Masalah Umum Yang Sering Menimpa Honda Jazz, Nggak Perlu Heran Lagi - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Honda Jazz bisa dibilang jadi salah satu mobil hatchback terlaris yang ada di Indonesia, apalagi setelah perilisan model terbarunya di pasar otomotif. Selain karena desainnya yang elagan, interior Honda Jazz juga sangat bagus. Apalagi seat belakang bisa dilipat, membuat ruang bagasi jadi lebih besar, muatan juga jadi lebih banyak.

Meskipun begitu, mobil hatchback terlaris ini tidak pernah terhindar dari masalah. Ada beberapa masalah umum yang sering menimpa honda jazz, yaitu:

1. Suspensi

Bantingan suspensi Honda Jazz tidak seimbang antara bagian depan dan belakang. Saat suspensi bagian depan lembut, bagian belakangnya malah sangat keras. Sehingga penumpang bagian belakang sering kurang nyaman kalau sudah bepergian jauh dengan mobil Jazz.

Bantingan suspensi disebabkan karena jarak pada per depan yang cukup jauh dengan per lainnya. Maka tidak heran kalau bantingannya rapat. Untuk mengatasi bantingan ini, Anda bisa mengganti per dengan jarak yang lebih rapat.

2. Transmisi CVT

Masalah yang terjadi pada transmisi membuat getaran pada Honda Jazz berlebihan saat mobil mulai melaju. Hal ini tentu mengurangi kenyamanan saat berkendara, terutama di jalan yang menanjak karena getaran mobil terasa “ndut-ndutan”.

Jeleknya transmisi CVT pada Honda Jazz biasanya disebabkan karena penggunaan oli yang tidak sesuai dengan standar Honda. Kebiasaan menggunakan oli abal-abal akan mempercepat rusaknya bagian transmisi. Apabila Anda menemukan masalah pada bagian transmisi Honda Jazz, Anda bisa langsung bawa ke bengkel untuk segera diperbaiki.

3. Valve Body

Valve body pada Honda Jazz sangat mudah kotor karena pengaruh polusi udara yang ada di bumi. Bagian ini cepat sekali kotor jika Jazz sudah dibawa bepergian dalam jarak tempuh yang cukup jauh. Apabila debu dan kotoran yang ada di valve body sudah terlalu banyak dan mengendap, bisa langsung dibersihkan agar performa mobil kembali seperti performa di awal.

4. Mesin Bergetar

Kinerja mesin yang terlalu berat membuat mesin mudah bergetar. Akibatnya, tarikan pun akan tersendat pada rpm 1.500 – 3.000 sehingga gerakan jarum rpm jadi tidak stabil (naik turun).

Mesin yang bergetar sebenarnya sangat mudah diatasi. Pertama, dengan cara membersihkan bagian throttle body plus bagian sensor secara menyeluruh agar debu dan kotoran tidak menempel di throttle body. Kedua, Anda bisa mereset dan mensetting ulang bagian ECU nya. Selesai sudah!

5. Konsumsi Bahan Bakar

Dari segi penggunaan bahan bakar, Honda Jazz bisa dibilang kurang efisien alias boros bensin. Untuk kondisi jalanan seperti di kota, mobil ini menghabiskan 1 liter bensin untuk jarak tempuh 8 – 9 km. Sedangkan untuk kondisi jalanan kombinasi, 1 liter bisa digunakan untuk menempuh jarak 10 km saja.

6. Evaporator Tersumbat

Ketika mobil dan ac mobil dihidupkan secara bersama-sama, Anda mungkin sering mendengar suara seperti air keran yang mengalir. Suara ini sebenarnya berasal dari lantai depan kabin. Hal ini disebabkan karena evaporator tersumbat sehingga slang yang dipakai selama pembuangan menjadi tidak lancar. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengatur jarak antara slang pembuangan air dengan fender kiri supaya terhindar dari risko penyumbatan kotoran.

Penting bagi Anda untuk mengetahui kerusakan umum yang terjadi pada sebuah mobil sebelum akhirnya membeli mobil tersebut. Sama seperti yang terjadi pada Honda Jazz ini. Dengan mengetahui jenis penyakitnya, Anda pun bisa lebih paham mengenai metode perawatan seperti apa yang perlu dilakukan agar Honda Jazz tetap awet dan tahan lama.

Sekian informasi mengenai masalah umum yang sering menimpa Honda Jazz.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Previous Post Kumpulan Fakta Unik Seputar Mobil dan Berkendara
Next Post Service AC Mobil Grand Livina Supaya Awet

Tinggalkan Balasan