Mobil lama dan mobil baru memiliki perbedaan yang signifikan terutama untuk urusan performa. Mobil baru memiliki akselerasi dan performa yang masih tangguh, membawanya juga masih enak, nyaman pula. Akan tetapi, akselerasi dan performa mobil akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Mobil itu ibarat pikiran dan anggota tubuh manusia. Apabila terus-menerus digunakan tanpa diberi waktu istirahat, mesinnya akan soak, performa mobil juga akan turun. Siapa sih yang mau performa mobil turun?

7 Hal Sederhana untuk Menambah Performa Mobil

1. Pilih Bahan Bakar yang Sesuai dengan Mobil

Setiap kendaraan membutuhkan bahan bakar agar bisa bergerak. Bahan bakar tersebut nantinya akan diproses di dalam mesin agar kendaraan bisa melaju dengan kecepatan tertentu. Setiap kendaraan, termasuk mobil, memiliki jenis bahan bakar yang berbeda. Misalnya, bahan bakar untuk mobil Kijang adalah solar, sedangkan untuk Ford dan Merci biasanya Pertamax.

Bahan bakar apa yang sesuai untuk mobilmu? Kamu dapat mengetahuinya pada saat kamu membeli mobil tersebut. Meskipun tipe dan merek mobilnya sama, namun, bahan bakar yang digunakan kadang berbeda. Setiap kali mobil kehabisan bahan bakar, isilah sesuai bahan bakar yang disarankan agar mesinnya juga awet.

Salah satu bahan bakar yang memiliki kandungan oktan tertinggi adalah pertamax. Tapi, harga pertamax juga lumayan menguran kantong. Kalau kamu masih berstatus “mahasiswa” atau “anak sekolah”, sebaiknya pakai bahan bakar standar, seperti premium. Toh, proses pembakaran dengan premium jauh lebih baik dibandingkan solar biasa. Mesin mobil juga jauh lebih awet.

2. Memberikan Asupan Oksigen yang Cukup ke Ruang Bahan Bakar

Kandungan oksigen yang diserap ke dalam bahan bakar tentu akan mempengaruhi sempurna atau tidaknya proses pembakaran tersebut. Sebelum dialirkan ke ruang bahan bakar, oksigen akan terlebih dahulu difilter melalui pipa. Tujunnya agar udara yang masuk bersih, sehingga ruang di dalam bahan bakar tetap bersih dan tidak berkerak.

Proses pemfilteran oksigen akan terhambat ketika saringan kotor, belum lagi jika pipa filter terbuat dari bahan kertas atau kapas yang sangat lunak dan mudah hancur. Gagalnya proses pemfilteran udara akan menyebabkan mesin boros, sehingga BBM yang dibutuhkan semakin banyak.

Nah, agar mesin mobil tetap oke, bahan bakarnya juga hemat, kamu perlu mengganti pipa filter dengan pipa berbahan stainless steel merek Ferrox. Pipa Ferrox memiliki kerapatan lubang hingga 45 mikron yang mampu menyokong pasokan oksigen ke dalam ruang bahan bakar. Sehingga proses pembakaran lebih sempurna, performa mobilmu juga akan meningkat.

3. Memperhatikan Sistem Pengapiannya

Bahan bakar yang diisi ke dalam mobil butuh proses pembakaran agar mobil bisa melaju. Dalam proses pembakaran, sistem pengapian mobilnya harus tetap stabil agar performa mobil meningkat. Pada saat sistem pengapian tidak stabil, mobil yang dikendarai akan terasa berat, kamu pun tidak nyaman saat mengendarainya.

Tidak stabilnya sistem pengapian biasanya disebabkan karena:

  • Usia busi yang sudah terlalu tua, sehingga kinerjanya berkurang
  • Tidak stabilnya aliran listrik menuju koil dan injektor, sehingga menyebabkan leg

Untuk mengatasi ketidakstabilan sistem pengapian, kamu bisa mengganti busi lama dengan busi baru. Selain itu, gunakan alat penstabil arus merek 9Power. Alat penstabil ini bisa dipasang di bagian aki atau di kabel busi itu sendiri. Dukungan alat penstabil akan membuat aliran listrik lancar, sehingga performa mobil juga meningkat.

