Berapa Harga Kisaran Service AC Mobil?

Bicara soal AC mobil sepertinya tidak akan pernah lepas dari yang namanya service berkala. Service mobil AC secara berkala memungkinkan kita mengetahui kerusakan sedini mungkin. Lalu apa jadinya kalau service AC mobil hanya dilakukan hanya pada saat AC rusak? Sudah pasti biaya yang dikeluarga jauh lebih besar.

Umumnya bagi pengendara mobil diperkotaan seperti Jakarta,jarak Km untuk service berkala yaitu antara 10.000 km – 16.000 km. Tetapi lain halnya jika kita menggunakan di medan pedesaan yang minim tingkat polusi. Bisa jadi baru setiap 20.000 km AC mobil baru akan di service berkala. Lebih parahnya lagi kalau mobil mobil yang berada di daerah pertambangan,service berkala direkomendasikan setiap 3.000 km mengingat tingkat polutan yang sangat tinggi.

Selain faktor medan yang kita lalui setiap harinya,berikut ini adalah komponen yang harus diperhatikan pada saat kita menservice berkala AC mobil : 1 . Expansion Valve 2 . Evaporator 3 . Kompresor 4 . Condenser 5 . Receiver Dryer 6 . Filter

Komponen diatas adalah komponen yang tidak dapat dispisahkan satu sama lain. Fungsinya saling ketergantungan,apabila satu komponen tidak bekerja maka akan mengganggu sirkulasi. Hal ini menyebabkan apabila kerusakan satu komponen jika tidak segera di service maka besar kemungkinan akan menjalar ke komponen yang lain. Ada baiknya ketika kita melakukan service berkala hal yang utama kita minta ke teknisi adalah basic service terlebih dahulu. Basic service ini berupa pembersihan kotoran yang menempel pada kompresor dan mengganti Receiver Dryer dan Filter Kabin. Kedua alat ini bersifat sekali pakai,jadi jangan sekali kali mengakali dengan alih alih menghemat biaya service AC mobil.

Jika kita sudah sering melakukan basic service tetapi mobil kita masih tetap bermasalah,ada baiknya ketika kita datang ke bengkel service AC mobil kita minta untuk dilakukan advance service. Advance Service ini berupa deep cleaning kompresor,evaporator dan kondensor. Selain deep clening yang harus tetap[ diperhatikan adalah penggantian Expansion Valve,Receiver Drier dan Filter Kabin.

Lalu untuk biaya perbaikan,anda yang memiliki mobil keluaran Jepang bisa sedikit tersenyum. Lantaran mobil keluaran jepang biaya service yang relative murah. Hal ini disebabkan karena komponen yang dipasang cukup sederhana. Lain halnya dengan mobil keluaran Eropa dan Amerika. Biaya service dapat terbilang mahal karena komponen yang cukup rumit dan sangat detail.

Service AC pada umumnya meliputi perawatan evaporator, pembersihan blower dan kondensor dengan memakan waktu 2 jam. Seluruh komponen AC mobil diturunkan dan dibersihkan lebih detail tanpa bongkar komponen hanya dengan waktu sekitar 1 jam menggunakan mesin Lax. Sedangkan harga jasa isi freon Rp.200,000.

Mobil Eropa mempunyai sistem pendingin yang lebih kompleks dibandingkan mobil keluaran Jepang. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya,teknik dan alat yang dibutuhkan pun lebih banyak.

Harga service AC mobil sangat relatif. Antara bengkel yang satu dengan yang lain bisa berbeda. Itu baru hitungan biaya jasa service saja. Belum termasuk sparepart yang harus diganti misalnya saja kompresor atau Evaporator. Sebagai acuan, harga AC Mobil Denso tidak kurang dari 2 juta rupiah itupun harga untuk kompresor saja.

Tapi pada umumnya bengkel service AC mobil sudah memasukan biaya pergantian freon jika memang harus diisi ulang. Berbicara mengenai freon AC,beberapa bengkel nakal beralasan freon AC mobil habis jika keadaan AC mobil sudah tidak lagi dingin. Padahal sebenarnya Freon AC ini tidak akan habis kecuali sistem mesin AC mengalami kebocoran.Hal ini dilakukan oleh bengkel bengkel nakal untuk memaksa kita mengisi ulang freon AC. Sistem AC sangat tertutup,yang artinya freon hanya bersirkulasi bukan dikeluarkan layaknya gas. Freon pada sistem AC didorong lalu kembali lagi ke sistem kompresor.

Berikut ini adalah daftar perkiraan biaya service AC mobil dilansir dari Rotarybinatro.co.id

-Cleaning Kondensor mulai dari Rp 175.000 – Rp 200.000

-Penggantian Kondensor mulai dari Rp 500.000 – Rp 575.000

-Receiver Drier mulai dari Rp 90.000 – Rp 115.000

-Expansion Valve mulai dari Rp 200.000 -Rp 275.000

-Fanbelt mulai dari Rp 40.000 – Rp 75.000

-Extrafan mulai dari Rp 300.000 Rp 400.000

-Ganti Evaporator mulai dari Rp 800.000 – Rp 900.000

Yang perlu diperhatikan adalah komponen fanbelt dan extrafan,jika kita menjumpai tempat service AC mobil yang menawarkan jasa perbaikan,lebih baik anda tinggalkan saja. Mengingat fanbelt dan extrafan ini sangat krusial,jika kita salah mengambil keputusan bukan tidak mungkin akan terjadi overheat.

Demikian rincian estimasi biaya yang kita harus keluarkan untuk menservice AC mobil. Semakin kita tidak peduli dengan keadaan AC mobil,akan semakin besar pula pengeluaran yang akan kita keluarkan.

Satu hal yang perlu menjadi perhatian, biaya service Ac mobil yang mahal bukan berarti service yang diberikan juga maksimal,bergitupun sebaliknya. Rotary Bintaro bengkel spesialist AC mobil akan memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman,tenaga teknisi yang handal dan menggunakan teknologi terbaru dalam treatment AC mobil anda.Segera ke Bengkel spesialis AC mobil Rotary Bintaro dan dapatkan promo menarik yang bisa anda dapatkan.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan Balasan