Bagaimana Cara Mengganti Oli Kompresor AC Mobil?

Bagaimana Cara Menambah Oli Kompresor AC Mobil?

Kompresor ac bukanlah komponen yang asing lagi di telinga kita. Kita sering mendengar namanya karena kompresor merupakan bagian penting pada ac mobil. Kompresor berfungsi untuk memompa dan menghisap refrigerant, bisa juga untuk memberi sirkulasi ke bagian freon, kemudian diteruskan ke bagian ac mobil.

Kompresor dapat dikatakan sebagai komponen yang mutifungsi artinya dapat digunakan dalam tekanan tinggi maupun tekanan rendah. Saat mesin berada dalam tekanan tinggi, kompresor bekerja untuk menekan freon. Sedangkan pada tekanan rendah, kompresor akan menghisap freon tersebut. Sehingga tidak ada lagi namanya sirkulasi udara panas selama berada di dalam kabin.

Fungsi Oli Kompresor Pada AC Mobil

Kenyataannya, kompresor bukanlah komponen yang bekerja sendiri. Artinya kinerja kompresor ditentukan oleh komponen-komponen lainnya. Salah satunya adalah oli. Oli pada kompresor ac berfungsi sebagai pelumas bagi kompresor ac sehingga bagian kompresor jauh dari namanya kerusakan. Selain itu, oli kompresor juga berfungsi untuk meredam bunyi keras saat mobil dioperasikan. Apabila Anda mendapati bunyi-bunyi aneh saat mobil dioperasikan, itu tandanya ada yang tidak beres pada bagian kompresornya.

Ada dua hal yang menyebabkan bunyi aneh keluar dari kompresor, yaitu kompresor ac yang kehabisan oli dan kompresor yang mengalami kebocoran. Saat oli kompresor habis, terjadi gesekan kuat antara komponen kecil di dalam kompresor. Kinerja kompresor juga semakin buruk karena tidak ada “makanan” untuk peremajaan. Kompresor bocor juga demikian. Bayangkan saja saat Anda menuang oli pada kompresor bocor, otomatis tidak ada oli yang tinggal di bagian kompresor tersebut.

Bagaimana Cara Mengganti Oli Kompresor AC Mobil?

Mengganti dan menambah oli kompresor ac mobil merupakan dua pekerjaan yang berbeda. Mengganti oli berarti menukar oli kompresor lama ke oli kompresor baru. Sedangkan menambah oli berarti pengisian kembali dalam takaran tertentu.

Proses mengganti oli kompresor bisa dibilang cukup rumit. Anda tidak mampu melakukannya sendiri, apalagi Anda berstatus sebagai masyarakat awam, bukan salah satu dari mereka yang berstatus sebagai teknisi mobil. Oleh karenanya, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat untuk proses perbaikan yang lebih cepat.

Adapun cara mengganti oli kompresor ac mobil yang pasti Anda temukan di bengkel, antara lain:

  • Pertama-tama, freon ac dikosongkan terlebih dulu. Untuk mengosongkannya, pihak teknisi akan mengangkat freon tersebut, lalu dipindahkan ke tempat yang aman
  • Membuka bagian kompresor ac mobil, lalu mengosongkan bagian kompresor. Caranya dengan membalikkan atau memutar bagian oli kompresor agar semua oli tumpah ke lantai. Cara ini hanya dapat dilakukan ketika takaran oli di dalam kompresor sebesar 100 cc
  • Pihak teknisi mengambil oli baru yang sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda
  • Pengisian oli melalui lubang saluran tekanan terendah yang terdapat pada kompresor

Proses penggantian oli kompresor cukup mudah, kan? Memang, tapi Anda tetap harus menyerahkannya ke orang yang lebih profesional. Kenapa? Karena alat-alat pembongkaran oli kompresor yang dimiliki oleh bengkel jauh lebih lengkap dibandingkan alat-alat yang Anda miliki.

Bagaimana Cara Menambah Oli Kompresor AC Mobil?

Nah, penambahan oli kompresor ac sebenarnya sudah bisa dilakukan saat freon berhasil dikosongkan dari tempatnya. Hanya saja, kita tidak boleh menambah oli kompresor secara sembarangan. Langkah pengisian oli yang salah akan berdampak pada umur kompresor itu sendiri.

Adapun langkah-langkah yang pasti Anda temukan saat teknisi menambah oli kompresor, antara lain:

1. Melalui Lubang Inlet

  • Pertama-tama, pihak teknisi memastikan apakah oli kompresor lama sudah terbuang seluruhnya. Jika belum, pihak teknisi akan menunggu hingga proses pembuangan selesai
  • Masukkan oli melalui lubang inlet atau saluran tekanan rendah pada kompresor. Takaran pengisian oli baru biasanya tergantung pada ukuran kompresornya. Apabila kompresor ac berukuran kecil, cukup tambahkan oli sebanyak 150 cc saja. Jika ukuran kompresor lebih besar, takarannya pasti jauh lebih besar

2. Melalui Manifold Gauge

  • Pertama-tama, teknisi akan memastikan proses vacuum pada manifold gauge telah selesai
  • Setelah itu, tutup kran manifold gauge. Kemudian, bukalah selang manifold gauge untuk memasukkan oli kompresor. Isi secukupnya sesuai dengan ukuran dari kompresor ac mobil
  • Tutup kembali selang yang dibuka. Tutuplah selang dengan rapat untuk mencegah masuknya debu dan kotoran dari luar

3. Menggunakan Alat Recovery

  • Pertama-tama, teknisi memastikan oli kompresor lama sudah terbuang seluruhnya
  • Selanjutnya, ambil alat recovery atau alat ac R3
  • Letakkan oli pada bagian tabung kompresor. Alat recovery akan otomatis menghisap oli tersebut untuk masuk ke bagian kompresor. Sehingga Anda bisa melakukan aktivitas lain sembari menunggu oli kompresor terisi sesuai dengan takaran yang dibutuhkan. Untuk menghindari pengisian yang mubajir, Anda bisa mengatur jumlah takaran oli yang hendak dimasukkan ke dalam tabung kompresor tadi

Kasus kerusakan pada kompresor ac mobil belakangan ini sering sekali terjadi. Banyak konsumen yang mengeluh tentang umur hidup dari kompresor ac mobilnya. Parahnya, ada konsumen yang mengganti kompresor hingga 2 kali dalam 1 tahun. Kalau diteliti lagi, awet atau tidaknya kompresor ac mobil tergantung pada perawatan yang kita lakukan. Kalau kita merawatnya dengan baik, otomatis kompresor tersebut bisa awet dan tahan lama.

Pertanyaannya, “bagaimana cara merawat kompresor ac mobil?” Caranya cukup mudah! Anda hanya perlu membersihkan bagian kompresor secara rutin, misalnya sekali dua minggu. Pembersihan rutin juga akan berpengaruh pada kualitas oli di dalam kompresor ac. Dimana kebersihan oli di dalam kompresor akan selalu terjaga. Sehingga tarikan ac mobil berjalan mulus, kerusakan pun jarang sekali ditemukan.

Apabila Anda membutuhkan bantuan dan saran terkait bagian-bagian ac mobil, entah itu cara merawat ac, cara memperbaiki, sampai harga dari komponen ac mobil itu sendiri, jangan ragu untuk menghubungi kami ke nomor atau email yang tersedia. Anda puas, kamipun senang!

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan