Rate this item
  • 0.00 / 5 5
(0 votes)

Apa Saja yang harus kita perhatikan sebelum membeli spare parts AC mobil?

Kualitas spare parts AC mobil adalah jaminan dimana kita bisa mendapatkan performa AC mobil yang maksimal. Tentu saja dengan beberapa perawatan yang wajib kita lakukan, dengan jangka waktu 6 bulan sekali atau setiap 10.000 Km. Hal ini kita lakukan untuk selalu menjaga keadaan spare parts AC mobil kita dari kejadian yang tidak kita inginkan. Pada artikel kali ini,kita akan membahas mengena hal hal yang harus kita perhatikan sebelum membeli spare parts AC mobil.

Berikut ini adalah ulasannya :

1.Konsultasikan dengan bengkel terpercaya

Jika AC mobil kita sering mengalami masalah,selalu bawa mobil kita ke bengkel sepcialist AC mobil. Yang harus selalu kita perhatikan adalah selalu service AC mobil secara berkala,paling tidak hal ini bisa mengurangi resiko kerusakan yang lebih fatal. Setelah kita membawa mobil kita ke tempat service AC mobil,konsultasikan keluhan keluhan yang kita alami. Bengkel yang baik akan mengajak kita berdiskusi,bukan menyuruh kita untuk melakukan ini dan itu.

2.Pastikan Keadaan Spare Parts yang Akan di Ganti

Jika kita sudah memantabkan diri untuk mengganti spare parts AC mobil yang rusak. Selalu pastikan kembali keadaan spare parts yang akan di ganti. Mintalah pada montir untuk menunjukkan keadaan terkini spare parts tersebut. Bukannya kita tidak percaya dengan apa yang disampaikan montir. Hal ini kita lakukan untuk memastikan bahwa spare parts yang kita gunakan memang sudah seharusnya di ganti.

3.Tanyakan Estimasi Harga Spare Parts Baru

Selanjutnya setelah kita melihat keadaan terkini spare parts AC mobil kita yang rusak. Mintalah estimasi harga spare parts yang baru. Hal ini kita lakukan guna memastikan ketersediaan budget yang kita miliki. Konsultasikan mengenai harga dengan montir. Minta lah beberapa pilihan spare parts yang dapat kita gunakan. Dan satu hal penting. Jangan pernah coba coba untuk menggunakan spare parts AC mobil kualitas tidak bagus.

Spare parts murah jelas beda kualitasnya sama yang mahal. Kita tentu tidak mau bukan menanggung resiko lebih besar dibanding memilih barang yang selisihnya tidak seberapa?

Dan yang perlu di perhatikan lagi adalah, selalu tanyakan juga ongkos pemasangannya,tidak hanya harga spare parts murninya saja.

4.Tanyakan Varian Spare Parts (Baik kelebihan maupun kekurangan dari spare parts)

Selain menanyakan mengenai harga spare parts tersebut,minta lah varian spare parts yang kan kita beli. Misal untuk kompresor antara merek Denso dan Sanden. Sama sama pabrikan jepang,tapi kualitas tidak jauh beda tapi justru harganya berbeda, meskipun tidak signifikan. Hal seperti ini lah yang dapat kita jadikan pertimbangan. Jika harga tidak terpaut jauh tapi kita mendapatkan kulitas barang yang lebih mumpuni

kenapa tidak?

5.Tanyakan Waktu Pemasangan

Selalu tanyakan waktu pemasangan spare parts yang akan kita beli. Untuk penggantian spare parts umumnya tidaklah lama dibanding menservice spare parts satu persatu. Tetapi jika bengkel yang kita datangi merupakan bengkel specialist AC mobil yang cukup diminati,tentu saja antrian akan jadi kendala.

6.Pastikan ketersediaan Garansi Untuk Spare Parts

Satu hal yang sangat penting adalah tanyakan garansi untuk spare parts yang akan kita ganti. Jika dari pihak bengkel tidak memberikan garansi sama sekali,sebaiknya kita mencari bengkel lain saja. Hal ini penting,mengingat mobil sering kita gunakan. Jika dari pihak pabrikan tidak memberikan garansi secara spesifik,minta lah garansi toko. Umumnya garansi yang di berikan antara 3 – 6 bulan. Dan untuk case perbaikannya tergantung dari masing masing bengkel yang memberikan garansi.

7.Tanyakan Detail Garansi yang Dapat Diklaim

Satu yang terakhir yang harus selalu kita perhatikan untuk barang barang yang memperoleh garansi,yakni selalu tanyakan Terms and Conditions dalam klaim garansi. Jangan sampai ketika kita ngotot spare parts masih dalam masa garansi tetapi kenyataanya kita sudah melanggar Terms and Conditions yang diberlakukan. Selain itu manfaat kita mengetahui Terms and Conditions  adalah jika kita memodifikasi komponen AC mobil kita. Umumnya modifikasi akan menyebabkan garansi hangus.

Demikian hal hal yang harus kita perhatikan sebelum membeli spare parts AC mobil. Selalu teliti dalam memilih penjual spare parts AC mobil adalah kunci utamanya. Untuk bengkel AC mobil yang menyediakan spare parts berkualitas dengan harga bersaing,anda dapat menghubungi bengkel spesialist AC mobil Rotary Bintaro yang berlokasi di Jl. RC Veteran No. 1A, Bintaro Raya, tanah kusir, Jakarta Selatan . Memiliki ruang tunggu yang nyaman,teknisi berpengalaman dan kemudahan bertransaksi. Tunggu apa lagi,dapatkan penawaran terbaik untuk solusi kenyamanan berkendara anda!

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan