Bagaimana Cara Tahu Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak?

Cara Mudah Mengetahui Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

Kompresor merupakan salah satu komponen yang paling penting pada sistem AC mobil. Fungsi kompresor AC mobil adalah untuk mengalirkan freon ke seluruh sistem AC mobil dengan menaikkan tekanan freon.

Kompresor adalah komponen yang juga bisa mengalami kerusakan. Banyak kasus terjadi di mana para pemilik mobil merasakan AC pada mobilnya. Seperti AC mobil tidak mengeluarkan udara dingin atau terdengar suara berisik saat AC mobil dihidupkan.

Bagaimana Cara Tahu Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak1 (3)

Untuk memastikan apa penyebab kompresor AC mobil rusak, pada saat service kompresor AC mobil digunakan beberapa cara. Mari kita lihat bagaimana cara untuk mengetahui penyebab kompresor AC mobil resak.

Cara Mengetahui Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

1.Menggunakan Manometer

Manometer adalah suatu alat yang digunakan untuk menganalisa kinerja AC mobil. Dengan alat ini segala jenis kerusakan pada komponen AC mobil seperti kompresor, bisa langsung diketahui.

Bagaimana cara kerjanya?

Manometer mempunyai dua macam pengukur, yaitu pengukur tekanan rendah dan pengukur tekanan tinggi. Manometer akan mempelihatkan tekanan freon yang dipompa dan dihisap oleh kompresor.

Jika AC mobil yang bekerja dengan baik maka pengukur tekanan rendah akan menunjukkan ke angka kisaran 15-45 psi. Sedangkan, pada pengukur tekanan tinggi akan menunjukkan angka pada kisaran 150-250 dalan satuan psi. Dari indikasi tersebut bisa disimpulkan kalau tekanan pada freon dan performa kompresor bekerja efektif.

Bagaimana Cara Tahu Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak1 (2)

Sebaliknya, jika pada tekanan rendah menunjukkan pada angka di atas 50 psi dan tekanan tinggi di angka kurang dari 175 psi. Maka dapat disimpulkan kalau kompresor dan sistem komponen AC lainnya sedang bermasalah.

Adapun saat AC mobil dalam kondisi dimatikan dan manometer tidak menunjukkan angka berapapun. Dengan kata lain ukuran tekanan rendah dan tekanan tinggi tetap menunjukkan angka nol, maka bisa dikatakan bahwa freon sudah habis.

Masalah lain pada kompresor AC mobil yang bisa dianalisa oleh manometer yaitu adanya gejala yang menandakan AC tidak dingin ketika mesin pada kondisi berhenti. AC mobil akan kembali dingin tetapi rpm harus di atas 1.500RPM. Tetapi jika kerusakan kompresor sudah rusak sangat parah, mobil digas seberapa tinggi pun AC tidak akan dingin.

Kasus seperti di atas jika dilihat dengan manometer, pengukur tekanan rendah akan menunjukkan angka di atas 55 psi, sedangkan tekanan tinggi di bawah 175 psi. Dengan melihat gejala kerusakan pada kompresor tersebut, dapat disebabkan oleh beberapa hal. Kerusakan bisa disebabkan oleh klep/valve kompresor patah, piston baret rusak, dan kompresor aus.

Solusi terhadap kerusakan yang terjadi pada kompresor AC mobil anda adalah dengan membawanya ke bengkel service kompresor AC mobil. Dan pastikan bengkel yang anda tuju juga jual kompresor AC mobil. Untuk berjaga-jaga kalau seandainya kompresor harus diganti tapi bengkel tersebut ternyata tidak jual kompresor, anda tak harus repot putar balik ke bengkel lainnya yang jual kompresor AC mobil.

2.Menggunakan Alat Pemeriksa Kebocoran

Tak hanya komponen AC mobil seperti kondensor, evaporator, dsb, yang bisa dicek kebocorannya oleh alat ini. Jika anda service kompresor AC mobil di bengkel spesialis AC mobil, Rotary Bintaro misalnya. Kompresor AC mobil anda akan dicek dengan alat ini untuk mengetahui apakah kompresor mengalami kebocoran atau tidak.

Cara kerjanya yaitu dengan memasang alat ini ke salah satu perangkat komponen AC mobil, kita ambil contoh dipasang ke kompresor. Kemudian diberikan tekanan angin yang diambilkan dari kompresor angin. Begitulah cara kerja alat pengecek kebocoran.

3.Menggunakan Stetoskop

Stetoskop digunakan untuk mencari tahu suara pada komponen-komponen AC mobil. Apakah komponen tersebut berfungsi dengan baik atau tidak. Komponen kompresor yang berbunyi tidak wajar bisa disimpulkan bahwa ada suatu kerusakan pada kompresot tersebut.

Bagaimana Cara Tahu Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

4.Menggunakan Test Pen

Test pen berfungsi untuk memeriksa kabel, relay, atau fuse, tujuan untuk mengetahui apakag ada aliran listrik yang terputus atau tidak. Test pen bisa digunakan untuk mendiagnosa magnet clutch atau kopling magnet.

Lalu, apa hubungannya antara magnet clucth dengan kompresor?

Magnet clutch atau kopling magnet adalah salah satu perangkat dalam kompresor AC mobil. Fungsinya untuk melepaskan sekaligus menghubungkan kompresor dengan putaran mesin. Jadi, ketika magnet clutch atau kopling magnet ini mengalami masalah maka kompresor pun juga akan mengalami kerusakan atau masalah juga.

5.Menggunakan Multitester

Dengan menggunakan multitester, kita bisa mengetahui kondisi kelistrikan setiap komponen AC mobil termasuk kompresor. Sehingga kita bisa menemukan kerusakan pada listrik di setiap komponen. Misalnya, kalau pada kompresor ada gangguan kelistrikan atau tidak, kita bisa memeriksanya menggunakan multitester.

Itulah bagaimana cara untuk mengetahui penyebab kompresor AC mobil rusak. Rotary Bintaro sebagai bengkel service kompresor AC mobil dan jual kompresor AC mobil menggunakan cara-cara tersebut untuk memeriksa kompresor setiap mobil pelanggannya. Dengan peralatan yang modern, masalah penyebab kerusakan kompresor AC mobil akan segera diketahui kemudian akan diatasi secepatnya oleh mekanik kami. Setelah mengisi booking service secara online.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan komentar