Apa Itu Kompresor AC Mobil dan Bagaimana Cara Kerjanya? - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Pengguna Mobil Perlu Cari Tahu Cara Kerja Mobilnya Biar Bisa Merawatnya

Jadilah pengguna mobil yang bijak. Tidak hanya sekedar memakai tetapi juga bisa merawat. Nah, langkah awalnya itu dengan membaca tulisan-tulisan tentang mobil dan spare partsnya. Itulah salah satu tulisan ini dibuat. Dalam tulisan ini kita akan bahas tentang kompresor AC mobil.

Apa Itu Kompresor AC mobil?

Jika kita pengguna mobil dengan fasilitas AC didalamnya, tentu sudah tidak asing mendengar apa itu kompresor. Lalu apa sih kompresor AC mobil? Apakah kompresor AC mobil merupakan spare parts yang berfungsi cukup besar peranannya dalam sistem AC mobil?

Berikut ini adalah ulasan mengenai kompresor AC mobil:

Fungsi Utama Kompresor AC Mobil

Fungsi utama kompresor AC mobil adalah menghisap freon pada tekanan rendah dan mendistribusikannya ke kondensor dalam tekanan dan suhu tinggi. Secara garis besar fungsinya yakni mengkompres suhu dan tekanan refrigerant yang akan disalurkan ke kondensor.

Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil bekerja mengikuti system pergerakan mesin mobil. Cara kerjanya yakni menghisap refrigerant yang di salurkan melalui pipa low dari evaporator lalu menekan gas refrigerant menuju kondensor AC mobil melalui pipa high pressure.

Fungsi Compressor layaknya fungsi jantung pada tubuh manusia dan refrigerant sebagai darahnya. Kompresor memiliki dua saluran, yaitu saluran hisap atau yang disebut suction dan saluran buang  atau yang disebut discharge. Saluran hisap dihubungkan dengan evaporator dan merupakan sisi bertekanan rendah, sedangkan pada saluran buang dihubungkan dengan kondensor dan merupakan sisi bertekanan dan bersuhu tinggi.

Refrigeran dalam fase gas pada tekanan dan temperature rendah dihisap oleh compressor menggunakan saluran hisap kemudian dimampatkan menjadikan tekanan dan temperaturnya semakin naik selanjutnya yang selanjutnya di alirkan ke condensor melalui saluran buang. Jika kompresor sudah lemah maka pperforma AC mobil akan menurun, dan hal tersebut dapat dilihat dari alat bantu pengukur tekanan pada AC (manometer). Adapun compresor yang saat ini beredar di pasaran umumnya terdapat 2 merk ternama yakni Denso (ND), dan Sanden (SD).

Kondensor adalah bagian dari system sirkulasi AC mobil setelah kompressor, bagian ini berfungsi mendinginkan freon yang dialirkan kedalam evaporator, prinsip kerja condensor ini adalah menghisap dingin lalu mengeluarkan panas, maka bagian condensor ini jika disentuh dengan tangan akan terasa panas.Pada bagian condensor ini freon yang tadinya berbentuk uap dan ditekan oleh compresor akan diubah menjadi cair. ini disebabkan karena freon mengalami proses pendinginan atau kondensasi.

Bagian Bagian Terpenting Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil memiliki beberapa bagian,diantaranya adalah :

  • Tutup Depan Kompresor

Berfungsi melindungi bagian dalam kompresor dan menahan tekanan refrigerant yang berada didalam ruang kompresi.

  • Body Kompresor
  • Piston Kompresor

Piston kompresor berfungsi membuat tekanan dan suhu tinggi pada refrifreant yang selanjutnya akan di distribusikan ke arah kondensor.

  • Tutup Belakang Kompresor

Berfungsi melindungi bagian dalam kompresor dan menahan tekanan refrigerant yang berada didalam ruang kompresi.

  • Valve Out

Valve out berfungsi untuk mengeluarkan refrigerant yang di proses didalam ruang kompresi. Valve out ini di sambungkan dengan kondensor menggunakan pipa yang mampu menahan suhu dan tekanan tinggi.

  • Valve In

Valve in verfungsi kebalikan dari valve out. Yakni menyerap refrigerant yang  akan di proses didalam ruang kompresi. Valve out ini disambungkan dengan evaporator menggunakan pipa yang digunakan untuk mendistribusikan refrigerant bertekanan dan bersuhu rendah.

  • Trust Bearing / Laker Bambu
  • Kruk As
  • Ruang Kompresor

Ruang kompresor berfungsi menjadi tempat pemprosesan tekanan dan suhu tinggi,yang selanjutnya akan di salurkan ke kondensor.

  • Magnet Kompresor
  • Pully

Pully ini berfungsi untuk menggerakkan motor kompresor. Pully disambungkan menggunakan venbelt yang disambungkan juga ke bagian alternator.

  • Clucth Kopling

Jenis Jenis Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil ada 2 tipe,yakni jenis rotary dan jenis piston. Dilihat dari ukurannya,kompresor untuk jenis rotary berukuran lebih kecil meskipun memiliki PK yang sama. Selain itu Kompresor rotary bekerja dimana sebuah rotor berputar di dalam stator dengan memanfaatkan kompresi dan juga menekan gas yang berasal dari ruang chamber. Kemudian dari ruang chamber diarahkan menuju ke saluran tekan yang berdiameter kecil untuk menurunkan volume gas.

Sedangkan kompresor piston bekerja layaknya sebuah system mesin kendaraan. Cara kerjanya, saat piston bergerak ke bawah, ruangan di atas piston volume membesar menjadikan tekanan turun kemudian katup pemasukan bergerak membuka. Refrigerant terhisap masuk ke poros engkol yang berputar yang akan menggerakkan piston untuk bergerak ke atas. Tekanan di atas piston naik dan menyebabkan katup pengeluaran membuka sehingga refrigeran terdorong keluar menuju ke kondensor.

Demikian ulasan mengenai kompresor AC mobil. Selalu rawat kompresor AC mobil kita untuk menjada performa AC mobil . Untuk bengkel Ac mobil yang menyediakan kompresor berkualitas dengan harga bersaing,anda dapat menghubungi bengkel spesialist Ac mobil Rotary Bintaro yang berlokasi di Jl. RC Veteran No. 1A, Bintaro Raya, tanah kusir, Jakarta Selatan . Memiliki ruang tunggu yang nyaman,teknisi berpengalaman dan kemudahan bertransaksi. Tunggu apa lagi,dapatkan penawaran terbaik untuk solusi kenyamanan berkendara anda!

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Ternyata Ada 7 Penyebab Spare Parts AC Mobil Gampang Rusak
Next Post Daftar Harga Spare Parts AC Mobil Murah Berdasarkan Merek Mobil

Tinggalkan Balasan