7 Cara Mudah Merawat Mobil Matic Supaya Performanya Tetap Oke - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Merawat mobil sudah menjadi salah satu kewajiban para pengguna mobil agar mesin mobil tetap awet. Misalnya, mobil matic. Mobil yang hadir dengan segala kemudahan dalam menyetir ini perlu mendapat perawatan lebih, sama seperti mobil pada umumnya.

Di balik kemudahan yang diberikan, ternyata mobil matic termasuk mobil yang mudah rusak, terutama bagian tuas transmisinya. Agar performa mobil matic tetap oke, berikut 7 cara mudah merawat mobil matic yang perlu Anda lakukan.

1. Rutin Memanaskan Mesin Sebelum Bepergian

Memanaskan mobil sebelum bepergian kedengarannya memang sepele, namun jika hal ini diabaikan, kinerja mesin mobil matic kemungkinan akan terganggu. Agar kinerja mesin tetap oke, panaskan mesin selama beberapa menit sebelum Anda berangkat kerja. Pastikan tuas transmisi berada di posisi Netral (N) sebelum Anda menghidupkan mesinnya ya.

2. Mengganti Oli Mesin Secara Teratur

Mengecek oli sangat penting untuk mengetahui kondisi oli yang sebenarnya, apakah masih bersih atau sudah kotor. Bila oli mesin sudah kotor, alangkah baiknya untuk diganti agar sistem transmisi pada mobil tetap terjaga. Sehingga berkendara pun jauh lebih aman dan nyaman, terutama saat menempuh perjalanan yang lumayan jauh.

3. Menggunakan Perseneling Secara Teliti

Cara mudah merawat mobil matic berikutnya adalah meneliti penggunaan perseneling. Jangan gunakan perseneling saat mobil mati atau berhenti. Jika Anda memaksa kinerja perseneling, yang ada perseneling pun jadi cepat rusak. Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan perseneling saat hendak memarkirkan mobil. Tindakan ini akan berakibat pada kerusakan bagian pedal dan kopling mobil. Jadi, pastikan mobil sudah berhenti terlebih dahulu sebelum tuas transmisi diubah ke posisi parkir ‘P’.

4. Memperhatikan Kinerja Transmisi Mobil

Sebagai pemilik kendaraan, Anda juga perlu memperhatikan kinerja transmisi mobil. Atur transmisi sesuai dengan keadaan. Kalau semisal Anda ingin mengerem, pindahkan tuas transmisi ke posisi R, begitu seterusnya. Dengan demikian, maka kinerja transmisi mobil pun tetap membaik.

5. Mengganti Oli Transmisi Saat Terkena Banjir

Setelah menggunakan mobil untuk menerjang derasnya hujan, Anda wajib memperhatikan seluruh komponen untuk mengecek apakah ada kerusakan atau tidak. Satu hal yang tidak kalah penting yaitu lakukan penggantian oli transmisi saat berkendata di kondisi cuaca yang ekstrim (hujan). Sehingga kinerja transmisi tetap oke dan terhindar dari macet.

6. Melakukan Uji Jalan

Cara mudah merawat mobil matic selanjutnya adalah melakukan uji jalan. Sama halnya saat membeli mobil baru. Anda perlu melakukan hal yang sama secara rutin, misalnya sekali sebulan. Caranya dengan mengendarai mobil sambil memindahkan bagian perseneling. Tujuannya untuk mengetahui apakah perseneling baik-baik saja atau ada masalah.

Apabila bagian perseneling mengeluarkan bunyi bising dan menimbulkan getaran kecil saat berkendara, itu artinya bagian perseneling mengalami masalah. Kalau sudah begini, Anda bisa membawa mobil ke ‘salon’ untuk segera diperbaiki. Kalau Anda paham tentang dunia otomotif, silahkan perbaiki sendiri.

Booking Service7. Menservis Mobil Secara Rutin

Satu cara mudah merawat mobil matic yang tidak boleh diabaikan oleh seluruh pemilik mobil adalah servis. Dengan servis secara rutin, maka kendaraan pun akan otomatis di update. Apabila ada kerusakan atau komponen yang copot dari bagian inti, kerusakan tersebut dapat segera diatasi. Sehingga performa mobil tetap oke, berkenda pun jadi lebih nyaman.

Merawat mobil matic tidaklah sulit. Cukup dengan 7 cara mudah merawat mobil matic di atas, performa mobil pun akan selalu terjaga. Agar tidak keliru saat menggunakan mobil matic, Anda juga bisa membaca buku pedoman penggunaan mobil matic agar terhindar dari kesalahan saat berkendara.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Sebelum Beli Chevrolet Captiva, Baca Kelebihan dan Kekurangannya!
Next Post 7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menyetir Mobil Manual

Tinggalkan Balasan