AC Bau Pada Mobil dan Penyebabnya

AC bau merupakan masalah yang mengganggu yang umumnya terdapat pada kendaraan yang tidak rutin melakukan service AC. AC bau tersebut tentu ada penyebabnya di mana bila dibiarkan akan merusak AC mobil tersebut dalam jangka panjang. Selain kondisi AC bau tidak membuat nyaman yang mengendarai mobil juga dapat menyebabkan penyakit. Umumnya sakit yang akan dialami adalah seperti radang tenggorokan, batuk, hingga penyakit paru-paru.

Baca juga : Harga Service AC Mobil Berdasarkan Kerusakan dan Perbaikannya?

Oleh karenanya perlu diketahui apa saja yang menyebabkan AC bau pada mobil, sehingga kesehatan dan kenyamanan pengguna mobil tetap terjamin. Berikut hal-hal yang menyebabkan AC bau pada mobil anda, antara lain :

  1. Debu yang terdapat pada filter AC

Aliran udara segar yang dialirkan melalui filter AC akan terhambat bila terdapat debu dalam filter tersebut. Walaupun filter berfungsi menyaring kotoran namun bila tidak dibersihkan akan menyebabkan bau yang tidak sedap mengalir ke dalam kabin mobil. Sebaiknya rutin dibersihkan minimal satu kali dalam sebulan. Selain itu bagian evaporatornya pun sama minimal dibersihkan setiap 1 tahun.

  1. Polusi yang terhisap

Indonesia adalah Negara berpolusi tinggi, maka dari itu sangat tidak cocok apabila kita mengaktifkan / stel posisi sirkulasi angina luar dari dashboard, itu akan menyebabkan udara bau dari luar seperti knalpot / bau kali masuk kedalam mobil, namun ada juga yang keluhan nya ketika posisi tombol sirkulasi sdh di stel ke dalam namun bau dari luar tetap tetap masuk, itu disebabkan oleh bocor nya ventilator udara pada box blower solusinya adalah service ac dan menganti busa ventilator tsb.

  1. Evaporator Kotor

Evaporator kotor dan berlendir juga akan membuat bertumbuh nya jamur dan spora dan akan menjadi pemicu bau yang tidak sedap pada ac mobil, umumnya karena penyebab ini dapat mengakibatkan keluhan bau asem yang dapat timbul sesekali dalam sehari atau kalau sudah parah akan tercium bau secara berkesinambungan.

  1. Parfum

Sebagian pemilik mobil pasti akan menggantungkan pengharum untuk menjaga kondisi pengendara mobil tetap nyaman. Tahukah anda ternyata merk parfum juga memiliki beberapa kualitas yang berbeda-beda, ada yang parfum murahan dengan kadar alcohol tinggi dapat menyebabkan bau asem jika digunakan dalam jangka panjang didalam mobil.

  1. Bau oli/Freon.

Hal ini disebabkan karena adanya kebocoran Freon pada evaporator yang mengakibatkan keluarnya oli, sehingga baunya akan bercampur ke dalam ruangan kabin mobil, dan ini sangat membahayakan kesehatan dari pengendara maupun penumpang didalam mobil, karena Freon itu adalah kandungan zat kimia, jjika ada kebocoran didalam mobil maka pasti akan langsung terhirup oleh orang yang ada didalam mobil secara langsung.

Baca juga : Bengkel AC Mobil Kedoya Cara Hemat Merawat Mobi

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan AC mobil bau tersebut, pemilik mobil dapat mengatasinya dengan selalu menjaga kebersihan dan menjaga kepekaan terhadap gejala-gejala yang tidak umum ketika mencium bau yang tidak sedap pada saat AC mobil menyala. Oleh karena itu, sebaiknya anda rutin dalam melakukan service AC agar suhu udara tetap terjaga kebersihannya dengan dilakukan cuci AC pada saat service tersebut dilakukan. Jadi lakukan control ac mobil anda setiap 6 bulan sekali.

Tinggalkan komentar