4. Mengurangi Beban Mobil dan Ukuran Ban

Ban yang disarankan untuk meningkatkan performa mobil ialah ban yang memiliki alur sejajar dan lurus. Selain itu, pilihlah jenis ban yang ukurannya lebih kecil serta pelg yang ringan. Tujuannya agar mesin mobil tidak memikul beban yang terlalu berat untuk memutar ban mobil. Ngga percaya? Kamu bisa lihat sendiri mobil yang pelgnya lebih kecil, pasti performanya jauh lebih baik.

Selain mengurangi beban pada bagian ban, kamu juga bisa mengurangi beban mobil dengan mengeluarkan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Kosongkan mobilmu semaksimal mungkin agar berat beban yang dipikul mobil jauh lebih ringan. Bannya pun akan semakin mudha berputar.

5. Mencuci Mobil Secara Rutin

Apakah mobilmu selalu dalam keadaan bersih? Menjaga kebersihan mobil merupakan satu hal yang sangat sederhana. Tapi, sering kamu abaikan karena rasa malas. Percaya atau tidak, kotoran dan debu yang menempel di bagian mesin akan menyebabkan adanya penyumbatan. Alhasil, performa mobil tersebut otomatis akan turun.

Apabila penyumbatan pada mobil bertambah parah, otomatis biaya yang kamu keluarkan juga semakin mahal. Kalau kamu tidak mau mengeluarkan uang banyak untuk biaya perbaikan, jagalah kebersihan mobil dengan rajin mencucinya. Kamu bisa cuci mobil sendiri kalau tidak sempat membawa mobil ke bengkel. Mobil bersih tentu lebih sedap dipandang.

6. Menggunakan Sistem Knalpot Bebas Hambatan (Free Flow)

Sebagai pecinta otomotif, kamu pasti suka otak-atik mesin mobil, terutama bagian knalpotnya. Knalpot yang “ganteng” adalah knalpot yang suaranya gahar. Boleh-boleh saja punya knalpot “ganteng” dengan suara gahar, asalkan sistem knalpot tersebut bebas hambatan (free flow).

Penggantian knalpot bawaan dengan knalpot baru dipercaya dapat meningkatkan performa mobil. Tenaga dari mobil itu sendiri akan langsung bertambah, layaknya tenaga kuda yang baru diberi makan. Kalau mobilmu punya tambahan supercharger, performanya jauh lebih bagus lagi.

Akan tetapi, kamu harus ingat kalau pembesaran pipa knalpot secara ekstrem dapat membuat mesin mobil berkurang. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan yang terlalu besar pada bagian belakang mobil.

7. Rajin Servis ke Bengkel

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan untuk menambah performa mobil yaitu rajin servis mobil ke bengkel. Servis yang dimaksud bukan sekedar “memandikan” mobil saja, tapi servis secara keseluruhan. Terutama pada bagian mesin mobilnya.

Agar hasil servis lebih maksimal, bawalah mobilmu ke bengkel resmi. Misalnya, mobil merk Honda dibawa ke bengkel Honda. Lagipula reputasi dari bengkel resmi juga sudah terjamin. Bengkel tersebut tidak mungkin menipu pelanggannya sendiri. Kalau bengkel resmi jauh dari kotamu atau terlalu ramai, kamu juga bisa membawanya ke bengkel lain yang namanya sudah dikenal. Misalnya, Bengkel Rotary Bintaro di Jakarta Barat.

Itulah 7 tips untuk menjaga performa mobil akan tetap gahar. Adanya perawatan rutin akan membuat performa mobil tetap terjaga, tak peduli apakah mobil tersebut masih baru atau sudah tua. 7 langkah di atas sangat mudah kamu lakukan di rumah. Intinya, jangan malas ya!

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan