Mau Beli Spare Parts AC Mobil? Pertimbangkan Hal Ini

Spare Parts AC Mobil Rusak, Beli Baru Atau Service?

Ketika AC mobil anda bermasalah pasti akan muncul pertanyaan di benak anda. Kenapa AC mobil saya rusak ? Apakah perlu ganti spare part baru ? Apakah perlu diservis ?. Secara umum pertanyaan tersebut pasti akan bermunculan, tapi sebelum anda mengganti Spare Part AC mobil anda perhatikan hal-hal di bawah ini :

1. Kenali kerusakan yang terjadi

Sebelum anda membawa mobil anda ke bengkel AC mobil, ada baiknya anda mengetahui kerusakan yang terjadi, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ketika anda membawa mobil anda ke tempat service AC mobil. Setelah anda mengetahui kerusakan yang terjadi anda dapat mencari referensi tentang bengkel service AC mobil yang berkualitas.

Bengkel Service AC mobil yang berkualitas dan Jual Sparepart AC mobil Murah datang saja ke Rotary Bintaro. Memberikan pelayanan tebaik dan maksimal, memberi jasa service AC mobil yang berkualitas, dan menawarkan Harga Sparepart AC mobil murah.

2. Kenali macam-macam sparepart AC mobil dan fungsinya

Didalam AC mobil terdapat banyak Sparepart yang menjadi satu rangkaian agar menghasilkan udara dingin yang pas dan menyejukkan untuk mobil anda. tahukah anda apa saja Sparepart tersebut, dan apa fungsinya ?

a. KOMPRESOR

Fungsi kompresor  : Menghisap gas freon dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah kemudian memampatkan gas tersebut menjadi cairan  yang bertekanan dan bertemperatur yang tinggi.

b. KONDENSOR

Fungsi kondensor : Membuang suhu panas hasil dari pemampatan gas freon yang menjadi tinggi suhu dan tekanannya dari kompresor sehingga merubah freon dari gas menjadi cair

 c. FILTER DRYER

sering orang menyebut botol / drier yang terkadang orang mengira tabung ini tempatnya freon ( dan ini salah kaprah) filter drier adalah tabung untuk menampung  sementara freon cair sebelum disalurkan ke evaporator ,dan kenapa disebut filter drier ,dikarenakan part ini didalamnya terdapat dua bagian yaitu filter kasa dan silika gel ( penyerap air) dan juga mempunyai fungsi ganda yaitu pertama untuk menyaring kotoran dan partikel halus dalam system dan juga berfungsi untuk menyerap kandungan uap air yang ada dalam freon

d. HPS – LPS / HIGH-LOW PRESSURE SWICTH

fungsi : HPS ; high presssure swicth / mengamankan komponen komponen ac mobil pada saat tekanan ac melampaui batas maximal ( diatas 450 psi ) dengan cara menghentikan aliran setrum yang ke kompresor sehingga kompresor berhenti bekerja .tekanan terlalu tinggi biasanya diakibatkan oleh 
  • fan motor ac mati
  • freon kepenuhan
  • ada komponen yang mampet
LPS :LOW PRESSUER SWIT / mengamankan dan mencegah rusaknya kompresor saat freon kosong ,pada saat terjadi kebocoran maka tekanan freon akan menurun dan pada tekanan dibawah 25 psi maka lps akan memutuskan aliran setrum ke kompresor , fungsi lps dan hps terdapat dalam satu komponen spare part bernama pressure swicth

e. EKSPANSI VALVE

fungsi expansi valve : mengabutkan freon ke dalam evaporator sehingga mudah menguap dan dinginya terserap dalam kisi kisi evaporator yang nantinya akan ditiup angin blower ke alam kabin ,juga berfungsi untuk mengatur banyaknya jumlah freon yang dialirkan ke dalam evap sesuai dengan yang dibutuhkan ( hal ini tergantung dari beban pendinginan dalam kabin dan ini diatur oleh capilary tube dibagian  ekspansi)

f.  EVAPORATOR

Fungsi evaporator : merupakan hasil akhir dari semua proses kerja semua komponen ac mobil ,ditempat ini lah dingin dihasilkan dan diserap oleh kisi kisi evaporator yang kemudian di tiup oleh udara motor blower ke seluruh ruangan kabin . untuk evaporator genuine denso mempunyai tiga macam dan tipe evap yaitu :

