5 Spare Parts AC Mobil yang Utama Apa Saja? - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Apa Saja Spare Parts AC Mobil yang Terpenting?

Air Conditioner atau biasa dikenal dengan AC saat ini menjadi kebutuhan sekunder masyarakat khususnya masyarakat perkotaan. Alat pendingin ini biasanya terpasang pada kantor, toko, mall dan masih banyak tempat lainnya.

Kini AC Mobil juga dipasang pada semua merek dan tipe kendaraan roda empat atau mobil sebagai salah satu fasilitas penunjang transportasi. Alat ini dirasakan sangat perlu mengingat cuaca yang panas dan kemacetan yang dapat membuat stress sehingga dapat menyejukan keadaan mobil.

5 Spare Parts AC Mobil yang Utama Apa Saja

Lalu apakah ada perbedaan antara sistem kerja AC mobil dibandingkan dengan AC lainnya?

Secara umum tidak jauh berbeda. Tetapi penting untuk tahu bagaimana cara kerja AC Mobil. Tentunya khusus pengguna mobil dapat gunakan informasi ini sewaktu-waktu jika diperlukan. Setidaknya kita sudah mengerti walaupun kita tidak dapat memperbaikinya sendiri.

Jika anda ingin memperbaiki AC mobil anda, datang saja ke Bengkel AC mobil Rotary bintaro. Karena menyediakan berbagai macam pelayanan seperti booking service online dan jual spare parts AC Mobil murah dan berkualitas untuk mobil kesayangan anda. Buat Anda yang butuh daftar harga spare parts ac mobil murah. Bisa langsung menghubungi disini.

Sebelum mengetahui tentang cara kerja sistem AC mobil, sebaiknya kita mengetahui kualitas dan harga jual spare parts AC mobil murah yang dijual dipasarin.

Nah, kembali ke judul berikut penjelasan sistem kerja beserta dengan fungsinya.

Apakah Itu Kompresor AC Mobil, Bagaimana Cara Kerjanya Serta Apa Manfaatnya?

1. Kompressor AC

Kompresssor ini memiliki fungsi untuk mengalirkan refrigerant atau freon media pendingin dalam sistem AC mobil. Kompressor ini digerakkan oleh mesin mobil. Kompresor biasanya juga didefinisikan sebagai alat mekanis yang bertugas untuk melakukan penghisapan uap refrigeran dari evaporator.

Kemudian melakukan penekanan atau compress dan dengan demikian suhu dan tekanan uap tersebut menjadi lebih tinggi. Jika Kompressor AC mobil anda bermasalah sudah seharusnya anda bawa ke bengkel AC mobil. Kita sebaiknya membawanya ke bengkel service AC mobil yang terjamin kualitasnya, seperti bengkel AC Mobil Rotary Bintaro.

Untuk harga jual spare parts AC mobil yang satu ini. Berikut 3 kisaran perbedaan harganya:
1.Kompresor Toyota All New Avanza Veloz Denso : Rp. 1.800.000 – Rp. 1.950.000
2.Kompresor Toyota Innova Bensin Double Denso : Rp. 2.100.000 – Rp. 2.300.000
3.Kompresor Chevrolet Spin Denso (Full Set) : Rp. 4.275.000

kondensor-toyota-fortuner-bensin

2. Kondensor

Kondensor atau condenser pada AC mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor AC mobil. Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah gas freon menjadi cair.

Ketika kondensor kita terlalu panas, kipas kondensor tidak akan bekerja secara maksimal. Dan jika itu terus menerus terjadi maka akan merusak kondensor itu sendiri. Maka dari itu kenali gejala yang terjadi pada AC mobil anda sebelum terjadi kerusakan parah.

Dan ketika AC mobil anda mengalami kendala ataupun kerusakan. Sebaiknya anda cepat bawa ke bengkel AC mobil yang terjamin pelayanannya. Rotary bintaro bisa jadi Bengkel AC mobil pilihan.

dryer-filter-hyundai-getz

3. Filter Dryer

Filter dryer adalah spare parts AC Mobil yang utama selanjutnya. Filter dryer berfungsi sebagai penampung sementara freon yang telah berubah menjadi  cair oleh kondensor.  Filter dryer juga berfungsi sekaligus penyaring dan pengering uap air di dalam sistem ac mobil.

Selain filter dryer ada lagi yang namanya filter kabin.

Filter kabin adalah penyaring debu yang letaknya di belakang laci kabin sebelah kiri. Fungsinya supaya debu tidak masuk kedalam evaporator. Karena seiring berjalannya waktu dan pemakaian AC mobil. Cepat lambat AC mobil pasti akan kotor.

Nah jika tidak ada filter blower di mobil otomatis debu / kotoran akan masuk ke evaporator melalui motor blower.

expansi-valve-mazda-2-ori6

4. Expansi Valve

Perlu diketahui bahwa Expansi Valve atau katup ekspansi adalah salah satu komponen penting yang ada pada AC mobil. Gunanya untuk menurunkan suhu dan tekanan yang ada pada refrigerant/freon yang ada pada AC mobil pada saat sirkulasi. Setelah freon tersebut dipompa oleh kompresor maka selanjutnya akan dirubah bentuknya menjadi cair oleh kondensor AC mobil.

Selain itu fungsi lainya adalah merubah bentuk dari freon yang berbentuk cair. Freon ini memiliki tekanan tinggi ke gas yang memiliki tekanan yang lebih rendah. Caranya melewati penguapan setelah melewati saluran yang sempit yang berada pada katup ekspansi. Penguapan freon yang berbentuk cair dengan tekanan tinggi yang terjadi didalam evaporator.

Untuk letaknya, biasanya  katup ekspansi ini berada pada saluran masuk sebelum evaporator. Sedangkan untuk jenis katup ekspansi yang ada pada AC mobil memiliki dua macam tipe yang banyak dijumpai yaitu dengan sensor panas dan tipe orifice tube.

Katup ekspansi pada AC mobil ini tergolong komponen yang jarang mengalami kerusakan, adapun jika sampai terjadi kerusakan itu disebabkan karena kurangnya perawatan sehingga kotor dan keausan pada bagian kompresor AC mobil. Gejala jika ketup ekspansi ini rusak biasanya udara yang keluar pada AC mobil rasanya tidak terlalu dingin walaupun ada udaranya yang keluar.

Jika sudah terjadi seperti ini lebih baik segera membawa mobil anda ke tukang AC yang sudah berpengalaman.

evaporator-chevrolet-orlando-2

5. Evaporator

Evaporator atau biasa disebut cooling unit adalah salah satu komponen AC Mobil yang paling penting. Di dalam evaporator terjadi penguapan pada ekspansi valve (katup ekspansi). Kemudian disalurkan ke dalam evaporator dalam bentuk udara dingin pada sisi evaporator. Hembusan angin pada blower akan melewati  kisi evaporator dan akan membawa udara dingin yang menyejukan kabin mobil anda.

Blower di sini berfungsi sebagai alat yang memastikan sirkulasi udara di dalam kabin mobil. Lalu melewati evaporator yang dingin saat AC mobil dihidupkan. Sebagai komponen yang cukup penting.

Pada akhirnya semua kerusakan itu akan berakhir pada perbaikan. Untuk itu anda perlu jasa service yang terbaik dan berpengalaman dan toko jual spare parts AC mobil murah dan berkualitas. Rotary Bintaro hadir untuk member solusi masalah AC mobil anda.

Semoga berguna.

Senang bisa berberbagi

Tinggalkan Balasan