Pastikan Kita Paham Jalur Mudik Untuk Memudahkan Perjalanan

Selalu Memperhatikan Berita Mudik Untuk Menghindari Kena Macet

Budaya mudik pun tiba dan info mudik bertebaran dimana-mana. Mulai dari televisi, radio, koran, situs, dan blog di internet. Tidak terkecuali juga dengan rotary bintaro.

Karena banyaknya info mudik yang ada. Maka kita sebagai pembaca harus jeli untuk membaca setiap berita mudik yang ada. Kita harus bisa menyaring sesuai kebutuhan kita.

Supaya mudik berjalan lancar, aman, dan nyaman. Kita perlu tahu apa yang harus kita persiapkan sebelum mudik.

1.Persiapkan Berkas Untuk Perjalanan Mudik

Buat yang mau naik kendaraan umum kita tentu harus persiapkan Tiket Mudik dan KTP. Pastikan kita menyimpannya di tempat yang aman dan mudah dijangkau. Biar pada saat pemeriksaan mudah untuk diambil.

Sedangkan buat yang naik kendaraan pribadi. Sebelum mudik siapkan surat-surat kendaraan dan juga Surat Izin Mengemudi. KTP juga jangan lupa. Karena sewaktu-waktu itu akan diperlukan. Apalagi kalau ada pemeriksaan diperjalanan.

2.Persiapkan Alat dan Panduan Untuk Perjalanan Mudik

Pastikan kita paham jalur mudik untuk memudahkan perjalanan. Penting buat kita yang mau mudik untuk tahu jalur  mudik. Untuk selalu memperhatikan berita mudik.

Khusus yang naik kendaraan pribadi harusnya sudah paham betul sama arus mudik dan jalur mudik. Kalau yang naik kendaraan umum tinggal duduk dan akan tiba sampai tujuan.

Meski bergitu mempersiapkan peta mudik bukan hal yang mubazir. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan mudik. Bisa saja macet memaksa kita untuk mencari jalan alternatif. Demi sampai tujuan tepat waktu. Selalu memperhatikan berita mudik untuk menghindari kena macet.

Apalagi buat yang mudik pertama kali dan tidak terlalu paham sama jalur mudik. Maka peta jalur mudik harus jadi senjata utama kita. Peta online lewat telepon pintar kita sudah sangat cukup untuk mengatasi masalah ini. Kita tinggal ketik, tekan tombol cari, dan masalah selesai.

3.Persiapkan Kendaraan Terbaik Untuk Perjalanan Mudik

Jangan salah, meski kita naik kendaraan umum persiapan kendaraan terbaik juga perlu dilakukan. Tidak hanya yang memakai kendaraan pribadi.

Untuk yang naik kendaraan umum, jangan sampai memakai kendaraan yang salah untuk pulang. Kalau memang lebih mudah naik pesawat, kereta api, kapal laut ke kampung halaman. Maka pilihlah itu. Jangan malah naik bus.

Termasuk juga untuk memilih naik bus misalnya. Pastikan tidak naik bus yang punya riwayat sering kecelakaan dan mogok diperjalanan.

Sedangkan untuk yang mudik pakai kendaraan pribadi. Kendaraan harus kita persiapkan dengan baik. Jangan cuma memperhatikan mesin saja. Kondisi dalam mobil juga harus. Demi kenyamanan maka AC mobil juga tidak boleh dilewatkan. Jangan sampai AC mobilnya tidak dingin. Apalagi yang perjalanannya siang hari maka AC mobil dingin itu wajib.

4.Sebelum Mudik Tinggalkan Rumah Dalam Keadaan Aman

Tips rumah aman saat mudik ini wajib kita lakukan. Supaya saat kembali kerumah dari perjalanan panjang. Kita bisa langsung istirahat. Bukan malah mengurus lagi masalah kerusakan rumah apalagi barang-barang yang hilang.

Karena sekedar berita mudik singkat saja. Saat mudik adalah kesempatan terbesar terjadi kejahatan. Tidak hanya diperjalanan tetapi juga rumah yang kita tinggalkan.

Maka tips rumah aman saat mudik pertama adalah rumah ditinggal dalam keadaan aman. Rumah yang ditinggal wajib kita periksa pintu dan jendelanya tertutup. Jadi kemungkinan terjadinya pencurian rendah. Lalu kompor dengan tabung gas dan arus listrik harus dalam keadaan mati. Jadi tidak ada kemungkinan terjadinya kebakaran.

Tips rumah aman saat mudik selanjutnya biar lebih maksimal adalah pengamanan ekstra. Kalau bisa ditambahkan CCTV maka kita bisa selalu periksa keadaan rumah kapan saja. Kalau tidak bisa bisa makan kita tinggalkan minta tolong tetangga untuk memperhatikan rumah selama ditinggal. Lapor juga ke RT RW kalau rumah kita tinggal mudik. Biar diperhatikan juga keamanannya.

Lalu terakhir adalah minta tolong satpam kalau tinggal diperumahan. Minta tolong petugas poskamling kalau tinggal tidak diperumahan buat perhatikan rumah kita.

5.Persiapkan Barang dan Lindungi Diri Selama Perjalanan Mudik

Setelah peta jalur mudik kita sudah siapkan. Arus mudik dan jalur mudik kita sudah paham. Lalu berita mudik selalu kita perhatikan. Maka selanjutnya adalah keamanan selama perjalan yang harus kita siapkan sebelum berangkat. Pastikan barang bawaaan kita kita susun dengan baik dan aman. Karena perjalanan jauh pisahkan barang bawaan khususnya cairan biar tidka merusak barang lain. Lalu barang yang mudah pecah dikasih perlakuan khusus. Paling penting jangan sampai ada yang ketinggalan.

Apalagi oleh-oleh jangan sampai lupa disiapkan. Biar keluarga yang dikunjungi tidak kecewa. Yah, meski bukan oleh-oleh yan utama.

Nah, selanjutnya pastikan kita melindungi diri selama perjalanan dengan asuransi. Risiko kecelakaan apalagi kehilangan barang selalu ada kemungkinan terjadi. Silahkan pilih asuransi perjalanan sesuai dengan kebutuhan kita.

Setelah semua info mudik diatas. Apa yang harus kita persiapkan sebelum mudik. Sudah kita lakukan dengan baik. Maka selamat berangkat.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

 

Previous Post SUPER PROMO RAMADHAN
Next Post Info Mudik : Cara Biar Perjalanan Mudik Aman dan Lancar Naik Kendaraan Mobil Pribadi

Tinggalkan Balasan