  • tipe plate fin – untuk evap universal ( lihat pic )
  • tipe corrugate fin – evap sirip lebar 
  • tipe drop cup – evap sirip rapet 

Untuk tipe drop cup /sirip rapet mempunyai banyak keunggulan yaitu

  • kontruksi lebih kuat dan kokoh 
  • penyerapan dingin lebih merata sehingga pasti  dingin nya lebih nggigit
  • aliran freon bergerak dari atas ke bawah dan dari kiri kekanan mangikuti alur pipa capiler evap
  • untuk mobil mobil keluaran terbaru diatas th 2000 sudah memakai tipe ini 

kekurangannya yaitu :

  • harga lebih mahal
  • bila bocor  susah dilas

g. SELANG SELANG DAN PIPA PIPA

Adalah penghubung dan penghantar tekanan freon keseluruh bagian komponen ac mobil ,selang dibuat dari bahan karet syntetis yang dirancang tahan terhadap tekanan /suhu tinggi dan tahan terhadap kandungan kimia dari freon dan pipa ac terbuat dari bahan  : aluminium atau tembaga atau juga ada yang terbuat dari besi

3. Mencari referensi tentang spare parts AC mobil anda

Mencari referensi tentang Sparepart AC mobil anda sangatlah penting terutama tentang bengkel service yang berkompeten, harga sparepart yang terjangkau, dan waktu pengerjaan yang dapat cepat di selesaikan. Semua halyang anda perlukan segera mencari referensi, atau bertanya kepada yang sudah pernah mengalami kerusakan AC pada mobil bertujuan agar anda mendapatkan tempat yang cepat dan tepat dalam menangani kerusakan pada AC mobil anda.

Ketika anda mencari solusi tersebut, segera datang ke Rotary bintaro dan konsultasikan kerusakan yang terjadi pada AC mobil anda. Sparepart apa yang harus di ganti atau di perbaiki, karena di Rotary Bintaro Jual Sparepart AC mobil murah dan terjangkau. Serta jasa service yang lengkap dan memuaskan.

4. Mencari tahu merk yang sesuai

Merk pada Sparepart AC mobil sangat beragam, dari merk kompresor, kondensor, sampai dengan merk dari evaporator. Berbeda merk Sparepart, berbeda pula harga dan kualitas barangnya. oleh karena itu anda harus cermat memilih merk Sparepart untuk mobil anda. disini kita akan mengulas sedikit tentang merk pada Sparepart AC mobil anda.

” Merk Spare part AC Mobil Berkualitas “

  • Denso, nama Denso adalah jaminan mutu spare parts berkualitas dan produknya lengkap dari Kompresor, Evaporator, Kondensor, Magnetic Clutch dan sebagainya.
  • Sanden, Sanden mempunyai reputasi kwalitas yang hampir sama dengan Denso dan jenis produknya juga lengkap seperti Kompresor, Evaporator, Kondensor.
  • Valeo, Merk Valeo biasa digunakan di mobil-mobil eropa, produk Valeo mempunyai varian produk yang lengkap seperti Kompresor, Kondensor, Reciever drier, Evaporator, Katup expansi dan sebainya.
  • Seiko seiki, Merk Seiko Seiki sering dijumpai pada mobil built up Jepang, produk Seiko seiki yang paling populer Kompresor dan  Kondensor.

” Merk spare part AC Mobil Murah dan Terjangkau ”

  • Paco, Produk dari merk Paco adalah Kondensor dan Evaporator, produk Paco bisa jadi alternatif terbaik untuk ganti Kondensor dan Evaporator mobil anda dengan harga lebih terjangkau.
  • Formula, Produk dari merk Formula adalah Evaporator. Pilihan alternatif untuk ganti Evaporator dengan harga lebih terjangkau kwalitas tetap bagus.
  • Yaruki, Produk dari merk Yaruki adalah selang dan Evaporator. Produk Yaruki alternatif terbaik untuk ganti saluran selang AC dan Evaporator.
  • Pokka, Produk dari merk Pokka adalah Evaporator, Kondensor dan Magnetic clutch. Varian produk Pokka mempunyai kwalitas yang cukup bagus alternatif terjangkau untuk ganti Kondensor dan Evaporator mobil anda
  • Fujicool, Produk dari Fujicool adalah Kompresor, Extra fan dan Double blower. Kompresor Fujicool alternatif terbaik dan terjangkau apabila anda butuh ganti kompresor. Produk Fujicool juga secara khusus menyediakan perangkat Double blower unutk mobil yang mau upgrade dari single blower menjadi double blower.

5. Mencari tahu sesuai budget yang anda sediakan

Harga menjadi sesuatu yang biasanya menjadi kendala saat ada akan mengganti Sparepart AC mobil anda, terkadang ada yang mencari harga sparepart AC mobil murah tapi berkualitas baik. Tetapi kesalahan dalam memilih Harga Sparepart murah dapat lebih menguras kantong anda, berniat menghemat tapi malah keluar duit banyak karna sparepart yang gak berkualitas.

Jika anda bingung mencari referensi harga Sparepart AC mobil murah atau mencari bengkel yang jual Sparepart AC mobil murah, datang saja atau kunjungi Rotary bintaro. Disana menyediakan berbagai Sparepart AC mobil mulai dari yang termurah tetapi berkualitas jempolan hingga yang mahal. Berikut ini ada beberapa contoh sparepart AC mobil yang mungkin bisa menjadi referensi untuk anda.

” Merk Spare part AC Mobil Bagus dengan Harga terjangkau “

  • Denso
  • Sanden
  • Valeo
  • Seiko seiki

” Merk spare part AC Mobil dengan Harga murah dan berkwalitas bagus ”

  • Paco
  • Formula
  • Yaruki
  • Pokka
  • Fujicool

Jadi anda tinggal pilih ingin memberikan Sparepart yang seperti apa pada AC mobil, sesuai budget yang anda sediakan. Di Rotary bintaro menyediakan berbagai Sparepart AC mobil berkualitas serta dengan Jasa servis dan pemasangan Sparepart AC mobil anda.

Karena udara yang makin panas membuat anda tidak nyaman berada berlama-lama didalam mobil jika AC mobil anda tidak bekerja dengan maksimal, maka segeralah periksakan kerusakan pada AC mobil anda sebelum terlambat.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

6 pemikiran pada “Mau Beli Spare Parts AC Mobil? Pertimbangkan Hal Ini

    • harus custom pak, tidak ada yg jadi..
      silahkan hub Rotary Bintaro cabang terdekat dibawah ini ya..

      ‎Rotary Bintaro
      Specialist AC Mobil & Spare Parts
      http://www.RotaryBintaro.co.id
      Follow Us : @Rotarybintaro

      Cabang 1 :
      Jl.RC Veteran No.1a, bintaro raya.
      tanah kusir, Jak-Sel
      (021)7388 0022
      (021)734 2209
      0878 9600 9700 (wa)
      0817 8700 34‎ (wa)
      Map Rotary Bintaro :
      https://goo.gl/ayD7O7

      Cabang 2 : 
      Jl.Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan utara, kebayoran lama. Jak Sel
      12260.
      (021)7388 9500
      0877 9600 9700 (What’s App)
      Map Rotary Bintaro Cab. Ciledug :
      https://goo.gl/t8Y02B

      Cabang 3 :
      Jl.Kedoya Raya no.20, Kedoya selatan, kb.Jeruk. Jakarta Barat (samping pom bensin pertamina)
      0878 9700 9700 (wa)
      Map Rotary Bintaro Cab. Kedoya :
      https://goo.gl/maps/EQUGb385dp32

Tinggalkan komentar