayangkan jika receiver sudah terlampau kotor, maka Dry Filter akan tersumbat oleh kotoran, so dapat berpengaruh pada sistem sirkulasi refrigerant. Ibarat darah yang tidak bersirkulasi, akan sangat berbahaya bagi tubuh. Umumnya masalah yang terjadi pada receiver adalah sebagai berikut:

  1. Dry filter tersumbat oleh kotoran, untuk mengetahui indikasinya, Anda dapat memeriksanya dengan memegang  pipa masuk dan keluar Dry Filter AC Mobil Anda. Rasakan suhu yang terdapat pada pipa masuk dan keluar receiver, apakah ada perbedaan suhu atau tidak. setelah melakukan pemeriksaan dan Anda merasakan adanya perbedaan suhu dari sebelumnya, maka dapat dipastikan kalau Dry Filter Anda perlu diganti atau Anda harus melakukan service Dry Filter AC Mobil.
  2. Batu silika receiver terlepas dari tempatnya, so that dapat menutup saluran refrigerant dan menghambat aliran refrigerant. Menurut standarnya, batu silika pada Dry Filter harus terbungkus. Nah! Jika bungkus batu silika tersebut mengalami kebocoran, maka batu silika akan masuk ke komponen-komponen AC lainnya.

Silahkan baca 16++ Dampak Kerusakan Komponen AC Mobil dan Cara Mengatasi

Cara Membersihkan Dryer AC Mobil

Setelah membahas mengenai kompresor AC serta Evaporator pada AC mobil. Dalam artikel kali ini Dokter Mobil sebagai specialist AC mobil akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai cara membersihkan dryer AC mobil yang dapat anda manfaatkan dalam merawat AC mobil anda. Sebenarnya ada banyak sekali komponen dalam sistem pendingin atau AC mobil anda, but pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara membersihkan dryer AC karena dryer merupakan salah satu komponen yang cukup penting.

Komponen yang satu ini sebenarnya memiliki nama receiver dryer namun lebih akrab disebut dengan dryer atau filter. Adapun fungsinya adalah untuk menyaring kotoran serta air yang ikut terbawa saat terjadi proses sirkulasi bersama dengan refrigerant. Di dalam sebuah receiver dryer terdapat dua komponen penting yakni dryer atau pengering dan juga filter.

Receiver dryer tersebut berguna untuk menyaring kotoran, so that is kotoran tidak masuk ke dalam katup ekspansi. Dengan begitu telah jelas bahwa receiver dryer merupakan salah satu komponen penting selain kompresor serta evaporator pada sistem pendingin atau AC mobil Anda.

Tahap Service Dry Filter AC Mobil Secara Mandiri
  1. Lakukan pemeriksaan rutin pada Dryer Filter AC Mobil Anda. Dalam pemeriksaan receiver Dryer type terpisah dengan kondensor ini, kebanyakan bertipe T atau tipe L. Selain itu, anda juga harus memeriksa mengenai kemungkinan adanya bekas oli AC yang tertinggal di sekitar sambungan In Out. Pemeriksaan tersebut sangat berguna karena pada bagian ini sangat sering terjadi kebocoran Freon maupun oli yang diakibatkan oleh sil yang mengeras maupun sambungan pipa AC yang terhubung tidak pas.
  2. Selain itu, melalui sight glass yang terletak di atas dryer filter Anda dapat memastikan kondisi Freon AC Mobil. Bila sight glass terlihat bersih, artinya freon baik-baik saja. Sebaliknya, bila terlihat kotor maka Anda perlu melakukan service Dry Filter AC Mobil Anda.
  3. Selanjutnya Anda juga harus melakukan service Dry Filter AC Mobil Anda sendiri secara berkala dengan cara membersihkan soket kabel pressure switch apa terhubung dengan baik atau tidak. Hal tersebut juga sangat berpengaruh pada kinerja receiver dryer dan dapat mengganggu kinerja AC jika sambungannya tidak pas. Itulah sedikit cara membersihkan Dryer AC Mobil anda sehingga AC mobil anda bekerja secara maksimal dan lebih awet tentunya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat membersihkan receiver dryer mobil anda.
Service Rutin dapat mencegah Dryer Filter AC Mobil Bermasalah

So, melihat ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa masalah yang terjadi pada Dryer Filter akan berdampak pada AC Mobil. AC Mobil yang bermasalah tentu akan sangat berdampak pada kenyamanan penumpang, bahkan AC Mobil yang bermasalah bisa menyebabkan gangguan keamanan pada penumpang. Oleh karena itu cegah dry filter AC mobil bermasalah dengan service rutin sehingga kondisi Dryer Filter akan tetap terjaga.

Itulah sedikit ulasan tentang cara mengatasi Dry Filter AC mobil Anda ketika bermasalah.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?

Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?

Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Blog

ac mobilAC Mobil BermasalahDryer Filter AC MobilDryer Filter bermasalahservice ac mobilService AC mobil panggilanSpare Part AC Mobil

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?